Inilah Beberapa Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Anda

Internet Quota

Kuota Internet – Sekarang ini memang smartphone bukan hanya menjadi kebutuhan sekunder saja, bahkan banyak orang yang menganggap jika smartphone adalah kebutuhan primer. Entah untuk alasan apa, namun penggunaan smartphone kebanyakan didominasi dengan menggunakan internet, menggunakan internet berarti menggunakan kuota internet yang merupakan layanan dari sebuah ISP.

Sebuah ISP menyediakan paket internet yang beragam, tentu saja kuota internet walaupun ada yang sampai unlimited, tetap saja terdapat FUP (Fair Usage Policy) yang membatasi penggunaan internet pada smartphone Anda.

Menjadi masalah yang besar ketika Anda sedang ingin mengabari teman Anda untuk kebutuhan darurat namun kuota tiba-tiba habis, maka dari itu, perlu diketahui bagaimana cara menghemat kuota internet untuk smartphone yang perlu Anda ketahui!

1. Update Sistem Smartphone Kamu dengan Menggunakan WiFi

Melakukan update sistem pada smartphone memang sangat perlu, namun jika menggunakan kuota internet biasa, pastinya akan membuat kuota cepat habisa karena sistem pada smartphone jika melakukan update memiliki size yang besar bisa sampai 8 Gb.

Maka dari itu, jika ingin melakukan update sistem smartphone, pastikan menggunakan WiFi saja.

2. Atur Limit Penggunaan Data di Smartphone Kamu

Ada cara yang ampuh untuk Anda bisa memanage penggunaan data pada smartphone Anda, adalah dengan mengatur limit penggunaan kuota data Anda entah itu setiap hari, minggu, atau bulan.

Caranya untuk mengatur limit penggunaan data pada smartphone Android adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Setelan di ponsel Anda.
  • Ketuk Jaringan & internet lalu Internet.
  • Di samping operator, ketuk Setelan Setelan.
  • Ketuk Peringatan & batas penggunaan data. Jika perlu, aktifkan Setel peringatan penggunaan data terlebih dahulu.
  • Ketuk Peringatan penggunaan data.
  • Masukkan angka. Untuk beralih antara megabyte (MB) dan gigabyte (GB), ketuk Panah bawah Panah bawah.
  • Ketuk Setel.

Jika penggunaan data mencapai level yang dipilih, Anda akan mendapatkan notifikasi.

3. Cermat Dalam Mengatur Aplikasi Mesin Pencarian

Apakah Anda tahu jika beberapa aplikasi mesin pencarian seperti Google Chrome dan juga Opera Mini memiliki fitur yang bernama data saver yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan kuota internet. Misalnya Opera Mini, aplikasi ini bahkan bisa mengatur kualitas foto yang diunduh sehingga tidak menguras kuota berlebih.

4. Matikan Kuota / Paket Data Internet saat Tidur dan Sedang Tidak Dibutuhkan

Jika Anda sedang tidur atau merasa tidak dibutuhkan saat itu juga, maka matikan saja paket data internet pada smartphone Anda. Karena walaupun tidak dipakai, beberapa aplikasi akan tetap menggunakan kuota internet untuk berjalan memberikan notifikasi, contohnya saja Whatsapp dan juga Instagram.

5. Hindari dalam Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi yang Banyak Memakan Kuota

Apakah Anda pernah mengerti mana aplikasi yang ada di smartphone Anda yang sekiranya memakan banyak sekali kuota? Jika Anda menyadari, aplikasi seperti Instagram adalah salah satu penyumbang utama penghabis kuota Anda, serta juga ada Youtube, Netflix, dan beberapa aplikasi yang memuat video atau gambar akan membuat kuota internet menjadi cepat habis/

Maka dari itu, hindari terlalu sering menggunakan aplikasi yang banyak memakan kuota agar kuota internet Anda tetap aman dalam jangka waktu yang lama.

6. Gunakan Alternatif Aplikasi Sejenis yang Lebih ‘Ringan’

Apakah Anda pernah mendengar aplikasi yang diberi embel-embel ‘Lite’ dibelakangnya? Walaupun tidak sebagus aplikasi aslinya, namun kalau Anda berharap menghemat kuota, versi lite yakni pilihan terbaik. Banyak aplikasi kini memiliki versi lite, yang mengkonsumsi lebih sedikit data dan memuat lebih kencang. 

Dari Facebook, Tiktok, Linkedin, Youtube, pun Google Assistant. Begitupun dengan aplikasi yang acap kali kita gunakan yakni Instagram dan Twitter yang juga memiliki versi lite.

7. Unduh Maps Tujuan Kamu

Google Maps memiliki fitur yang bernama download maps. Jadi, Anda bisa mendownload maps untuk area yang Anda tentukan. Sehingga, ketika suatu saat Anda ingin pergi dan dan masih di area maps yang Anda download Anda masih bisa menggunakan Google Maps tanpa menggunakan data.

8. Langganan Aplikasi Streaming yang Bisa Dinikmati Secara Offline

Apakah Anda masih mendengarkan musik atau melihat film atau video masih dengan cara streaming? Streaming memang membuat banyak data, tapi keunggulannya adalah Anda tidak perlu download sehingga tidak membuat penuh storage Anda. 

Namun, jika Anda bijak, Anda bisa langganan aplikasi streaming yang bisa dinimkati secara online konten-konten di dalamnya, seperti Spotify, Youtube, Netflix, dan Disney+. Film, video, atau musik yang sudah Anda download bisa Anda dengarkan atau tonton lagi secara offline.

9. Gunakan WiFi Saat Memungkinkan

Inilah yang menjadi salah satu cara yang sangat bagus untuk menghemat kuota, adalah menggunakan wifi saat memang memungkinkan. Lakukan berbagai hal diatas tadi seperti aktivitas download dengan menggunakan WiFi.

Namun, perhatikan juga jika WiFi publik masih menjadi fasilitas jaringan internet yang dimanfaatkan banyak orang. Karena memang praktis, hemat, dan berkhasiat, sayangnya jaringan WiFi publik tak senantiasa aman.

Padahal faktanya terdapat risiko keamanan dari penerapan WiFi publik, termasuk memungkinkan pengguna WiFi publik berjumpa dengan para penjahat siber.

Dikala terhubung ke WiFi publik, pengguna bisa menghadapi kemungkinan pencurian data. Hal ini tak terelakkan karena pengguna internet mentransfer seperti itu banyak kabar penting. Maka dari itu, akan sangat penting bagaimana Anda memperhatikan koneksi WiFi publik itu sebelum Anda terkoneksi dengannya.

Anda bisa menggunakan koneksi WiFi yang sekiranya Anda tahu, jika memang mencurigakan, gunakan VPN demi keamanan data Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup