Berikut Ini Adalah Tips Mempercepat Koneksi Wifi Dirumah

Koneksi Wifi

Dengan teknologi yang semakin berkembang pesat kita juga pasti ingin memilih sesuatu hal yang canggih dan cepat seperti halnya koneksi WiFi di rumah.

Apalagi jika koneksi WiFi di rumah digunakan oleh anggota rumah yang sedang melaksanakan berbagai macam kegiatan seperti kuliah online, sekolah online, hingga bekerja dari rumah.

Namun bagaimana jadinya apabila terjadi masalah atau gangguan di koneksi WiFi rumah kita misalnya internetnya lemot, tidak bisa konek, dan lain sebagainya.

Nah kali ini kita akan membahas apa saja tips mempercepat koneksi WiFi dirumah yang akan kita bahas beberapa langkah berikut ini:

Lakukan Network Reset & Flushing DNS

Flush DNS adalah salah satu cara untuk mempercepat koneksi WiFi dirumah Anda. Dengan cara mereset cache DNS client yang sedang digunakan untuk menyesuaikan informasi dari perubahan yang yang ada pada suatu domain, DNS yang baru, serta name server dengan data yang baru.

Cara reset network dan cara flushing DNS:

  1. Pertama buka dulu Command Prompt klik kanan lalu pilih Run As Administrator.
  2. Ketikkan perintah persis seperti ini: ipconfig /flushdns lalu tekan Enter pada keyboard.
  3. Setelah sudah ketik lagi perintah baru yakni: ipconfig /renew lalu Enter.
  4. Flush dns sudah selesai maka tutup Command Prompt dan coba untuk mengakses internet.

Pilih Tempat dengan Sinyal WiFi Kuat

Koneksi yang jelek adalah salah satu indikasi bahwa area lokasi dirumah Anda mungkin memang tidak terjangkau jaringan provider Anda. Atau juga bisa karena jangkauan sinyal dari router Anda juga kurang bagus sehingga Anda harus memindahkannya ke tempat yang terjangkau.

  • Hindarilah meletakkan router di sekeliling tempat yang banyak mengandung besi.
  • Gunakan repeater untuk memperkuat sinyal di ruangan yang lemah sinyalnya.
  • Jauhkan dari peralatan yang mengandung banyak gelombang elektromagnetik ataupun bluetooth.

Ubah Pengaturan QoS

Untuk orang yang menggunakan komputer ataupun laptop dengan sistem operasi Windows 8 keatas maka secara default Windows akan mengalokasikan 20% bandwidth untuk kebutuhan Windows update, dan juga sisanya baru untuk kebutuhan Anda.

Sehingga salah satu cara untuk mempercepat koneksi WiFi dirumah Anda adalah dengan mengatur bandwidth Anda untuk 100% untuk internet Anda. Untuk itu Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik Start > Run > Ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip).
  2. Klik Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates.
  3. Klik Network kemudian pilih menu QoS Packet Scheduler.
  4. Klik dua kali pada kolom Limit Reservable Bandwidth.
  5. Lalu pilih enable, dan isikan nilai 0 pada bandwidth limit.
  6. Klik Apply.
  7. Restart Komputer.

Atur IRPStackSize Lebih Tinggi

Cara meningkatkan koneksi WiFi dirumah Anda maka Anda dapat mengatur IRPStackSize menjadi lebih tinggi. Apabila Anda meningkatkan nilai ini maka Anda dapat memperoleh kecepatan internet yang lebih optimal. Secara pengaturan awal nilai IRPStackSize ini adalah 15, sehingga dapat ditambahkan hingga 50. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik menu Start > Run > ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) untuk membuka jendela Registry Editor.
  2. Klik menu berikut HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  3. Pada folder Parameter tersebut, klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50.
  4. Apabila file tidak ditemukan maka buat file DWORD ini lalu klik kanan New, DWORD Value. Buat dengan nama “IRPStackSize” dan Value nya 50.
  5. Pilih OK, dan close jendela Registry Editor.
  6. Lakukan Restart komputer Anda.

Cek Kekuatan Sinyal WiFi

Apabila kecepatan internet, Anda maka dapat memeriksa seberapa kuat sinyal yang dipancarkan oleh router WiFi di rumah Anda.

Untuk memeriksanya Anda dapat menggunakan aplikasi khusus dengan cek kekuatan sinyal WiFi, seperti NetSpot, Amped, Wireshark, Cloudcheck, dan lainnya.

Anda harus memastikan sinyal WiFi di kisaran -60 decibel-milliwatts (dBm) hingga lebih -50 dBm atau di atasnya. Apabila dibawah -70 dBm, sinyal yang terlalu lemah maka tidak akan mampu memberikan koneksi internet yang cepat.

Gunakan Router Berkualitas

Apabila semua cara diatas Anda kamu lakukan satu per satu tetapi masih saja gagal maka kemungkinan besar terdapat masalah di router Anda. Kemungkinan umur router Anda sudah terlalu lama sehingga mengalami kerusakan hingga mengalami penurunan performa. Atau juga bisa Anda menggunakan perangkat kelas low-end yang memiliki performa yang lambat.

Maka dari itu pastikan Anda menggunakan router dengan kualitas yang baik dan juga mengeluarkan sedikit uang untuk membeli router yang bagus demi mendapatkan kualitas koneksi yang baik dan mendapatkan koneksi WiFi yang lancar dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup