Cari Tahu Yuk Wifi Portable Terbaik

Wifi Portable

Dalam dunia IT khususnya bidang jaringan saat ini memang semakin maju. Di artikel kali ini kita akan WiFi portable terbaik.

Yang mana internet juga sudah memiliki jaringa yang lebih luas dan juga memiliki akses keseluruh pelosok Indonesia.

Dalam memasahami wifi portable terbaik, kita perlu mengetahui kebutuhan kita dalam mendapatkan sinyal internet yang stabil dan juga lancar yang disediakan oleh perangkat modem.

Ya tentu kita sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang bernama modem ini karena modem memiliki fungsi untuk mengakses internet.

Modem ini menyediakan layanan dalam mengakses internet sehingga menjadi lebih mudah sehingga berpengaruh baik membuat kinerja yang berhubungan dengan internet yang semakin mudah.

Dalam artikel kali ini kita akan lebih jauh membahas tentang wifi portable terbaik mulai dari pengertian modem, sejarah modem, hingga macam-macam jenis alat WiFi modem yang ada saat ini.

Pengertian Modem Wifi

Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Dalam memahami WiFi portable kita juga perlu memahami apa itu perangkat modem.

Modulator adalah bagian dari fungsi modem yang mampu mengubah sinyal informasi menjadi sinyal yang dapat dikirimkan, sedangkan arti daria demodulator adalah bagian yang dapat memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa dapat diterima dengan baik.

Maka dari itu modem memiliki dua fungsi yang utama sebagai jenis alat komunikasi dua arah.

Sejarah Modem wifi

Sejarah modem sebagai alat WiFi ini awalnya digunakan oleh para militer di tahun 1950 an. Modem pertama diciptakan oleh salah satu perusahaan komputer yang sangat terkenal di masanya yakni IBM.

Pada saat itu alat komunikasi dan sistem pertahanan udara masih menggunakan modem. Bahkan pada waktu itu modem digunakan sebagai alat penghubung pangkalan udara dengan pusat kontrol udara.

Dekade kemudian tepatnya di tahun 1977 modem untuk kepentingan rumahan yang dibuat oleh pebisnis pemilik perusahaan produk komputer, Hayes Microcomputer Products, Dennis C. Hayes dan Dale Heatherington. 

Mereka bertemu di National Data Corporation dan kemudian mengembangkan serta memasarkan modem kualitas tinggi pertama untuk komputer pribadi IBM. Kemudian Hayes mendirikan sebuah perusahaan bernama Hayes Associates, Inc.

Perkembangan Modem

Berbicara perkembangan modem saatini sudah mulai mengalami kepesatan yang cukup signifikan terutama dalam segi teknologi seperti menggunakan kabel fiber dengan biaya yang relatif terjangkau.

Selain itu juga pemanfaatan jaringan internet dapat menggunakan teknologi WiFi alias nirkabel atau tanpa kabel.

Berikut ini ada beberapa fungsi modem yang dapat dibagi atas beberapa bagian yakni:

  1. Sebagai alat perubah tanda digital jadi analog.
  2. mengkoneksikan perangkat di dalam jaringan.
  3. Melakukan kontrol paket data serta komunikasi.
  4. Melakukan aktivitas modulasi dan demodulasi.
  5. Melakukan kompres data yang dikirimkan tanda lewat sinyal.

Komponen Modem Wifi

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang WiFi protable terbaik maka kita perlu mengetahui apa saja komponen WiFi yang ada di perangkat jaringan berikut ini:

Network Interface Card

Network Interface Card atau NIC berfungsi sebagai penghubung antar perangkat jaringan. Dengan memasan NIC kemudian dikaitkan dengan kabel jaringan maka komputer Anda dapat terhubung ke komputer lainnya.

Repeater

Komponen ini juga dapat digunakan sebagai penguat sinyal WiFi maupun kabel. Sehingga kala menerima sinyal maka kemampuan penyebaran sinyal akan bertambah. Repeater juga digunakan sebagai penghubung antara tempat yang berbeda asalkan metode aksesnya sama..

HUB

HUB merupakan perangkat keras yang dapat menghubungkan antar komputer dalam satu jaringan terpusat. Komponen ini berperan sebagai pengatur data serta  menguatkan sinyal. HUB sendiri juga memiliki port di belakangnya.

Switch

Komponen yang satu ini juga mirip dengan HUB yakni penghubung antar perangkat jaringan di area lokal. Dibandingkan HUB, switch ini memiliki kemampuan yang lebih baik yang mana tidak hanya sebagai penghubung saja namun juga mengatasi masalah yang berasal dari HUB dan repeater.

Access Point

Seperti HUB, access point ini memiliki fungsi yang sama yakni penghubung antar perangkat jaringan namun menggunakan media nirkabel atau wireless.

Bridge

Komponen modem yang fleksibel dan juga cerdas kecuali dibandingkan bersama dengan repeater. Berfungsi untuk mengirim data mengfungsikan CSMA atau CD seperti yang digunakan terhadap network interface.

Router

Router termasuk juga komponen modem yang memiliki tingkat kecanggihan yang lebih daripada komponen modem lainnya. Router juga bertugas untuk melewatkan data yang memiliki alamat network yang berbeda.

Fungsi modem Wifi

Nah saat ini kita akan lebih membahas tentang fungsi modem WiFi termasuk juga wifi portable terbaik berikut ini:

Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan

Fungsi modem yang paling penting adalah menghubungkan perangkat jaringan ke jaringan internet. Selain itu juga router WiFi termasuk juga WiFi portable memiliki tugas untuk mengirimkan paket data atau internet dari modem ke perangkat melalui IP address. Sehingga perangkat dapat terhubung dan dapat mengakses internet.

Modem berperan sebagai alat WiFi yang mampu mentransimisikan data internet ke masing-masing perangkat atau gadget. Adapun perangkat yang dapat dihubungkan ke modem seperti komputer, laptop, smartphone, tablet, hingga android TV.

Berbagi Data Antar Perangkat

Modem memiliki fungsi untuk mengubah sinyal dari modem ke sinyal WiFi. Fungsi modem yakni dapat menyalurkan akses internet ke seluruh jangkauan sinyal. Selain itu juga perangkat yang dibutuhkan WiFi dapat diakses internet lewat sinyal WiFi.

Untuk bangunan yang luas atau punyai dua lantai, umumnya tersedia dua router yang dipasang. Tujuannya agar penyebaran isyarat WiFi lebih merata. Jika tidak begitu, bakal banyak ditemukan sudut-sudut ruangan yang tidak terjangkau isyarat WiFi  

Modem Dari Smartphone

Modem juga terdapat dalam gadget smartphone loh. Yang mana smartphone juga memiliki modem sebagai perangkat yang mampu mentransmisikan sinyal WiFi ke gadget lainnya yang biasanya disebut dengan hotspot tethering.

Kecepatan Internet Lebih Pesat

Dengan menggunakan modem yang memiliki teknologi terbaru maka Anda dapat menikmati internet dengan kecepatan yang sangat baik terutama mengguankan teknologi alat WiFi seperti WiFi portable yang disebut juga dengan mifi.

Jenis Modem wifi

Adapun beberapa jenis modem WiFi yang sudah dikembangkan hingga saat ini. Modem sendiri memiliki jumlah atau jenis yang berdasarkan cara pemasangannya, jenis koneksi, hingga jaringan yang dimilikinya.

Walaupun jenis modemnya berbeda-beda namun tetap memiliki fungsi yang sama yakni mengirimkan data secara daring. Apa saja jenis modem WiFi yang ada saat ini? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

Jenis Modem Berdasarkan Pemasangannya

Modem sendiri dapat dipasang dengan dua cara yakni dipasang di dalam komputer atau laptop. Kemudian yang kedua adalah di luar komputer. Berikut penjelasan dua jenis modem berdasarkan pemasangannya:

Modem Eksternal

Modem eksteral adalah jenis modem yang paling terkenal dan paling banyak di gunakan. Modem ini memiliki bentuk yang beragam mulai dari bentuk USB, hingga bentuknya seperti smartphone dengan ukuran yang lebih kecil.

Modem ini dijual dalam berbagai format G mulail dari 3G hingga 5G. untuk memastikannya Anda dapat mengguankan kartu ponsel ke dalamnya sebelum nantinya dapat dipasang pada komputer Anda.

Kartu ponsel ini terisi dari kuota, yang mana modem ini mengeluarkan koneksi internet. Yang mana modem ini juga dapat dipakai di mana saja karena bentuknya yang kompak.

Modem Internal

Modem internal ini adalah kebalikan dari modem eksternal yang mana sudah terpasang dan menjadi bagian di dalam sebuah CPU komputer.

Secara bentuk memang modem ini mirip seperti card device. Adapun keuntungan memakai modem internal ini adalah harganya yang murah. Serta pemasangannya yang cukup mudah. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa power supply mampu memberikan daya listrik ke modem intenal tersebut.

Macam-Macam Modem

Berbicara tentang modem, tentunya sangat banyak sekali jenis-jenisnya. Berbagai modem ini tentunya juga merupakan banyak sekali kegunaannya. Jadi, setiap macam modem memiliki kegunaan yang berbeda-beda walaupun secara garis besar fungsinya sama yaitu ya sebagai modem saja.

Berikut ini adalah berbagai macam modem yang perlu Anda ketahui. Siapa tahu Anda ingin memasang modem namun Anda tidak tahu harus menggunakan jenis modem yang seperti apa yang cocok untuk keadaan Anda.

  1. Modem Kabel

Modem kabel adalah bagian penting dari perangkat keras yang akan Anda terima dari penyedia layanan internet Anda atau beli secara terpisah. Ini menerima dan mengirim informasi seperti email, halaman web, pesan teks, dan data lainnya melalui koneksi data primer.

Seperti semua modem, versi kabel menangani dan mendistribusikan informasi internet untuk rumah atau gedung. Yang membuat versi kabel unik adalah ia memindahkan data melalui jack dan kabel yang sama dengan yang Anda gunakan untuk menonton TV.

  1. Modem Dial-up

Koneksi dial-up menggunakan saluran telepon standar dan modem analog untuk mengakses Internet dengan kecepatan transfer data (DTR) hingga 56 Kbps.

Koneksi dial-up adalah cara paling murah untuk mengakses Internet, tetapi juga koneksi paling lambat. Solusi modem dial-up ini memang merupakan solusi terbaik untuk internet yang murah di daerah pedalaman.

  1. Modem DSL

Router modem adalah perangkat kombinasi yang berfungsi sebagai modem dan router. Anda biasanya memerlukan modem dan router untuk terhubung ke ISP dan menyediakan internet ke perangkat lain. Sebuah router modem DSL memiliki keduanya dibangun ke dalam satu kotak. DSL adalah inisialisasi untuk “Digital Subscriber Line”, yang merupakan teknologi yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi pada saluran telepon twisted-pair biasa.

Singkatnya, router modem DSL mengubah jalur DSL ke koneksi Ethernet dan berbagi jaringan nirkabel secara langsung.

  1. Modem GSM

Modem GSM adalah jenis modem khusus yang menerima kartu SIM, dan beroperasi melalui langganan ke operator seluler, seperti halnya telepon seluler. Dari perspektif operator seluler, modem GSM terlihat seperti telepon seluler.

Ketika modem GSM terhubung ke komputer, ini memungkinkan komputer untuk menggunakan modem GSM untuk berkomunikasi melalui jaringan seluler. Meskipun modem GSM ini paling sering digunakan untuk menyediakan konektivitas internet seluler, banyak di antaranya juga dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan SMS dan MMS.

  1. Modem CDMA

Modem CDMA adalah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA. Modem nirkabel berperilaku seperti modem dial-up yang kompatibel dengan Hayes. Perbedaan utama antara modem standar dan modem CDMA adalah bahwa modem standar mengirim dan menerima data melalui saluran telepon tetap sedangkan modem CDMA mengirim dan menerima data melalui gelombang radio.

Modem CDMA dapat berupa unit eksternal atau kartu PCMCIA (juga disebut PC Card). Modem CDMA eksternal terhubung ke PC melalui kabel serial, kabel USB, Bluetooth atau Inframerah.

  1. Modem Wifi Portable

Modem wifi portable adalah salah satu modem yang bisa dibawa kemana-mana. Wifi portable adalah pilihan yang sangat bagus karena kapanpun dan dimanapun, device yang terkoneksi pun bisa dibawa kemana-mana.

Wifi yang satu ini sering juga disebut mifi atau wifi yang bisa dibawa kemana-mana. Dan inilah yang bisa dikatakan wifi portable terbaik yang sangat bisa diandalkan.

Portable pastinya ini adalah wifi ukuran kecil.

Inovasi Modem Wifi Portable

Wifi portable adalah solusi terbaik ketika Anda ingin mencari wifi yang bisa Anda bawa kemanapun dan dimanapun. Wifi ini sangat bagus untuk Anda yang sering bepergian dan membawa lebih dari satu device. Katakanlah Anda selalu membawa kemana saja laptop atau smartphone Anda dan juga mengoneksikan dengan device teman Anda.

Pengertian Wifi Portable

Wifi portable adalah modem nirkabel portabel, juga dikenal sebagai MiFi, hotspot seluler, atau dongle internet, yang menghubungkan perangkat berkemampuan Wifi (smartphone, laptop, dan tablet) ke internet melalui jaringan telepon seluler.

Ini berfungsi seperti hotspot Wifi di rumah, menghasilkan jaringan Wifi dengan radius sekitar 10-15 meter di sekitar Anda, tapi modem ini pas di saku Anda!

Jenis-jenis Wifi Portable

Wifi portable sendiri terdiri dari berbagai jenis. Jenis-jenis ini memang dikondisikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rekomendasi Modem Wifi Portable

Berikut ini adalah rekomendasi modem wifi portable yang bisa Anda pilih dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan:

Mifi

MiFi adalah router portabel kecil yang berfungsi sebagai hotspot seluler untuk semua perangkat Anda (ponsel, komputer, tablet, dll.). Manfaat perangkat ini adalah di mana pun Anda berada, Anda akan selalu dapat terhubung ke Wifi alih-alih mengandalkan data seluler.

Wifi Portable

Jenis ini, wifi portabel, terkadang juga disebut Wifi seluler, adalah istilah yang digunakan untuk merujuk ke jaringan Wifi yang dibuat oleh router Wifi portable. Tanpa internet, smartphone hampir tidak lebih berguna daripada ponsel dari tahun 90-an, dan banyak aplikasi bahkan tidak akan diluncurkan.

Wifi Portable Terbaik

Wifi portable adalah pilihan terbaik ketika Anda ingin mengakses internet dimanapun dan kapanpun dengan device yang lebih dari 5. Tentunya ini bisa diaplikasikan juga entah itu di rumah atau Anda bisa mengaplikasikannya ketika Anda berkumpul dengan teman Anda. Alat wifi yang kecil ini memang sangat berguna.

Kelebihan dari Wifi Portable

Wifi portable akan memberi Anda akses penuh ke internet. Anda juga akan memiliki akses ke semua aplikasi di ponsel cerdas, meja, atau komputer Anda seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Ini kecil dan ringan, membuatnya nyaman untuk dibawa.

Kelebihan dari wifi portable terbaik adalah sebagai berikut:

Wifi Kecil

Router Wifi seluler portable ini adalah access point nirkabel kecil yang terhubung ke internet melalui jaringan seluler (dalam 4G). Itu dapat mengirimkan sinyal yang memungkinkan perangkat berkemampuan WiFi untuk mengakses Internet dengan koneksi yang cepat dan aman.

Ukurannya yang kecil bisa Anda bawa kemana saja bahkan bisa Anda masukkan ke saku celana Anda.

Wifi yang Bisa Dibawa Kemana-mana

Sudah pasti ini adalah koneksi wifi yang bisa Anda kemana saja. Jadi, selama mifi Anda masih ada kuota untuk mengakses internet, maka wifi ini bisa aktif untuk digunakan memancarkan koneksi internet yang full speed.

Cara Menggunakan Wifi Portable

Berikut ini adalah cara bagaimana Anda bisa menggunakan wifi portable:

  1. Persiapan

Langkah pertama adalah siapkan modem dengan sistem masukkan perdana ke dalamnya. Lalu isi tenaga baterainya hingga penuh. Langkah berikutnya, nyalakan modem dengan menekan tombol pedoman power dan tunggu hingga lampu pedoman menyala dengan warna biru. Lampu dengan warna ini menandakan bahwa modem telah siap dan terhubung dengan jaringan.

  1. Hubungkan ke Perangkat

Langkah selanjutnya merupakan hubungkan perangkat berupa telepon seluler atau PC ke Wifi portable terbaik dengan memasukkan password, ada di komponen belakang modem.

  1. Registrasi

Langkah terakhir yaitu masuk ke halaman situs browser sesudah terhubung dengan Wifi lalu lakukan registrasi. Cara registrasi dilakukan dengan mengisi sebagian data seperti nama, alamat surel dan PUK yang berada di belakang modem. Sesudah itu, buka konfirmasi surel, sesudah mengkonfirmasi surel, koneksi Wifi portable telah dapat Anda akses langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup