Cloud Hosting dan Web Hosting Tradisional : Penjelasan Dan Perbedaannya

Cloud Hosting dan Web Hosting

Apakah Anda pernah membuat website atau sebuah blog? Jika memang sudah, Anda pasti sudah kenal sekali dengan yang Namanya hosting. Bagi Anda yang masih belum mengenal tentang istilah ini, mari kita bahas secara singkat saja mengenai hosting. Layanan hosting ini adalah sebuah bentuk layanan yang memungkinkan Anda untuk bisa memastikan website bisa tampil melalui internet.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Dalam dunia hosting, terdapat dua jenis yang bisa digunakan, yaitu adalah web hosting secara tradisional dan juga cloud hosting. Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, namun memiliki fungsi yang cenderung masih sama yaitu untuk melakukan hosting pada umumnya.

Membahas Hosting Terlebih Dahulu

Petama, sebelum membahas tentang perbedaan antara cloud hosting dan juga web hosting tradisional, mari membahas dari yang lebih awal dulu, apa itu hosting?

Hosting adalah cara yang memang hosting pada awalnya. Hosting, dalam pengertian yang paling umum, adalah layanan di mana penyimpanan dan sumber daya komputasi disediakan untuk individu atau organisasi untuk akomodasi dan pemeliharaan satu atau lebih situs web dan layanan terkait.

Fungsi Hosting

Hosting memiliki fungsi yang jelas, yaitu membuat website atau blog yang Anda buat bisa tampil melalui internet. Namun, bukan hanya itu saja fungsi dari hosting, ada beberapa fungsi yang perlu diketahui.

Apa saja fungsi dari hosting? Berikut penjelasannya:

Membuat Halaman Website

Sudah jelas, hosting sangat berguna untuk bisa membuat halaman website. Hosting sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah website. Website yang belum melakukan hosting tentu akan merasa sangat sulit untuk bisa tampil di internet. Memang masih bisa, misalkan Anda membuat blog.

Mengembangkan Situs Jual Beli Online

Website adalah salah satu kunci yang sangat penting untuk menyajikan kesuksesan secara online. Ada banyak sekali hal yang perlu untuk diketahui bahwa membangun situs jual beli online memang menggunakan hosting.

Membuat Email Profesional

Apakah Anda tahu ada email yang tidak menggunakan domain misalnya @gmail.com atau @yahoo.com? email tersebut adalah email professional yang menggunakan hosting. Keperluan untuk membuat email professional ini sangat cocok untuk kegunaan yang bersifat bisnis agar terlihat professional.

Mampu Melindungi Website dengan SSL

Hosting juga menjamin keamanan dari website atau email dengan menggunakan SSL. SSL (Secure Socket Layer) merupakan teknologi keamanan standar untuk mendirikan sebuah link yang terenkripsi antara server dan klien, biasanya dikenal dengan server web (website) dan browser; atau email server dan email klien.

Cara Kerja Hosting

Secara singkatnya, cara kerja hosting adalah mempertahankan ruang penyimpanan yang aman dan juga stabil. Meskipun web host menyediakan lebih dari sekadar penyimpanan data sederhana, ini adalah bagian inti dari fungsinya. Host menyimpan data pada perangkat keras yang disebut server web, yang memungkinkan perawatan dan akses mudah oleh pengguna online.

Tanpa kapasitas host yang cukup besar dan pemeliharaan yang tepat, situs web dapat berperilaku tidak menentu. Ini bisa menyebabkan loading pada website menjadi lambat, keamanan data yang tidak terjamin, dan masih banyak lagi.

Membahas Web Hosting Tradisional

Web hosting adalah pengoperasian perangkat keras dan perangkat lunak yang menghadap internet yang menyediakan layanan web kepada pengguna akhir. Ini adalah tempat situs web dan layanan Anda disimpan, diproses, dan dilayani. Banyak organisasi telah membuat keputusan untuk mengalihdayakan kepemilikan dan pengoperasian infrastruktur web mereka.

Mengapa membayar ruang pusat data, server, perangkat lunak, dan manajemen jika mereka dapat dengan mudah disewa dan dikelola dari jarak jauh? Perusahaan web hosting komersial menerapkan tingkat keahlian dan skala ekonomi untuk tugas ini yang sebagian besar organisasi, dan terutama usaha kecil-menengah, tidak dapat menyentuhnya. Akun hosting dengan penyedia hosting web memungkinkan Anda mengelola situs web dari jarak jauh di infrastruktur penyedia.

Pada dasarnya, web hosting melibatkan antarmuka dan komunikasi internet yang aman, perangkat keras dan penyimpanan server komputer, perangkat lunak server web, dan konten (teks, gambar, audio/video).

Dalam hosting, akan dijelaskan memilih layanan yang mana. Karena pada dasarnya, web hosting tradisional ini memiliki beberapa tipe yang berbeda-beda.

Shared Web Hosting

Pendekatan ini melibatkan beberapa situs web klien yang berada bersama di server yang sama dan berbagi sumber daya, seperti teman sekamar yang berbagi apartemen. Pendekatan ini sering digunakan oleh individu dan usaha kecil, dan bekerja dengan baik ketika situs tidak memerlukan seluruh server mereka sendiri.

Dedicated Web Hosting

Berbeda dengan shared hosting, pendekatan ini melibatkan satu atau lebih seluruh server fisik yang didedikasikan untuk klien. Ini memungkinkan kontrol dan keamanan yang lebih besar, dan membantu memastikan kinerja yang lebih baik dan lebih dapat diprediksi.

VPS Web Hosting

Virtualisasi adalah teknologi komputer yang memungkinkan pembuatan satu atau lebih “komputer virtual” (yaitu, emulasi perangkat lunak dari seluruh komputer) yang berjalan di satu server. Hosting web dengan jenis VPS ini memungkinkan keuntungan ekonomi dari hosting bersama tetapi dengan kinerja yang lebih baik dan privasi yang ditingkatkan, karena setiap server virtual klien lebih terlindungi dari klien lain.

Managed Web Hosting

Hosting web terkelola atau managed web hos ting adalah ketika penyedia layanan hosting menyewakan server khusus tetapi dengan cara pengelolaan server itu secara sendiri. Penyedia mengontrol server, melakukan pemeliharaan perangkat lunak dan perangkat keras, menyediakan keamanan, memantau aktivitas, dan menangani layanan pencadangan.

Membahas Cloud Hosting

Cloud hosting sebenarnya adalah salah satu jenis dari tipe web hosting. Cloud hosting ini menggunakan virtualisasi, infrastruktur perangkat keras berskala tinggi, dan perangkat lunak manajemen canggih untuk mengaktifkan layanan hosting untuk ketersediaan tinggi dan berbagai aplikasi kinerja. 

Ini memungkinkan fleksibilitas kinerja yang lebih besar dengan memigrasi server virtual dengan cepat antara server nyata, menambah atau mengurangi sumber daya sesuai kebutuhan. Cloud hosting juga bagus ketika Anda perlu merencanakan pertumbuhan pada web Anda secara jangka panjang dan juga terjamin karena ini termasuk web hosting dengan jenis yang baru dan banyak yang meminatinya.

Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting Tradisional

Penjelasan sekilas dari pengertian web hosting secara tradisional dan juga cloud hos ting, mungkin sudah tahu apa saja perbedaan yang mencolok antara keduanya, salah satunya adalah dari segi fisik penyimpanannya.

Untuk perbandingan dan beda dari cloud hosting dan web hosting tradisional, terdapat tiga segi, yaitu dari segi performa, segi control data, dan jelas dari segi biaya.

Segi Performa

Dari segi performa, sudah jelas jika website hosting secara tradisional kalah. Web hosting tradisional menggunakan server yang bisa digunakan secara bersamaan, tentunya ini membuat performa penyimpanan datanya terbatas dan menyebabkan bandwidth yang lambat. Akibatnya? Loading website terkadang menjadi lama.

Sisi bagusnya dari cloud hosting adalah titak memiliki ruang penyimpanan fisik, karena layanan ini adalah layanan virtual. Performa website akan bisa menjadi lebih prima daripada website hosting tradisional.

Segi Kontrol Data

Karena website hosting dengan cara tradisional harus berbagi dengan user yang lain, akibatnya tidak dapat memegang kendali secara penuh terhadap server yang sudah dibeli.

Berbeda dengan cloud hosting, layanan ini menyewa space tertentu dalam cloud server, sehingga ruang tersebut berada dalam kontrol kamu sebagai level user. 

Segi Biaya

Jika ditilik lagi secara biaya memang cukup murah. Namun dengan kedua kendala tadi, mungkin Anda akan berpipikran untuk memilih dedicated server saja, tentunya ini membuat biaya berlangganan menjadi membengkak.

Namun, bagaimana dengan cloud hosting untuk masalah biayanya?  Cloud hosting ini terdengar lebih murah daripada web hosting, karena cukup mengeluarkan dana sesuai dengan layanan yang didapat. Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk server yang mungkin tidak digunakan.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup