Apa itu Rack Server ?

Rack Server

Berkembangnya bisnis pada suatu perusahaan membuat jumlah data yang diproduksi menjadi semakin banyak dan maka dari itu kita membutuhkan desain rack server.

Apalagi di era digital ini, data perusahaan akan bertambah lebih banyak lagi. Dengan begitu dibutuhkanlah sebuah tempat penyimpanan data dengan kapasitas yang lebih luas untuk menampung data-data yang masif tersebut maka dibuatlah sebuah server.

Untuk menempatkan tempat penyimpanan atau istilahnya storage memang tidaklah mudah, apalagi kita harus menempatkan berbagai peralatan jaringan lainnya seperti switch, komputer server itu sendiri, dan lain sebagainya.

Adapun solusi yang tepat adalah dengan menggunakan rack server untuk menata sekaligus ruangan server akan lebih terorganisir supaya mudah untuk dilakukan maintenance.

Rack Server

Apa itu rack server? Rack server ini adalah rack yang didesain khusus untuk meletakan dan menempatkan server yang digunakan untuk menghubungkan jaringan baik itu switch, HUB, dan komputer.

Rack ini merupakan bahasa Inggris namun pada dasarnya sama dengan rak yang disebutkan dalam bahasa Indonesia.

Seperti namanya rak server ini berbentuk seperti susunan rak yang bertumpuk pada bagian atasnya. Tujuannya rak server sendiri adalah agar konektivitas kabel-kabel data dapat diorganisir dan meminimalisir kabel yang berantakan di lantai sehingga ruangan server menjadi lebih luas.

Selain untuk mengorganisir kabel dan menyusun perangkat jaringan agar lebih rapi, rak server juga dilengkapi dengan saver dimana sistem ini secara otomatis dapat menurunkan suhu sehingga komponen didalamnya dapat bekerja dengan lebih optimal.

Ukuran Rack Server

Pada setiap jenis rack server dan apapun desainnya pasti memiliki ukuran yang berbeda. 

Untuk ukuran rack server ini dapat dikenali dengan huruf U. U yang artinya unit dimension (Weight x Height x Depth) yang ditandai pada setiap jenis rack server beserta daya tampung yang mampu ditampung oleh rack server tersebut.

Berikut beberapa ukuran rack server yang ada dipasaran.

  • 1U dimensi 19” x 1.75” x 17.7” 19” x 1.75” x 19.7” 19” x 1.75” x 21.5”
  • 2U dimensi 19” x 3.5” x 17.7” H= 19” x 3.5” x 20.9” 19” x 3.5” x 24”
  • 3U dimensi 17.1” x 5.1” x 25.5”
  • 4U dimensi 19” x 7” x 17.8” 19” x 7” x 26.4”
  • 5U dimensi 19” x 8.34” x 19.67” x 19.1” x 8.75” x 26.4”
  • 6U dimensi 19” x 10.5” x 19.5”
  • 7U dimensi 17” x 12.2” x 19.8”

Sistem rackmount, pengaturan server yang lebih dari dua unit atau lebih dapat disusun dengan lebih rapi. 

Rack mount biasanya digunakan oleh perusahaan yang menggunakan fungsionalitas server yang berbeda pada masing-masing rack. Seperti contoh web server, database server, dan storage server.

Desain Rack server

Adapun beberapa pilihan desain rack server yang disediakan yang dapat disesuaikan kebutuhan. Namun desain pada rack server tentu akan memiliki perbedaan pada sisi harganya. Berikut adalah tiga desain rack server yang sering ditemukan dipasaran.

  • Closed Rack

Desain rack server closed rack ini memiliki desain yang tertutup. Dilengkapi dengan ventilasi double roof fan atau kipas yang dilengkapi di bagian atas penutup rak tersebut.

Desain ini dapat menahan berat server hingga 50 kilogram, untuk harga rack server jenis ini berkisar antara 7 juta sampai dengan 9 juta rupiah.

  • Open Rack

Open rack merupakan desain rack yang paling sederhana tanpa penutup pada bagian sisi atasnya.

  • Wallmount Rack

Desain wallmount rack ini merupakan rack yang paling sering digunakan untuk menempatkan komponen networking, seperti switch, modem, HUB, dan bermacam perangkat server yang lain. Pilihan rack ini ada dua yakni pintu 1 dan pintu 2.

Membuat Rack Server Sendiri

Banyaknya rack server yang dijual dipasaran dengan harga yang bervariasi tentu ada pihak yang memang cocok dengan harga yang ditawarkan dengan berbagai pertimbangannya.

Maka dari itu ada pilihan lain yakni dengan membuat rack server sendiri yang mana bisa Anda buat juga dengan komponen dan juga cara yang akan saya contohkan dibawah ini.

Untuk ukuran rak standar server 19U atau 19 inchi dibutuhkan 4 buah besi siku berukuran 3 meter, yang kemudian dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan.

Untuk ketinggian Anda bisa sesuaikan dengan tinggi ruangan dan kebutuhan server yang akan ditempatkan misalnya saja 1 meter yang mampu menampung beberapa buah router dan modem.

Berikut adalah beberapa komponen yang perlu disiapkan:

  1. 4 buah x besi siku bolong ukuran 3 meter.
  2. 16 buah x besi siku L.
  3. 48 buah x baut 12 inch untuk membuat rak server.
  4. 12 buah x baud 10 inch untuk router.

Jika rencana awal kita akan membuat tinggi rak server sekitar 1 meter saja maka kita perlu memotong 4 buah keempat besi siku ini setinggi 1 meter agar sama tingginya.

Berikut ukuran lengkap:

  • 4 buah x besi siku bolong dipotong dengan ukuran 1 meter
  • 8 x besi siku bolong ukuran 19 inch atau 20 inci agar tidak terlalu sempit.
  • Jika sudah dipotong maka akan mendapatkan sisa 4 x 1 meter yang bisa Anda buat rak kedua.

Untuk langkah selanjutnya Anda tinggal rakit dengan memasang baut-baut yang sudah disiapkan tadi sesuai dengan lubang pada siku bolong yang sudah dipotong. Untuk proses ini akan memakan waktu sekitar 3 jam dari mulai mengukur, memotong, hingga merakitnya.

Sewa Produk

Kebutuhan rack server pada perusahaan yang memiliki storage server adalah sebuah hal yang wajib. 

Ada beberapa pilihan untuk menggunakan rack server ini diantaranya adalah membelinya, membuatnya sendiri.

Jika Anda tidak ingin membeli karena harganya yang mungkin cukup merogoh kocek, atau tidak ingin repot membuatnya sendiri dengan beberapa kekurangan yang sudah pasti tidak sebaik rack server buatan pabrik.

NETDATA menyediakan sewa rack server dengan berbagai ukuran dan desain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Managed Produk

Selain menyewakan rack server Anda juga bisa menggunakan layanan managed produk rack server dari NETDATA.

Apa itu managed produk rack server? NETDATA menyediakan layanan produk management untuk perusahaan yang membutuhkan sehingga menyediakan atau mengakomodasi pengembangan produk rack server untuk mencapai tujuan tertentu.

Selain itu managed produk rack server bisa memaksimalkan nilai bisnis dari suatu produk dari perusahaan Anda sehingga Anda tinggal berfokus untuk mengembangkan bisnis.

Maintenance

Memiliki ruangan server dengan rack server yang berjumlah banyak memang tidak mudah untuk dilakukan maintenance tanpa ahlinya.

Selain itu perusahaan akan membutuhkan staff IT khusus untuk maintenance server tersebut agar jaringan tetap stabil.

Namun merekrut staff IT ahli maintenance ini tidaklah murah apalagi belum tentu semua orang bisa melakukannya.

NETDATA memberikan solusi maintenance rack server untuk Anda dengan menyediakan layanan maintenance dengan menghadirkan staff IT maintenance yang profesional dan menyediakan berbagai komponen yang dibutuhkan apabila terjadi komponen yang rusak. 

Tertarik dengan produk rack server dari NETDATA ? Jika kalian ingin tau lebih lanjut kalian bisa hubungi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup