Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) : Sejarah, Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihan

Modem ADSL

Apakah Anda pernah mendengar tentang sebuah modem yang bernama modem ADSL? Modem yang satu ini memang menjadi perhatian yang khusus pada jamannya karena memang memiliki berbagai macam kelebihan dan juga cara kerja yang tergolong simple sehingga sangat coock untuk sebuah jaringan komputer.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Jika Anda masih belum paham tentang ADSL, mari kita membahas sejarah, pengertian, cara kerja, serta kelebihannya di artikel ini.

Penjelasan ADSL

Asymmetric Digital Subscriber Line atau biasa disingkat ADSL merupakan teknologi yang akan menawarkan kecepatan koneksi yang lebih cepat daripada yang ditawarkan Internet tradisional melalui saluran telepon dial-up. ADSL adalah teknologi yang menggerakkan banyak koneksi Internet di seluruh dunia. Meskipun teknologi fiber baru memungkinkan koneksi yang lebih cepat ke Internet, ADSL masih menjadi pilihan populer karena fleksibilitasnya. 

Fiber memang sudah bisa untuk dihubungkan ke lebih banyak blok atau rumah multi-hunian, tetapi ADSL memungkinkan pelanggan individu untuk memutuskan sendiri karena teknologi tersebut menggunakan kabel logam yang ada ke dalam rumah atau tempat bisnis.

Sejarah ADSL

Ketika melihat kembali sejarah internet, sulit untuk memahami mengapa itu menjadi populer sebelum ADSL diluncurkan dengan modem dan router yang memberinya peluang dan kecepatan yang sama sekali baru. Tiba-tiba kotak plastik kecil yang berkedip-kedip ada di setiap rumah dan kantor. Tapi bagaimana dengan masa depan ADSL?

ADSL awalnya dipatenkan pada tahun 1988. Karena biaya penyebaran yang mahal, dibutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum teknologi tersebut berhasil. Untuk mencapai jenis kecepatan yang akan membuat ADSL menjadi alternatif yang layak untuk internet dial-up, diperlukan pemrosesan sinyal yang cerdas, yang pada gilirannya memerlukan peralatan khusus.

Kelebihan Menggunakan ADSL

Jika ditanya apa sih masa depan dari ADSL? Apakah memang ini menjadi sebuah teknologi yang masih bisa dipatenkan saat ini walaupun sudah banyak jaringan yang menggunakan fiber optic?

Mari simak kelebihan dari ADSL. ADSL memiliki berbagai kelebihan diataranya adalah:

  • Akses Berkecepatan Tinggi

Faktanya, ADSL memang menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dari garis yang telepon darat. Mayoritas koneksi broadband saat ini menggunakan teknik ADSL, tetapi semakin bersaing dengan serat optik. Solusi ADSL modern dapat memberikan kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan modem biasa.

  • Harga Flat-rate yang Wajar

ADSL ini tidak menmggunakan jaringan telepon rumah. Jadi, otomatis ini menjadikan ADSL dijamin lebih murah dan lebih bisa memberikan harga flat-rate yang sangat wajar. Jadi, tentunya dengan cara seperti ini Anda bisa streaming berbagai macam film dan juga bermain game sepuasnya.

  • Koneksi Selalu Aktif

Kelebihan dari ADSL adalah koneksi yang selalu bisa aktif tanpa adanya proses dial-up. Koneksi Asymmetric Digital Subscriber Line dapat memberikan keuntungan yang lebih karena Anda bisa berinternet secara real time.

Kekurangan ADSL

Jika bertanya apa sih kekurangan dari ADSL, mungkin ygang sangat bisa Anda rasakan adalah layanan tidak tersedia di mana-mana, Ini bekerja lebih baik ketika lebih dekat ke kantor pusat ISP, Menawarkan kecepatan variabel tergantung pada waktu hari itu, Ini menyajikan unduhan yang lebih cepat daripada pengunggahan, Pengujian jalur membutuhkan waktu lama.

Jarak Dapat Berpengaruh pada Kecepatan Pengiriman Data

Yang pertama menjadi hal yang sangat diakui sebagai kekurangan ADSL adalah masalah tentang jarak. Ketika jarak dari pertukaran telepon lebih jauh, kekuatan sinyal semakin lemah, Koneksi lebih lambat pada waktu puncak.

Adanya Load Coils

Yang kedua adalah adanya load coils dan juga bridged taps. LEC atau Local Exchange Carriers menggunakan load coil untuk mengimbuhkan fasilitas telepon di daerah-daerah yang memerlukan peralatan tambahan atau instalasi loop tembaga. Load coil adalah peralatan induksi yang menggeser frekwensi pembawa nada ke atas. Ini adalah kompensasi untuk kapasitansi kabel terlebih untuk jangkauan lebih berasal dari 18.000 feet. 

Sayangnya, frekuensi nada tergeser ke frekwensi yang biasa digunakan untuk DSL agar membuat interferensi yang tidak mampu ditolerir. Sehingga metoda ini membuat jalur tersebut tidak cocok untuk ADSL.

Fungsi ADSL

Walaupun memang teknologi ini dibilang teknologi yang lama, teknologi ini masih sangat berguna untuk small business yang memiliki ketergantungan rendah pada teknologi. Mungkin hanya satu panggilan yang perlu dilakukan pada satu waktu dan pemilik bisnis sering online di luar jam sibuk.

Cara Penggunaan ADSL

Untuk ADSL yang ada di Indonesia, Anda perlu untuk mengecek perangkat yang tersedia ADSL. Kemudian yang perlu dilakukan adalah keberadaan nomor teleponm yang tersedia di Telkom Indonesia. Menghubungi pihak Telkom Indonesia adalah untuk menentukan jarak gardu Telkom dengan rumah Anda. Mengapa ini diperlukan? Karena yang tadi dibilang, adalah bagaimana ADSL sangat berpengaruh kecepatannya kepada jarak.

Untuk mampu menyambungkan ADSL bersama dengan line telepon, mampu mengfungsikan sebuah alat yang disebut bersama dengan pembagi line atau splitter. Splitter ini fungsinya untuk menghilangkan gangguan pada waktu mengfungsikan internet dan berkomunikasi melalui telephone secara bersamaan.

Apakah ADSL Masih Mengikuti Perkembangan Jaman?

Ketika internet memiliki terobosan di antara massa di suatu tempat di pertengahan 90-an, rumah tangga dapat terhubung ke web dengan yang disebut modem. Modem ini memblokir seluruh kapasitas saluran telepon dan menonaktifkan panggilan telepon saat berselancar. Selain itu, lalu lintas tidak pernah mencapai kecepatan yang luar biasa bahkan jika beberapa perkembangan terjadi pada teknik ini.

Apa yang datang untuk menggantikan modem yang disebut adalah teknik ADSL. Namun ADSL menggunakan saluran telepon untuk lalu lintas, tetapi melakukannya pada frekuensi tinggi sehingga ada banyak kapasitas yang tersisa untuk panggilan telepon. Modem ADSL dapat memberikan kecepatan yang jauh lebih tinggi dari pendahulunya.

Jadi, apakah modem ADSL dapat mengikuti jaman? Tentunya jawabannya adalah sudah pasti dapat mengikuti jaman.

Jika Anda tertarik dengan penawaran produk ataupun jasa dari kami silahkan Anda menghubungi kami melalui link ini atau bisa juga melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup