Mengenal Topologi Mesh : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Jenis-Jenis dan Cara Kerja

Topologi Mesh

Topologi jaringan memiliki jenis yang berbagai macam sesuai dengan fungsinya masing-masing. Khusus untuk jenis topologi mesh  dikenali dengan perangkat komputernya yang saling terhubung satu sama lain. Namun juga untuk jenis kabel yang digunakan untuk topologi mesh ini juga terbilang sangat banyak berbeda dengan jenis topologi bus, topologi ring, topologi tree, dan topologi hybrid. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang apa itu topologi mesh, kelebihan, hingga kekurangannya berikut ini.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Penjelasan Topologi Mesh

Topologi Mesh adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung bersama dengan perangkat komputer lainnya secara alngsung pada satu jaringan. Jaringan ini juga dikenal sebagai topologi jala yang masing-masing komputer memiliki koneksi untuk berkomunikasi secara langsung tanpa perlu melewati perangkat lainnya. 

Selain itu jaringan yang saling terhubung satu sama lain ini sering sekali disebut sebagai dedicated link. Secara umum topologi ini sengaja dibuat dengan jaringan dengan skala yang tidak terlalu besar, namun begitu membutuhkan komunikasi perangkat yang cepat walaupun topologi jaringan ini jarang digunakan.

Penyebab dari topologi ini jarang digunakan adalah sulitnya mengelola serta menggunakannya. Selain itu banyak sekali kabel yang harus digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang ada pada jaringan tersebut sehingga jika ada kerusakan pada salah satu komputer tidak akan mempengaruhi komputer lainnya.

Sejarah Topologi Mesh

Awal mula jaringan ini dimulai pada tahun 1940an di Amerika Serikat yang mengembangkan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University.

Sehingga proyek ini dipimpin oleh profesor H. Aiken. Proyek ini ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang digunakan secara bersamaan.

Tahun 1950an memiliki jenis komputer yang membesarkan hingga tercipta super komputer. Yang mana dikenal sebuah konsep unutk menghubungkan komputer yang saling tersebar. 

Pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer. Saat itu dikenalkan sebuah konsep untuk menghubungkan komputer yang saling tersebar. Konsep selanjutnya yakni konsep distribusi sistem yang dinamakan dengan Time Sharing System (TSS), yang mana untuk pertama kali bentuk jaringan komputer jaringan yang diaplikasikan. 

Pada sistem TSS menjadi perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Kemudian pada tahun 1970an, yang mana beban pekerjaan hingga tambah banyak dan harga perangkat komputer terbilang masih sangat mahal, sehingga mulailah digunakan konsep sistem distribusi (Distributed Processing). Seperti yang ada terhadap gambar 3, dalam sistem ini sebagian host computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani sebagian terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam sistem distribusi sudah perlu diperlukan perpaduan yang men­dalam antara teknologi computer dan telekomunikasi, gara-gara tak sekedar sistem yang perlu didistribusikan, semua host computer perlu melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari computer pusat.

Perjalanan peristiwa computer ukuran hardware computer dari tahun ke tahun. mengalami pertumbuhan pesat. Hal ini ditsaudarai dengan kekuatan yang makin tinggi dan ukuran yang makin kecil. Saat ini computer dan jaringannya sudah dapat mengatasi sistem komu­nikasi antar computer (Peer to Peer System) tanpa lewat computer pusat. Untuk itu, mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula saat Internet menjadi diperkenalkan.

Jenis-Jenis Topologi Mesh

Memiliki dua jenis yakni Topologi Mesh Fully Connected dan Topologi Mesh Partial Connected, berikut ini penjelasannya.

  • Topologi Mesh Fully Connected

Topologi jenis yang masing-masing perangkat komputer yang saling terhubung secara keseluruhan. Misalnya pada ada lima komputer pada jaringan maka setiap komputer akan terhubung ke empat komputer lainnya.

  • Topologi Mesh Partial Connected

Pada topologi mesh ini kebalikan dari Mesh Fully Connected. Partial connected yang tidak semua komputer saling terhubung satu sama lain. Sehingga hanya ada beberapa komputer yang saling terhubung sedangkan lainya tidak.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Mesh

Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan dari topologi mesh berikut ini.

Kelebihan

Adapun banyak kelebihan antara lain.

Mendeteksi kesalahan

Topologi tersebut dapat melakukan pendeteksian pada kesalahan ataupun gangguan yang terdapat pada jaringan dalam waktu yang lebih cepat serta tepat. Maka dengan hal itu akan mendapatkan informasi ketika jaringan mengalami gangguan.

Dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan

Keamanan yang data jaringan dapat disaring menggunakan jaringan mesh topologi ini yang mana penggunanya untuk dapat meningkatkan sesuai dengan kebutuhan yang digunakan.

Tidak berpengaruh pada komputer lain

Topologi apalagi salah satu dari komputer yang mengalami permasalahan segi jaringan, maka komputer yang lainnya tidak akan terpengaruh. Maka dengan begitu banyak yang memilih jaringan ini karena apabila terjadi kesalahan tidak mengenai ke komputer yang lainnya.

Pengiriman data lebih cepat

Apabila berbicara soal mengenai pengiriman data maka ada topologi mesh yang cenderung lebih cepat karena topologi ini memiliki koneksi dedicated link yang mana datanya tidak dikirimkan secara langsung ke komputer. Salah satu tujuannya yakni agar proses pengiriman lebih cepat tanpa harus lewat komputer lainnya.

Kekurangan

Selain kelebihan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kekurangan topologi mesh berikut ini:

Proses instalasi rumit

Adapun proses instalasi topologi mesh ini sangatlah rumit yang mana masih banyak orang yang kurang tertarik menggunakannya. Namun sementara untuk proses instalasi yang ini harus dilakukan orang yang sudah ahli pada bidang komputer jaringan. Yang mana untuk Anda yang masih tidak mengetahui tentang jaringan komputer sebaiknya tidak menggunakan topologi.

Biaya yang dikeluarkan lebih banyak

Topologi mesh ini dapat mengeluarkan biaya yang cukup banyak mengingat ada banyak jumlah kabel yang digunakan.

Tidak bisa digunakan dalam sehari-hari

Selain biaya yang membengkak, topologi ini juga terbilang tidak praktis sehingga tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para penggunanya.

Cara Kerja Topologi Mesh

Cara kerja topologi mesh ini dimulai dari node pada jaringan yang saling terhubung satu sama lain menggunakan kabel secara langsung menuju node yang dituju. Sehingga data yang mengalir akan langsung menuju ke node tujuan dan data akan ditransmisikan sangat cepat. Data yang mengalir ke node tujuan tanpa harus melalui node lain.

Jika Anda tertarik dengan penawaran produk ataupun jasa dari kami silahkan Anda menghubungi kami melalui link ini atau bisa juga melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup