Mengenal Perbedaan Wifi 2.4 Ghz dengan 5 Ghz

Perbedaan Wifi 2.4 Ghz dengan 5 Ghz

Perbedaan Wifi 2.4 Ghz dengan 5 Ghz – Saat ini, teknologi wifi merupakan salah satu terobosan terbaru untuk bagaimana berbagai pekerjaan bisa dikerjakan tanpa dengan menggunakan kabel. Ya, transmisi data tanpa kabel ini terkenal dengan Wifi. Wifi juga sering dikaitkan juga dengan internet. Berbicara tentan transmisi data atau bandwidth, Wifi memiliki kecepatan 2.4 Ghz dan juga 5 Ghz. sebenarnya, apa bedanya? Apakah wifi 2.4 Ghz lambat? Apakah lebih baik menggunakan 5 Ghz?

Oke, sekarang kita akan membahas perbedaannya serta apa yang disebut dengan bandwidth? Mengapa dengan bandwidth?

Jaringan Internet

Setelah Anda mengatur komputer Anda, Anda mungkin ingin membeli akses Internet rumah sehingga Anda dapat mengirim dan menerima email, menelusuri Web, streaming video, dan banyak lagi. Anda bahkan mungkin ingin mengatur jaringan nirkabel rumah, umumnya dikenal sebagai Wi-Fi, sehingga Anda dapat menghubungkan beberapa perangkat ke Internet secara bersamaan.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara memilih paket internet yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Sebelum itu, mari bahas terlebih dahulu tentang jaringan internet yang perlu Anda ketahui.

Internet Adalah

Pertama-tama adalah mengenai internet. Internet adalah jaringan yang lebih luas yang memungkinkan jaringan komputer di seluruh dunia yang dijalankan oleh perusahaan, pemerintah, universitas, dan organisasi lain untuk saling berkomunikasi. Hasilnya adalah sekumpulan kabel, komputer, pusat data, router, server, repeater, satelit, dan menara wifi yang memungkinkan informasi digital berkeliling dunia.

Infrastruktur itulah yang memungkinkan Anda memesan toko mingguan, berbagi kehidupan Anda di Facebook, streaming Outcast di Netflix, mengirim email ke saudara Anda di belahan dunia lain dan mencari web untuk kucing terkecil di dunia.

Sejarah Internet

Internet memang memiliki sejarah yang sangat panjang. Namun, skema praktis pertama untuk internet tidak akan tiba sampai awal 1960-an, ketika J.C.R. Licklider mempopulerkan gagasan “Intergalactic Network” komputer. Tak lama kemudian, ilmuwan komputer mengembangkan konsep “pengalihan paket”, sebuah metode untuk mentransmisikan data elektronik secara efektif yang nantinya akan menjadi salah satu blok bangunan utama internet.

Prototipe pertama yang bisa diterapkan dari Internet datang pada akhir 1960-an dengan penciptaan ARPANET, atau Jaringan Badan Proyek Penelitian Lanjutan. Awalnya didanai oleh Departemen Pertahanan AS, ARPANET menggunakan packet switching untuk memungkinkan beberapa komputer untuk berkomunikasi pada satu jaringan.

Teknologi ini terus berkembang pada 1970-an setelah ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol, atau TCP/IP, sebuah model komunikasi yang menetapkan standar bagaimana data dapat ditransmisikan di antara beberapa jaringan.

Perkembangan Internet Hingga Saat ini

ARPANET mengadopsi TCP/IP pada 1 Januari 1983, dan dari sana para peneliti mulai merakit “jaringan jaringan” yang menjadi Internet modern. Dunia online kemudian mengambil bentuk yang lebih dikenal pada tahun 1990, ketika ilmuwan komputer Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web. Meskipun sering disalahartikan dengan internet itu sendiri, web sebenarnya hanyalah sarana paling umum untuk mengakses data online dalam bentuk situs web dan hyperlink.

Web membantu mempopulerkan internet di kalangan publik, dan berperan sebagai langkah penting dalam mengembangkan kumpulan besar informasi yang sekarang diakses sebagian besar dari kita setiap hari.

Sekarang inilah web yang menjadi salah satu perkembangan internet masa sekarang ini. Bahkan internet bisa digunakan untuk sarana mencari media seperti video, musik, berita, sosial media, dan masih banyak lagi perkembangan internet sampai sekarang ini.

Apakah akan terus berkembang? Tentu saja internet akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Perangkat Internet

Internet memiliki beberapa perangkat yang harus tersusun dan terhubung satu sama lain untuk bisa Anda mengaksesnya. Apa saja perangkat internet tersebut?

WiFi Card

WiFi card terhubung ke laptop Anda baik di port USB atau slot kartu yang lebih lebar. Kartu ini umumnya diarahkan ke jaringan WiFi tertentu, jadi untuk menggunakannya Anda harus berada dalam jangkauan sinyal Internet nirkabel yang didedikasikan untuk jaringan tersebut. Dengan cara ini, kartu WiFi berfungsi sebagai penerima dan pemancar.

Ethernet Card

Selanjutnya adalah ethernet card. Ini adalah hub komunikasi untuk komputer Anda; terhubung ke jaringan menggunakan kabel jaringan. Ethernet card juga dapat berkomunikasi satu lawan satu dengan kartu Ethernet lain, memungkinkan koneksi jaringan peer-to-peer ini berguna untuk berbagi file langsung.

Kabel Internet

Dalam memilih kabel internet, pastikan Anda memilihnya dengan sesuai kebutuhan yang Anda butuhkan. Ada beragam kabel internet seperti:

  • PatchSee Cat6 RJ45 Ethernet Cable.
  • Cat5e RJ45 Flat Ethernet Cable.
  • Excel Cat6A Unscreened U/UTP LSOH Booted Ethernet Cable.
  • Cat6 RJ45 SFTP Shielded Ethernet Cable.
  • Cat5e RJ45 LSOH Ethernet Cable.
  • PatchSee Cat5e RJ45 Ethernet Cable.
  • Cat5e RJ45 Shielded Ethernet Cable.

Router

Router adalah perangkat keras yang memungkinkan Anda menghubungkan beberapa komputer dan perangkat lain ke satu koneksi Internet, yang dikenal sebagai jaringan rumah. Banyak router nirkabel, yang memungkinkan Anda membuat jaringan nirkabel rumah, umumnya dikenal sebagai jaringan WiFi.

Modem

Jenis akses Internet yang Anda pilih akan menentukan jenis modem yang Anda butuhkan. Akses dial-up menggunakan modem telepon, layanan DSL menggunakan modem DSL, akses kabel menggunakan modem kabel, dan layanan satelit menggunakan adaptor satelit. ISP Anda mungkin memberi Anda modem seringkali dengan biaya ketika Anda menandatangani kontrak, yang membantu memastikan bahwa Anda memiliki jenis modem yang tepat. 

Namun, jika Anda lebih suka berbelanja modem yang lebih baik atau lebih murah, Anda dapat memilih untuk membelinya secara terpisah.

Handphone

Terakhir adalah handphone Anda sendiri sebagai device yang Anda gunakan untuk terhubung ke internet dengan infrastruktur jaringan internet yang sudah Anda susun.

Frekuensi Wifi

Sekarang adalah pada inti dari pembahasan ini yaitu apa bedanya wifi 2.4 ghz dengan 5 ghz. Ini merupakan pemngekompokan dari yang namanya frekuensi sebuah wifi.

Frekuensi WiFi adalah rentang frekuensi dalam spektrum nirkabel yang ditujukan untuk membawa WiFi: 2,4 GHz dan 5 GHz.

Wifi 2.4 Ghz

Frekuensi 2,4 GHz dari router wifi menawarkan pengguna wifi area jangkauan yang luas dan lebih baik dalam menembus benda padat dengan kecepatan maksimum 150 Mbps. Di sisi lain, ia memiliki jangkauan data yang lebih rendah dan sangat rentan terhadap interferensi dan gangguan.

Wifi 5 Ghz

5GHz Wi-Fi adalah sistem jaringan rumah jarak pendek yang beroperasi di pita radio lima gigahertz. Sudah ada sejak 1999, tetapi menjadi lebih populer ketika router rumah 802.11n dirilis pada 2009. Sebagian besar perangkat WiFi mendukungnya sekarang. WiFi terutama menggunakan dua pita frekuensi, 2.4GHz dan 5GHz.

Bandwith Internet

Membahas frekuensi dari internet memang tidak akan lepas dari yang namanya bandwidth. Tentunya Anda harus tahu pengertian dan juga ulasan lebih lengkap tentang bandwidth karena terkait dengan 

Ukuran Bandwidth

Jumlah maksimum data yang ditransmisikan melalui koneksi internet dalam jumlah waktu tertentu. Bandwidth sering disalahartikan sebagai kecepatan internet padahal sebenarnya adalah volume informasi yang dapat dikirim melalui koneksi dalam jumlah waktu yang terukur dihitung dalam megabit per detik (Mbps).

Mengetahui Bandwidth yang Dibutuhkan

Jika Anda memiliki beberapa perangkat dan beberapa anggota keluarga pada saat yang sama, Anda memerlukan lebih banyak bandwidth untuk mengikutinya. Streaming, bermain game, dan aktivitas berkapasitas tinggi lainnya membutuhkan kecepatan bandwidth tertentu untuk mendapatkan pengalaman terbaik tanpa banyak buffering atau lag. Dan semakin banyak bandwidth yang dapat diberikan oleh penyedia internet Anda, semakin cepat Anda dapat melakukan pekerjaan Anda.

Misalnya, jika Anda suka streaming konten 4K, Anda memerlukan minimal 25 Mbps dan 4-25 Mbps untuk telecommuting atau bermain game.

Tips Mengoptimalkan Bandwidth

Jika Anda sudah memiliki jaringan wifi di rumah Anda dan ingin mengoptimalkan bandwidth, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan:

Gunakan QoS

Jika Anda ingin membatasi jumlah bandwidth yang dapat digunakan perangkat yang terhubung, jika perangkat menggunakan terlalu banyak, Anda dapat membatasinya ke persentase dari total bandwidth yang tersedia. Ini dapat ditemukan di “Expert Mode” di bawah “Pengaturan” lalu “Kontrol QoS”. Secara default fitur ini dinonaktifkan.

Gunakan Cloud

Jangan biarkan kendala bandwidth membuat Anda beralih ke komputasi awan. SD-WAN tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan konektivitas dan mengurangi kompleksitas jaringan, seperti solusi cloud tradisional, SD-WAN memiliki manfaat biaya yang membuatnya lebih menarik daripada solusi pesaing.

Hilangkan Penggunaan Internet yang Tidak Penting

Cara selanjutnya adalah hilangkan saja penggunaan internet yang sekiranya tidak penting. Karena jika ada yang tidak Anda gunakan dan terus tetap dinyalakan, malah akan membuat bandwidth akan semakin rendah yang berpengaruh ke device yang lain yang penting.

Update Backup

Bandwidth yang lebih rendah dapat menyebabkan pencadangan yang berkepanjangan. Anda dapat membatasi bandwidth sebagai persentase dari bandwidth yang tersedia.

Perbedaan Frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz

Ada empat perbedaan utama antara pita WiFi 2,4 GHz dan pita WiFi 5 GHz:

  1. Jangkauan jaringan Wi-Fi— Dalam hal jangkauan Wi-Fi, 2,4 GHz mengalahkan 5 GHz. Pada pita 2,4 GHz, frekuensi rendah yang ditransmisikan di sini dapat lebih mudah menembus benda padat, artinya sinyal dapat lebih baik dibawa ke seluruh rumah Anda.
  2. Kecepatan jaringan WiFi— Pita frekuensi 5 GHz yang lebih tinggi menggantikan jangkauannya yang lebih pendek dengan kecepatan WiFi yang jauh lebih cepat daripada pita 2,4 GHz. Sebagai perbandingan, pita 2,4 GHz akan mendukung kecepatan antara 450 Mbps dan 600 Mbps, sedangkan 5 GHz akan mendukung kecepatan hingga 1300 Mbps. (Tentu saja, jenis router yang Anda miliki akan lebih menentukan kecepatan WiFi yang dapat Anda capai.)
  3. Interferensi saluran bersama— Sekarang kita membahas beberapa perbedaan utama… Pada pita 2,4 GHz, Anda memiliki opsi untuk memilih dari 11 saluran WiFi, di mana 3 di antaranya tidak tumpang tindih. Di pita 5 GHz, Anda memiliki opsi untuk memilih dari 45 saluran WiFi, di mana 24 di antaranya tidak tumpang tindih. Saluran yang tumpang tindih inilah yang menyebabkan gangguan jaringan, jadi membandingkan dua pita frekuensi WiFi, kita dapat dengan mudah melihat bahwa 5 GHz menyediakan lebih sedikit ruang untuk gangguan saluran bersama. Penting juga untuk dicatat bahwa di pita 2,4 GHz, Anda tidak hanya menerima interferensi dari jaringan WiFi lain— jumlah interferensi jaringan yang layak di sini berasal dari peralatan rumah tangga lain yang juga menggunakan 2,4 GHz untuk sinyal.
  4. Kompatibilitas perangkat— Mempertimbangkan fakta bahwa standar WiFi 802.11n (WiFi 4) telah ada selama hampir satu dekade sekarang, sebagian besar teknologi nirkabel kami telah dibuat untuk mendukung pita 2,4 GHz dan 5 GHz. Namun, jika Anda memiliki peralatan atau perangkat jaringan lama dari pra-2009, ada kemungkinan perangkat tersebut hanya kompatibel dengan pita 2,4 GHz.

Kesimpulan

Itulah tadi perbedaan wifi 2.4 Ghz dan juga dengan 5Ghz. Silahkan pilih paket internet yang Anda percayakan dan jika Anda sudah memiliki koneksi wifi rumah, pastikan selalu melakukan update untuk mengoptimalkan bandwidth.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup