Gimana Sih Cara Membangun Jaringan Internet Wifi?

Internet Network

Sekarang ini memang sudah marak sekali dimana-mana sudah menggunakan internet dengan memanfaatkan wifi. Membangun jaringan internet wifi di rumah sendiri pun juga sekarang ini menjadi sebuah hal yang sangat wajar terlebih lagi di masa sekarang yang sekolah masih daring dan juga pekerjaan masih di rumah saja, tentunya menggunakan jaringan internet wifi menjadi lebih ringkas daripada menggunakan data internet sendiri-sendiri.

Mungkin, bagi sebagian orang masih menganggap jika membangun jaringan internet wifi di rumah adalah hal yang susah. Padahal, semua itu tidak benar jika Anda mempelajarinya terlebih dahulu pada artikel ini.

Berikut ini adalah cara yang sangat mudah untuk membangung jaringan internet wifi entah itu di rumah Anda, kantor Anda, atau pun di tempat usaha yang Anda kelola.

Internet

Sebelum membahas lebih dalam tentang bagaimana jaringan internet wifi bisa dibangun, ada baiknya untuk mengerti terlebih dahulu, ‘apa yang sebenarnya dimaksud dengan interne? Kenapa bisa digunakan untuk chatting, bermain game, dan juga mencari berita di belahan dunia lain?’. 

Fakta bahwa internet adalah sebuah hal yang menjadi kebutuhan primer untuk sebagian besar orang memang bukanlah sebuah rahasia lagi dan bukan sesuatu yang negatif. Karena, faktanya ada yang mengandalkan internet untuk mencari nafkah, ada juga yang menggunakan internet untuk menghubungi kerabatnya di tempat yang jauh.

Jadi, bisa dibayangkan jika saat ini, internet adalah fasilitas publik, kooperatif, dan mandiri yang dapat diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Ini digunakan oleh banyak orang sebagai sumber utama konsumsi informasi, dan mendorong penciptaan dan pertumbuhan ekosistem sosialnya sendiri melalui media sosial dan berbagi konten. Selanjutnya, e-commerce, atau belanja online, telah menjadi salah satu penggunaan terbesar dari Internet. 

Pengertian Internet

Lalu? Sebenarnya apa yang dimaksud dengan internet? Internet, kadang-kadang disebut hanya “Net,” adalah sistem jaringan komputer di seluruh dunia jaringan-jaringan di mana pengguna di satu komputer dapat, jika mereka memiliki izin, mendapatkan informasi dari komputer lain (dan kadang-kadang berbicara langsung dengan pengguna di komputer lain).

Awal Mula Terciptanya Jaringan Internet

Secara singkatnya saja, awal mula bagaimana internet tercipta adalah bermula dari Advanced Research Projects Agency (ARPA) dari pemerintah AS pada tahun 1969 dan pertama kali dikenal sebagai ARPANET. Tujuan awalnya adalah menciptakan jaringan yang memungkinkan pengguna komputer riset di satu universitas untuk “berbicara” dengan komputer riset di universitas lain.

Keuntungan sampingan dari desain ARPANet adalah, karena pesan dapat dirutekan atau dialihkan ke lebih dari satu arah, jaringan dapat terus berfungsi bahkan jika bagian-bagiannya hancur jika terjadi serangan militer atau bencana lainnya.

Manfaat Jaringan Internet

Selanjutnya yang pasti banyak menjadi pertanyaan adalah apa sajay ang menjadui manfaat dari jaringan internet. Secara umum, Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dalam jarak besar atau kecil, berbagi informasi dari tempat mana pun di dunia dan mengakses informasi atau jawaban atas hampir semua pertanyaan dalam waktu singkat.

Beberapa contoh spesifik tentang bagaimana Internet digunakan meliputi:

Hiburan

Media sosial dan berbagi konten adalah salah satu manfaat internet dalam bidang hiburan. Contoh lain termasuk:

  • Grup dan forum diskusi online
  • Kencan daring
  • Permainan Online
  • Belanja online, atau e-commerce.

Sumber Informasi

Email dan bentuk komunikasi lainnya, seperti Internet Relay Chat (IRC), telepon Internet, pesan instan, konferensi video merupakan bagaimana email menjadi sumber informasi. Lalu, membaca koran elektronik juga ada di internet yang dijamin berita paling update.

Pendidikan Budaya

Pendidikan dan peningkatan diri melalui akses ke program gelar online, kursus dan lokakarya adalah salah satu manfaat untuk internet dalam bidang Pendidikan dan budaya.

Sarana Pendukung Kegiatan Ekonomi

Mencari pekerjaan, baik pemberi kerja maupun pelamar menggunakan Internet untuk memposting posisi terbuka, melamar pekerjaan, dan merekrut individu yang ditemukan di situs jejaring sosial seperti LinkedIn.

Kegiatan ekonomi tentunya selain itu adalah untuk pekerjaan sehari-hari.

Internet Service Provider

Berbicara tentang internet tentunya tidak akan lengkap jika tidak ada yang namanya ISP (Internet Service Provider). Internet service provider atau penyedia layanan internet bertugas untuk menghubungkan komputer pribadi atau bisnis Anda, laptop, perangkat seluler, dll ke internet. ISP dapat berupa perusahaan komersial, nirlaba, milik pribadi atau milik komunitas.

Tentu saja jika Anda melihat lagi di Indonesia, terdapat banyak sekali ISP yang tersedia yang bisa Anda pilih. Tentukan saja yang sekiranya Anda bisa gunakan sesuai kebutuhan Anda dan memang sinyal nya bagus untuk daerah tempat Anda tinggal ter cover dengan baik.

Fungsi ISP

Tedapat dua fungsi utama dari ISP, diantaranya adalah:

  • Menyediakan tautan: Pertama, mereka menyediakan tautan ke perusahaan atau individu yang memungkinkan mereka mengakses World Wide Web dan mengirim email Internet. Mereka adalah entitas yang menyediakan pelanggan individu dan institusi dengan akses ke Internet.
  • Hosting: Kedua, mereka meng-host situs web atau menerbitkan konten situs web perusahaan untuk memungkinkan perusahaan atau konsumen lain mengaksesnya. Misalnya, seseorang yang tertarik untuk meluncurkan situs web pertama-tama akan mendapatkan akun dengan penyedia layanan hosting dan kemudian akan mengunggah halaman web ke situs webnya yang secara fisik terletak di ‘server’ tuan rumah.

Ketika informasi disimpan di server, dokumen yang diunggah langsung tersedia bagi semua orang yang memiliki koneksi ke Internet.

Cara Kerja ISP

Di bagian atas piramida akses internet adalah penyedia layanan Internet Tier 1. Penyedia layanan Internet Tier 1 adalah ISP yang memiliki akses ke semua jaringan di Internet hanya menggunakan perjanjian peering jaringan yang tidak harus mereka bayar. 

Untuk membantu mengkonseptualisasikan tujuan apa yang dilayani ISP Tingkat 1, pikirkan ISP Tingkat 1 sebagai jalan raya utama Internet. ISP ini menghubungkan semua sudut World Wide Web. 

ISP Tingkat 1 menjual akses ke jaringan mereka ke ISP Tingkat 2. ISP Tingkat 2 kemudian menjual akses Internet ke organisasi dan pengguna rumahan. Namun, terkadang ISP Tingkat 1 dapat menjual akses Internet langsung ke organisasi dan individu. Selain itu, ISP perantara kedua, yang disebut sebagai ISP Tingkat 3, dapat membeli bandwidth jaringan dari ISP Tingkat 2 sebelum menjual bandwidth tersebut kepada pengguna akhir.

Ketika lalu lintas dirutekan dari jaringan rumah Anda ke internet, ia melewati sejumlah hop sebelum mencapai tujuannya. Misalnya, lalu lintas dapat berjalan dari modem Anda, ke jaringan ISP Tingkat 3 Anda, ke jaringan ISP Tingkat 2, ke jaringan ISP Tingkat 1, lalu turun kembali melalui rangkaian ISP yang berbeda sebelum mencapai tujuan.

Teknologi dasar yang digunakan ISP untuk membangun konektivitas dapat didasarkan pada saluran telepon analog (dial-up), DSL, kabel, satelit, Wi-Fi, serat optik, atau media konektivitas lainnya. Alasan banyak penyedia kabel dan telepon juga ISP adalah karena infrastruktur dasarnya dapat mengakomodasi lalu lintas Internet.

Perangkat yang Dibutuhkan untuk Membangun Jaringan Internet

Untuk membangun jaringan internet wifi di rumah Anda sendiri, terdapat beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan internet. Tentunya ini adalah komponen yang mudah dan dengan cara yang sangat mudah juga.

Akses ISP

Akses ISP adalah inti darimana Anda bisa menggunakan internet di rumah Anda. apakah tanpa ISP internet bisa digunakan? Tentu saja tidak!

Organisasi dan pengguna rumahan membutuhkan ISP untuk dapat mengakses Internet. Jika ISP Anda sedang down, Anda tidak akan dapat mengakses Internet kecuali Anda memiliki akses melalui ISP lain. Organisasi yang memerlukan koneksi Internet yang berlebihan dapat menggunakan penyedia layanan seluler atau koneksi ISP sekunder ke penyedia lain untuk pencadangan. 

Cara populer bagi pengguna rumahan untuk mengatasi pemadaman konektivitas Internet adalah dengan menggunakan ponsel mereka untuk terus bekerja atau sebagai “hotspot” seluler.

Wireless Router

Router adalah perangkat keras yang memungkinkan Anda menghubungkan beberapa komputer dan perangkat lain ke satu koneksi Internet, yang dikenal sebagai jaringan rumah. Banyak router nirkabel, yang memungkinkan Anda membuat jaringan nirkabel rumah, umumnya dikenal sebagai jaringan Wi-Fi.

Anda tidak perlu membeli router untuk terhubung ke Internet. Dimungkinkan untuk menghubungkan komputer Anda langsung ke modem menggunakan kabel Ethernet. Selain itu, banyak modem menyertakan router internal, sehingga Anda memiliki opsi untuk membuat jaringan Wi-Fi tanpa membeli perangkat keras tambahan.

Mikrotik Routerboard untuk Manajemen Jaringan

Berbeda dengan Mikrotik RouterOS yang merupakan suatu sistem operasi perangkat lunak, RouterBoard adalah sebuah perangkat keras jaringan yang di dalamnya diinstal sistem operasi mikrotik RouterOS yang fungsinya sebagai bandwidth management, DHCP, DNS server, hotspot server, proxy server, dan router jaringan.

Kabel UTP RJ45

Sebenarnya apa itu RJ45? Ini adalah konektor standar “Registered Jack 45” yang digunakan kabel Ethernet. Ada dua variasi berdasarkan bagaimana kabel diwarnai dan diatur, standar T568B yang lebih populer dan standar T568A yang kurang umum (tidak terlalu penting kecuali Anda melakukan pengkabelan terperinci). Konektor RJ45 digunakan di hampir semua kategori Ethernet, dari Cat 1 hingga Cat 6 serta Cat 8.

Memang, jika RJ45 ini adalah salah satu konektor dari kabel ethernet. Kabel Ethernet membawa sinyal broadband antara modem, router, komputer, dan perangkat berkemampuan internet kabel lainnya. Kabel Ethernet Cat 5e dan Cat 6e (atau lebih tinggi) direkomendasikan untuk kecepatan yang lebih tinggi. Sebutan ini sering dicap pada casing kawat, bersama dengan spesifikasi lainnya.

Kabel Ethernet adalah tulang punggung dari setiap jaringan komputer. Mereka mentransfer data Anda dari satu perangkat ke perangkat lain dan membantu membangun rumah/kantor pintar.

Kesimpulan

Menurut Netdata, begitulah sekiranya perangkat yang Anda butuhkan untuk bisa membangung jaringan internet wifi di rumah Anda atau di tempat yang lain yang Anda inginkan. Dengan komponen yang tidak ribet seperti itu, tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam menggunakan internet untuk kebutuhan Anda bukan?

Jika Anda sudah menginstallnya semua dan Anda pikir sudah siap untuk Anda gunakan jaringan internet Anda, pastikan Anda dapat menjalankan speedtest dengan hasil yang sesuai dengan yang Anda harapkan. Ini adalah praktik yang baik untuk menguji setiap perangkat dan mencatat statistik dari penginstalan sehingga Anda dapat membandingkannya nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup