SD-WAN Digunakan Untuk Bisnis Ritel

bisnis ritel SD-WAN

Mengapa Bisnis Ritel Sebaiknya Menggunakan SD-WAN?

Sebelum tahu alasannya, ada baiknya kita harus tahu dulu sejumlah masalah yang paling sering dihadapi oleh industri ritel di era modern untuk bisnis ritel SD-WAN, sebagai berikut:

  • Penggunaan jaringan pada sistem back-office tumbuh dengan cepat dengan adanya banyak software yang membutuhkan jaringan internet.
  • Perusahaan yang tumbuh dan mempunyai banyak cabang mulai menemui banyak masalah atas padatnya bandwidth yang digunakan oleh cabang-cabang mereka secara bersamaan.
  • Beberapa kebutuhan baru seperti VoiP, eCommerce, CCTV, dan sistem point-of-sale tidak lagi bisa diakomodasi oleh sistem yang lama.

Industri ritel kini mulai beralih ke SD-WAN, sebagai salah satu cara untuk mengakomodasi fleksibilitas, konektivitas, efisiensi, dan keamanan yang dibutuhkan, tetapi tidak didukung dengan baik oleh sistem mereka saat ini. Disinilah mulai terlihat manfaat sebenarnya dari penggunaan SD-WAN.

 Berikut adalah 8 alasan kenapa bisnis ritel sebaiknya menggunakan SD-WAN:

  1. Fleksibilitas. Perubahan yang cepat mengharuskan ritel untuk tetap bersifat luwes menyesuaikan kebutuhan bisnis. Adanya virtualisasi jaringan memungkinkan perusahaan untuk melakukan penambahan dan pengurangan layanan dengan lebih cepat namun tetap hemat.  
  2. Peningkatan Konektivitas. Memanfaatkan beberapa broadband, MPLS, dan LTE yang tergabung menjadi satu jaringan agar perusahaan dapat memastikan tingkat layanan dan operasi tetap berjalan dengan optimal.
  3. Mengurangi (Biaya) Perawatan. Implementasi SD-WAN secara otomatis menghilangkan keperluan untuk pemeliharaan perangkat lawas, yang secara tidak langsung berarti mengurangi adanya biaya perawatan. Di lain sisi, meningkatkan ke versi yang lebih baru justru dibuat semakin mudah karena hanya berupa software.
  4. Meningkatkan Efisiensi Bandwidth. Banyaknya aplikasi yang haus bandwith membuat perusahaan harus cerdas dalam membagi bandwidth berdasarkan aplikasi mana yang berada pada prioritas utama, seperti konferensi video, pelatihan online, penggunaan VoIP, situs e-commerce, maupun video streaming.
  5. Peningkatan Integrasi. Semakin banyaknya teknologi yang canggih dan mutakhir, yang tersedia tiap tahunnya membuat perusahaan membutuhkan metode yang sederhana dan efektif untuk mengintegrasikan teknologi ini guna meningkatkan operasi dan layanan. SD-WAN menjawab permasalahan tersebut dengan menyediakan jaringan yang cocok, dimana aplikasi cloud dapat diakses secara real-time menggunakan jaringan SD-WAN ini.
  6. Mengurangi Kompleksitas. Sebelumnya, membuka cabang baru berarti membangun dan melakukan konfigurasi jaringan dari awal. Namun dengan SD-WAN, semua software dan perangkat keras, lalu lintas bandwidth, dan koneksi lainnya dikelola melalui controller. Hal ini secara signifikan membantu mengurangi kompleksitas jaringan.
  7. Peningkatan Keamanan. Banyaknya data sensitif, seperti keuangan dan informasi personal yang dikumpulkan setiap harinya membuat pengamanan data menjadi hal yang penting. Penggunaan SD-WAN berarti jaminan bagi ritel bahwa jaringan bisnis mereka telah dilindungi oleh fitur keamanan, yaitu enkripsi berbagai lapisan.
  8. Mengurangi Biaya. Lewat jaringan yang terpusat secara virtual, ritel dapat mengurangi biaya terkait pembelian dan pemasangan perangkat keras. Sebagai gantinya, mereka menggunakan virtualisasi dari berbagai aspek dan komponen, dan meninggalkan penggunaan perangkat keras yang memerlukan maintenance rutin, daya listrik, dan jika rusak, harus diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup