Potensi Masalah di Industri Manufaktur

Industri Manufaktur

Potensi Masalah yang Sering Muncul di Industri Manufaktur yang Berkaitan dengan IT

Inovasi teknologi dapat mentransformasi industri manufaktur. IT merupakan suatu kunci dalam proses manufaktur yang kritis – dari desain dan pembuatan produk, hingga ke layanan pelanggan dan layanan purna jual. Mengingat pentingya peranan divisi IT, perusahaan tidak dapat menghindar dari masalah-masalah yang mungkin terjadi di bidang IT. Berikut diantaranya :

  1. Proses Produksi dan Back Office yang Tidak Terhubung

Dalam industri manufaktur, pabrik dan back office biasanya terpisah, ini menjadi masalah jika tidak ada jaringan yang meghubungkan keduanya, sehingga proses produksi tidak termonitor.

  1. Ketahanan Perangkat

Ketahanan dan usia pakai perangkat di industri manufaktur biasanya singkat mengingat environment pabrik yang tidak ramah bagi perangkat, seperti temperatur ruangan yang tinggi membuat usia pakai perangkat menurun.

  1. Minimnya Maintenance Perangkat

Minimnya perawatan perangkat juga sering ditemui di industri manufaktur, seperti perangkat yang sudah tidak diupgrade OS nya, konfigurasi yang tidak di backup, dan fisik perangkat yang tidak terawat.

  1. Perangkat Yang Tidak Termonitor

Poin ini masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya, dimana perangkat yang tidak termonitor salah satu akibat dari kurangnya concern perusahaan terhadap perawatan perangkat, imbasnya availability dan usage perangkat tidak termonitor.

Namun tenang saja, tak ada masalah yang tak ada solusinya. Untuk masalah pada poin nomor 1, Netdata punya solusi SD-WAN untuk menghubungkan antara pabrik dan back office. Sifatnya yang scalable membuat SD-WAN tidak hanya dapat menghubungkan antara back office dengan pabrik saja, namun dengan warehouse, branch, dll.

Untuk masalah poin nomor 2 Netdata dapat menyediakan perangkat khusus untuk environment industrial, seperti switch Cisco catalyst rugged series dan Cisco access point industrial series, yang didesain khusus untuk infrastruktur industrial.

Yang terakhir untuk poin nomor 3 dan 4, Netdata menawarkan NetCare untuk service maintenance perangkat jaringan, meliputi layanan customer service 24/7, Advance Hardware Replacement, monitoring, analisa, onsite troubleshooting, dll. NetCare bisa menjadi one stop solution untuk maintenance perangkat jaringan industri manufaktur.

Tertarik dengan layanan dari NetData ? kalian bisa menghubungi kami disini ya.

Nah, itu tadi beberapa masalah yang sering ditemui di industri manufaktur dan bagaimana Netdata memecahkan masalah-masalah tersebut. semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup