Punya Bisnis Online? Berikut Tips Untuk Memperluas Jaringan Internet

Bisnis Online

Seiring berkembangnya zaman, teknologi internet semakin mudah diakses oleh banyak orang sehingga terciptanya peluang bisnis baru yakni bisnis online.

Masyarakat dapat memulai bisnis dengan modal nol rupiah secara daring. Bukan Cuma itu masyarakat dapat dengan mudah menjangkau pasar bisnis online secara luas.

Dengan pemasaran produk melalui media sosial, masyarakat dapat menjual produk dengan mudah dengan jangkauan hingga luar Kota maupun luar negeri sekalipun.

Awal Mula Terciptanya Jaringan Internet

Berbicara soal bisnis online tentu akan berkaitan dengan jaringan internet. Hampir semua bisnis online pasti membutuhkan koneksi internet. Hampir semua orang Indonesia sudah bisa menikmati layanan internet. 

Sehingga sebagian besar pelaku bisnis online maksimalkan bisnisnya dengan menggunakan internet.

Berikut ini adalah beberapa pemahaman seputar internet yang dapat mendukung aktivitas binsis online.

Sejarah Jaringan Internet

Internet berawal dari tahun 1969 yang berupa jaringan lokal yang dibuat oleh badan riset ARPA di Amerika Serikat. ARPA sendiri merupakan teknologi jaringan yang dibuat oleh departemen pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini diberinama ARPANET yang merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency Network.

Proyek ini dimaksudkan agar manusia dapat berkomunikasi jarak jauh melalui saluran telepon yang awalnya hanya dipergunakan untuk kepentingan militer saja.

Kemudian di tahun 1986 sistem nama domain mulai diperkenalkan ke masyarakat luas. Atau yang saat ini dikenal dengan DNS atau Domain Name System. Kemudian di tahun 2000 internet menjadi semakin berkembang sangat pesat hingga saat ini digunakan oleh pengguna di seluruh dunia.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Tidak lengkap jika kita tidak membahas pengertian internet menurut para ahli yang berkaitan dengan bisnis online, sebagai berikut:

Suswono

Pengertian internet merupakan kumpulan jaringan yang skala global yang mana seorangpun tidak bertanggung jawab dalam penggunaan internet itu sendiri.

Barnes Lee

Pengertian internet menurut barnes Lee, adalah jaringan komputer global dengan layanan informasi dan komunikasi, yang terdiri jaringan interkoneksi yang menggunakan protokol komunikasi standar.

O’Brien

O’Brien berpendapat bahwa internet adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Pengertian ini memilikie konsep yang mana suatu jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal yang terhubung ke jaringan lokal lainnya.

Lani Sidharta

Pengertian internet menurut Lani adalah suatu bentuk interkoneksi antara jaringan komputer yang memberikan layanan dalam bentuk informasi yang disajikan secara lengkap. Serta internet menurut Lani adalah mengatakan bahwa merupakan rekan maya atau virtual yang memberikan berbagai manfaat dalam bidang bisnis, politik, bahkan hingga untuk hiburan saja.

Fungsi Internet Secara Umum

Fungsi internet secara umum memang sangat bermanfaat untuk kebutuhan manusia khususnya untuk bisnis online dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa fungsi internet secara umum.

      1. Sebagai Media Untuk Mengakses Informasi

Fungsi paling umum internet adalah untuk mengakses informasi penting di dunia maya. Orang dulu untuk mengakses informasi penting biasanya mencarinya di dalam literatur seperti buku, koran ataupun jurnal. Namun saat ini Anda dapat mengakses informasi penting dengan hanya menggunakan internet meliputi e-book tanpa harus datang ke toko buku ataupun perpustakaan.

      2. Sebagai Media Bertukar Sumber Daya

Internet juga bisa bermanfaat sebagai mediae bertukar sumber daya atau data ke orang lain diseluruh dunia dengan menggunakan internet. Sumber daya yang dapat dibagikan bermacam-macam meliputi pesan tulisan, suara, foto, video, jurnal, dan masih banyak lagi.

      3. Sebagai Media Untuk Mengakses Berita

Adapun berbagai peristiwa penting yang terjadi disekitar kita namun kita terkadang perlu membaca berita untuk mengetahuinya. Maka dari itu dengan internet maka akses berita yang terbaru dan aktual bisa kita dapatkan dengan mudah.

      4. Belanja Online Dengan Mudah

Konsumen online di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Hal ini juga didukung dengan adanya layanan internet yang memudahkan masyarakat untuk berbelanja online secara mudah dan murah. 

Dalam sisi penjual atau pengusaha maka internet ini mampu memberikan dukungan dalam pengembangan bisnis onlinenya dengan mudah, cepat, dan murah.

Bisnis Online

Bisnis online tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan internet yang lancar. Banyak jenis aktivitas bisnis online yang dapat Anda lakukan misalnya untuk bisnis online shop menjual barang melalui platform e-commerce, jasa transportasi online, bisnis game online, hingga bisnis perbankan.

Mengenal Fenomena Bisnis Online

Pengguna smartphone atau ponsel pintar serta banyaknya operator penyedia internet memang semakin berkembang sehingga hal ini akan berkaitan erat dengan meningkatnya bisnis online semakin subur.

Ada banyak cara pebisnis menggunakan cara-cara kreatif untuk mempromosikan toko online mereka. Adapun berbagai foto dan gambar yang menarik dan konten-konten promosi lainnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga Frost & Sullivan menghasilkan penelitian bahwa pertumbuhan bisnis online di Indonesia mengalami pertumbuhan hingga 17%.

Hal ini dapat kita lihat bahwa banyak sekali orang yang mencoba mencari rezeki dengan cara membuat toko online di platform e-commerce dengan produk yang mereka jual secara online.

Bisnis online yang berkembang selama pandemi

Pandemi Covid-19 membuat banyak sekali perusahaan yang terpaksa mengurangi karyawan bahkan hingga gulung tikar.

Bagi masyarakat yang mengalami PHK dan memiliki keahlian khusus biasanya mereka memutar otaknya dengan cara berbisnis online.

Adapun beberapa jenis bisnis online yang sering dilakukan orang lain seperti berjualan pernak pernik atau produk lewat e-commerce, kursus online, jasa penulisan artikel maupun konten, jual perlengkapan kesehatan, dan asisten virtual.

Contoh Bisnis Online

Jaman sekarang ini, tentu saja bisnis online adalah hal yang sangat menguntungkan demi bertahan di era sekarang ini. ya, internet bisa menjadikan sebuah bisnis bisa menjadi lebih maju dalam hal marketing. Namun, ada juga contoh bisnis online yang memang pure mengandalkan internet baik itu dia menjual barang ataupun jasa.

Dan juga, sekarang ini bisnis sudah berkembang dengan pesat. Apa saja sebenarnya contoh bisnis online pada jaman sekarang ini?

Makanan dan Kosmetik

Dengan strategi e-commerce, teknologi, dan solusi logistik yang tepat, pengecer makanan dan minuman dari semua jenis dan ukuran dapat memperoleh pangsa pasar dan bahkan mendominasi sektor ini.

Sementara retailer makanan dan minuman lambat bergerak secara online, banyak yang mulai mengguncang industri dengan situs e-commerce luar biasa yang menarik dan mengonversi pembeli online.

Dari sektor kosmetik pun juga demikian. Banyak produk kosmetik baru yang menjual kosmetiknya dengan memanfaatkan bisnis online.

Layanan Konten

Layanan konten tentu saja sangat dibutuhkan sekarang ini. Sebuah produk atau jasa sekarang ini membutuhkan layanan konten untuk marketing. Seperti misalnya penulis, desainer grafis, dan developer dapat memulai bisnis berbiaya rendah berdasarkan bakat mereka.

Skincare

Produk skincare sekarang ini memang sangat umum digunakan. Baik itu wanita atau laki-laki juga sekarang sudah tidak asing lagi dengan produk skincare. Anda bisa menggunakan strategi marketing bisnis online untuk memasarkan produk skincare Anda. 

Bisnis Clothing

Jika Anda memiliki beberapa desain dalam pikiran dan sedikit waktu di tangan Anda, Anda bisa mendapatkan perusahaan pakaian Anda dari awal.

Mengapa ini menjadi alasan contoh bisnis online yang bagus? Salah satunya adalah alasan Anda untuk tidak ada yang lebih memuaskan daripada menciptakan produk yang akan digunakan orang setiap hari.

Memperluas Jaringan Internet untuk Bisnis Online

Pelaku bisnis online tentunya memiliki kebutuhan yang sangat khusus dan perlu adanya kompeten dalam jaringan internet yang digunakan untuk bisnisnya. Kenyamanan untuk berkoneksi internet adalah yang paling utama.

Tidak perlu dipungkiri jika jaringan internet terutama wireless sering sekali mengalami koneksi yang tidak stabil entah itu karena faktor lingkungan, router nirkabel, dan faktor yang lain.

Supaya jaringan internet yang Anda gunakan semakin nyaman untuk bisnis, berikut ini adalah beberapa tips memperluas jaringan internet.

Pilih Perangkat Wireless yang Berkualitas

Bisnis online membutuhkan internet yang bagus. Maka dari itu, pilih perangkat wireless yang berkualitas. Perangkat wireless yang memiliki kualitas bagus tentunya bisnis Anda bisa menjadi lebih fokus daripada memikirkan masalah internet.

Gunakan Repeater

Gunakanlah repeater ketika Anda ingin memperluas jaringan internet Anda. Dengan repeater, jangkauan wireless akan menjadi lebih luas.

Perhatikan Driver Adapter

Mengelola akses internet memang bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda berkeinginan berbisnis online dengan lancar. Dengan penyedia layanan internet terbaik Anda dapat mempertimbangkan bahwa driver adapter pada jaringan nirkabel dapat di-upgrade secara teratur.

Jangan Sampai Tergiur Layanan yang Murah

Jika Anda mendapatkan layanan internet yang murah, jangan cepat tergiur. Pastikan terlebih dahulu apakan yang menawarkan itu memiliki produk dengan rating yang bagus dari orang lain yang pernah menggunakan layanan tersebut.

Memperluas Jaringan untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis

Bisnis memang tidak hanya sekedar individu saja. Namun memperluas jaringan bisnis Anda tentu saja sangat diperlukan entah itu untuk brainstorming brand Anda dengan orang lain, mencari relasi yang baru, atau bisa saja berkolaborasi.

Menghadiri Acara Sosial

Hadirilah acara-acara sosial seperti ulang tahun kantor, kesibukan amal, atau acara olahraga antar kantor. Walaupun terkesan santai, kesibukan tersebut dapat menolong Anda dalam membangun jaringan dan hubungan.

Manfaatkanlah suasana acara tersebut yang jauh lebih santai dan informal untuk berbincang-bincang dengan orang lain, seandainya Anda beruntung, Anda dapat saja menemukan rekanan bisnis baru.

Menentukan Target

Salah satu unsur krusial untuk menjamin jaringan kerja Anda kian meningkat hari demi hari merupakan dengan mempertimbangkan sasaran. Anda bisa mempertimbangkan sasaran bentang pendek untuk memberikan dan mendapatkan satu atau dua kartu nama setiap minggunya.

Bergabung dengan Organisasi Profesional

Ketika Anda memerlukan tempat atau wadah untuk menambah networking secara signifikan, Anda bisa bergabung dengan organisasi professional.

Manfaatkan Internet

Internet sudah jelas bisa untuk bisnis. Tapi apakah Anda sudah memanfaatkannya? Manfaatkan internet Anda untuk membangun relasi dengan orang lain disana, mencari informasi yang bisa mengembangkan bisnis, dan masih banyak hal lagi yang bisa Anda lakukan demi memperluas jaringan untuk meningkatkan kinerja bisnis. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup