Simak Penjelasan Tentang Antena Wifi Outdoor

Outdoor Wifi Antenna

Sekarang ini, teknologi wifi sangat banyak sekali yang menggunakannya. Inilah yang menjadikannya menjadi lebih massive dan juga dengan teknologi yang sangat maju dan juga dengan beragam teknologi yang beragam. Salah satu teknologi yang ada dari wifi sekarang ini adalah wifi outdoor. Wifi outdoor memiliki antenna, inilah yang akan dibahas. Apa itu antena wifi outdoor?

Wifi outdoor memang sangat biasa Anda temukan sekarang. Inilah teknologi wifi yang membuat wifi bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Wifi outdoor tentunya WIFI Omni merupakan solusi terbaik untuk outdoor. Selain itu, wifi outdoor juga berbeda dengan wifi indoor.

Penjelasan Wifi

Jaringan nirkabel atau Wifi menggunakan sinyal frekuensi radio alih-alih kabel untuk menghubungkan perangkat Anda seperti komputer, printer, dan ponsel cerdas ke Internet dan satu sama lain. Sinyal Wifi dapat diambil oleh perangkat berkemampuan nirkabel seperti laptop atau tablet dalam jarak tertentu ke segala arah.

Konektivitas internet terjadi melalui router nirkabel. Saat Anda mengakses Wifi, Anda tersambung ke router nirkabel yang memungkinkan perangkat Anda yang kompatibel dengan Wifi untuk berinteraksi dengan Internet.

Wifi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengkomunikasikan data yang berjalan pada dua frekuensi utama: 2.4Ghz (802.11b) dan 5Ghz (802.11a). Selama bertahun-tahun, 2.4Ghz adalah pilihan populer bagi pengguna Wifi, karena bekerja dengan sebagian besar perangkat utama dan lebih murah daripada 11a.

Sejarah Wifi

Wifi ditemukan dan pertama kali dirilis untuk konsumen pada tahun 1997 ketika sebuah komite bernama 802.11 dibentuk.

Ini mengarah pada penciptaan IEEE802.11, yang mengacu pada seperangkat standar yang mendefinisikan komunikasi untuk jaringan area lokal nirkabel (WLAN). Setelah ini, spesifikasi dasar untuk WiFi dibuat, memungkinkan transfer data dua megabyte per detik secara nirkabel antar perangkat.

Ini memicu pengembangan peralatan prototipe (router) untuk mematuhi IEEE802.11, dan pada tahun 1999, Wifi diperkenalkan untuk digunakan di rumah. Dan saat inilah sampai sekarang wifi terus semakin berkembang, salah satunya adalah antena wifi outdoor.

Pada tahun 2003, kecepatan lebih cepat dan jangkauan jarak dari versi WiFi sebelumnya digabungkan untuk membuat standar 802.11g. Router juga menjadi lebih baik, dengan daya yang lebih tinggi dan jangkauan lebih jauh dari sebelumnya. WiFi mulai mengejar – bersaing dengan kecepatan koneksi kabel tercepat.

2009 melihat versi final 802.11n, yang bahkan lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada pendahulunya. Peningkatan efisiensi ini dikaitkan dengan data ‘Multiple input multiple output’ (MIMO), yang menggunakan banyak antena untuk meningkatkan komunikasi baik pada pemancar maupun penerima. Ini memungkinkan peningkatan data yang signifikan tanpa memerlukan bandwidth atau daya pancar yang lebih tinggi.

Semakin kesini teknologi wifi menjadi semakin dimudahkan dan semakin luas, seperti dengan adanya SSID Wifi, express Wifi, dan Tenda Wifi.

Pengertian Wifi

Pada tingkat dasar, Wifi adalah cara untuk mendapatkan internet broadband ke perangkat menggunakan pemancar nirkabel dan sinyal radio. Setelah pemancar menerima data dari internet, itu mengubah data menjadi sinyal radio yang dapat diterima dan dibaca oleh perangkat berkemampuan Wifi. Informasi kemudian dipertukarkan antara pemancar dan perangkat.

Manfaat WiFi

Popularitas LAN nirkabel adalah bukti yang sangat utama untuk kenyamanan mereka, efisiensi biaya, dan kemudahan integrasi dengan jaringan lain dan komponen jaringan. Mayoritas komputer yang dijual kepada konsumen saat ini dilengkapi dengan semua teknologi LAN nirkabel yang diperlukan.

Terdapat berbagai manfaat dari Wifi yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannya, diantaranya adalah:

1. Untuk Berbagi File dan Folder

Salah satu manfaat dari wifi adalah bisa berbagai file dan folder secara nirkabel. Berbagi secara nirkabel memungkinkan banyak pengguna mengakses file tanpa mengunduhnya secara terpisah; misalnya: folder musik bersama yang memungkinkan lebih dari satu orang mendengarkan file yang sama.

2. Agar Terhubung dengan Internet

Tentunya yang menjadi sebuah manfaat dari wifi adalah bisa terhubung dengan internet. Internet sangat membantu dalam berbagai hal baik itu untuk mencari informasi, bekerja, atau melakukan aktivitas jarak jauh.

3. Sinkronisasi Handphone Tanpa USB

Mentransfer file adalah sesuatu yang kami lakukan sepanjang waktu, terutama bagi pengguna yang memiliki banyak perangkat. Dan bagi pengguna Android, cara paling umum untuk mentransfer file dari PC ke Android adalah dengan menggunakan kabel USB. Namun terkadang Anda mungkin mengalami beberapa situasi, seperti tidak tersedianya kabel USB, gagal menginstal driver USB pada PC Anda, atau bahkan port USB rusak.

Dengan adanya teknologi wifi, Anda bisa mensinkronasi handphone tanpa menggunakan USB dengan mudah.

4. Mentransfer Video dan Foto dari Kamera Digital

Tekbnologi wifi bisa dimanfaatkan untuk mentransfer video dan foto dari kamera digital ke perangkat lainnya seperti PC, laptop, bahkan ke smartphone. Tanpa menggunakan kabel lagi, inilah salah satu ringkasnya teknologi wifi.

5. Mencetak pada Printer

Mencetak pada printer juga bisa dilakukan tanpa kabel dan memnafaatkan teknologi wifi. Sangat banyak dan menguntungkan bukan jika ingin print sesuatu namun lokasi printer jauh? Masih bisa dijangkau tanpa kabel yaitu dengan memanfaatkan wifi.

Fungsi dari Wifi

Terdapat berbagai fungsi dari Wifi yang perlu Anda ketahui. Tentunya ini adalah hal yang bisa Anda manfaatkan dalam sehari-hari.

1. Media Komunikasi Wireless

Apakah Anda pernah berpikir bagaimana Anda bisa chat dengan keluarga Anda? telefon dengan kolega Anda? tentunya Anda tidak lagi menggunakan kabel bukan? Inilah salah satu fungsi dari wifi, adalah sebagai media komunikasi secara wireless yang mudah, murah, dan juga cepat.

2. Modem dari Smartphone

Wifi juga memiliki fungsi sebagai modem yang berasal dari smartphone. Ya, sekarang ini, Anda bisa mengkoneksikan internet hanya dengan mengkoneksikan PC atau laptop Anda dengan smartphone yang terhubung ke internet. Maka, nantinya device yang terhubung dengan smartphone juga bisa terkoneksi ke internet, dan smartphone adalah sebagai modem.

3. Kecepatan Internet yang Lebih Pesat

Apakah Anda tahu jika teknologi wifi memiliki fungsi untuk bisa terkoneksi dengan internet lebih pesat? Ya, teknologi wifi sekarang ini terus menerus dikembangkan salah satunya adalah antenna wifi outdoor untuk bisa terkoneksi dengan internet secara cepat.

4. Berbagi Data Antar Perangkat

Wifi juga bisa difungsikan sebagai berbagi data antar perangkat. Salah satunya adalah memanfaatkan hotspot. Berbagi data antar perangkat berarti ini merupakan fungsi dari pemancar wifi dan juga wifi receiver dan menyalurkan internet ke berbagai perangkat yang ada di sekitarnya agar bisa terkoneksi dengan internet.

5. Menghubungkan Perangkat ke Dalam Suatu Jaringan

Jika Anda sudah memiliki layanan Internet (broadband) berkecepatan tinggi di rumah Anda, cukup mudah untuk membuat jaringan nirkabel rumah Anda sendiri. Umumnya dikenal sebagai Wifi, jaringan nirkabel memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop, smartphone, dan perangkat seluler lainnya ke layanan Internet rumah Anda tanpa kabel Ethernet.

Inilah fungsi dari wifi yang sangat membantu dalam membentuk jaringan di rumah dan bisa terkoneksi satu sama lain. Jangan lupa untuk menambahkan wifi password agar koneksi Anda aman.

Kelebihan dan Kekurangan Wifi

Semua hal memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk juga wifi. Walaupun secara umum dilihat ini adalah teknologi yang menguntungkan, namun juga bisa ada kekurangan dari adanya wifi.

1. Kelebihan Wifi

Berikut ini adalah kelebihan wifi yang bisa Anda rasakan:

Mobilitas

Mobilitas adalah kelebihan terbesar dari WiFi. Jaringan nirkabel terkenal dan diimplementasikan untuk mobilitas. Broadband dan teknologi kabel lainnya tidak dapat digunakan di luar tempat Tetap. Tapi Wifi, Anda dapat menggunakannya saat bepergian.

Kenyamanan dan Bebas Repot

Menggunakan WiFi lebih nyaman daripada menggunakan teknologi kabel. Juga, ini tidak merepotkan. Anda tidak memerlukan banyak kabel untuk terhubung ke perangkat satu sama lain.

Dukungan Beberapa Koneksi

Wifi Mendukung Banyak Koneksi. Ini mendukung sekitar 30 perangkat secara bersamaan.

Biaya yang dikurangi

Biaya penyebaran WiFi hampir nol. Anda tidak perlu membayar untuk router. Anda tidak memerlukan kabel atau adaptor tambahan.

Peningkatan Peluang

Teknologi Nirkabel memberikan lebih banyak peluang bagi perusahaan manufaktur dan pengembangan.

2. Kekurangan Wifi

Sedangkan, untuk kekurangan dari wifi itu sendiri adalah sebagai berikut:

Keamanan

Kerugian terbesar dari WiFi adalah Keamanannya. Bahkan dengan kata sandi, jaringan WiFi tidak Aman.

Kecepatan

Kecepatan WiFi kurang dibandingkan dengan jaringan kabel. Kecepatan koneksi berkurang saat Koneksi meningkat.

Hambatan dan Gangguan

Jaringan Wifi mengalami Kendala dan gangguan di seluruh rumah atau kantor Anda.

Masalah kesehatan

Beberapa penelitian mengatakan Wifi menyebabkan efek kesehatan. Gelombang atau sinyal wifi dikatakan memiliki efek buruk pada kulit dan bagian lainnya.

Jangkauan Terbatas

Jangkauan WiFi terbatas. Anda tidak dapat Wifi jika dua perangkat berada pada jarak yang jauh. Jangkauan WiFi terbatas di bawah 10m.

Jenis Wifi

Dalam dunia Wifi, sangat umum untuk bisa menemukan dua jenis wifi ini, yaitu wifi indoor dan juga wifi outdoor. Semuanya memiliki kegunaan tersendiri tergantung dari situasi dan kondisi. Lalu, apakah definisi dari keduanya sama? Tentu saja sama karena sama-sama merupakan wifi.

Lalu, apa pengertiannya?

Wifi Indoor

Jenis wifi pertama adalah wifi indoor. Jenis wifi yang satu ini memang sangat umum Anda temukan, dan sangat bisa Anda tahu secara kasat mata dan tanpa berpikir panjnang jika itu adalah pemancar wifi ketika Anda melihatnya di pojokan ruangan entah itu di rumah, café, atau di berbagai tempat umum.

Pengertian Wifi Indoor dan Cirinya 

Wifi indoor sesuai dengan namanya, merupakan sebuah perangkat wifi yang berfungsi untuk mengaitkan suatu komputer atau perangkat sejenis ke dunia online yang dipasang di dalam ruangan.

Ciri dari wifi indoor adalah cakupan yang cukup kecil dan memiliki sinyal yang tak terlalu kuat karena terhalang oleh dinding bangunan dan jarak tertentu. Untuk mengakses dunia online umumnya access point (atau diketahui dengan wifi hotspot) dipasang di lokasi strategis dalam bangunnan yang memungkinkan orang menjangkau wifi hotspot tersebut dengan mudah dan nyaman.

Wifi Outdoor

Jenis dari wifi selanjutnya adalah wifi outdoor. Mungkin ini adalah perangkat yang sangat jarang Anda temukan. Namun, sejatinya alat ini sangat banyak digunakan di berbagai daerah perkantoran atau taman kota yang memanfaatkannya untuk menjadikan hotspot publik.

Pengertian Wifi Outdoor dan Cirinya

Sedangkan untuk wifi outdoor adalah perangkat wifi yang dipasang di area terbuka dan luas dengan tujuan untuk menyebarkan akses dunia maya pada jangkauan yang luas.

Jikalau wifi indoor dipasang di dalam bangunan atau dekat bangunan maka wifi outdoor mempunyai ciri berbeda dengan pemasangannya yang berada di tempat tinggi, terbuka, dan menerapkan perangkat tambahan seperti tower untuk pemasangannya.

Perbedaan Wifi Indoor dan Outdoor

berdasarkan dari pengertian antena WiFi oudoor diatas, adapun beberapa perbedaan antara WiFi indoor dengan WiFi oudoor berikut ini:

Jarak Wifi

Perbedaan antena WiFi antena wifi outdoor dengan indoor yang pertama adalah jarak jangkauan WiFi.

WiFi indoor memiliki jarak jangkauan yang lebih sempit ketimbang WiFi oudoor. Sehingga apabila Anda menemukan WiFi yang hanya mampu menjangkau satu bangunan saja maka sudah dipastikan adalah WiFi indoor. Sedangkan apabila Anda menemukan WiFi dengan jangkauan sangat luas hingga berjarak hingga ribuan meter maka dipastikan adalah WiFi oudoor.

Alat Yang Digunakan dan Bentuknya

Jarak jangkauan tadi menentukan perbedaan antara antena WiFi outdoor dengan antena WiFi indoor.

Biasanya penggunaan WiFi indoor biasanya menggunakan peralatan yang cukup sederhana seperti misalnya access point dan kabel. Sedangkan untuk WiFi outdoor tentu memiliki bentuk yang berbeda serta memiliki tambahan alat lainnya.

Adanya Bangunan dan Alat Tambahan

Sesuai dengan penggunaan perangkat di antena WiFi outdoor seperti diatas hanya dapat dipasang dalam ruangan yang mana hanya berupa access point dan kabel untuk mengakses internet.

Sedangkan WiFi outdoor adanya penggunaan tambahan bangunan berupa tower serta alat berupa antena dan penangkal petir sehingga dapat digunakan untuk mengakses internet dengan aman dan nyaman.

Harga Wifi

Semakin rumit pemasangannya maka semakin mahal juga harga WiFi outdoor yang semakin mahal. 

Biasanya penggunaan WiFi indoor tidaklah mahal pemasangannya yang jika di perkirakan sekitar 300 ribu per pcs, sedangkan untuk harga WiFi outdoor memiliki harga diatas 1 juta rupiah.

Bagian Penting Dalam Wifi

Dalam memahami peranan wifi, kita perlu mengetahui beberapa bagian penting dalam WiFi seperti berikut ini:

Access Point

WiFi di zaman yang modern saat ini telah mengalami peningkatan dari segi teknologi yang cukup pesat yang dimanfaatkan pada bidang bisnis.

Ruang kantor besar dengan karyawan yang banyak tentu akan mengakibatkan traffic WiFi menjadi padat, sementara kantor kecil yang pengguna terbatas lebih cenderung memiliki WiFi perluasan jangkauan. 

Pengertian Singkat Access Point

access point merupakan perangkat yang membuat jaringan area lokal wireless atau WLAN, yang digunakan pada gedung yang besar.

Access point terhubung ke router kabel, saklar, atau hub yang menggunakan ssid WiFi ataupun kabel ethernet.

Jika Anda ingin mengaktifkan akses ssid WiFi di area resepsionis namun WiFi tidak memiliki router dalam jangkauan maka Anda dapat menggunakan kabel ethernet melalui langit-langit kantor yang kembali ke ruang server.

Fungsi Access Point

Fungsi utama dari access point yakni pemancar sinyal internet. Selain itu fungsi lain adalah meliputi pengaturan konektivitas yang kompleks seperti beberapa fungsi berikut ini:

  1. Mengatur akses yang ada di suatu perangkat berdasarkan MAC address. MAC Address merupakan identifikasi unik yang dimiliki oleh network card perangkat.
  2. Sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server sehingga bisa mengimbuhkan IP address di tiap-tiap perangkat yang terhubung.
  3. Menggantikan faedah hub yang menghubungkan jaringan lokal nirkabel bersama dengan jaringan kabel.
  4. Memberikan fitur keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WAP (Wireless Application Protocol). Ini merupakan pengamanan jaringan nirkabel bersama dengan otentifikasi kecocokan kunci yang di memberikan client pada access point. Sedangkan WAP merupakan metoda keamanan yang dibuat untuk melengkapi metoda WEP bersama dengan mengimbuhkan decryption.

Router

Router merupakan perangkat keras komputer yang mungkin sudah di kenali oleh banyak orang. Jenis perangkat keras jaringan router ini memiliki jenis yang cukup banyak dengan fungsi yang berbeda-beda menurut jenisnya.

Pengertian singkat Router

Seperti penggunaan antena WiFi outdoor tentu juga memerlukan yang namanya router. Router secara mendasar memiliki data tabel lokasi dari IP yang digunakan untuk berkomunikasi dengan router lain untuk menentukan jalur terbaik untuk mengakses internet.

Router adalah perangkat jaringan internet fisik atau virtual yang dirancai untuk menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data antar jaringan komputer. 

Tugas router melakukan perannya dalam memeriksa alamat IP tujuan dari paket data internet yang diberikan berdasarkan tabel header dan melakuan pengalihan yang dilakukan untuk transfer paket internet kepada perangkat-perangkat yang tersedia.

Router juga diartikan sebagai perangkat yang menghbungkan dua atau lebih jaringan paket data yang saling terhubung.

Dan juga router mampu melayani pengelolaan lalu lintas antar jaringan yang meneruskan paket data ke alamat IP tujuan. Setelah router memungkinkan beberapa perangkat yang menggunakan koneksi internet yang sama.

Fungsi router

Fungsi router antara lain sebagai perangkat keras jaringan yang artinya perangkat keras yang mampu mendukung proses transmisi jaringan atau network yang sudah ada.

Router dalam bahasa Indonesia adalah penghala yang artinya perangkat keras komputer yang mampu menjalankan proses routing.

Proses routing ini merupakan sebuah proses di mana router dapat beri tambahan rute-rute atau jalur-jalur, supaya sebuah jaringan atau network dapat sampai ke user. 

Misalnya saja, di dalam satu kantor, terkandung satu server yang jadi pusat jaringan, dengan ribuan computer user yang berada terhadap wilayah yang berjauhan. 

Maka dari itu, digunakanlah router untuk dapat beri tambahan rute – rute dari server menuju computer user.

Pad jaringan yang mengarah ke komputer pengguna atau juga dapat diarahkan ke perangkat lain seperti bridge, hub, switch, modem, access point, dan lainnya.

Jenis Router Berdasarkan Mekanismenya

Jenis-jenis router sendiri memiliki banyak ragamnya. Namun secara mekanis router di bagi menjadi dua jenis yakni statis dan dinamis. Berikut penjelasannya.

Router Statis / Static Router

Jenis router yang pertama router statis atau biasa disebut dengan router statik yang dapat bekerja untuk mengarahkan proses penghalaan dari suatu jaringan.

Mekanisme dalam penghalaan melakukan proses yang melibatkan apa yang kita kenal dengan nama tabel routing atau tabel penghala. 

Pada pemanfaatan static router, maka proses penghalaan pada router ini diadministrasikan secara manual oleh seorang administrator. 

Segala wujud penghalaan melalui tabel routing dijalankan secara manual oleh administrator, dimana administrator bertanggung jawab penuh untuk laksanakan segala wujud proses penghalaan, jadi dari memicu jalan atau rute baru, menghapus rute, memindahkan rute, dan sebagainya

Staff admin akan memegang penuh perijinan atau permission yang ada pada router tersebut.

Router dinamis / Dynamic Router

Router dinamis merupakan kebalikan dari router statis yang memiliki keunggulan dalam pengaturan konfigurasi router secar aotomatis dan dinamis.

Sehingga sekali konfigurasi router dinamis akan langsung bekerja secara otomatis sesuai yang diperintahkan oleh admin.

Dynamic router akan melakukan penghalaan atau routing ke user yang sudah ditentukan, melalui jalur atau rute yang sudah ditentukan, mampu untuk menghapus jalur yang sudah tidak terpakai, membaut jalur routing baru ke user baru, menolak akses routing ke user tertentu, dan masih banyak lagi. Semua proses itu dilakukan secara dinamis oleh router secara otomatis

Wireless Router

Wireless router yang satu ini adalah jenis router statis ataupun dinamis. Yang mana sesuai dengan nanamya yakni router wireless bekerja tanpa kabel, mengandalkan koneksi wireless menggunakan media udara. 

Jenis router yang satu ini tidak spesifik, yang berarti bisa menjadi jenis router statis maupun router dinamis. Sesuai dengan namanya, router wireless merupakan jenis router yang bekerja tanpa menggunakan kabel, dan mengandalkan koneksi wireless menggunakan media udara. Router wireless ini saat ini cukup banyak digunakan karena memberi banyak sekali kemudahan.

Clients

Pengertian client dalam jaringan komputer adalah perangkat atau alat yang menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server.

Prinsipnya client dan server dalam sebuah sistem jaringan merupakan perangkat yang saling terhubung.

Definisi client adalah sebuah komputer yang digunakan untuk mengakses layanan dari server. Serta client juga sering disebut dengan istilah workstation.

Dalam sebuah jaringan komputer jumlah dari client ada lebih dari satu komputer yang disesuaian dengan jumlah pengguna di dalam sebuah instansi atau perusahaan.

Pengertian singkat clients

Komputer client pada umumnya memiliki aneka macam aplikasi yang sanggup memudahkan penggunanya untuk terhubung informasi dan data. Selain itu biasanya computer client ditambah bersama dengan aplikasi-aplikasi lain misalnya aplikasi perkantoran (Office), browser, player dan lain-lain. 

Untuk masalah hardware, computer client tidak setinggi computer server. Hal itu dikarenakan beban kerja yang dijalankan computer client tidak setinggi computer server. Beberapa contoh sarana yang sanggup diminta oleh computer client diantaranya yaitu akses file, data, printer dan internet.

Fungsi Client dalam Jaringan Komputer

Sebutkan fungsi komputer client yang mana memiliki beberapa fungsi antara lain:

Untuk Mengakses Data Dan Informasi Yang Disediakan Oleh Komputer Server

Fungsi dari komputer client yang paling utama adalah mengakses data serta informasi yang disediakan oleh server. Dan juga setiap client memiliki akses hak tertentu yang mengakses layanan yang diperlukan. 

Sebagai komputer kerja

Komputer client yang juga sering digunakan sebagai komputer kerja di luar layanan yang diberikan oleh komputer server.

Sebagai administrator

Komputer client termasuk mampu jadi administrator bagi komputer-komputer lain di dalam suatu jaringan sesuai bersama hak akses yang diberikan oleh pc server kepada pc client tersebut.

Wifi Receiver

WiFi adapter atau juga disebut dengan WiFi adapter merupakan alat yang digunakan pada perangkat komputer maupun laptop agar memiliki akses koneksi WiFi yang tersedia di sekitarnya.

WiFi adapter memiliki gelombang radio yang dapat melakukan proses pertukaran data. Dan juga menangkap sinyal WiFi, yang mana WiFi adapter ini dapat memperkuat penangkapan sinyal WiFi yang ada.

Pengertian singkat Wifi Receiver

WiFi adapter yang sering disebut dengan WLAN Card. WiFi adapter merupakan alat yang dipakai pada perangkat komputer atau latop yang dapat tersambung dengan koneksi WiFi yang tersedia didalam mode ad hoc. 

Pada mode infrastruktur data akan ditransmisikan menggunakan access point sebagai pusat. Semua koneksi yang ada akan dinamai dengan identitas service set identifier atau SSID  WiFi sebagai access point.

Selain itu termasuk akan pakai kode keamanan layaknya WEP atau WPA cocok bersama dengan pengaturan. Sementara itu pada mode ad-hoc, koneksi jaringan tidak membutuhkan access point dan secara langsung mampu terhubung bersama dengan semua perangkat wireless. Pada mode konektivitas jenis ini, koneksi mode ad-hoc perlu pakai saluran dan SSID serupa.

Fungsi Wifi Adapter

Fungsi untuk WiFi adapter sendiri adalah menerima serta menyebarkan sinyal koneksi WiFi dari satu komputer ke perangkat komputer lainnya.

WiFi adapter dapat digunakan untuk menukar koneksi antara PC dan perangkat lain secara mudah dan cepat.

Dengan ada wifi adapter ini, kami sanggup membuka ke jaringan hotspot wifi disekitar tempat tinggal kami atau kecuali kami ingin share file pada PC atau laptop lain lewat jaringan wifi sanggup dilakukan bersama dengan perangkat ini. 

Maka berasal dari itu, wifi adapter ini mempunyai fungsi yang perlu sekali dan ‘wajib’ disematkan pada perangkat elektronik layaknya PC maupun laptop.

Antena Wifi Outdoor

Nah kali ini kita akan membahas antena WiFi outdoor yang mana dapat memberikan kebutuhan sinyal WiFi yang luas cocok untuk ditempatkan pada outdoor atau luar ruangan.

Kebutuhan koneksi internet tentu akan dibutuhkan oleh setiap individu dimanapun dan kapanpun tak terkecuali di luar ruangan khususnya pada lingkungan perusahaan.

Selain keberadaan router yang sangat dibutuhkan oleh pengguna internet, maka juga diperlukan juga perangkat yang bernama antena grid.

Pengertian singkat antena wifi outdoor

Pengertian dari antena WiFi outdoor atau antena grid merupakan WiFi yang berfungsi untuk memperkuat serta mengarahkan sinyal WiFi untuk melakukan koneksi point to point, ataupun multi point.

Antena ini juga menerima dan mengirim sinyal data dengan sistem gelombang radio 2,4 Mhz baik intranet maupun internet.

Fungsi antena wifi outdoor

Fungsi dari antena WiFi outdoor yakni beroperasi dengan cara menerima  sinyal data serta mengirimkan data dengan gelombang radio 2,4 Mhz.

Setelah data internet atau intranet tersebut akan dikirim dan ditangkap oleh perangkat agar bisa mengakses internet. Namun ada beberapa sinyal WiFi yang menggunakan password WiFi sehingga bisa menambahkan dalam sisi keamanan.

Cara Kerja Antena Wifi Outdoor

Antena WiFi outdoor atau biasa disebut dengan antena grid ini beroperasi dengan cara menerima sinyal atau gelombang radio data lalu mentransimisikannya menggunakan frekuensi radio 2,4 Mhz.

 

Antena Grid akan beroperasi dengan cara menerima sinyal data kemudian mengirimkannya dengan sistem gelombang radio 2,4 Mhz. 

Date tersebut dapat bersifat intranet atau internet. Setelah information terkirim, maka perangkat Anda bakal menangkap isyarat tersebut dan Anda pun dapat membuka internet. Sinyal Wi-Fi ini tersedia yang terkunci oleh password tapi tersedia juga yang tidak.

 

Jenis Antena Pemancar WiFi

Bentuk antena WiFi sendiri bermacam-macam dengan desain, frekuensi, serta pola yang distribusi gain.

Karena antena sendiri adalah bagian terpenting dari sebuah pemancar atau penerima dengan fungsi sebagai penyebar sinyal. Sehingga kita perlu mengetahui perbedaan antara jenis antena WiFi yang nantinya akan Anda beli.

Berkut ini adalah beberapa informasi tentang antena WiFi jarak jauh dengan berbagai jenis dan fungsinya masing-masing:

Antena Grid

Antena grid adalah jenis antena WiFi outdoor dengan teknologi WiFi jarak jauh. Dengan pola berkas sinar antena ini lebih berfokus pada satu titik tertenu pada pemasanganya. Untuk jangkauannya sendiri cakupan antena jaringan dengan garis lurus yang memiliki dua frekuensi, 2,4 GHz dan 5,8 GHz.

Antena Omni / Omnidirectional

Antena omni memiliki bentuk seperti tongkat dengan ukuran yang cukup kecil. Antena ini memiliki pancaran sinyal yang luas dibandingkan dengan GRID yang mana jangkauan sinyalnya menyebar ke segala arah dan membentuk lingkaran.

Antena ini juga nyatanya begitu sesuai untuk digunakan sebagai P2MP (point to multipoint) di jaringan nirkabel, dan juga terlampau sesuai untuk titik akses.

Selain itu, antena ini juga digunakan untuk area yang luas tapi jarak pendek. Karena antena Omni ini menjangkau area yang luas, terlampau kemungkinan bahwa sinyal lain yang tidak diinginkan sama-sama dikumpulkan. Karena itu, antena omni bakal mengundang gangguan.

Antena Sectoral

Antena sectoral memiliki fungsi yang hampir sama seperti antena omni yang mana dipergunakan untuk jalur akses yang melayani point to multipoint P2MP.

Namun antena sektor memiliki hampir 2x gain yang lebih jauh ketimbang omni, yakni hingga jangauan 6-8 km.

Sudut sinar antena sektoral ini berkisar antara 45 hingga 180 derajat dengan pemasangan yang maksimal.

Dalam pemasangan antena sektoral ada dua jenis, pola balok horisontal dan vertikal. Dalam antena ini, sinyal pancarkan khususnya ke arah mana antena ini diarahkan cocok bersama jangkauan berkas, tetapi tidak ada sinyal emisi di anggota belakang antena. 

Jenis antena sektor ini jika dipasang di atas, akan jauh lebih untung dikarenakan mampu terima sinyal yang baik di suatu sektor atau wilayah. Antena sektor ini sendiri sebetulnya biasanya digunakan di menara GSM

Antena Yagi

Antena yaki merupakan jenis antena jaringan, antena ini memiliki jangkauan searah yang mana memiliki perbedaan utama antara antena yagi dan antena GRID yang mana mereka jarng dipergunaakan pada sebuah jaringan.

Antena juga terdiri dari 3 bagian yakni penggerak, reflektor, dan director. Sedangkan Powered adalah titik pasokan kabel antena.

Panjangan yang dikelola secara  fisik biasanya setengah dari panjang gelombang frekuensi radio yang diterima atau juga dikirim.

Reflektor terdapat pada bagian belakang antena yang digunakan untuk Anda yang dapat memantulkan sinyal sedangkan panjang fisik reflekstor biasanya akan lebih panjang yang daripada  yang digerakkan. 

Panjang yang dikelola secara fisik umumnya setengah dari panjang gelombang frekuensi radio yang diterima atau dikirim. Reflektor adalah bagian belakang antena yang digunakan untuk anda dapat memantulkan sinyal. Panjang fisik reflektor biasanya akan lebih panjang daripada yang digerakkan. Sedangkan director adalah bagian arah antena. Bagian ini lebih pendek dari sebuah driven.

Antena PVC

Antena ini memang terbuat dari pipa PVC yang dilapisi dengan alumunium foil. Antena ini memang sebuah perkembangan dari antena kaleng yang  dipasang di luar ruangan atau sering mengalami oksidasi.

Antena WiFi ini juga memiliki jarak jangkauan sinyal yang sangat pendek yakni berkisar antara 200 – 300 m.

8 antena Quad

Antena 8 quad merupakan jenis antena sektor. Dimana antena ini memiliki pola pemancaran sinyal dalam satu arah dengan sudut arah. Antena 8 quad ini biasanya digunakan pada kasus dipasang di area yang banyak penggunanya.

Antena Bolic Wok

Ditahun 2005 antena ini dinamai Bolic Griddle yang mana antena ini mirip seperti parabola. Antena ini cukup sederhana dengan bahan yang terbuat dari alat dapur seperti panci atau wajan yang digunakan untuk menggoreng.

Antena grid bolic yang digunakan untuk memperkuat ssinyal nirkabel dari titik akses karena terlampau jauh atau sukar di terima oleh adaptor nirkabel USB kalau hanya membuka segera ke PC ataupun laptop.

Antena Parabolic

Antena parabolic, biasanya antena ini sering digunakan oleh penyedia layanan TV kabel yang mana mirip seperti antena grid, namun memiliki jangkauan yang lebih baik serta fokus sinyal yang lebih jauh ketimbang antena grid.

Membuat antena WIFI dari peralatan sederhana.

Dalam membuat antena WiFi outdoor sendiri Anda juga bisa membuatnya dari barang-barang dan peralatan yang sederhana loh yang mana bahan-bahannya bisa Anda dapatkan di toko listrik kecuali bagian konektor ataupun kabel.

Anda bisa membuat antena WiFi dengan modem omni directional sebagai antena yang dapat memancarkan ke segala arah. 

Fungsi antena omni directional memberikan sinyal WiFi atau internet yang dapat dinikmati oleh sekitar. Sehingga area yang sekitar rumaha jugamenerima sinyal internet dari WiFi modem, atau juga dapat dicapai ke area rumah agar pengguna di sekitar dapat menangkap sinyal.

Proses dalam pembuatan antena WiFi omni directional sederhana yang dapat ditempatkan di antena atap rumah atau sisi depan rumah untuk menjadikan antena WiFi sebagai antena outdoor.

Komponen penghubung untuk antena Outdoor mengunakan urutan

Misalnya kita ambil conto6dBi dan 8dBih sebuah router WiFi dengan brand TP-Link TD WA8951ND yang memiliki 1 antena. Konektor antena nantinya dapat dilepaskan dan digantikan dengan eksternal antena outdoor.

Anda dapat mengguankan kabel untuk menghubungkan wireless router. Yang menggunakan kabel TP-Link TL-ANT24PT3 sebagai kabel penghubung dari wireless router ke antena outdoor

Desain antena WIFI buatan sendiri

Pertama Anda perlu menggunakan 2 desain antena WiFi sederhana yang dapat dibuat sendiri. Antena omni directional dengan kekuatan 6dBi dan 8Dbi.

Untuk 6dBi memiliki panjang sekitar 23,5cm, sedangkan 8dBi memiliki panjang sekitar 51cm. adapun Anda dapat menggunakan antena omni directional dibawah ini yang mana membutuhkan satu konektor M-female sebagai basis antena.

Untuk bagian tiang antena dapat menggunakan kabel tembaga dari kabel listrik. Setiap lengkukan 

Rancangan antena Omni Directonal dibawah ini. Hanya membutuhkan satu konektor M-Female sebagai dasar antena. Sedangkan tiang antena mengunakan kabel tembaga dari kabel listrik. Setiap lekukan garis di antena adalah Loop yang dibikin melingkar bersama dengan diameter 15mm atau sesuai ukuran tabung yang dipakai.

Dibawah ini bagan atau gambar dari dua diagram tidak sama untuk memicu antena WIFI Omni Directional kekuatan 6dBi dan 8dBi.

Komponen pembuatan antena WIFI sendiri yang tidak tersedia di pasaran adalah konektor M-Female. Umumnya dijual di toko khusus yang penjual peralatan antena, dan peralatan radio amatir. Atau sanggup berharap perlindungan berasal dari jogjabolic.com yang menjual peralatan dan komponen WIFI / Networking.

Untuk komponen yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan antena WiFi sendiri adalah tabung tipis untuk melapisi komponen tembaga. Dalam pembungkus tiang antena yang dirakit nantinya yang dibeli di toko listrik atau menggunakan barang bekas. Anda dapat menggunakan  tabung plastik untuk penutup antena dengan dinding yang tipis.

Komponen yang diperlukan

  • Kabel tembaga dari kabel listrik. Dapat mengunakan tidak tipis tembaga 2mm.
  • Lem Epoxy, atau PVC seandainya antena mengidamkan ditutup secara permanen.
  • Tabung isolasi listrik umumnya dijual di toko listrik.
  • Tool solder, tang, timah elektronik untuk menyambung konektor ke kabel tembaga.
  • Kabel antena untuk penghubung antena ekternal dengan wireless router

Cara Memilih Antena untuk Menguatkan Sinyal dan Jaringan Internet

Antena WiFi outdoor dipasaran memang banyak sekali jenisnya dan juga brand yang menawarkan berbagai keunggulannya.

Namun Anda bingung memilih mana saja antena yang cocok untuk kebutuhan Anda, dalam kasus ini kita akan membahas cara memilih antena yang dapat menguatkan sinyal internet.

Harga antena WiFi outdoor dipasaran dapat kita temukan dengan cukup murah. Namun terkadang harga menggambarkan kualitas dari antena WiFi outdoor tersebut. Menempatkan modem yang sesuai agar WiFi outdoor agar dapat menangkap sinyal internet secara maksimal.

Sesuaikan kecepatan standar dengan koneksi

Setiap antena WiFi outdoor memiliki kecepatan atau kapasitasnya sendiri-sendiri. Hal yang disesuaikan performa antena atau repeater tak akan mampu menyaingi modem utama mengingat fungsi mereka hanya sebagai penunjang.

Sehingga sebelum membeli alangkah baiknya Anda dapat mengetahui kecepatan maksimal modem tersebut apalagi Anda ingin membelinya secara online.

Pilih antena dengan koneksi simultan dual-band

Untuk cara kerja pada antena dual-band adalah jenis modem yang dapat menangkap sinyal dan dipancarkan modem utama satu band yang dikeluarkan ke sisi lain. Band satu biasanya mampu menembuskan penghalang, sementara yang kedua cenderung lemah.

Untuk cara memilih antena modem, kecepatan antena WiFi outdoor utama melalui pancaran sinyal ke dua band dari perangkat.

Pertimbangkan bentuk antena yang dipakai

Untuk model dari antena sebenarnya ada 2 jenis model yang sering dipakai. Antara lain model plug-in yang perlu Anda hubungkan dengan stop kontak dan model stasioner dengan kata lain portable yang sanggup di tempatkan di mana saja. 

Pemilihan wujud antena sanggup terpengaruh wilayah Anda memasang modem utama. Kondisi rumah terhitung ikut berdampak terhadap penempatan antena. Misalnya, antena plug-in yang tergantung terhadap stopkontak supaya sanggup berguna membantu modem utama.

Cari antena yang dilengkapi tombol WPS

Utnuk memilih antena WiFi outdoor yakni mencari perangkat yang memiliki fitur WPS atau WiFi protected setup. WPS merupakan proses keamanan yang berguna sesuaikan mode pada antena untuk kali pertama, sehingga bakal memudahkan Anda dalam memakainya. 

Apabila WiFi tidak dilengkapi dengan WPS Anda tetap bisa gunakan antena, tapi pengaturan bakal ditunaikan secara manual, sehingga agak menyulitkan di awal.

Karakteristik dan Parameter Kinerja Antena

Antena WiFi outdoor dalam mendukung kinerjanya maka Anda perlu memperhatikan karakteristiknya. Karakteristik atau parameter kinerja WiFi ini adalah pada saat membuat antena atau pada saat memilih jenis antena yang dibutuhkan.

Adapun empat parameter atau karakteristik antena tersebut diantaranya sebagai berikut:

Gain

Directivity gain merupakan sebuah parameter antena yang mengukur kemampuan antena dalam mengarahkan gelombang sinyalnya ke arah tertentu. Atau juga bisa dikatakan bahwa gain ini mengukur  efisiensi sebuah antena. Gain ini dapat diukur dalam bentuk satuan decibel.

Keterarahan (Directivity)

Keterarahan atau Directivity merupakan perbandingan dengan dentisitas daya antena pada jarak sebuah titik tertentu relatif terhadap sebuah radiator isotropis. Yang mana dimaksudkan dengan radiator isotropis adalah pemancar sinyal ke segala arah.

Polarisasi (Polarization)

Polarisasi atau Polarization merupakan arah rambatan Medan listrik. Polarisasi antena yang dimaksud adalah Medan listrik dari gelombang radio yang terhubung ke permukaan bumi dan kecocokan struktur fisik antena dengan orientasinya.

Dalam pengenalan polarisasi bermanfaat untuk mendapatkan efisiensi maksimum penyaluran sinyal.

Pola Radiasi Antena (Radiation Pattern)

Pola radiasi antena adalah penggambaran radiasi dari kekuatan gelombang radio yang disebarkan oleh antena pada tingkat penerimaan sinyal yang diterima antena pada sudut yang berbeda.

Pada umumnya Pola Radiasi ini digambarkan dalam bentuk plot 3 dimensi. Pola radiasi antenna 3 dimensi ini dibentuk oleh dua pola radiasi yakni pola elevasi dan pola azimuth. Bentuk pola radiasi adalah Pola Omnidirectional pattern yakni pola radiasi yang serba sama dalam satu bidang radiasi dan Pola Drective yang membentuk bola berkas yang sempit bersama radiasi yang tinggi.

Kesimpulan

Itulah bahasan kita Netdata kali ini tentang antena WiFi outdoor baik itu mulai dari pengertian WiFi, manfaat WiFi, serta beberapa penjelasan WiFi lainnya seperti harga WiFi, ssid WiFi, express WiFi, tenda WiFi, wifi password, wifi receiver yang perlu dijelaskan untuk dapat menambah pemahaman dari teknologi antena WiFi outdoor itu sendiri. Semoga bermanfaat dari artikel kali ini dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup