Mengapa Harus Bekonsultasi Dengan IT Konsultan Sebelum Membangun Sistem Komputer

IT konsultan

Pentingkah sebuah perusahaan berkonsultasi terlebih dahulu kepada IT konsultan sebelum membangun sistem komputer? Pertanyaan ini sering dilontarkan kebanyakan perusahaan yang baru ingin mengadapsai sistem komputer di lingkungan kantornya. Jawabanya jelas perlu dan tidak perlu, perlu jika perusahaan tersebut tidak memiliki tim IT yang dapat menangani masalah IT yang ada. Nah apa sih yang membuatnya perlu berkonsultasi dengan IT konsultan ini? Mari kita simak artikel berikut ini.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Apa Itu Konsultan IT

Konsultan IT adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap evaluasi sistem IT pada suatu perusahaan sehingga dapat mencapai tujuan bisnis yang sudah ditetapkan. 

IT adalah singkatan dari Information Technology yang artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi komputasi seperti perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, internet, hingga orang-orang pengguna yang menggunakan teknologi ini.

Konsultan IT memiliki bermacam tugas seperti menganalisis, mendiagnosis infrastruktur IT, memahami kebutuhan klien, menerapkan solusi teknologi yang efektif, dan masih banyak lagi.

Sederhananya Konsultan IT ini secara garis besar memiliki tugas mencakup penilaian kinerja sistem bisnis yang ada, perencanaan strategis, dan implementasi sistem baru.

Selain itu profesi ini biasanya memiliki kemampuan analisis yang kuat sehingga mampu memberikan solusi terbaik jika ada masalah yang muncul secara tidak terduga. Mereka juga memiliki kemampuan komuikasi yang baik yang dapat memahami kebutuhan kliennya.

Seseorang konsultan IT dapat bekerja secara mandiri maupun ikut dengan perusahaan konsultan IT. 

Tugas-tugas Konsultan IT

Konsultan IT bekerja untuk klien dengan memberikan saran-saran terkait dengan penggunaan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis atau untuk mengatasi masalah yang ada.

Konsultan IT bekersa sesuai dengan tanggung jawabnya yakni untuk meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT dalam perusahaan.

Adapun beberapa jenis tugas konsultan IT, diantaranya adalah:

  • Memiliki kemampuan dalam memahami kebutuhan klien.
  • Memahami apa saja teknologi yang harus di implementasikan terhadap infrasturktur IT yang ad.
  • Menerapkan solusi IT untuk memenuhi tujuan bisnis.
  • Merencanakan anggaran, timeline, mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan untuk proyek IT.
  • Menyelesaikan dan mengidentifikasi masalah proyek IT.
  • Menganalisis dan menentukan ancaman keamanan yang dapat terjadi.
  • Menganalisis kebutuhan perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan yang dibutuhkan.
  • Mengawasi dan mengkoordinasi penerapan teknologi baru.
  • Merancang, memasang, menguji, dan memantau sistem yang baru.
  • Melatih pengguna dalam penggunaan sistem baru.

Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer

Sistem komputer adalah salah satu kumpulan teknologi yang saling terhubung dan berinteraksi untuk melakukan kegiatan komputasi, seperti pengolahan data, dan menyampaikan informasi kepada pengguna.

Sejatinya sistem komputer ini terdiri dari 3 komponen yakni hardware, software, dan brainware.

Masing-masing ketiga komponen komputer ini memiliki peran berbeda-beda namun dapat menciptakan kesatuan sistem komputer.

Hardware

Hardware adalah perangkat keras dengan bentuk fisik. Fungsi dari hardware adalah sebagai antara pengguna dengan sistem komputer.

Adapun beberapa contoh komponen hardware yang sering digunakan seperti mouse, keyboard, monitor, CPU, dan lain sebagainya.

Hardware terdiri dari empat bagian utama yakni input device, output device, processing device, dan storage device berikut penjelasan lengkapnya:

Input device

Input device atau perangkat masukkan adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai pemberi perintah kedalam sistem komputer.

Input device ini dapat dikatakan sebagai gerbang masuk bagi data yang akan diolah didalam komputer. Contoh input device ini adalah seperti mouse, keyboard, webcam, dan scanner.

Processing device

Prosessing device adalah perangkat yang dapat mengolah data yang telah dimasukkan ke dari input device kemudian akan diolah menjadi informasi.

Output device

Output device adalah perangkat yang dapat menampilkan data hasil dari processing device yang berupa gambar, video, dan suara. Perangkat output ini meliputi monitor, printer, speaker, headphone.

Storage device

Internal storage ini adalah bagian penyimpanan yang ada dalam sebuah CPU yang terdiri dari hard disk dan RAM. Ada juga jenis storage external yang dapat dilepas dan tidak harus berada terus didalam hardware komputer untuk dapat menggunakannya.

Penyimpanan external ini dapat dibawa kemana-mana sehingga praktis untuk digunakan, contoh eksternal storage ini adalah hardisk eksternal, kepingan DVD, memory card, dan flashdisk.

Software

Software adalah sebuah komponen komputer yang tidak terlihat bentuk fisiknya aliat tak kasat mata. Perangkat ini terdiri dari program yang bertugas dalam mengolah data yang ada dalam hardware.

 Software ini terbagi lagi menjadi tiga bagian yang berbeda, yakni:

  • software sistem
  • software aplikasi
  • software tambahan

Software Sistem

Software sistem adalah perangkat lunak yang memiliki tugas dalam mengatur komponen kompuiter secara keseluruhan.

Komponen sistem ini termasuk dalam sistem operasi atau OS contohnya adalah OS Windows 10, MAC OS, Android, dan lain sebagainya.

Software Aplikasi

Software aplikasi adalah program aplikasi yang dapat digunakan pengguna dalam menyelesaikan tugas tertentu.

Software aplikasi ini adalah program pelengkap pada komputer yang digunakan sebagai pengolahan data. 

Adapun beberapa contoh dari software aplikasi yakni web browser, aplikasi office, game, antivirus, dan masih banyak lagi.

Software Tambahan

Software tambahan disini memiliki tugas untuk menjalankan tugas-tugas khusus dalam melindungi perangkat hardware atau lain sebagainya. Misalnya data recovery, backup, screensaver, dan disk defragmenter.

Brainware

Berbeda dari hardware dan software yang menjadi salah satu sistem komputer itu sendiri, dimana brainware ini adalah pengguna komputer itu sendiri.

Ya sejatinya pengguna inilah yang berwenang dalam menjalankan dan mengoperasikan sistem komputer itu sendiri. tanpa adanya pengguna maka komputer tidak dapat beroperasi secara maksimal. Contoh brainware adalah programmer, operator, sistem analis, gamer, dan lain sebagainya.

Mengapa Konsultan IT Dibutuhkan?

Berlanjut kepada jawaban dari pertanyaan pentingkan atau mengapa konsultan IT ini dibutuhkan sebelum membangun sistem komputer. Konsultan IT memang memiliki kemampuan dasar dalam melakukan tugasnya yakni memberikan masukkan, kemampuan teknis, kemampuan bisnis, berkomunikasi dengan profesional, manajemen yang baik, kemampuan analisis sistem komputer, dan hal-hal yang berkaitan seputar IT.

Kemampuan ini diperoleh IT konsultan dengan mengembang pendidikan formal serta diperkuat dengan sertifikasi yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Karena konsultan IT dipastikan harus dapat menguasai ilmu bisnis dan teknologi informasi secara mendalam.

Manajemen  atau urusan ilmu komputer, sistem manajemen informasi, dan ilmu informasi. Maka dari itu dengan meminta bantuan kepada konsultan IT adalah hal yang sangat bijak bagi perusahaan yang awalnya tidak memiliki kemampuan dalam mengolah teknologi informasi.

Perusahaan akan dapat meminta bantuan konsultan IT dalam hal penyegaran infrastruktur, implementasi teknologi terbaru, implementasi desain jaringan, hingga perencanaan kapasitas infrastruktur.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup