Apa Sih Perbedaan Intranet Dengan Internet? Berikut Informasinya!

Perbedaan Intranet Dengan Internet

Perbedaan Intranet Dengan Internet – Internet adalah salah satu teknologi yang paling populer dimasyarakat. Namun apakah Anda pernah mendengar tentang teknologi intranet? Jika belum maka Anda tidak sendirian. Karena kita akan membahas tentang perbedaan intranet dengan internet.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Sederhananya intranet adalah sebuah konsep LAN yang diperkenalkan pada tahun 1995 dengan menggunakan internet, dengan kata lain intranet ini adalah teknologi internet dalam jaringan lokal. Apasih perbedaan internet dan intranet? Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan berikut ini.

Istilah Internet Dan Intranet

Ada 2 istilah jaringan yang akan kita bahas kali ini yakni internet dan juga intranet. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Intranet

Apa yang dimaksud dengan intranet? Intranet adalah jaringan yang menggunakan ruang lingkup sempit. Lebih tepatnya bahwa intranet lebih privat ketimbang internet. Sistem ini diciptakan untuk membuat lingkup digital pada perusahaan untuk lebih fokus dalam melakukan tugas dokumen, proyek, alat, percakapan, dan semua kinerja para karyawannya.

Intranet adalah portal dalam menyediakan akses data yang dibutuhkan oleh karyawan. Tentu jaringan ini akan dilindungi oleh firewall dan password yang hanya dapat diakses oleh karyawan perusahaan tersebut.

Contoh penggunaan intranet dalam dunia nyata adalah pada jaringan internet pemerintahan, internal produksi yang digunakan untuk koordinasi dan internal dalam suatu organisasi.

Awal Mula Intranet

Intranet berawala dari penemuan WWW atau World Wide Web pada tahun 1989 oleh Tim Berners Lee dan rekannya yang mulai membuat trend penggunaan komputer pribadi sekaligus internet yang semakin populer sebagai teknologi informasi di perusahaan.

Jaringan intranet diperkenalkan di tahun 1995 oleh beberapa penyedia layanan dalam bentuk web perusahaan untuk kebutuhan manajemen pelanggan, produktivitas, komunikasi, dan pengiriman dokumen rahasia.  Perkembangan teknologi ini beriringan juga dengan semakin banyaknya penggunaan internet di dunia.

Manfaat Intranet

Adapun manfaat menggunakan jaringan intranet dalam sebuah perusahaan antara lain:

Memudahkan Komunikasi

Intranet adalah sarana komunikasi efektif sehingga koordinasi antar divisi perusahaan dapat saling berkomunikasi dengan baik baik horizontal maupun struktur vertikal.

Efisiensi Biaya

Mudahnya koordinasi dan pengaturan produktivitas lewat sebuah jaringan akan mengurangi biaya yang terbuang percuma.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sebagai sarana membagi data, informasi, dan instruktur kerja pada semua karyawan. Dan akses ini dapat meningkatkan produktivitas kerja para pekerja.

Pengertian Internet

Pengertian dari internet yakni jaringan global dengan jutaan perangkat yang telah saling terhubung. 

Konsep dari internet ini siapa saja yang dapat mengakses internet dengan menggunakan perangkat yang terhubung pada jaringan internet.

Seperti menggunakan laptop, komputer, ponsel dan terhitung tablet. 

Internet tidak mempunyai server pusat yang mengontrol. 

Web perangkat pada jaringan seperti router dan firewall, server, computer akan terus menerus berkomunikasi bersama dengan menggunakan isyarat nirkabel dan jalan data. 

Hal ini amat mungkin para pengguna di seluruh dunia untuk sanggup melaksanakan komunikasi. 

Internet terhitung merupakan jaringan yang sanggup menghubungkan seluruh computer di seluruh dunia. 

Internet menggunakan alamat IP untuk sanggup membedakan antara dua komputer. 

Internet terhitung lebih dari satu besar sanggup digunakan di dalam berbagi information dari satu computer ke computer lain, dikarenakan menggunakan banyak protokol.

Protokol ini akan terkait pada jenis information serta mode yang di lewati oleh data. 

Istilah internet dan terhitung World Wide Web ini sering digunakan berdampingan di dalam pengertian mengenai internet kendati keduanya berbeda.

Awal Mula Terciptanya Internet

Terciptanya internet ini diawali dari keinginan dalam mengirimkan dan mengakses berbagai macam informasi yang menggunakan standar protokol internet. Dikenal dengan jaringan teknologi terbesar di dunia dan terlahirlah standar protokol internet yang dipermudah dengan kehadiran layanan world wide web (www). 

Awalnya internet ini tercipta oleh para peneliti dari ARPA Amerika Serikat di tahun 1969 yang telah menciptakan jaringan komputer pertama yang diberi nama ARPANET. ARPANET ini dikembangkan terus hingga pada tahun 1980an jaringan ini digunakan pada sebuah kampus di Amerika Serikat yang hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu saja.

Setelah diluncurkannya standar protokol TCP/IP Amerika Serikat membentuk badan riset yang mengantikan ARPANET menjadi National Science Foundation Network (NSFNET) di tahun 1986. 

Kemudian pada tahun 1992 ada perangkat lunak yang bernama Viola yang dirilis oleh Pei Wei. Perangkat lunak ini dapat mengakses layanan www. Ditahun 1993 sebuah sistem komputer yang terhubung ke jaringan internet harus memiliki nama domain dan alamat IP berupa simbol numering dan format tertentu sebagai pengenal.

Dengan begitu didirikanlah InterNIC yang didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran nama domain. Sejak itu lah internet terus mengalami kemajuan yang dapat diakses melalui web browser oleh siapa saja saat ini.

Manfaat Jaringan Internet

Manfaat jaringan internet berbanding lurus cara kerja internet yang memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan masyarakat modern.

Sumber Informasi

Internet dapat menyediakan beragam informasi yang dapat dibutuhkan semua orang. Seseorang dapat memperoleh informasi dengan cara berselancar di internet melalui web browser hanya dengan memasukan kata kunci saja.

Hiburan

Internet merupakan jaringan komputer yang dapat digunakan sebagai sarana hiburan. Internet dapat digunakan untuk mengakses berbagai bentuk file mulai dari tulisan, gambar, video, hingga suara yang dapat dibagikan dan diunduh.

Sarana Pendukung Ekonomi

Internet dapat membuka lapangan pekerjaan dan pergerakan ekonomi yang cukup signifikan. Contohnya dengan adanya e-commerce yang dapat memudahkan pengguna dalam mencari dan membeli barang yang diinginkan.

Pendidikan Dan Budaya

Internet dapat menjadi sarana untuk mendapatkan informasi yang memiliki nilai edukasi. Bahwa banyak sekali penelitian, buku, dan semacamnya yang dapat dibagikan ke internet. Sehingga semua orang dapat mengunduh dan memakainya sebagai referensi. 

Perbedaan Internet Dan Intranet

Perbedaan internet dan intranet berdasarkan dari kegunaan, fungsi dan juga cara kerjanya antara lain:

Keamanan

Dari sisi keamanan, intranet jauh lebih aman ketimbang internet karena intranet hanya dapat digunakan oleh orang tertentu saja.

Aksesibilitas

Jika di lihat dari aksesibilitas internet dapat diakses oleh siapa saja, sedangkan intranet hanya dapat diakses oleh anggota organisasi yang memiliki otoritas saja.

Jumlah Pengguna

Internet memiliki jumlah pengguna yang tidak terbatas dan untuk intranet sendiri limited.

Jenis Jaringan

Untuk jenis jaringan, internet ini bukan hanya miliki satu atau kelompok organisasi alias umum. Dan untuk intranet ini termasuk privat yakni kepemilikan intranet terletak pada satu atau lebih kelompok organisasi.

Lalu Lintas Pengunjung

Internet lalu lintas pengunjungnya lebih banyak sedangkan untuk intranet lebih sedikit.

Jaringan Yang Digunakan

Jaringan yang digunakan oleh internet terdiri dari banyak jaringan WAN, LAN, dan MAN. Sedangkan untuk intranet jaringan yang digunakan yakni LAN atau MAN dan atau WAN saja.

Koneksi

Untuk jenis koneksi internet lebih lambat sedangkan koneksi pada intranet lebih cepat.

Informasi Yang Diberikan

Bedanya internet dan intranet yang terakhir yakni informasi yang diberikan, untuk internet sendieri tidak terbatas dan juga dilihat oleh semua orang. Sedangkan intranet hanya terbatas dan beredar diantara para anggota perusahaan.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup