Mengenal Layanan Cisco Anyconnect, Sistem Keamanan Jaringan Dari Cisco

Cisco Anyconnect

Cisco Anyconnect – Sekarang ini, tentu saja jika berbagai hal terkait dengan jaringan sudah tidak menjadi hal yang asing untuk pekerjaan sekarang ini. jaringan internet memang sangat diperlukan untuk sebuah pekerjaan atau kegiatan yang lain. Namun, apakah Anda tahu, infrastruktur yang seperti ini saja perlu yang namanya keamanan jaringan untuk mencegah berbagai hal yang terkait dengan pencurian dari pihak ke 3?

Ya, jaringan memang menjadi sebuah asset yang sangat berharga dan sangat rentan juga untuk mengalami gangguan keamanan jaringan. Jadi, jaringan ini juga bisa rentan terhadap gangguan yang diakibatkan oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab.

Memperkenalkan layanan Cisco Anyconnect yang merupakan sistem keamanan dari Cisco yang membantu Anda dalam mencegah gangguan yang ada pada jaringan.

Keamanan Jaringan

Pertama-tama, sebelum membahas tentang Cisco Anyconnect, pelajari terlebih dahulu tentang keamanan jaringan. Keamanan jaringan adalah istilah luas yang mencakup banyak teknologi, perangkat, dan proses. Dalam istilah yang paling sederhana, ini adalah seperangkat aturan dan konfigurasi yang dirancang untuk melindungi integritas, kerahasiaan, dan aksesibilitas jaringan komputer dan data menggunakan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras.

Setiap organisasi, terlepas dari ukuran, industri, atau infrastruktur, memerlukan tingkat solusi keamanan jaringan untuk melindunginya dari lanskap ancaman dunia maya yang terus berkembang di alam liar saat ini.

Jenis Gangguan Keamanan Jaringan

Arsitektur jaringan saat ini sangat kompleks dan dihadapkan pada lingkungan ancaman yang selalu berubah dan penyerang yang selalu berusaha mencari dan mengeksploitasi kerentanan. Kerentanan ini dapat terjadi di banyak area, termasuk perangkat, data, aplikasi, pengguna, dan lokasi.

Berbagai jenis gangguan keamanan jaringan yang sering kali Anda temukan di dunia jaringan adalah sebagai berikut:

Hacking

Gangguan yang paling sering Anda dengar tentunya adalah peretasan atau hacking. Definisi peretasan yang umum digunakan adalah tindakan membahayakan perangkat dan jaringan digital melalui akses tidak sah ke akun atau sistem komputer. Hacking tidak selalu merupakan tindakan jahat, tetapi paling sering dikaitkan dengan aktivitas ilegal dan pencurian data oleh penjahat dunia maya.

Carding

Pernah mendengar istilah carding? Ini adalah kejahatan yang marak beberapa tahun lalu atau bahkan sampai sekarang masih ada yang melakukannya. Jadi, carding adalah jenis penipuan di mana pencuri mencuri nomor kartu kredit, memastikannya berfungsi, dan kemudian menggunakannya untuk membeli kartu hadiah prabayar. Penipu dapat menjual kartu prabayar atau menggunakannya untuk membeli barang lain yang, pada gilirannya, dapat dijual kembali dengan uang tunai.

Deface

Yang sangat merugikan dan mungkin ini adalah salah satu tindakan yang sangat merugikan. Deface berarti merusak. Merusak situs web berarti mengubah tampilannya tanpa autentikasi apa pun untuk melakukannya. Dalam serangan perusakan situs web, peretas memasukkan salinan yang tidak pantas, atau gambar di situs web yang sah atau menutup situs web sepenuhnya, membuatnya tidak berfungsi.

Phishing

Kejahatan yang satu ini memang salah satu kejahatan yang terbilang rapih dan mengincar target yang tidak terlalu paham tentang IT dan teliti. Phishing adalah upaya penjahat dunia maya yang menyamar sebagai institusi yang sah, biasanya melalui email, untuk mendapatkan informasi sensitif dari individu yang ditargetkan.

Contoh phishing yang kerap kali ditemukan adalah sebagai berikut:

  • Penipuan Faktur Palsu
  • Penipuan Peningkatan Akun Email
  • Penipuan uang muka
  • Penipuan Google Dokumen
  • Penipuan PayPal
  • Pesan Dari Penipuan SDM
  • Penipuan Dropbox

Macam-macam Sistem Keamanan Jaringan

Ketika downtime yang hanya beberapa menit dapat menyebabkan gangguan yang meluas dan kerusakan besar pada laba dan reputasi organisasi, tindakan perlindungan ini harus dilakukan. Beberapa sistem keamanan jaringan seringkali digunakan agar menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan yang akan dialami oleh jaringan.

VPN (Virtual Private Network)

Sistem keamanan jaringan yang pertama adalah VPN. Apa tujuan dari VPN? Tujuan utama VPN adalah untuk menyembunyikan aktivitas online Anda. VPN sering digunakan untuk melindungi dari peretas dan pengintai di jaringan publik, tetapi VPN juga berguna untuk menyembunyikan alamat IP Anda, aktivitas penjelajahan, dan data pribadi di jaringan Wi-Fi apa pun. Bahkan di rumah.

Autentikas

Apakah Anda pernah masuk ke Facebook Anda? tentu saja ada autentikas yang berguna untuk memastikan jika itu adalah akun Anda. Di dalam dunia keamanan jaringan pun seperti itu. Autentikas adalah elemen penting lainnya, dan otentikasi dapat didefinisikan sebagai proses memastikan dan mengonfirmasi bahwa identitas pengguna adalah asli dan sah.

DMZ (De-Militerized Zone)

Yang mungkin masih asing memang sistem keamanan jaringan DMZ. Sebenarnya, ini merupakan jaringan yang itu sendiri tidak aman. Ini memungkinkan host dan sistem yang tersimpan di dalamnya dapat diakses dari jaringan eksternal yang tidak tepercaya, seperti internet, sambil menjaga host dan sistem lain di jaringan pribadi tetap terisolasi.

Enkripsi

Enkripsi adalah proses mengubah data menjadi bentuk yang tidak dapat dipahami untuk mencegah penggunaan data yang tidak sah. Untuk membaca file terenkripsi, Anda harus memiliki akses ke kunci atau sandi dekripsi rahasia. Data yang tidak terenkripsi disebut teks biasa; data terenkripsi disebut teks sandi.

Tips Keamanan Jaringan

Sebagai cara untuk melindungi jaringan dari berbagai hal yang tidak diinginkan, alangkah lebih baiknya jika Anda mengukuti berbagai tips yang berkaitan dengan keamanan jaringan pada jaringan yang Anda miliki.

Tips tersebut adalah sebagai berikut:

Pasang AntiVirus

Antivirus adalah hal yang sangat perlu Anda pasang pada jaringan Anda. Sebagian besar memberikan perlindungan real-time, yang dapat melindungi perangkat Anda dari ancaman yang masuk; memindai seluruh komputer Anda secara teratur untuk mengetahui ancaman yang diketahui dan memberikan pembaruan otomatis; dan mengidentifikasi, memblokir, dan menghapus kode dan perangkat lunak berbahaya.

Update Komputer Secara Rutin

Apakah mengupdate komputer secara rutin dan juga berbagai software nya juga merupakan hal yang sangat penting? Tentu saja iya!

Sofrtware yang lama dan usang rentan terhadap peretas dan penjahat dunia maya karena pembaruan membuat Anda tetap aman dari lubang yang dapat dieksploitasi ke dalam organisasi Anda. Memiliki keamanan yang andal sangat penting karena rilis catatan pembaruan perangkat lunak sering mengungkapkan titik masuk yang dapat dieksploitasi yang ditambal ke publik.

Jangan Sembarangan Membuka Website yang Tidak Jelas

Masih ingat dengan phishing? Hal ini bisa Anda alami ketika Anda membuka dengan sembarangan website yang tidak jelas. Jika Anda membuka website tersebut, bisa saja link nya berisikan phishing yang akan mencuri berbagai macam data privasi Anda.

Berhati-hati Saat Ingin Mengunduh File dari Internet

Sama seperti Anda akan mengambil tindakan pencegahan untuk belanja online yang aman, Anda juga harus berhati-hati saat mengunduh file ke perangkat Anda. Virus, malware, dan Trojan (malware yang menyesatkan) lebih merajalela dari sebelumnya, itulah sebabnya Anda harus berhati-hati sebelum mengunduh sesuatu yang ada pada sebuah website atau link yang tertera.

Kerja Di Rumah Menggunakan Layanan dari Cisco

Sudah pasti ketika di awal pandemi banyak perusahaan yang membuat kebijakan dimana karyawannya harus untuk bisa bekerja dari rumah atau WFH. WFH memang membuat berbagai macam pekerjaan menjadi terhalang. Banyak permasalahan di awal WFH seperti pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan secara real time, meeting yang terganggu, dan masih banyak problematika yang lain.

Namun, Cisco memberikan kepada para pekerja yang WFH layanan yang bisa membuat pekerjaan dari rumah menjadi lebih mudah, nyaman, dan pastinya aman dengan layanan seperti Cisco Webex dan berbagai macam layanan untuk Cisco Security.

Cisco Webex

Yang pertama adalah layanan Cisco Webex. WebEx adalah aplikasi panggilan Konferensi Video/Audio desktop multi-fungsi. Ini memungkinkan Anda untuk bertemu dengan siapa saja, di mana saja, secara real time dari kantor atau rumah Anda, selama Anda memiliki akses Internet di komputer Anda atau menginstal aplikasi seluler WebEx untuk iPhone, iPad, Android, atau Blackberry Anda.

Penjelasan Singkat

Jadi, WebEx adalah aplikasi panggilan Konferensi Video/Audio desktop multi-fungsi. Ini memungkinkan Anda untuk bertemu dengan siapa saja, di mana saja, secara real time dari kantor atau rumah Anda, selama Anda memiliki akses Internet di komputer Anda atau menginstal aplikasi seluler WebEx untuk iPhone, iPad, Android, atau Blackberry Anda.

Fitur dari Cisco Webex

Jadi, pada dasarnya Cisco Webex Meetings memiliki penawaran rapat web yang kuat untuk semua orang, mulai dari SMB (usaha kecil hingga menengah) hingga perusahaan besar. Dengan semua paket, Anda mendapatkan video HD, berbagi layar, berbagi aplikasi, perekaman dan penyimpanan cloud, dan banyak fitur lainnya. Sangat mudah untuk membeli dan bangun dan berjalan dengan cepat.

Cisco Security

Selanjutnya, pasti pekerjaan kantor butuh yang namanya keamanan. Maka dari itu, Cisco Security adalah pilihan yang sangat tepat. Aktifkan keamanan di mana saja sehingga Anda dapat memberdayakan pekerjaan di mana saja. Solusi Secure Hybrid Work bekerja sama untuk memverifikasi identitas pengguna dan perangkat serta melawan ancaman.

Cisco Umbrella

Umbrella adalah platform Secure Internet Gateway (SIG) berbasis cloud Cisco yang memberi Anda berbagai tingkat pertahanan terhadap ancaman berbasis internet. Umbrella mengintegrasikan gateway web yang aman, firewall, keamanan lapisan DNS, dan cloud access security broker (CASB) untuk melindungi sistem Anda dari ancaman.

Penjelasan Singkat

Cisco Umbrella melindungi Anda dari ancaman internet dengan menggunakan analitik Cisco di seluruh dunia untuk memberi tahu komputer Anda saat koneksi internet yang dibuatnya tidak aman, dan untuk memblokir atau membatalkan koneksi. Anggap saja seperti Penjelajahan Aman Google, tetapi untuk seluruh komputer Anda.

Keuntungan Cisco Umbrella

Cisco Umbrella ini bisa dikatakan merupakan sebuah firewall. Cisco Umbrella Cloud-Delivered Firewall memberikan visibilitas dan kontrol untuk lalu lintas internet keluar di semua port dan protokol (Layer 3/4).

Cisco Advanced Malware Protection

Selanjutnya adalah Cisco Advanced Malware Protection (AMP) for Endpoints adalah solusi keamanan titik akhir yang dikelola cloud yang memberikan perlindungan tingkat lanjut terhadap virus, malware, dan ancaman dunia maya lainnya dengan mendeteksi, mencegah, dan merespons ancaman.

Penjelasan Singkat

Cisco AMP bisa dikatakan sebagai antivirus. Produk Anti-virus ini sering disebut sebagai teknologi ‘Deteksi titik waktu’. Selain analisis file dinamis berbasis cloud, AMP untuk titik akhir menyertakan mesin perlindungan offline Point-in-time untuk pemindaian Anti-virus.

Cisco AnyConnect

Lalu yang terakhir adalah Cisco Annyconnect. Jadi, Cisco AnyConnect Secure Mobility Client memberdayakan pekerja jarak jauh dengan akses tanpa gesekan dan sangat aman ke jaringan perusahaan dari perangkat apa pun.

Penjelasan Singkat

Apakah Cisco Annyconnect ini gratis? Cisco AnyConnect adalah klien VPN gratis, mudah digunakan, dan bermanfaat untuk komputer Microsoft Windows. Ini aman dan tidak memerlukan banyak perawatan.

Cisco AnyConnect

Sekarang kita akan berfokus kepada pembahasan utama yang akan dibahas, yaitu Cisco Annyconnect. Cisco AnyConnect adalah agen terpadu yang memberikan beberapa layanan keamanan untuk membantu mengaktifkan dan melindungi perusahaan. Ini memberikan visibilitas dan kontrol yang Anda butuhkan untuk mengidentifikasi siapa dan apa yang mengakses perusahaan yang diperluas sebelum, selama, dan setelah serangan.

Cisco AnyConnect Secure Mobility Solution menawarkan platform keamanan titik akhir yang komprehensif dengan fungsionalitas akses jarak jauh, penegakan postur, dan fitur keamanan web.

Mengapa Memilih Layanan Cisco AnyConnect

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus memilih layanan Cisco Annyconnect, diantaranya adalah:

Menciptakan Efisiensi

Jadi, efisiensi yang bisa didapatkan oleh admin adalah produktivitas lebih tinggi, total biaya kepemilikan rendah melalui satu klien. Sedangkan untuk user, keuntungan yang didapatkan adalah konektivitas yang cerdas, dapat diandalkan, dan selalu aktif.

Meningkatkan Visibilitas

Cisco Annyconnect dapat meningkatkan visibilitas. Jadi, pada layanan ini Cisco menambahkan Cisco Cloud Access Security (CAS), yang menyediakan keamanan dan keamanan data untuk aplikasi berbasis cloud; peningkatan Identity Services Engine (ISE), visibilitas dan kendali kendali untuk jaringan dan titik akhir perangkat dengan kendali akses lokasi baru; dan Threat Awareness Service, yang memberikan visibilitas ancaman atas jaringan kepada organisasi.

Berjalan Secara Otomatisasi

Cisco Annyconnect berjalan secara otomatisasi. Jika layanannya terdapat pemebaharuan, maka akan langsung diperbarui, dan ada management VPN tunnel yang memungkinkan klien untuk terhubung secara otomatis ke VPN saat komputer dinyalakan.

Penerapan Cisco AnyConnect

Mengakses internet dengan aman di rumah merupakan sebuah keinginan banyak orang, apalagi yang saat ini sedang mengerjakan pekerjaan dari rumah, tentunya ingin bisa mengakses internet dengan nyaman dan mengirimkan file pekerjaan dengan aman juga. 

Cisco Anyconnect bisa membantu Anda dalam menciptakan pengalaman kerja dari rumah saja yang aman dan juga nyaman.

Layanan dari Cisco ini memiliki penerapan yang mencakup:

Verifikasi Pengguna yang Berwenang

Jadi pengguna harus melakukan verifikasi pengguna yang dimana ini bisa mencegah orang yang tidak memiliki akses bisa masuk.

Cegah Ancaman di Titik Masuk

Cisco AnyConnect Secure Mobility Client dapat dengan mudah mendeteksi virus apa saja yang akan mencoba masuk dan membahayakan jaringan Anda.

Lindungi Pengguna dari VPN

Seperti yang Anda tahu, Cisco AnyConnect merupakan VPN yang dapat mengaktifkan akses aman ke jaringan perusahaan dengan mobilitas yang benar dan aman dari klien VPN Anda untuk pengguna.

Optimalkan Keamanan dengan Visibilitas, Analitik

Anda bisa mendapatkan visibilitas ke pengguna jaringan, perangkat, dan aplikasi mereka. Berbekal analitik yang kaya, administrator dapat dengan cepat membuat kontrol akses dan kebijakan penggunaan aplikasi, mengoptimalkan pengalaman pengguna akhir dan keamanan jaringan.

Buka Kunci Visibilitas Titik Akhir yang Dalam

Agen ISE Cisco AnyConnect menyediakan postur titik akhir terpadu dan perbaikan untuk Cisco ISE melalui kabel, nirkabel, dan VPN lingkungan.

Manfaat Menggunakan Layanan Cisco AnyConnect

Ketika Anda menggunakan layanan Cisco Anyconnect, terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan yang tidak akan bisa Anda dapatkan di berbagai layanan yang berbasis untuk keamanan dan kenyamanan untuk pekerjaan jarak jauh ini.

Cisco Anyconnect memiliki manfaat diantaranya adalah:

Access From Anywhere

Berdayakan karyawan Anda untuk bekerja dari mana saja, di laptop perusahaan serta perangkat seluler pribadi di mana pun lokasi fisiknya. Dan berikan keamanan yang diperlukan untuk membantu memastikan bahwa data organisasi Anda aman dan terlindungi.

Greater Visibility

Cisco AnyConnect, memberikan peningkatan signifikan dan fitur baru untuk visibilitas dan kontrol titik akhir yang lebih baik.

Comprehensive Protection

Cisco AnyConnect baru memperluas keamanan lebih dalam ke titik akhir dan jaringan dengan kemampuan baru yang memberikan visibilitas lebih besar untuk melindungi apa yang paling penting aset digital perusahaan.

Simplified Management and Usability

Manajemen koneksi yang dikonfigurasi lebih mudah. Memungkinkan Anda untuk memisahkan jaringan administrator dari jaringan pengguna jika Anda mau dan memungkinkan pengguna yang memiliki banyak peran dalam sebuah perusahaan (atau yang sering mengunjungi area yang sama) untuk menyesuaikan jaringan dalam grup untuk membuat daftar jaringan yang dapat dipilih lebih mudah dikelola.

Lisensi Cisco

Setiap aplikasi atau software mungkin terdapat yang namanya lisensi. Ini juga berlaku bagi berbagai layanan dari Cisco. Mengapa harus menggunakan lisensi? Tentu saja adalah agar Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan fitur yang lengkap dan juga mendapatkan update secara berkala.

Mengapa dinamakan dengan Cisco IOS license atau Internetwork Operating System? Ini karena software yang akan Anda temukan digunakan di sebagian besar produk switch dan router Cisco. 

Sebelumnya Cisco menggunakan sistem CatOS, namun untuk sekarang ini IOS sudah banyak digunakan pada perangkat Cisco yang terbaru.

Macam Lisensi Cisco

Perlu Anda ketahui, untuk setiap lisensi dari Cisco memiliki berbagai perbedaan, baik itu yang berdasarkan harganya, berdasarkan durasi lisensinya, dan juga berdasarkan tipe lisensi itu sendiri.

Dan, Cisco memiliki dua macam lisensi, yaitu lisensi sementara dan juga lisensi permanen. Apa perbedaannya?

Lisensi Permanen

Seperti sama dengan namanya, lisensi permanen ini bersifat selamanya, alias lisensi akan terus aktif selama Anda menggunakan layanan dari Cisco tersebut.

Pada saat lisensi permanen ini dipasang maka semua izin pemakaian fitur akan terbuka sesuai fitur yang tersedia. Kemudian Anda tinggal melakukan pembaharuan dengan seri lisensi yang terbaru.

Lisensi Sementara

Lisensi jenis yang satu ini diberikan jangka waktu tertentu. Misalnya saja Anda membeli lisensi selama 1 tahun, maka lisensi tersebut akan aktif sampai satu tahun.

Sampai sekarang ini terdapat tiga jenis lisensi sementara yang disediakan Cisco yakni :

  1. Built-in Licenses for Emergencies
  2. Evaluation Licenses
  3. Extension Licenses 

Kesimpulan

Itulah tadi bagaimana penjelasan tentang Cisco Anyconnect. Memang sangat berguna untuk menggunakan berbagai layanan dari Cisco untuk Anda yang masih bekerja dari rumah atau WFH agar pekerjaan walaupun dilakukan secara daring akan terasa lebih nyaman dan juga lebih aman.

Jika Anda tertarik untuk membeli layanan Cisco Anyconnect, Anda bisa membeli lisensinya di NetData. Untuk dukungan lisensi dan juga perpanjangan lisensi Cisco bisa juga di NetData yang dijamin cara mudah dan juga dengan biaya yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup