Mengenal Jaringan 5G Yang Kabarnya Mempunyai Kecepatan Tinggi

5G networks

Jaringan 5G – Perkembangan zaman saat ini berkaitan erat dengan perkembangan teknologi seluler yang semakin canggih setiap harinya.

Teknologi seluler memang berkembang demi memudahkan hidup serta meningkatkan produktivitas industri maupun pelaku bisnis.

Salah satu sektor teknologi seluler yang paling maju adalah telekomunikasi yang mana semakin hari semakin memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi jarak jauh dengan kualitas suara yang semakin bagus dan teknllogi yang semakin canggih.

Teknologi komunikasi yang canggih saat ini adalah kemunculannya smartphone yang dulunya hanya dimiliki oleh orang kaya saja namun sekarang dengan harga yang relatif terjangkau semakin banyak penggunanya.

Lalu muncul teknologi 3G yang menawarkan kemudahan untuk berinternet serta video call. Berlanjut ke teknllogi 3.5G hingga 4G yang mana akhir tahun mulai muncul 5G.

Apa itu jaringan 5G? apa sih kelebihan jaringan 5G berikut adalah penjelasannya:

Apa Itu Teknologi 5G?

Qualcomm, teknologi 5G yang merupakan jaringan seluler generasi kelima atau 5G yang menawarkan kecepatan upload dan download data hingga 20 kali lipat kecepatan internet generasi sebelumnya.

Dalam prakteknya teknologi 5G dimaksudkan untuk memberikan kemudahan penggguna dalam hal kecepatan data, latency yang rendah, koneksi jaringan yang luas dan juga kapasitas jaringan yang lebih tinggi. Sederhananya bahwa kecepatan internet jaringan 5G Anda dapat menikmati minimal kecepatan internet 5kali lipat dari kecepatan jaringan 4G LTE saat ini yang diandalkan.

Perkembangan Jaringan 5G

Seperti sebelumnya kita bahas bahwa teknlogi 5G adalah salah satu bukti dari inovasi yang terus dikembangkan. Hal ini lah mengapa setiap generasi teknlogi jaringan terus mengalami perkembangan yang mana 5G akan di kembangkan dari 4G masih memadai untuk saat ini, mengalami kemajuan yang sangat pesat semuanya akan terus berkembang.

Teknologi 5G, sistem kerja yang dipakai memang sama seperti sebelumnya, data akan dikirimkan melalui gelombang radio yang terbagi menjadi frekuensi yang terlihat berbeda setiap teknologinya.

Perbedaan dari dibagi sesuai dengan jenis komunikasi yang digunakan, misalnya sinyal navigasi maritim, siaran televisi dan yang terakhir sekaligus yang terlalu berfungsi di dalam telekomunikasi adalah mobile data.

Walau telah ada 3G dan 4G, semua gelombang radio itu bakal dioptimalkan cocok dengan teknologi yang digunakan. Tentu saja ketika berbicara berkenaan 5G, maka sepenuhnya bakal menjadi lebih cepat, tapi apa saja kelebihan dari teknologi jaringan 5G yang rencananya bakal diresmikan dan dipakai secara masif pada di tahun ini.

Sejarah Teknologi 5G

Siapa sih penemu teknologi jaringan 5G? Michael Lemke, pria asal Jerman ini merupakan ahli fisika dengan gelar doktor yang disebut-sebut melahirkan teknologi 5G, kabarnya sudah memulai penelitiannya sejak tahun 2016 lalu di Dresden University of Technology, Jerman.

Selain ahli fisika Michael Lemke juga memiliki jabatan penting di salah satu brand seluler seperti Huawei sebagai ahli teknologi senior, selama 24 tahun ia menggeluti dunia teknologi komunikasi.

Selain sebagai seorang ahli fisika, Michael Lemke juga menduduki posisi penting di salah satu brand seluler ternama yaitu Huawei sebagai ahli teknologi senior. 24 tahun sudah ia menggeluti dunia teknologi komunikasi.

Kemudian jaringan 5G secara resmi diperkenalkan secara terbatas di Indonesia Kamis, 27 Mei 2021.

Jaringan 5G atau generasi kelima adalah sebutan untuk generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler yang melebihi standar 4G. jaringan 5G menjadi generasi ke-5 jaringan seluler setelah 1G, 2G, 3G, dan juga 4G.

Jaringan ini memang dirancang untuk meningkatkan kualitas kecepatan data puncak multi-Gbps yang lebih tinggi, latensi yang rendah, dapat diandalkan, memiliki kapasitas jaringan yang besar, ketersediaan yang meningkat, dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Perbedaan Jaringan 5G dan 4G

Apa perbedaan jaringan 5G dan 4G yang cukup signifikan? Mari kita simak beberapa ulasan berikut ini:

Kecepatan Maksimal

Dilansir dari situs High Speed Internet, jaringan 4G merupakan generasi keempat dari teknologi wireless yang sudah menggunakan menara radio dalam pemberian layanan internet dan telepon nirkabel ke perangkat seluler, serta menawarkan kecepatan data yang tinggi.

Sementara jaringan 5G juga dibangun diatas jaringan nirkabel 4G yang nantinya akan menggunakan jaringan sendiri yang lebih luas. Menara dan pemancar 5G menggunakan lebih banyak antena dan pita radio frekuensi yang lebih tinggi yang mana akan berdampak pada peningkatan kecepatan dan waktu respon yang lebih cepat.

Untuk kapsitasnya jaringan 5G ini bisa sepuluh kali lebih cepat dari jaringan 4G, yang mencapai rata-rata hampir 500 Mbps. Yang mana perbedaan ini sangat besar dibandingkan 4G yang kisarannya 30 Mbps. Di kondisi seperti biasa 4G memiliki kecepatan maksimal hingga 100 Mbps sementara kalau jaringan 5G bisa mencapai 10 Gbps.

Serta dilihat dari ketersediaannya jaringan 4G memang sudah sangat banyak dimana saja, kecuali di daerah yang terpencil dan di wilayah pedesaan dengan sinyal seluler yang terbatas, sementara untuk saat ini jaringan 5G masih terbatas hanya ada di Kota-Kota besar dan kecil saja.

Kecepatan Upload

Dibandingkan dengan 4G, jaringan 5G ini menawarkan bandiwdth dan kapasitas yang jauh lebih besar dan luas. Angka 100 Mbps untuk jaringan 4G sedangkan jaringan 5G bisa mencapai 10 Gbps memang masih sekedar teori saja namun nantinya angka ini akan terpenuhi seiring berjalannya waktu.

Kekuatan Sinyal

Perbedaan 4G dan 5G ini terletah di kekuatan sinyalnya, yang mana pengguna gelombang pendek jaringan 5G memiliki penyebaran sinyal yang jauh lebih baik, terarah dan minim gangguan.

Sedangkan untuk penyebaran sinyal 4G tidak beraturan serta berpotensi untuk membuang energi dan tenaga dari pemancar.

Kecerdasan Perangkat

Kecerdasan perangkat merupakan salah satu perbedaan 4G dan 5G. dengan teknik Kecerdasan perangkat juga menjadi perbedaan 4G dan 5G. Dengan teknik radio kognitif yang dapat mengidentifikasi tiap perangkat, jaringan 5G mampu membedakan perangkat tetap atau fixed dan mobile. Hal ini tentu saja tidak dapat dilakukan oleh 4G.

Latency

Latensi merupakan lama waktu yang dibutuhkan data untuk sampai tujuan yang diukur dalam satuan mili detik. Yang mana semakin kecil latency sudah dipastikan jaringan tersebut semakin baik. Berbeda dengan 4G yang memiliki latency lebih lama, jaringan 5G sehingga menawarkan latency yang jauh singkat. 

Latency adalah lama waktu yang dibutuhkan data untuk sampai ke tujuan yang diukur dalam satuan mili detik. Dimana semakin kecil latency maka jaringan tersebut semakin baik. Berbeda dengan 4G yang memiliki latency lebih lama, jaringan 5G justru menawarkan latency yang jauh lebih singkat. Standar latency rendah punya 5G biasa disebut sebagai   ultra-reliable, low-latency connections.

Kelebihan Teknologi 5G

Sebagaimana disebutkan di awal, jaringan 5G mempunyai kontribusi lumayan besar terhadap kemajuan komunikasi manusia. Berkat 5G pula kesibukan sehari-hari manusia di bidang komunikasi dan pertukaran knowledge menjadi lebih ringan dan cepat.

Koneksi Lebih Luas

Meski sama-sama mengusung OFDM, teknologi 5G tawarkan berlebihan dibanding LTE yang hanya membawa subcarrier spacing meraih 15 kHz. Sementara 5G bisa lebih dari itu. 

Dengan kapasitas yang besar, yakni sampai 100 kali, teknologi 5G terhitung bisa beradaptasi dengan beragam perangkat. Ini artinya, makin lama banyak perangkat perangkat berbasis smart yang bisa membuka dan beradaptasi dengan jaringan ini.

Hampir Tidak Memiliki Delay

Tidak hanya koneksi yang luas dan kecepatan yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Jaringan ini juga hampir tidak memiliki delay. Yang mana 5G memiliki waktu delay hingga 5 milidetik saja bahkan bisa saja dikurangi hingga 1 milidetik. Waktu delay yang singkat ini memungkinkan pengguna teknologi 5G dapat menonton video beresolusi tinggi tanpa buffering.

Hemat Energi

Sejak awal teknologi 5G ini menawarkan konsumsi energi yang lebih hemat. Kemampuan dalam mengurangi konsumsi energi sebesar 10% ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi trafik data.

Kecepatan transmisi data yang cepat juga ikut andil dalam terciptanya teknologi yang hemat energi. Singkatnya jaringan 5G lebih hijau dan lebih banyak bit per kilowatt energi dibandingkan dengan generasi 4g dan sebelumnya.

Manfaat Jaringan 5G di Indonesia

  • Jaringan ini juga dapat digunakan untuk membantu dalam perencanaan perkotaan dengan teknologi mixed reality.
  • Koneksi 5G sangat mungkin pengguna mengunduh dan mengunggah video bersama kecepatan tinggi serta memaksimalkan panggilan video.
  • Memungkinkan pengguna mendapat sajian konten video hingga resolusi 4K tanpa terganggu.
  • Memungkikan para gamers untuk mengirimkan input kendali ke server, yang kemudian memproses aksinya, melakukan render, dan kemudian mengirimkan hasilnya bersifat sebuah stream penampilan yang telah dikompres untuk ulang ke perangkat kami menggunakan Cloud Gaming.
  • Lantaran jangkauan 5G lebih luas berasal dari WiFi,  pelaku bisnis dapat menggunakan koneksi ini di dalam memonitor menggerakkan barang di pergudangan atau pabrik.
  • Melalui jaringan 5G, dapat mempercepat pemindaian objek seperti plat no kendaraan di jalur atau pengenalan wajah bersama mutu gambar HD.
  • Dapat mengendalikan pesawat tanpa awak yang bermanfaat di beraneka sektor pekerjaan, seperti pertanian, pemetaan, hingga militer.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi seluler jaringan 5G ini merupakan lompatan besar dalam sejarah teknologi jaringan yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dengan menawarkan kecepatan internet yang lebih cepat hingga 20 kali lipat dibandingkan dengan generasi 4G.

Serta tidak hanya untuk kebutuhan internet dan telekomunikasi saja. Ternyata teknologi 5G juga bermanfaat untuk kebutuhan militer seperti menerbangkan pesawat tanpa awak atau biasa disebut dengan drone dan juga dapat meningkatkan efisiensi pengenalan wajah di lalu lintas.

Itulah beberapa ulasan penting yang perlu Anda ketahui tentang jaringan 5G yang dapat digunakan sebagai ilmu pengetahuan seputar teknologi jaringan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup