Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakan Layanan Wifi Aruba

Aruba Wifi

Wifi Aruba – dikehidupan modern seperti ini memang sudah menjadi kebutuhan yang penting apalagi untuk kebutuhan operasional perkantoran maupun industri usaha.

Maka dari itu Aruba Network menawarkan solusi WiFi Aruba yang inovatis ke pasar Indonesia. Hal ini berlaku untuk semua masyarakat Indonesia yang sedang membutuhkan solusi wireless yang andal untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan bisnis yang lebih efisien.

Aruba Indonesia memang merupakan perusahaan yang baru, namun jika Anda pernah mendengar perusahaan bernama Hewlett Packard Enterprise atau HPE yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Jaringan Wireless

Jaringan wireless adalah jaringan yang menghubungkan banyak perangkat satu sama lain tanpa menggunakan media kabel sebagai media penghantarnya. Jaringan wireless ini sebagai pengganti media transmisi yang mengantarkan gelombang elektromagnetik.

Biasanya jaringan yang menggunakna media kabel seperti kabel optik, fiber, dan UTP maka jaringan wireless ini hanya memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

Sejatinya sejak dulu para ilmuwan memang sudah menemukan jaringan wireless dan mengoperasikan melalui radio dan radar. Ad banyak sekali jenis wireless yang ada di dunia ini seperti misalnya wireless LAN, telepon genggam, telepon cordless, satelit televisi, perangkat komputer dan laptop, remote control, dan GPS yang berfungsi sebagai navigasi.

Fungsi Teknologi Jaringan Wireless

Adapun beberapa fungsi teknologi jaringan wireless ini adalah mampu menghubungkan perangkat ke perangkat lainnya tanpa kabel dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik.

  • Wireless mencakup jangkauan area yang lebih luas.
  • Meminimalisir biaya pemasangan karena jaringan yang dipasang yang mana tanpa menggunakan kabel.
  • Fitur wireless access point WAP yang dapat mengatur lalu lintas data.
  • Sebagai pengatura lalu lintas WAP juga dapat menghubungkan jaringan lokal dengan wireless.
  • Jaringan wireless juga berfungsi sebagai pengatur access point supaya tugasnya dapat DHCP server berjalan lancar.
  • Jaringan wireless ini diperkuat dengan beberapa peralatan khusus seperti misalnya booster.
  • Sebagai pengguna tidak perlu khawatir akan ruang gerak yang terbatas saat menggunakan WiFi dengan jangkauan yang lebih luas dan fleksibel.
  • Biaya pemasangan yang lebih murah, proses pemasangannya juga lebih mudah.
  • Dapat dipasang jaringan dan di indoor maupun outdoor.

Prinsip Kerja Jaringan Wireless

Prinsip kerja jaringan wireless ini adalah membutuhkan transreceiver dalam bentuk adaptor. Yang mana adaptor ini akan mendeteksi jaringan wireless dalam bentuk digital 0s dan 1s akan di konversi menjadi sinyal radio yang berbentuk analog.

Kecepatan transfer data di jaringan wireless ini ditentukan dengna teknik modulasi. Sinyal radio yang diterima wireless adapter kekuatan lebih dari 2,4 Ghz.

Wireless router berupa stasiun penerima jaringan wireless yang nantinya akan mengonversi sinyal knowledge radio dalam bentuk sinyal digital bersama sinyal demodulating. Lalu, sinyal tersebut dikirim memanfaatkan koneksi kabel ethernet menuju jalan super Info yang biasa anda kenal bersama sebutan internet.

Setelah router terima knowledge digital tersebut dari internet, setelah itu knowledge akan dimodulasi ke dalam bentuk analog. Adapter yang terima sinyal analog yang dimodulasi dan ulang didemodulasi ke dalam bentuk digital lantas ditransfer ke komputer.

Perlu, Pins, ingat bahwa alat teknologi yang dibutuhkan jaringan wireless supaya beroperasional bersama maksimal adalah router dan adapter wireless. Beruntungnya, teknologi kini yang tambah canggih yang melengkapi perangkat layaknya komputer dan laptop bersama fitur wireless berkekuatan sinyal tinggi.

Manfaat Jaringan Nirkabel

Tidak dipungkiri bahwa jaringan nirkabel memang memiliki banyak kegunaan dan manfaat bagi setiap penggunanya, berikut ini lah manfaat jaringan nirkabel.

Praktis

Pengguna dapat mengakses jaringan dimana saja selama sinyal masih menjangkau jaringan nirkabel.

Dan juga Anda tidak harus selalu terikat kepada kantor yang bisa melakukan meeting tanpa harus datang ke kantor karena dapatr menggunakan teknologi video call. 

Konfigurasi yang Mudah

Pengguna tidak harus menyusun kabel yang kompleks untuk membangun jaringan. Namun dengan jaringan nirkabel, konfigurasinya akan jauh lebih mudah.

Perluasan Lebih Mudah

Dengan jaringan nirkabel maka akan lebih mudah dalam melakukan perluasan dengan menambah perangkat seperti access point tanpa perlu menggunakan kabel tambahan dan juga hemat biaya.

Keamanan

Jaringan nirkabel memang mengalami kemajuan yang pesat yang mana khususnya dalam hal keamanan. Pasalnya jaringan ini dilengkapi dengan perlindungan keamanan yang jauh lebih kuat.

Meningkatkan Produktivitas

Dengan dipasangnya jaringan nirkabel dalam perusahaan, tentu akan meningkatkan produktivitas serta memudahkan kerja sama antar pekerja di area perusahaan tersebut.

Jenis-Jenis Jaringan Wireless

Jangkauan jaringan nirfkabel memiliki empat jenis yakni sebagai berikut:

WLAN

Wlan atau wireless local area Network memungkinan terhubungnya dua perangkat atau lebih untuk saling bertukar data dan informasi. 

Wlan ini juga menyediakan koneksi melalui access point untuk jaringan internet yang memang lebih luas. Biasanya WLAN ini digunakan di area yang kecil seperti area perkantoran, café, sekolah, bandara, kompleks pemerintahan, dan lain sebagainya.

WMAN

Wireless metropolitan area Network ini dapat saling menghubungkan jaringan di beberapa titik pada wilayah metropolitan.

Misalnya adalah gedung perkantoran A dengan gedung perkantoran B, atau juga dapat mencakup jaringan satu Kota sekaligus.

WWAN

Wireless Wide Area Network yang dapat digunakan oleh pengguna yang terkoneksi ke jaringan pribadi atau publik dari jarak jauh.

Jaringan yang mencakup satu negara atau yang paling luas ini memanfaatkan sistem satelit misalnya jaringan 2G, 3G, 4G dan seterusnya.

WPAN

WPAN atau Wireless Personal Area Network merupakan jaringan nirkabel yang memiliki jangkauan paling kecil dan sifatnya hanya sementara atau dadakan.

Jarak dari WPAN ini biasanya tidak jauh sekitar sepuluh meter. Misalnya jaringan WPAN adalah bluetooth yang tersemat di smartphone, laptop, tablet, dan juga yang lainnya.

Perangkat Untuk membangun Jaringan Wireless

Koneksi nirkabel atau wireless pasti kita akan membutuhkan perangkat untuk membangun jaringan nirkabel ini. Adapun beberapa perangkat keras hardware yang dibutuhkan untuk membangun jaringan wireless.

Wireless Network Adapter

Apabila perangkat ini berada di sisi client yang mana menyediakan minimal satu wireless Network adapter untuk dapat terkoneksi ke jaringan via WiFi.

Biasanya laptop dengan keluaran terbaru terdapat wireless Network adapter secara built-in. atau juga bisa Anda tambahkan Wireless Network Adapter ke komputer PC Anda dengan ditancap ke dua slot PCI dan USB.

Wireless Router / Wireless Access Point

Seperti halnya jaringan kabel bahwa jaringan nirkabel ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan router atau switch yang mana menggunakan media nirkabel atau wireless.

Jaringan wireless ini biasanya di tempat kan di area yang cukup kecil misalnya di rumah perkantoran yang hanya mencakup area itu saja.

Antenna Wireless

Wireless router biasanya memanfaatkan antena untuk memperluas area jangkauan sinyalnya. Antena ini sifatnya opsional yang mana dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Selain sisi router, antena ini juga berfungsi untuk dapat menjangkau sinyal yang dipancarkan wireless router, dengan bantuan antena, wireless adapater yang dapat menjangkaunya.

Wireless Repeater

Sebuah wireless repeater dapat dihubungkan ke wireless router atau access point. Kegunaan wireless repeater ini adalah sebagai penguat sinyal dari jangkauan sinyal dari router maupun AP. Hal ini juga dapat menghemat biaya tanpa perlu membeli lagi wireless router atau access point. 

Penjelasan mengenai Aruba

Setelah kita membahas sedikit tentang wireless sebelumnya, kita akan kembali membahas penjelasan mengenai Aruba Network.

Aruba Network menawarkan pilihan solusi jaringan seperti misalnya:

  • Access Point
  • Remote Access Point
  • Switching
  • Gateway & Controller
  • Network Management
  • SD-WAN
  • Analytic & Assurance
  • Security Solution
  • Network Access Control
  • VPN

Layanan Aruba Networks

Ada banyak produk-produk yang diperkenalkan oleh Aruba Network untuk memberikan solusi jaringan yang modern dan juga berbagai inovasi yang berbeda dengan yang lainnya sehingga bisa membantu berbagai produk dari Aruba Network seperti :

Aruba Access Point

Access point merupakan salah satu perangkat yang cukup populer di bidang jaringan. Apalagi memancarkan sinyal WiFi yang tentunya kita harus memasang access point yang dapat memancarkan sinyal yang dapat memancarkan sinyal jarak jauh dan juga sinyal yang lebih kuat.

Terkadang router tidak memiliki sinyal yang cukup kuat untuk memancarkan sinyal ke luar ruangan. Maka dari itu Aruba access point menawarkan solusi perluasan sinyal WiFi hingga keluar ruangan atau outdoor dengan teknologi WLAN yang dapat diakses jarak jauh.

Dan juga access point wireless Aruba netweork ini dapat mengirimkan sinyal nirkabel dari satu router ke router lainnya sehingga berguna sekali untuk Anda yang membutuhkan cakupan sinyal di dalam gedung dan diluar yang luas.

Solusi Jaringan

Dengan memilih Aruba Network maka Anda akan mendapatkan solusi jaringan serta keamanan dalam jaringan yang sangat menguntungkan.

Berbagai kelebihan ini Anda dapat Berbagai kelebihan dapat Anda dapatkan daripada Anda menentukan bersama dengan product lain. Sudah banyak yang menjadi partner berasal dari Aruba Indonesia dan mulai sangat senang bersama dengan kinerja yang dihasilkan berasal dari beraneka product Aruba.

Aruba Network dapat konsisten menjadi solusi jaringan yang handal dan termasuk dapat konsisten mengeluarkan beraneka inovasi yang terkait bersama dengan jaringan dan termasuk keamanan jaringan. Hal ini udah terbukti makin lama hari, Aruba konsisten mengeluarkan beraneka product yang sangat menunjang di dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya bersama dengan keistimewaan berbentuk harga yang murah untuk product yang berkualitas.

Aruba Wireless

Saat ini memang ada banyak yang pakai teknologi wireless atau nirkabel. Dengan teknologi ini, akan terlampau banyak keuntungan yang didapatkan. Salah satu keuntungannya adalah tidak wajib menata kabel atau cabling yang terlampau mengganggu sekiranya akan diadakannya maintenance. Dengan Aruba Wireless, semua pekerjaan dapat diselesaikan bersama dengan mudah.

Sejarah Aruba

Berbicara soal sejarah Aruba kita perlu menilik nama dari Aruba Network sebelumnya yakni Aruba wireless Network yang merupakan anak perusahaan jaringan nirkabel Hewlett Packard Enterprise yang berkantor di Santa Clara, California.

Tepatnya di dirikan di Kota Sunnyvale, California di tahun 2002 oleh Keerti Melkote dan Pankaj Manglik. 

Kemudian Hewlett-Packard mengakuisisi Aruba Networks di tanggal 2 Maret 2015 dengan harga 3 miliar dollar Amerika.

Di tanggal 19 Mei 2015, HP menyelesaikan akuisisinya.  Per Tanggal 1 November 2015, perusahaan beroperasi sebagai anak perusahaan Hewlett Packard Enterprise.

Produk Aruba Indonesia

Aruba Networks merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi jaringan. Aruba mempunyai banyak produk jaringan yang diproduksinya terlebih produk jaringan seperti router, switch, access point, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa penjelasan produk Aruba.

Kini ini, jaringan telah makin lama lama maju, makin lama lama majunya jaman menyebabkan banyak variasi perusahaan yang bergerak didalam bidang jaringan berkompetisi tanding-perlombaan untuk menyebabkan banyak variasi penemuan baru untuk memancing calon pelanggan. Ada satu perusahaan jaringan yang telah mempunyai pengalaman didalam bidang jaringan dan diperacya oleh banyak perusahaan dan pemerintahan, terlebih andaikata bukan Aruba Network.

Aruba Network, sebelumnya dikenal sebagai Aruba Wireless Networks, yaitu anak perusahaan jaringan nirkabel Hewlett Packard Enterprise yang berbasis di Santa Clara, California. Perusahaan ini didirikan di Sunnyvale, California terhadap 2002 oleh Keerti Melkote dan Pankaj Manglik.

Ada banyak sekali produk yang dikeluarkan oleh Aruba untuk jaringan yang modern dan juga bersama dengan bersama dengan banyak variasi penemuan yang berlainan bersama dengan bersama dengan yang lain, yang tentu saja amat menolong. Pelbagai produk berasal dari Aruba Networks terhadap lain:

  • Network: Wi-Fi Access Points (dalam & luar ruangan), Sakelar Ethernet, Pengontrol LAN Nirkabel (WLC) & produk SD-WAN
  • Manajemen Jaringan: Platform Manajemen AirWave, Pusat berbasis cloud; Aktifkan untuk pengelolaan & penyediaan inventaris aset
  • Keamanan Jaringan: Manajer Kebijakan ClearPass untuk Kontrol Jalan Jaringan; IntroSpect for User & Entity Behavior Analytics (UEBA)
  • Analitik & Jaminan Layanan: NetInsight; Sensor Jaminan Layanan (sebelumnya Cape Networks)
  • Layanan Berbasis Lokasi: Aruba Beacons, Tag Aruba, Mesin Layanan Lokasi Meridian, Pembuat Aplikasi Meridian, Mesin Lokasi Analytics (ALE)

Mengapa memilih Wifi Aruba

Adapun beberapa produk WiFi Aruba yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Mengapa sih memilih WiFi Aruba mari kita simak beberapa hal berikut ini.

Layanan Aruba Yang Terbaik

Adapun solusi WiFi Aruba yang memberikan inovasi dalam berulang kali dianggap oleh analis pihak ketiga sebagai pemimpin didalam Wi-Fi 6, switching, SD-Cabang, dan visioner didalam jaringan Data Center. 

Perusahaan terbesar di dunia mengandalkan kami untuk sediakan platform sarana edge bertenaga AI yang aman yang menjangkau kampus, cabang, pusat data, dan lingkungan kerja jarak jauh.

Aruba telah menjadi yang terdepan didalam inovasi sejak awal, dan terus melaksanakan investasi berarti untuk menghadirkan Aruba ESP (Edge Services Platform), platform pertama yang melampaui manajemen jaringan konvensional untuk sediakan operasi, penyediaan, orkestrasi yang dapat dukungan AI, keamanan, dan sarana wilayah berasal dari cloud.

Kelebihan dan kekurangan Wifi Aruba

WiFi Aruba juga memiliki kelebihan namun juga memiliki kekurangan yang mungkin bisa Anda jadikan acuan untuk memilih Aruba antara lain:

Kelebihan

  • Mampu melakukan pancaran sinyal yang lebih luas dan mudah.
  • Kokoh dan redundansi.
  • Pengoperasionalan yang lebih stabil.
  • Kecepatan dan jangkauan area yang lebih baik.
  • Dokumentasi yang baik dan bantuan secara online. 
  • Dapat diadopsi oleh organisasi mana pun di mana mereka memerlukan jangkauan nirkabel yang aman dan memiliki kwalitas tinggi dengan kecepatan luar biasa dan nol pemutusan.
  • Itu dapat dengan mudah diintegrasikan dengan portal Manajemen Identitas agar pengguna akses nirkabel on board atau off board hanya dengan mengimbuhkan atau menghapus alamat e-mail dan itu saja.
  • Kemudahan integrasi dengan perangkat Cisco Identity Management untuk otentikasi terpusat dan postur kepatuhan dengan pembaruan kebijakan keamanan.

Kekurangan

  • Tidak menyediakan charger.
  • Terkadang tidak adanya manual book atau dokumentasi.
  • Terkadang fasilitas tekhnis perlu sementara untuk diselesaikan.
  • Beberapa masalah kecil untuk pergantian konfigurasi khusus yang harus dikerjakan supaya tidak berfungsi.
  • Mengelola dari website UI bisa amat menyakitkan.
  • Ini amat terperinci, yang kemungkinan sulit dipahami.
  • IDS\IPS lemah di dalam lebih dari satu hal.
  • Fitur kebolehan tanda otomatis bisa mengfungsikan sedikit kerja. Sepertinya lebih-lebih kala kita menolaknya selama jalan, itu mencoba meningkatkan kebolehan sinyal.

Lisensi Aruba

Setiap produk dari Aruba Network pasti memiliki lisensinya masing-masing yang mana memiliki fitur dan fungsi yang berbeda-beda.

Lisensi Aruba adalah berbasis pengontrol. Yang mana kunci lisensi adalah string alfanumerik unik yang dihasilklan menggunakan nomor seri pengontrol dan juga berlaku hanya pada satu pengontrol saja.

Mengaktifkan Lisensi Baru di Pengontrol Anda

  1. Adapun langkah-langkah untuk menginstall dan mengaktifkan lisensi baru disetiap produk Aruba Network berikut ini:
  2. Dapatkan lisensi perangkat lunak Aruba yang valid dari manajer akun penjualan atau pengecer formal Anda (lihat Meminta Lisensi Perangkat Lunak di Email).
  3. Temukan nomer seri proses pengontrol Anda (lihat Menemukan Nomor Seri Sistem).
  4. Gunakan nomer seri proses Anda untuk beroleh kunci lisensi perangkat lunak dari web web Manajemen Lisensi Perangkat Lunak Aruba: https://licensing.arubanetworks.com/ (lihat Memperoleh Kunci Lisensi Perangkat Lunak).
  5. Masukkan kunci lisensi perangkat lunak menggunakan keliru satu prosedur berikut:
  • Navigasikan ke halaman Konfigurasi > Jaringan > Pengontrol > Pengaturan Sistem pada ArubaOS WebUI dan menentukan tab Lisensi. Masukkan kunci lisensi perangkat lunak dan klik Terapkan (lihat Menerapkan Kunci Lisensi Perangkat Lunak di WebUI).
  • Luncurkan Wizard Lisensi dari tab Konfigurasi WebUI dan klik Baru. Masukkan kunci lisensi perangkat lunak di area yang dihidangkan (lihat Menerapkan Kunci Lisensi Perangkat Lunak di Wizard Lisensi).
  • Gunakan perintah tambah lisensi di CLI.

Mengaktifkan Lisensi Fleksibel Baru di Pengontrol Anda

  1. Dapatkan lisensi perangkat lunak Aruba yang valid bersama dukungan lisensi fleksibel dari manajer account penjualan atau pengecer formal Anda catatan Anda dapat melihatnya Meminta Lisensi Perangkat Lunak di Email. Anda bakal sanggup menghendaki kuantitas lisensi yang sesuai selagi memesan lisensi Anda.
  2. Sertifikat lisensi tunggal bakal diterbitkan, yang memuat Info berikut:
  • Nomor anggota (misalnya LIC-AP-FLEX)
  • Kuantitas (mis. 450)
  1. Ikuti langkah 2-4 dari Mengaktifkan Lisensi Baru pada Pengontrol Anda untuk menyelesaikan proses instal.
  2. Batas lisensi baru akan berlaku langsung.

Kesimpulan

Apabila Anda sudah mengetahui apa saja layanan WiFi Aruba di atas pasti Anda akan memilih Aruba untuk solusi WiFi di perusahaan Anda.

WiFi Aruba memang memiliki banyak produk unggulan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda baik untuk bisnis kecil ataupun untuk bisnis besar.

Tentu saja dengan harga yang terjangkau juga menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam memilih solusi WiFi Aruba ini.

Juga jangan lupa Anda juga perlu lisensi Aruba yang mana akan memudahkan Anda dalam menggunakan fitur lengkap dari WiFi Aruba serta mendapatkan hak penggunaan yang terbaik.

Anda dapat membeli lisensi Aruba ini di NetData dengan harga yang tidak mahal juga loh. Jasa Pemasangan Network di Netdata yang berkualitas menjamin anda dapat menggunakan layanan WiFi dengan maksimal. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup