Perbedaan OEM Support dengan Third Party Maintenance (TPM)

OEM Support

Mimin punya info nih buat kamu yang belum tau apa itu OEM Support dan Third Party Maintenance. Btw, maintenance perangkat IT di kantormu pake OEM atau TPM? Atau jangan-jangan kamu manage sendiri.

Buat kamu yang masih bingung bedain OEM Support sama Third Party Maintenance.. Yuk simak penjelasan mimin! OEM Support adalah service maintenance yang diprovide langsung oleh principal untuk me-maintain perangkat IT-mu. Misalnya: Cisco, Juniper, & Fortinet. Sedangkan TPM adalah service maintenance yang diprovide oleh pihak ketiga, alias tidak langsung oleh principal.

Perbedaan mencolok keduanya ada pada coverage perangkat yang diprovide, OEM hanya provide perangkat dari brand mereka sendiri, sedangkan. TPM mampu provide perangkat dari berbagai macam brand yang berbeda. Perbedaan ini juga yang membuat skill dari para engineer-nya berbeda nih. Engineer dari TPM mampu menguasai berbagai macam perangkat dari brand yang berbeda-beda, sedangkan engineer OEM hanya menguasai perangkat dari brand mereka sendiri.

Dari segi cost juga TPM relatif lebih murah dibandingkan dengan OEM. Kesimpulannya. Jika kamu menggunakan perangkat multi brand sebaiknya kamu menggunakan service dari TPM. Karena, TPM lebih fleksibel dan scope-nya lebih luas dibandingkan dengan OEM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup