Sewa Server Indonesia Paling Bagus dan Bisa Diandalkan

Sewa Server Indonesia

Dalam dunia komputer, khususnya hardware dan juga software mungkin Anda pernah dengar sebuah kata yaitu server. Ini memang sangat umum didengar, seperti server basis data, server file, server email, server cetak, server web, server permainan, dan server aplikasi. Dalam semua “client”, tentunya ada “server client” yang mengatur semua server yang ada. Dan satu server bisa melayani banyak client, dan satu client dapat menggunakan banyak server bisa diperoleh dengan sendiri atau menggunakan jasa sewa Server.

Server Adalah

Server kalau diartikan dalam bahasa yang lebih umum adalah sebagai peladen. Jadi, server merupakan suatu sistem komputer yang mempunyai layanan yang spesifik untuk penyimpanan data. Data-data yang disimpan ke dalam server merupakan semua data yang bersifat kompleks. Server ini ditujukan untuk client yang memiliki kebutuhan khusus dalam menyediakan informasi untuk pengguna dan pengunjungnya.

Kalau dibayangkan dalam bentuk fisiknya, server merupakan komponen yang sangat besar yang menyimpan berbagai instruksi, informasi, dan juga data-data yang dibutuhkan oleh client. Server berupa jaringan komputer yang memiliki ukuran yang sangat besar dengan berbagai komponen tentunya mempunyai performa yang sangat tinggi.

Mungkin, jika Anda bekerja pada sebuah perusahaan atau organisasi yang memang memiliki ruangan server tersendiri, pasti Anda akan berdecak kagum dan berpikir “berapa uang yang dihabiskan untuk membuat seperti ini”. Karena memang komponen yang membangun server dan juga fasilitas ruang server tidaklah murah.

Atau bisa dibilang juga bahwa server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Kalian ingin manage server sendiri ? kalian bisa baca lebih detail disini ya.

Jenis-jenis Server

Server memiliki beberapa jenis jika dilihat dari fungsi dan tujuannya. Dibawah ini akan dijelaskan apa saja jenis-jenis dari server tersebut:

Web server

Server ini sangat umum dikenal dengan sebutan hosting. Web server sendiri adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang dipasang pada sebuah server guna khusus untuk melayani permintaan HTTP atau HTTPS yang dapat diakses dengan menggunakan browser. 

Cara kerja dari web server ini sederhana saja, yaitu dari web server menerima kode dari browser, lalu web server akan merespon dan mengirimkan dokumen dengan format HTML atau CSS yang nantinya akan tampil pada sebuah halaman web yang berbentuk gambar, tulisan, video, atau konten apapun yang dimuat pada sebuah website dengan server tersebut.

Dilihat dari cara kerjanya, fungsi utama dari web server adalah mengirimkan berkas yang diminta terlebih dahulu oleh pengguna halaman web melalui sebuah web browser dengan protokol yang khusus.

Fax server

Fax, memang alat ini sangat jarang ditemukan di kalangan umum, tapi bagi sebagian perusahaan yang memiliki kantor cabang, fax adalah benda yang sangat penting. Server fax berguna untuk kebutuhan fax bagi fax client. Server ini nantinya akan membuat semua lalu lintas kegiatan fax seperti mengirim dan menerima fax akan diterimanya. 

Fax server juga biasanya juga dilengkapi dengan modem untuk mendukung kinerja bagi fax server ini.

Mail server

Dilihat dari namanya saja sudah tahu apa fungsi dari salah satu jenis server yang satu ini. Ya, server ini memiliki peranan penting untuk melayani client dalam berkirim surat. Mail server dibagi menjadi dua kategori, yaitu untuk mail server keluar dan juga mail server kedalam.

Secara singkatnya, mail server ini cara kerjanya sama saja seperti mengirim surat biasa ke orang lain. Bedanya memang ini elektronik. Gunanya mail server ini adalah melakukan pengiriman email dan juga menerima, server juga menyimpan salinan mail yang dikirim. Protokol file yang didukung adalah teks, gambar, video, dan yang lainnya sesuai dengan client web yang digunakan.

FTP server

FTP (File Transfer Protocol) server merupakan sekumpulan perintah internet yang memberikan hak akses pada suatu jaringan. Nantinya, client dapat meminta hak akses tukar menukar file hanya dengan melalui server. Proses dari perintah ini masih  menggunakan kode ASCII, jadi memang tidak terlalu secure karena tidak terenkripsi. Ada pilihan yang lebih aman sebenarnya, yaitu dengan menggunakan SFTP yang memberikan keamanan data kepada client.

Kalau ditarik secara garis besar, FTP client fungsinya adalah sebagai protokol untuk transfer data.

File server

File server, mungkin ini adalah salah satu server yang mudah untuk dipahami. File server ini memberikan akses kepada client berupa local disk. File tersebut biasanya berisikan gambar, video, database, musik, dokumen, dan masih banyak jenis file yang lainnya. File server dapat diartikan sebagai sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk menampung berbagai macam data, memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengambil data pada dengan perhitungan melalui workstation.

Jika ditanya fungsinya, sudah jelas berfungsi untuk menampung data yang dimiliki oleh client yang bersangkutan. Kapasitas untuk file server ini bergantung kepada HDD dan RAM pada server tersebut untuk menentukan besarnya file yang dapat ditampung dan kecepatan transfer data untuk diupload ke server maupun di download dari server.

Game server

Ini adalah server yang khusus dibuat untuk para gamer. Mungkin Anda sudah mengerti kalau sekarang ini banyak game yang dimainkan secara bersamaan atau multiplayer secara online. Game server akan membuat permainan antar player dengan berbeda device bisa dilakukan dengan mudah. Semakin bagus game server, maka akan semakin bagus juga kualitas bermain secara online antar pemain, jadi tidak ada lag atau semacamnya.

Game server ini terdiri dari dua jenis, yaitu game server eksternal dan juga game server internal. Perbedaannya jelas signifikan:

  • Game server eksternal: Server yang disediakan langsung oleh pihak penyedia game itu sendiri.
  • Game server internal: Server yang langsung digunakan untuk penyimpanan game melalui komputer user langsung.

Bagi kalangan gamers, salah satu jenis game server yang sangat populer adalah Steam.

DNS server

DNS (Domain Name System) server adalah server yang digunakan untuk menerjemahkan informasi dari nama host menjadi bentuk alamat IP atau web URL. Jadi, sebuah halaman web pada dasarnya terdiri dari alamat IP, dengan adanya DNS server, maka alamat IP tersebut bisa diterjemahkan menjadi bentuk URL yang bisa dibaca dan mudah diketikkan. Tanpa adanya DNS, Anda tetap bisa mengunjungi halaman web tersebut, tapi harus mengetikkan alamat IP.

Fungsi DNS ada 3, diantaranya:

  1. Meminta Info IP Address sebuah web berdasarkan nama domain.
  2. Meminta Info URL sebuah web berdasarkan IP Address yang dimasukkan.
  3. Mencari server yang pas untuk mengirimkan email.

Proxy server

Proxy server adalah salah satu server yang sangat mudah ditemui pada saat menjelajah internet. Mungkin Anda pernah saat ingin masuk ke salah satu halaman web, maka browser tidak bisa membukanya karena alasan keamanan. Itu adalah salah satu fungsi dari proxy server.

Proxy server merupakan sebuah jaringan komputer yang berperan positif untuk mengamankan penggunanya dari serangan malware dan virus saat menjelajah internet. Jadi, sistem kerjanya adalah setiap pengguna yang mengakses internet secara otomatis akan melewati proxy server sebelum lanjut ke web server.

Database server

Database server merupakan jaringan komputer yang memberikan pengelolaan basis data dan menerima hak akses pengguna atau client untuk mengakses data yang ada pada server. Jenis database server ada empat, yaitu flat file database, relation database, object database, relational-object database.

Fungsi database server sejatinya sangat penting untuk layanan big data untuk mengatur pengelolaan basis data yang berguna untuk bisa mudah melakukan pencarian data yang ada pada database. Layanan database server bisa memberikan hak akses kepada banyak client dalam waktu yang bersamaan.

Print server

Dalam dunia jaringan komputer, print server merupakan jenis server yang menghubungkan printer ke komputer klien melalui jaringan. Print server ini berguna untuk menerima pekerjaan cetak dari komputer dan mengirimkan pekerjaan ke printer yang sesuai, mengantri pekerjaan secara lokal untuk mengakomodasi fakta bahwa pekerjaan mungkin datang lebih cepat daripada yang sebenarnya dapat ditangani printer.

Print server ini sangat mudah ditemui pada warung print yang memiliki banyak komputer. Dengan komputer banyak dan juga printer yang tidak sebanyak komputer, maka print server sangat diperlukan untuk mengatur aktivitas cetak setiap komputer ke printer.

Server aplikasi

Server aplikasi adalah sebuah server yang bertugas untuk menjalankan aplikasi tertentu guna menyediakan sumber daya aplikasi agar bisa berjalan dengan baik dan dapat diproses pada komputer lainnya dalam jaringan. Server ini biasanya digunakan untuk sebuah perangkat lunak seperti software accounting, penjualan, dan masih banyak lagi.

Streaming Media Server

Streaming media server merupakan sebuah server yang menyimpan berbagai data dengan bentuk media yang nantinya bisa dimainkan atau dinikmati oleh client tanpa mendownload media tersebut. Jadi, dengan adanya streaming ini, bisa menghemat kapasitas penyimpanan dari device yang digunakan oleh client.

Aplikasi server

Aplikasi server adalah aplikasi pada komputer yang memiliki fungsi sebagai pelayan untuk permintaan user terhadap hak akses yang berasal dari komputer client. Server ini di support oleh resources yang cukup besar kapasitasnya dan dilengkapi dengan sebuah sistem operasi khusus.

Audio dan video server

Server yang satu ini memiliki pengertian yang sama dengan streaming media server. Dengan adanya server ini, maka audio dan video sudah ada pada server yang memiliki kapasitas besar guna menampung banyak video dan audio. Kunci bagusnya server ini adalah jika kualitas video dan audio yang dinikmati oleh client bagus dan dengan kecepatan streaming yang bagus.

News server

News server merupakan kumpulan perangkat lunak yang digunakan untuk menangani artikel Usenet. Ini juga bisa merujuk ke komputer itu sendiri yang terutama atau hanya digunakan untuk menangani Usenet. Akses ke Usenet hanya tersedia melalui penyedia server berita.

Setiap artikel berita berisi satu set baris header yang lengkap, tetapi dalam penggunaan umum istilah “header” juga digunakan saat merujuk ke news overview database.

VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah jaringan pribadi virtual memperluas jaringan pribadi melintasi jaringan publik dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi.

Biasanya VPN digunakan untuk mengakses berbagai halaman web yang tidak bisa diakses yang sudah diatur oleh pihak ISP.

Lainnya

Dari sekian banyaknya server tadi, ada satu server yang masih ada, yaitu DHCP server. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) server adalah jaringan yang menjalankan layanan dan informasi IP address kepada client. Server ini digunakan oleh sistem operasi yang sudah besar, seperti Windows dan juga Linux menggunakan layanan server ini.

Fungsi Server

Setelah mengerti berbagai jenis server, bisa ditarik kesimpulan berbagai fungsi dari server. Diantaranya adalah:

  1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer jaringan client.
  2. Menyediakan resource untuk digunakan secara bersama baik itu hardware maupun berwujud software/aplikasi supaya sanggup di mengfungsikan di semua komputer jaringan client di dalam satu jaringan.
  3. Dapat menyimpan file dan berbagai informasi untuk diakses bersama mengfungsikan file sharing.
  4. Melindungi PC client dengan memasang firewall atau anti malware di PC server.  

Cara Kerja Server

Pada pengertian yang sangat sederhana, cara kerja server adalah sebuah repository yang bisa diatur hak aksesnya yang nantinya permintaan tersebut akan keluar berupa bentuk yang diinginkan oleh client. 

Berikut ini adalah cara kerja atau mekanisme dari sebuah server yang dijelaskan secara singkat:

  1. Web browser meminta halaman web tertentu – mencari alamat IP yang benar yang terkait dengan domain itu.
  2. Web browser meminta URL lengkap untuk situs yang ingin ditampilkan – mengirimkan informasi ini ke server.
  3. Web server menemukan dan mengumpulkan semua informasi yang diperlukan untuk menampilkan situs – termasuk hal-hal seperti iklan, elemen dinamis, konten, dan lainnya. Server kemudian mengirimkan paket informasi lengkap ini kembali ke web browser sebagai tanggapan.
  4. Web browser menerima halaman lengkap ini dan menampilkannya untuk pengguna.

Manfaat Server

Dilihat dari fungsi server, manfaat dari penggunaan server sangatlah penting baik untuk bisnis skala kecil maupun yang sudah besar. Server memberi Anda lebih banyak kekuatan pemrosesan. Server dapat memberikan jaringan komputer Anda menjadi lebih optimal, menyimpan sejumlah besar data, mengosongkan memori, dan memungkinkan PC individu bekerja lebih baik. Server memungkinkan Anda menyiapkan komputer baru yaitu dengan membuat backup dari komputer yang lama, menambahkan pengguna, dan menerapkan aplikasi baru dengan lebih cepat dan mudah.

Layanan Yang Disajikan

Dalam dunia IT, ada sebuah layanan yang bisa Anda percayakan dalam berbagai urusan yang berkaitan dengan server. Pekerjaan atau jasa itu adalah managed server. Memiliki server harus memiliki tanggung jawab untuk memelihara pembaruan sistem operasi rutin, pembaruan perangkat lunak tambahan, dan tugas konfigurasi dan manajemen tingkat server lainnya. Bantuan jasa managed server adalah solusinya.

Jika ingin mencari jasa managed server yang terbaik, maka jawaban yang sangat tepat hanya Netdata.

Managed server Jakarta

Netdata merupakan jasa managed server Jakarta yang terbaik. Sudah ada banyak perusahaan kecil maupun besar yang mempercayakan kepada Netdata untuk memaintenance server yang dimilikinya. Perusahaan yang besar tersebut juga merupakan perusahaan yang sudah memiliki nama yang besar, dan mempercayakan urusan servernya di handle oleh Netdata.

Managed server Indonesia

Netdata juga bisa mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan server apapun itu jenisnya dimanapun Anda berada. Layanan managed server dari Netdata mencakup seluruh Indonesia. Inilah bukti bahwa Netdata adalah managed server yang sangat kompeten dengan jasanya.

Area Yang Dijangkau

Bagi perusahaan, membuat server yang bagus dan juga responsif merupakan cara yang sangat tepat untuk menjamin akan kegiatan selama bekerja karyawan bisa berjalan dengan baik. Bayangkan saja, jika server yang Anda miliki memiliki respon yang lambat, tentunya pekerjaan banyak yang terhambat karena pengiriman data yang lambat.

Maka dari itu, serwa server merupakan hal yang sangat menguntungkan. Namun, banyak yang masih belum mengehtahui bahwa ada pihak yang menawarkan sewa server yang sangat bisa membantu perusahaan dalam operasionalnya agar bisa memiliki server yang bagus.

Sewa Server Indonesia adalah salah satu sarana penyimpanan server yang akses keseluruhan. Anda sanggup memanajemen Server Anda sendiri untuk kebutuhan Anda. Sewa server Indonesia sanggup mempermudah kamu untuk memanajemen semua aktifitas Anda, perihal itu gara-gara satu server jadi milik Anda yang sanggup disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Layanan sewa server memberi tambahan fleksibilitas yang tinggi gara-gara Anda punyai kontrol penuh atas server Anda, termasuk pilihan Anda berasal dari proses operasi dan perangkat keras komputer. Sebuah dedicated server termasuk meyakinkan situs Anda sanggup bermanfaat optimal tanpa pembatasan selanjutnya lintas (bandwidth). 

Pastikan mencari pihak penyewaan server yang dapat meyakinkan bahwa dedicated server Anda amat safe dan enteng untuk dikelola dengan bantuan teknisi mereka yang telah mempunyai pengalaman dibidang tersebut. 

Jasa yang diberikan Netdata mencakup seluruh Indonesia. Selain dengan memaintenance server, Netdata pun juga menyediakan kepada Anda untuk urusan sewa server. Apapun jenis servernya, Netdata akan memberikan solusi sewa server yang sangat berkualitas dengan biaya yang sangat terjangkau.

Sewa server Jakarta

Server apapun itu dapat disewakan oleh Netdata. Ini merupakan hal yang sangat menguntungkan. Dengan server jenis apapun yang tersedia oleh Netdata, membuat Anda jadi tidak ragu kalau semisal Anda membutuhkan jenis server lain. Anda bisa mempercayakannya lagi kepada Netdata.

Sewa server Indonesia

Cakupan bisnis sewa server Netdata adalah seluruh Indonesia dan akan semakin maju berambisi menuju seluruh dunia. Netdata akan senantiasa memberikan keuntungan berupa server yang berkualitas dengan respon cepat, hardware dan software yang berkualitas, dan juga dengan biaya sewa yang lebih terjangkau daripada Anda menyewa server ditempat yang lain.

Mengapa Harus Sewa Server

Kebanyakan pemimpin perusahaan memang tidak memiliki kemampuan dalam bidang IT yang bagus. Ya ini bukan rahasia lagi kalau pemimpin perusahaan tidak memiliki bekal yang banyak menganai IT. Padahal perusahaan yang dimiliki mengharuskan untuk bekerja dengan mengandalkan server yang bagus demi terciptanya pekerjaan yang lancar.

Itulah mengapa banyak perusahaan yang mengandalkan sewa server Indonesia untuk mendapatkan server yang stabil dan juga responsif.

Tertarik dengan Layanan Sewa Server dari NetData ? Kalian bisa menghubungi kami disini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup