Switch

Switch adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan transmission capacity yang cukup besar.

Beberapa fungsi alat ini yaitu sebagai manajemen lalu lintas yang terdapat pada suatu jaringan komputer, alat ini bertugas bagaimana cara mengirimkan paket information untuk sampai ke tujuan dengan perangkat yang tepat, Alat ini juga bertugas untuk mencari jalur yang withering baik dan ideal serta memastikan pengiriman paket information yang efisien ketujuannya.

Cara Kerja Switch

Switch merupakan equipment (perangkat keras) jaringan komputer yang sama dengan HUB, perbedaanya benda ini ini lebih pintar walaupun harganya sedikit lebih mahalan ketibang HUB. Cara kerja alat ini yaitu dengan cara menerima paket information pada suatu port lalu akan melihat MAC (Media Access Control) tujuannya dan membangun sebuah koneksi logika dengan port yang sudah terhubung dengan hub atau perangkat tujuan, sehingga selain port yang dituju tidak dapat menerima paket information yang dikirimkan dan akan mengurangi terjadinya tabrakan information atau disebut dengan crash.

Setiap perangkat yang terhubung ke port tertentu, MAC addsernya akan dicatat di MAC address table yang nantinya disimpan pada memori chache switch, itulah bagaimana alat ini bekerja.

Fungsi

Secara garis besar fungsi Switch adalah sebagai concentrator pada jaringan komputer dengan topologi Star, akan tetapi sebenarnya hardware ini sendiri memiliki fungsi utama yang jauh lebih komplek dari sekedar concentrator. Pertama adalah sebagai Address Learning. Kedua adalah untuk meneruskan/menyaring Data Frame. Ketiga adalah Circling Avoidance, fungsi yang satu ini bermanfaat ketika sebuah informasi yang diterima tidak dikenali tujuannya, hal ini biasanya disebabkan oleh kesalahan pada saat mengkoneksikan kabel pada port – port alat ini.