IT Project Management – Pengertian dan Cara Kerjanya

IT Project Management

Terkadang, sebuah usaha yang akan Anda bangun atau mungkin yang sudah Anda bangun harus mengandalkan IT Project Management untuk menunjang pekerjaan demi mendapatkan penghasilan yang lebih. Memang, sekarang ini sudah jamannya berbagai perusahaan dari yang masih mulai merintis atau yang sudah berdiri besar dan memiliki banyak cabang sekalipun harus mengandalkan IT demi terciptanya lingkungan kerja yang produktif.

Namun, tidak semua karyawan pada perusahaan memiliki kemampuan yang lebih tentang IT bukan? Jika memang ada tentu tidak bisa bekerja dengan maksimal karena pekerjaannya terbagi-bagi. Maka dari itu, ada solusi yang sangat bisa diandalkan, yaitu dengan menyewa jasa IT project management.

Sebenarnya, apa itu IT project management? Dan bagaimana cara kerjanya terhadap perusahaan Anda nantinya?

Apa Itu IT Project Management?

IT project management (ITPM) adalah proses pengelolaan rencana, organisasi, dan pertanggungjawaban untuk mencapai tujuan teknologi informasi. Karena jangkauan IT menjangkau sebagian besar bisnis atau perusahaan, cakupan proyek ini bisa jadi besar dan kompleks.

Besarnya sering kali berarti bahwa itu lebih dari sekadar menerapkan pengetahuan, menyelaraskan keterampilan, dan menggunakan alat dan teknik biasa untuk mendorong proyek hingga selesai.Menghadapi tantangan integrasi yang saling bergantung, peningkatan teknologi yang cepat, dan perubahan versi yang dapat terjadi di sepanjang garis waktu proyek.

Tanggung Jawab Utama IT Project Management

Dalam berbagai pekerjaan, tentu ada sebuah hal yang dilakukan dan harus dikerjakan secara tanggung jawab. Begitu pula untuk IT project management saat ini harus mampu menangani berbagai tugas dan tanggung jawab.

Mereka harus mampu menangani integrasi firmware dan perangkat lunak, konstruksi situs web, penyimpanan dan manajemen basis data, dan juga membangun infrastruktur dan jaringan yang kompleks dan beragam secara geografis, sambil merencanakan potensi risiko keamanan dan data.

Sepanjang proyek mereka, seorang bertanggung jawab untuk menetapkan tujuan, mengkomunikasikan dan memotivasi anggota tim dan pemangku kepentingan, mengidentifikasi sumber daya yang tepat untuk setiap tugas, meneliti, mengelola perubahan, melakukan penilaian kebutuhan, dan mengurutkan tugas dengan benar.

Tanggung jawab khusus meliputi:

  • Perencanaan proyek dan manajemen keseluruhan
  • Mempromosikan dan mencapai dukungan proyek
  • Memastikan kemampuan keseluruhan dengan teknologi yang ada
  • Meminimalkan pekerjaan duplikat
  • Memanfaatkan keterampilan anggota tim
  • Mengontrol biaya dan memelihara anggaran yang berkaitan dengan IT

Setelah Anda mengerti pengertian dari dan juga tanggung jawab apa yang harus dilakukan, sekarang mungkin Anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara kerja dari IT project management?

Cara Kerja IT Project Management

Mungkin Anda sudah paham sedikit setelah mengerti tanggung jawab. Tapi, ada beberapa tambahan atau mungkin pengembangan maksud dari apa yang sudah dijelaskan diatas.

IT project management juga dapat bekerjasama dengan berbagai tim yang ada dalam perusahaan atau organisasi yang bertanggungjawab atas:

  • Perangkat keras (sistem dan platform operasi) dan perangkat lunak
  • Jaringan (firewall dan konektivitas)
  • Data dan analitik bisnis
  • Manajemen layanan (kontrak dan pengadaan)
  • Dukungan meja bantuan
  • Keamanan informasi (kepatuhan dan tata kelola)

Nah, untuk masing-masing proyek ini, Kemungkinan akan memimpin tahapan berikut:

Inisiasi

Langkah pertama dalam pengerjaan adalah inisiasi. Langkah paling awal ini memiliki tujuan proyek diidentifikasi, dan proyek dibuat.

Perencanaan

Rencana proyek IT diharapkan membutuhkan pembaruan yang sering, sehingga secara umum dipahami bahwa perencanaan akan terjadi dalam beberapa siklus. Jika perencanaan tidak matang, maka selanjutnya yang ada malah menjadi semakin runyam, tidak tertata, dan akhirnya malah menimbulkan kegagalan project.

Eksekusi

Selama eksekusi, seluruh tim, yang dipimpin oleh manajer proyek, mengerjakan tugas-tugas yang ditetapkan dalam rencana proyek, dengan tujuan akhir menciptakan hasil proyek. Mungkin bisa dikatakan begini, “proyek dapat beralih ke perencanaan proyek sesuai kebutuhan selama pelaksanaan proyek.”

Pemantauan

Seperti yang telah dijelaskan tadi, seorang manager project IT “memantau dan mengontrol pekerjaan untuk waktu, biaya, ruang lingkup, kualitas, risiko, dan faktor lain dari proyek”.

Jadi, bisa dikatakan seorang manager project ini berperan penting dalam pelaksanaannya dan bertanggung jawab lebih kepada client jika terjadi masalah.

Penutupan

Ini terjadi pada akhir setiap fase dan akhir proyek. Ini memastikan semua pekerjaan telah selesai dan disetujui dan transfer kepemilikan dari tim proyek ke operasi.

Oke, seperti itulah pembahasan tentang IT project management. Kunci sukses dari project ini adalah komunikasi yang baik dan kepemimpinan yang tegas dan terarah. Kuncinya adalah “Manajer proyek TI yang baik memiliki keterampilan koordinasi dan kepemimpinan yang baik untuk menjaga tim mereka bekerja bersama.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup