SD WAN Service di Indonesia Untuk Perusahaan

SD WAN Service

SD WAN Service di Indonesia Untuk Perusahaan – Sebagian besar orang mungkin tidak tahu menahu bahwa sebuah perusahaan yang sudah besar dan memiliki katakanlah banyak cabang dan anak perusahaan pastinya harus memiliki sebuah jalur koneksi khusus yang menyambungkan antara cabang satu dengan cabang yang lainnya dan juga semuanya terhubung ke perusahaan pusat. Inilah yang dinamakan SD WAN service di Indonesia yang harus Anda ketahui.

Mungkin jika perusahaan yang masih dalam jangka kecil atau organisasi lainnya yang juga masih jangka kecil masih tidak ada pentingnya memasang SD WAN. Namun bagi sebagian besar perusahaan yang ingin mengembangkan perusahaannya tentunya masih ada kemungkinan untuk bagaimana kedepannya dalam mengembangkan perusahaannya. Mari kita membahas berbagai hal tentang SD WAN.

Apa Itu SD WAN?

Yang pertama harus diketahui adalah apa itu SD WAN. Software-defined Wide Area Network (SD WAN) adalah arsitektur WAN virtual yang memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan kombinasi layanan transportasi, termasuk MPLS, LTE dan layanan internet broadband – untuk menghubungkan pengguna ke aplikasi dengan aman.

SD WAN menggunakan fungsi kontrol terpusat untuk mengarahkan lalu lintas secara aman dan cerdas di seluruh WAN. Hal ini meningkatkan kinerja aplikasi dan memberikan pengalaman pengguna berkualitas tinggi, yang menghasilkan peningkatan produktivitas bisnis, kelincahan, dan pengurangan biaya untuk IT.

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Keamanan SD WAN

Waktu telah berubah, dan perusahaan menggunakan cloud dan berlangganan software-as-a-service (SaaS). Sementara pengguna biasanya terhubung kembali ke pusat data perusahaan untuk mengakses aplikasi bisnis, mereka sekarang mengakses aplikasi yang sama di cloud.

Akibatnya, WAN tradisional tidak lagi cocok terutama karena backhaul semua lalu lintas, termasuk yang ditujukan ke cloud dari kantor cabang ke kantor pusat menimbulkan latensi dan mengganggu kinerja aplikasi. SD WAN menyediakan penyederhanaan WAN, biaya lebih rendah, efisiensi bandwidth, dan akses lancar ke cloud dengan kinerja aplikasi yang signifikan terutama untuk aplikasi penting tanpa mengorbankan keamanan dan privasi data.

Dua Kunci Kemampuan SD-WAN

Selain alasan perusahaan menggunakan SD WAN karena memang WAN tradisional sudah tidak kompetibel lagi, ada dua kunci kemampuan dari SD WAN yang bisa menjadi alasan utama mengapa menerapkan SD WAN pada persusahaan, diantaranya adalah:

Konfigurasi Terpusat

Alasan utamanya adalah konfigurasi terpusat. Karena dengan adanya konfigurasi terpusat akan sangat mempengaruhi kinerja aplikasi dan kebijakan keamanan dari perusahaan.

Zero-Touch Provisioning (ZTP)

Dengan adanya ZTP ini, semua kebijakan dan juga konfigurasi hanya akan deprogram sekali dan didorong semuanya menuju semua lokasi cabang tanpa harus memprogram satu persatu dengan menggunakan CLI. Hal ini akan mempengaruhi tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya dan bisa berfokus pada pekerjaannya yang lain.

Manfaat Untuk Perusahaan dari Teknologi SD WAN

Perusahaan yang menggunakan teknologi SD WAN memiliki berbagai keuntungan. Keuntungan tersebut tentunya sangat mempengaruhi kinerja dari perusahaan tersebut dan juga tentang bagaimana keamanan dari jaringan perusahaan tersebut juga terjamin dengan menggunakan SD WAN.

Manfaat untuk perusahaan dari teknologi SD WAN diantaranya adalah sebagai berikut:

Anda Dapat Mengurangi Biaya

Karena ISP membutuhkan perangkat keras yang kurang spesifik untuk menawarkan kepada pelanggannya hanya kebutuhan mereka, memungkinkan perusahaan untuk membangun WAN mereka untuk mengukur, membayar layanan yang benar-benar dibutuhkan perusahaan.

Tingkatkan Kinerja Aplikasi Anda

Kelola bandwidth dengan lebih baik, sesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas perusahaan dengan cara yang sepenuhnya dipersonalisasi. Memiliki kontrol dan manajemen dari satu platform terpusat yang memungkinkan untuk mengeksekusi hampir semua perubahan dengan segera.

Kecepatan yang Ditawarkannya Hampir Instant

 Dikelola oleh software, semuanya dikendalikan dari satu tempat. Jadi Anda akan memiliki lebih sedikit kekhawatiran dari sebelumnya.

Keamanan

Untuk sistem WAN saat ini, yang membutuhkan utilitas cloud, dengan kemungkinan yang ditawarkan sistem ini dengan dapat mengonfigurasi dan mendistribusikan bandwidth dalam jaringan, semua data dapat disaring melalui VPN yang berbeda saat menggunakan SD -WAN. Selain itu, berkat fakta bahwa data dienkripsi dari ujung ke ujung, komunikasinya diawasi oleh firewall yang dapat dikelola sepenuhnya, yang akan membuat koneksi Anda menjadi komunikasi yang aman.

Memiliki Routing yang Dinamis

Dalam menghadapi lalu lintas aplikasi untuk menyesuaikan bandwidth yang diperlukan untuk setiap aplikasi, membantu Anda mengetahui kapan lebih banyak bandwidth diperlukan dan di mana diperlukan.

Keamanan SD WAN Mengatasi Tantangan Jaringan dan Keamanan

Semakin kesini sudah pasti yang namanya keamanan jaringan harus selalu update. Selama Anda masih menggunakan WAN tradisional pada perusahaan yang Anda kelola, maka hal tersebut akan sangat riskan dimana transfer data Anda akan sangat mungkin adanya kebocoran data yang bahkan bisa merugikan perusahaan Anda.

Keamanan SD WAN bahkan sangat bisa mengatasi tangangan jaringan dan keamanan sekarang ini.

Pengurangan Biaya

Seperti yang sudah disebutkan masalah pengurangan biaya diatas, faktanya adalah memang seperti itu. Dengan adanya pengurangan biaya ini, perusahaan jadi lebih bisa terfokus pada bisnisnya. Pengurangan biaya ini bahkan bisa mencapai sampai 90%.

Mengurangi Kompleksitas

Saat keamanan dan jaringan dikelola via satu antarmuka, organisasi akan menghindari kerumitan yang acap kali dihubungkan dengan manajemen, konfigurasi, dan orkestrasi WAN. Interface yang lebih user friendly akan sangat mungkin untuk mengingkatkan control dan juga visibilitas.

Manajemen Terpusat

Dengan adanya zero touch, berbagai hal bisa dikerjakan secara terpusat. Dengan hal tersebut, maka sudah pasti berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan bisa dikerjakan dengan mudah dan juga dengan jaminan sebuah masalah dalam satu pekerjaan bisa mudah terselesaikan.

Peningkatan Kinerja

Sebuah survei menemukan bahwa organisasi perusahaan yang memakai SD-WAN memakai bandwidth 50% lebih banyak ketimbang yang bergantung pada koneksi WAN tradisional. Bandwidth ini memberikan aksesibilitas aplikasi yang lebih tepat sasaran, dukungan alur kerja yang lebih kuat, dan produktivitas yang ditingkatkan, mewujudkan keunggulan kompetitif yang berbeda untuk organisasi ini.

Keamanan Teratas

Portofolio keamanan terintegrasi yang menampilkan fungsionalitas jaringan tingkat lanjut dan tampilan satu panel kaca memungkinkan organisasi menempuh visibilitas penuh di seluruh lokasi perusahaan mereka. Dengan memakai keamanan tingkat perusahaan dengan fungsi jaringan yang terkonsolidasi, inspeksi SSL yang komprehensif, dan tunneling VPN dinamis di lokasi cabang, pelanggan akan dapat menempuh tujuan transformasi digital mereka tanpa mengorbankan keamanan.

Kesimpulan

Dengan menggunakan SD WAN, maka pekerjaan bisa menjadi lebih mudah dan perusahaan bisa lebih untung dalam melakukan pekerjaan dari berbagai cabang dengan menggunakan teknologi cloud yang pastinya membuat WAN tradisional sudah bukan lagi cara yang ampuh untuk perusahaan yang sudah memiliki banyak cabang di berbagai tempat. 

Jika Anda mencari produk SD WAN, silahkan hubungi kami tim NetData untuk berbagai keperluan jaringan perusahaan Anda. Dapatkan penawaran menarik dari kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup