Apa Sih Yang Terjadi Ketika Kita Menggunakan Windows Bajakan?

Windows Bajakan

Fakta mengatakan bahwa analisa penggunaan sistem operasi terbanyak yang digunakan di Indonesia adalah sistem operasi Windows. Tak sedikit orang yang masih menggunakan Windows bajakan alias bukan originalnya. Nah apa sih resiko kita menggunakan Windows bajakan ini? Maka dari itu kita akan membahas di artikel kali ini.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Sering Tiba – Tiba Bermasalah Ketika Sedang Digunakan

Sistem operasi ibarat jiwanya sebuah komputer, maka jika OS mengalami kerusakan maka bisa saja laptop Anda tidak bisa dihidupkan. Jika sistem operasi tidak berjalan dengan baik karena berupa bajakan, tentu perangkat ini akan ikut terganggu.

Tak sedikit juga hal ini diakibatkan oleh laptop yang terkunci dan tidak bisa digunakan,. Sehingga disarankan kita menggunakan lisensi Windows yang original.

Merupakan Tindakkan Kriminal

Ya dengan menggunakan sistem operasi Windows bajakan maka baik secara sadar atau tidak Anda sudah melanggar hukum. Tentu hal ini akan berhubungan dengan hukum maka Anda dapat dituntut.

Namun karena banyaknya pengguna Windows bajakan maka hal ini sulit diberantas sehingga mau tidak mau Anda perlu melakukannya terlebih dahulu di komputer Anda sendiri dengan membeli lisensi yang original.

Tidak Dapat Menggunakan Produk Microsoft Lainnya

Dengan menggunakan Windows bajakan maka Anda tidak bisa mengakses aplikasi atau software tertentu sehingga jika Anda menggunakan Windows 10 tidak bisa menggunakan fitur baru atau produk Microsoft lainnya. 

Tak hanya itu saja Microsoft juga dapat mendeteksi Windows yang asli ataupun bajakan sehingga akun yang ada akan langsung dibekukan.

Mudah Diretas Oleh Hacker

Sistem operasi yang ilegal biasanya sudah disusupi oleh peretas dengan malware yang dapat menggangu sistem keamanan komputer Anda.

Biasanya yang ditanamkan di dalamnya adalah program yang sejenis malware yang mana dapat mencuri data sensitif Anda sehingga dapat di manfaatkan untuk kepentingan pribadi peretasnya.

Maka banyak resiko besar yang akan menanti kedepannya. Dengan adanya malware atau virus yang dapat mencuri data atau merusak perangkat komputer secara langsung. 

Resiko Terjangkit Virus Komputer

Sebagian besar serangan lewat internet biasanya terjadi akibat penggunaan sistem operasi bajakan. Alasannya karena sistem keamanan Windows bajakan tidak dapat melindungi perangkat dari serangan virus dan malware. Selain itu sistem operasi bajakan tidak dapat di update sehingga peretas dapat dengan mudah masuk ke sistem Anda.

Akibatnya dengan komputer Windows bajakan rentan dapat mengalami kehilangan data-data penting akibat malware atau virus.

Tentu hal ini akan sangat beresiko bagi pengguna yang melakukan bisnis, karena pencadangan data akan membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Selain itu Windows bajakan dapat menjadikan komputer Anda sebagai sasaran yang empuk bagi peretas.

Tidak Mendapatkan Pembaruan Windows

Windows bajakan maupun asli mungkin secara tampilan tidaklah berbeda. Namun pada saat dipakai Windows bajakan akan banyak resiko yang akan dihadapi seperti sistem tidak dapat diperbaharui. Jangan menganggap hal ini sepele karena sistem yang tidak diperbarui sangatlah berbahaya.

Karena setiap sistem akan mengalami yang namanya perubahan ataupun perbaikan yang sering dilakukan untuk menutup celah yang ada pada sistem Windowsnya. Dan juga pembaruan akan memberikan sistem operasi menjadi semakin stabil dan menawarkan user experience yang lebih baik. 

Tidak Mendapatkan Layanan Windows Sepenuhnya

Tidak seperti Windows original, dimana Windows bajakan dapat kehilangan fitur atau layanan yang dikunci atau dihilangkan. Namun tersedia secara lengkap pastinya ada salah satu fitur yang tidak dapat dijalankan dengan optimalkan.

Setiap pengguna mengalami keadaan yang berbeda-beda, tetapi kebanyakan yang sering berlangsung adalah susah di dalam mengganti background atau mungkin fitur sync yang tidak dapat digunakan.

Selain itu Anda termasuk tidak dapat menggunakan Microsoft Store secara maksimal, jadi dari install aplikasi atau melaksanakan sebagian konfigurasi lainnya. Microsoft bakal mendeteksi proses yang Anda menggunakan secara otomatis, jikalau terdapat kegiatan yang dirasa mencurigakan; maka risikonya adalah account Microsoft Anda bakal diblokir dan tidak dapat digunakan lagi.

Performa Komputer Tidak Optimal

Pernahkan Anda mengalami mengapa kinerja komputer atau laptop yang tidak optimal yang dikarenaekan oleh Windows bajakan. Hal ini lah yang seringkali membuat komputer Anda menjadi error. Selain Windows bajakan juga membuat efekburuk yang tidak Anda sadari misalnya laptop sering mengalami blue screen, restart sendiri, hingga ada beberapa aplikasi yang tidak kompatible.

Dan ada bahaya lain yang dapat dialami pada penggunaan Windows bajakan yakni terletak pada fitur update Windows.

Apabila Anda menggunakan Windows bajakan tentu Anda tidak dapat memperbaharui sistem secara berkala. Padahal Windows update ini termasuk dalam salah satu fitur yang wajib dijalankan pasalnya menggunakan fitur ini Anda dapat diberikan berbagai hal misalnya untuk perbaruan antivirus, perbaikan bugs, hingga menawarkan fitur yang terbaru.

Data Tidak Dijamin Keamanannya

Selain memberikan fitur yang terbaik dan terbaru untuk pengguna. Microsoft juga akan selalu memberikan update terbari bagi pengguna Windows original salah satunya yakni dalam meningkatkan keamanan dan juga memperbaiki celah keamanan yang ada.

Namun bagi pengguna OS bajakan maka update ini tidak ada dan mudah sekali di bobol karena keamanan yang lemah.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup