Beberapa Aktifitas Yang Bisa Dilakukan Ketika Memiliki Smart Home

Smart Home

Semakin kesini memang semakin dekat dengan masa depan, salah satunya adalah dengan adanya teknologi yang bernama smart home. Smart home memang menjadi sebuah primadona untuk sekarang ini karena bisa membantu berbagai macam pekerjaan atau kenyamanan di rumah tanpa ribet.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Beberapa aktivitas bisa dilakukan ketika memiliki smart home. Berbagai aktivitas ini tentunya akan membantu sekali dalam berbagai hal sehari-hari di rumah tangga Anda.

Apa yang Disebut dengan Smart Home

Untuk mendefinisikan smart home itu sederhana: itu adalah rumah yang dilengkapi dengan penerangan, pemanas, dan perangkat elektronik yang dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan telepon atau komputer. Tapi seperti kebanyakan hal dalam hidup, konsep rumah pintar sebenarnya tidak sesederhana itu.

Misalnya, salah satu fitur utama smart home adalah terhubung ke internet. Semua hal akan dikendalikan dengan internet. Ini berkaitan sekali dengan perkembangan internet yaitu Internet of Things (IoT).

IoT Smart Home, Apa Itu?

Smart home dengan menggunakan IoT adalah smart home system dimana berbagai hal yang ada di rumah terhubung satu sama lain dengan menggunakan jaringan internet dan bisa dikontrol dimanapun menggunakan device seperti smartphone. 

Ini mungkin termasuk pengaturan sistem pemanas dan pencahayaan yang kompleks terlebih dahulu dan pengaturan alarm dan kontrol keamanan rumah, semua terhubung oleh hub pusat dan dikendalikan dari jarak jauh oleh aplikasi seluler.

Smart Home System

Bagi sebagian orang, membuat smart home system bisa menghemat uang dalam penggunaan listrik seperti biaya pendingin ruangan salah satunya. Dengan adanya berbagai hal yang bersifat otomatis, maka akan bisa menghemat biaya listrik.

Memang jika dipikirkan lagi, berbagai hardware yang terpasang untuk membuat smart home system terdengar mahal, namun itu adalah investasi jangka panjang. 

Smart home system merupakan sistem pengelolaan tempat tinggal yang diintegrasikan dengan teknologi tingkat tinggi dan dengan sistem otomatisasi tempat tinggal yang terlalu mungkin Anda untuk mengontrol banyak aspek hunian melalui sebuah gawai. Aspek hunian yang sanggup diatur melalui smart home technology sanggup bervariasi.

Mulai dari pengaturan cahaya, pengaturan sarana kesehatan, pengaturan kamar mandi, pengaturan suhu ruangan, pengaturan sarana hiburan dan pengaturan beraneka perabot tempat tinggal lainnya termasuk termasuk pengelolaan aspek keamanan seperti sistem pengaturan alarm.

 Cara Smart Home System Bekerja

Mungkin ada beberapa contoh yang bisa dipahami bagaimana cara sistem ini bekerja contohnya adalah keraguan kecil yang mengganggu dapat mulai memenuhi pikiran Anda. Apakah sudah mematikan pembuat kopi? Apakah sudah mengatur alarm keamanan? Apakah anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah atau menonton televisi?

Dengan smart home, semua kekhawatiran ini dengan melihat sekilas ke smartphone atau tablet. Semua hardware smarthome bisa terhubung satu sama lain secara bersamaan di smartphone.

Kelebihan

Ketika membuat smart home, ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan diantaranya adalah:

  • Nyalakan jalan untuk perjalanan kamar mandi malam hari.
  • Membuka kunci pintu secara otomatis saat mendekat.
  • Beri makan hewan peliharaan sesuai jadwal dengan jumlah makanan yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Buat pencahayaan suasana hati secara instan untuk setiap kesempatan.
  • Programkan televisi sehingga anak-anak hanya dapat menonton pada waktu-waktu tertentu.
  • Hangatkan kamar tidur sebelum bangun dari tempat tidur agar nyaman dan hangat saat bangun.
  • Nyalakan pembuat kopi dari tempat tidur.
  • Rumah pintar juga memberikan penghematan efisiensi energi.
  • Teknologi rumah pintar menjanjikan manfaat luar biasa bagi orang lanjut usia yang tinggal sendiri.
Kekurangan

Namun, dalam kelebihan tentunya ada kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang ada pada smart home:

  • Biaya pemasangan yang signifikan.
  • Koneksi internet yang sangat bagus sangat penting.
  • Masalah keamanan.
  • Masalah teknologi di rumah yang terhubung.
  • Anda dapat mengunci diri di luar rumah Anda sendiri.
  • Ketidakberdayaan jika teknologi gagal.
  • Masalah perawatan dan perbaikan.
  • Masalah privasi.

Bagaimana Membuat Smart Home

Untuk bisa membuat smart home, mungkin tidak akan mudah. Tapi memang dibutuhkan berbagai macam hardware dan juga penyesuaian agar bisa terbiasa dengan berbagai hal yang bersifat otomatis. Jika tidak perkara masalah tentang biaya untuk membuat dan memang rumah yang dimiliki memang sudah sangat bisa diandalkan untuk smart home system, maka mengapa tidak untuk membuatnya dari sekarang?

Apa yang Dibutuhkan Untuk Membuat Smart Home?

Ada 2 hal yang sangat penting dan memang sangat krusial untuk membuat smart home system, diantaranya adalah perkara tentang asisten dan juga hardware pendukungnya.

Asisten

Asisten yang dikontrol suara virtual seperti Siri Apple, Asisten Google, dan Alexa Amazon memudahkan untuk mengontrol produk rumah pintar dengan mengucapkan perintah sederhana seperti “Hey Siri, nyalakan TV.” Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan ketiga Voice Assistant tersebut:

Amazon Alexa

Kelebihan Amazon Alexa adalah:

  • Jika ingin segera memulai dengan rumah pintar, membeli produk Echo adalah pilihan terbaik.
  • Produk Echo Amazon mudah diatur dan dipasang di mana pun perlu memanggil Alexa.
  • Alexa memiliki lebih dari 10.000 Keterampilan, atau kemampuan pihak ketiga, menjadikannya hub rumah pintar yang paling banyak didukung.

Kekurangan dari Amazon Alexa antara lain:

  • Aplikasi Alexa Amazon untuk iPhone dan ponsel Android, yang diperlukan untuk menyiapkan beberapa produk rumah pintar, bisa jadi kikuk.
  • Alexa terkadang kesulitan menanggapi apa yang di minta.
  • Speaker pada produk Echo umumnya biasa-biasa saja.
  • Tidak dapat memicu Alexa dengan berbicara ke smartphone; harus berbicara dengan Voice Assistant itu sendiri.
Google Assistant

Kelebihan Google Assistant:

  • Speaker Google Home dan smartphone yang menjalankan versi Android yang lebih baru termasuk Assistant.
  • Dalam hal kecerdasan buatan, ini umumnya lebih pintar daripada Alexa dan Siri karena didukung oleh otak pencarian Google, yang berarti dapat mengajukan pertanyaan yang lebih luas dan lebih mungkin mendapatkan jawaban yang benar.

Kekurangan dari Google Assistant diantaranya adalah:

  • Harus memanggil Asisten dengan mengatakan “O.K., Google,” yang mengganggu.
  • Ada jauh lebih banyak produk rumah pintar yang mendukung Alexa daripada Asisten Google.
  • Kualitas audio Google Home biasa-biasa saja.
  • Meskipun Asisten sedikit lebih pintar daripada asisten virtual lainnya, itu masih cacat dan kesulitan menanggapi beberapa permintaan dengan tepat.
Apple Siri

Yang tertakhir ada asisten dari Apple Siir. Kelebihannya adalah:

  • Dengan mempertimbangkan privasi, Apple bekerja secara langsung dengan pembuat aksesori rumah untuk memastikan bahwa data yang ditransfer antara aksesori dan perangkat Apple aman dan terenkripsi.
  • Integrasi HomeKit Apple ke dalam perangkat selulernya membuatnya lebih mudah untuk mengatur Siri dengan aksesori rumah.

Sementara itu untuk kekurangannya adalah:

  • Sebagian karena persyaratan privasi Apple yang ketat, aksesori rumah pintar yang mendukung Siri perlu waktu lebih lama untuk menjangkau pasar, yang berarti lebih sedikit yang tersedia.
  • Siri terkadang kesulitan memahami apa yang diminta.
  • Siri eksklusif untuk produk Apple.

Hardware

Setelah Anda memilih asisten virtual, selanjutnya adalah mememilih perangkat keras yang akan menjadi pengontrol utama yang ada pada smart home.

  • Alexa Amazon: Echo Dot, Echo, dan Echo Show
  • Asisten Google: Google Home, Smartphone Android Terbaru
  • Siri Apple: iPhone, iPad, dan Apple Watch

Mengapa Harus Smart Home?

Smart home memang menjadi primadona untuk banyak orang terutama anak muda yang ingin memiliki rumah. Ada beberapa alasan utama dimana untuk membuat smarthome, diantaranya adalah 

Manfaat Smart Home Dalam Hal Kenyamanan Rumah Tangga

Smart home memiliki sangat banyak keuntungan daripada rumah dengan tidak menerapkannya. Kenyamanan rumah tangga bisa dijamin dengan hal ini. Bayangkan saja salah satu contoh yang membuat menjadi nyaman berada di smart home system adalah masalah kebersihan yang tidak perlu diragukan lagi.

Misalnya saja menggunakan robot vacuum cleaner. Robot vacuum cleaner merupakan inovasi yang dapat bekerja sendiri tanpa kudu diarahkan dan udah dibekali bersama dengan lebih dari satu fitur yang canggih. Pada lebih dari satu desain, robot pembersih rumah ini memiliki sikat di kedua sisi yang dapat berputar untuk meraih debu yang menempel terhadap sisi dan pojok ruangan. 

Jika vacuum cleaner cuma dapat menghisap debu, robot vacuum cleaner memiliki tiga manfaat sekaligus, yakni menyapu, menghisap, dan mengepel. Bahkan, sekarang udah tersedia yang memberi tambahan lima manfaat sekaligus yakni menyapu, menghisap, menyikat, mengepel, dan mengeringkan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Pada Smart Home

Selain salah satu manfaat diatas, terdapat banyak sekali hal yang bisa dilakukan pada smart home. Aktivitas ini beberapa adalah untuk memudahkan dalam hal keamanan dan kepraktisan.

Menyesuaikan Suhu

Jika memiliki smart thermostat, ketika suhu ruangan dingin akan disesuaikan suhunya menjadi agak hangat, dan ketika suhu ruangan agak panas maka akan diatus menjadi lebih dingin dan sejuk. Tanpa mengaturnya secara manual, ini akan menyesuaikan lingkungan sekitar dan suhu tubuh orang yang ada di ruangan beserta jumlahnya.

Menyalakan dan Mematikan Lampu Otomatis

Dengan adanya fitur ini, menyalakan lampu menjadi lebih otomatis, misalkan saja hanya menepukkan tangan bisa mematikan atau menyalakan lampu. Atau ketika ingin berjalan ke arah kamar mandi dan melewati lorong, lampu pada lorong akan menyala dan mati sendiri setelahada orang yang lewat. 

Membuka dan Menutup Tirai Jendela

Membuka dan menutup tirai jendela bisa dilakukan secara otomatis, tidak perlu lagi susah payah membuka dan menutupnya, cukup hanya mengaturnya dari jarak jauh bahkan saat Anda tidak sekalipun bisa diatur dengan smartphone atau voice assistant.

Jaringan Internet Rumah Cepat

Jaringan internet rumah yang cepat adalah salah satu keunggulan dari smart home. Smart home memang membutuhkan jaringan internet yang stabil dan cepat. Jadi, dengan adanya jaringan internet yang cepat ini, maka berbagai hal yang dilakukan untuk mengakses internet menjadi lebih mudah

Akses Keamanan Rumah dari Smartphone

Akses keamanan rumah dari smartphone, kunci otomatis rumah dimanapun dan kapanpun menggunakan smartphone. Akses keamanan seperti pintu bisa dipantau dengan CCTV jarak jauh.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup