Simak Pembahasan Lengkap Tentang VPN Tunnel

VPN Tunnel

VPN Tunnel – Mungkin dari Anda semua sudah pernah tahu atau bahkan pernah menggunakan fitur yang bernaman VPN ini. Ya, secara garis besar memang VPN membantu sekali dalam mengakses internet namun dengan memanfaatkan sekuriti yang lebih ekstra untuk jaringan Anda. VPN tunnel juga bisa menjadi definisi yang sama dari VPN.

Sifat Private dalam VPN di peroleh karena sambungan yang dilakukan biasanya terenkripsi sehingga aman dari sadapan.

Penjelasan Mengenai VPN Tunnel

VPN tunnel adalah tautan terenkripsi antara komputer atau perangkat seluler Anda dan jaringan luar.

Ini adalah kependekan dari tunnel jaringan pribadi virtual dapat menyediakan cara untuk menyelubungi beberapa aktivitas online Anda.

Bagaimana? VPN tunnel menghubungkan ponsel cerdas, laptop, komputer, atau tablet Anda ke jaringan lain tempat alamat IP Anda disembunyikan dan semua data yang Anda hasilkan saat menjelajahi web dienkripsi.

Dengan menghubungkan ke situs web melalui VPN tunnel dan tidak secara langsung, Anda dapat membantu mencegah bisnis, badan pemerintah, peretas, atau pengintai lainnya melacak aktivitas online Anda atau melihat Ipaddress Anda yang, seperti alamat Anda yang sebenarnya, mengidentifikasi lokasi Anda saat Anda online.

Sejarah VPN

Asal usul VPN dapat ditelusuri kembali ke Microsoft pada tahun 1996, ketika karyawan membuat protokol tunneling point-to-point, juga dikenal sebagai protokol tunneling peer-to-peer atau PPTN. Protokol ini adalah metode untuk menciptakan jaringan yang aman antara pengguna melalui enkripsi data dan membentuk terowongan melalui koneksi LAN atau WAN.

Protokol ini membuat transfer data penting aman dan terjamin, bahkan melalui jaringan publik. Yang diperlukan untuk mengirim data melalui PPTN adalah nama pengguna, kata sandi, dan alamat server. Karena itu, VPN ini tetap menjadi salah satu VPN yang lebih populer dan mudah digunakan.

Pengertian VPN

Sebagai koneksi yang bersifat pribadi, VPN sangat penting untuk kebutuhan pribadi atau bahkan untuk kebutuhan bisnis pun, VPN sangatlah penting.

Apa Itu VPN?

Jaringan pribadi virtual, atau VPN, adalah koneksi terenkripsi melalui Internet dari perangkat ke jaringan. Koneksi terenkripsi membantu memastikan bahwa data sensitif ditransmisikan dengan aman. Ini mencegah orang yang tidak berwenang dari menguping lalu lintas dan memungkinkan pengguna untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh. Teknologi VPN banyak digunakan di lingkungan perusahaan.

Bagaimana VPN Bekerja?

Secara sederhana, cara kerja VPN adalah memperluas jaringan perusahaan melalui koneksi terenkripsi yang dibuat melalui Internet. Karena lalu lintas dienkripsi antara perangkat dan jaringan, lalu lintas tetap pribadi selama perjalanan. Seorang karyawan dapat bekerja di luar kantor dan tetap terhubung dengan aman ke jaringan perusahaan. Bahkan smartphone dan tablet dapat terhubung melalui VPN.

Apa yang Bisa Dilakukan VPN?

Pembahasan diatas adalah dasar-dasarnya dari VPN. Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan VPN. Dan apa yang bisa dilakukan oleh VPN.

Akses Jarak Jauh

Banyak perusahaan menerapkan layanan VPN yang memungkinkan karyawan dan para pekerja bisa mengakakses file, aplikasi, printer, hardisk dan sumber kekuatan lain yang ada dikantor secara mudah dan yang pasti aman sebab VPN mempunyai jalanan khusus dalam jaringan public.

Privasi dan Keamanan Online

Menggunakan VPN juga merupakan sebuah privasi dan juga keamanan secara online. Bisa untuk mengamankan dari public hotspot, keamanan dari ISP, keamanan dari apps dan service yang digunakan, dan juga untuk menghindari dari regulasi pemerintah dari internet yang dilarang.

Konten yang Diblokir secara Geo

Seperti yang sudah disinggung tadi, VPN bisa menghindari dari regulasi pemerintah dari situs web dilarang. 

Meskipun banyak ISP, aplikasi, dan pusat data internet menyarankan agar mereka tidak menjual data penelusuran Anda ke pemerintah, informasi tersebut tetap menemukan jalannya ke tangan mereka. Jika Anda ragu dengan penjangkauan pemerintah, VPN adalah investasi yang baik untuk melindungi data Anda.

Contoh Aplikasi VPN

Layanan VPN tersedia secara tidak dipungut bayaran maupun berbayar. Aplikasi penyedianya bisa dipakai untuk bermacam-macam perangkat dengan cara operasi Windows, iOS, hingga Android. Lazimnya, fungsi dasar VPN tersedia secara tidak dipungut bayaran, melainkan fitur yang lebih kompleks terdapat pada layanan VPN berbayar.

Berikut yaitu beberapa aplikasi VPN yang paling banyak dipakai dan dianjurkan tahun ini.

  1. NordVPN
  2. ExpressVPN
  3. VyprVPN
  4. CyberGhost
  5. IPVanish
  6. Surfshark
  7. Private Internet Access (PIA)

Macam-Macam Teknologi Tunneling

Teknologi dari tunneling ini memang terdapat hal yang berbeda-beda. Bukan hanya sekedar VPN saja, tunneling ini terdiri dari berbagai teknologi.

Proxy

Server proxy bertindak sebagai pintu gerbang antara Anda dan internet. Server proxy bertindak sebagai firewall dan filter web, menyediakan koneksi jaringan bersama, dan menyimpan data untuk mempercepat permintaan umum. Server proxy yang baik membuat pengguna dan jaringan internal terlindungi dari hal-hal buruk yang hidup di internet yang lebih luas dan liar.

Anonymous Proxy

Ini adalah server yang berfungsi sebagai relay antara user dengan website tujuan. Ini menyembunyikan alamat IP mesin pengguna dari situs web dan dapat menyediakan enkripsi di sisi pengguna. Banyak organisasi membuat server proxy anonim mereka sendiri, dan ada server proxy anonim akses publik di Internet yang dapat digunakan oleh siapa saja.

Tradisional Proxy Server

Sedangkan untuk tradisional proxy server memungkinkan banyak klien untuk merutekan lalu lintas ke jaringan eksternal. Misalnya, sebuah bisnis mungkin memiliki proxy yang mengarahkan dan menyaring lalu lintas karyawan ke Internet publik. Sebaliknya, proxy terbalik merutekan lalu lintas atas nama banyak

SSH Tunnel

Penerowongan SSH, atau penerusan port SSH, adalah metode pengangkutan data arbitrer melalui koneksi SSH terenkripsi. Terowongan SSH memungkinkan koneksi yang dibuat ke port lokal (yaitu, ke port di desktop Anda sendiri) untuk diteruskan ke mesin jarak jauh melalui saluran aman.

Untuk melindungi layanan jaringan kami, tidak semuanya dapat dijangkau langsung dari luar jaringan. Jika Anda berada di luar lokasi dan perlu mengakses sumber daya yang dilindungi dengan cara ini, Anda dapat menggunakan ssh untuk menelusuri sumber daya yang dapat diakses untuk mencapai sumber daya yang dilindungi.

VPN

Sedangkan yang terakhir adalah VPN. Teknologi ini menciptakan koneksi point-to-point palsu tersebut bisa segera digunakan untuk mengirim dan mendapatkan data. Tetapi, di dalam teknologi VPN, tunnel tidak diizinkan seperti itu saja tanpa dikasih sistem keamanan tambahan. Tunnel dilengkapi dengan sebuah sistem enkripsi untuk menjaga data-data yang melewati tunnel tersebut. Kerja enkripsi inilah yang menghasilkan teknologi VPN menjadi aman dan bersifat pribadi.

Manfaat Menggunakan VPN

Berikut ini adalah manfaat yang sangat bisa Anda dapatkan ketika Anda menggunakan VPN untuk mengakses internet dengan menggunakan VPN. Walaupun VPN ini dianggap sebagai teknologi yang bisa membuka berbagai website yang diblokir pemerintah dan melakukannya secara illegal, namun faktanya memang VPN tidak hanya lahir dan tercipta untuk hal tersebut.

Masih banyak manfaat menggunakan VPN, diantaranya adalah:

Mengamankan Komunikasi Data pada Saat Menggunakan Jaringan Public / Public Wifi

Situs web dan aplikasi dapat terus melacak aktivitas online Anda, menganalisis data yang mereka kumpulkan. VPN dapat mencegah browser web dan orang lain mengakses koneksi Anda terutama saat Anda menggunakan koneksi wifi public yang sangat rentan dengna adanya pencurian data. VPN membantu menjaga informasi yang Anda kirim dan terima anonim dan aman. Beberapa VPN juga menawarkan enkripsi 256-bit tingkat militer untuk data Anda.

Mengakses Jaringan Kantor dari Manapun Menggunakan Internet

VPN dapat membantu untuk karyawan yang sedang bekerja di rumah untuk bisa mengakses jaringan kantor dimanapuin dan kapanpun dengan menggunakan internet. VPN ini sangat membantu demi keamanan jaringan. 

Untuk perusahaan yang membutuhkan jaringan tertentu yang aman, karenanya VPN ialah suatu solusi yang ideal dengan biaya murah.

Dengan memakai VPN, tingkat mobilitas perusahaan akan berjalan lebih bagus, yang mana para pekerjanya dapat konsisten terhubung dengan jaringan kantor memakai perangkat pribadi di rumah.

Membuat Jaringan Antar Cabang dengan Biaya Murah

VPN dapat dimanfaatkan sebagai interkoneksi antar koneksi kantor cabang. VPN juga bisa Bisa menghubungkan ribuan device (VPN client) secara beriringan tanpa permasalahan seperti overload atau intermittent connection. Tapi perlu dipastikan koneksi internet di lokasi server/toko/cabang Anda memiliki lebar bandwidth yang cukup layak besar data yang melewati.

Menerobos Firewall (Bypass Blocking)

VPN tak banyak menerobos firewall ketika mereka menyalurkan lewat protokol kanalisasi. Hampir seluruh VPN memiliki protokol kanalisasi yang menyembunyikan lalu lintas Anda, memberikan Anda anonimitas dan keamanan sempurna ketika menjelajah laman.

Mengurangi Latency Atau Lag Pada Game Online

Untuk masalah lag ketika Anda bermain game online yang disebkan oleh bad routing dapat diselesaikan dengan menerapkan VPN atau tunnel ke server yang punya trek routing lebih bagus.

Netdata mengingatkan, VPN hanya akan menuntaskan masalah lag sebab bad routing, bukan lag sebab wifi diterapkan ramai-ramai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup