Mengenal Solusi IT Lebih Dalam

It solution

Dunia bisnis terus mengalami perkembangan yang berdampak besar dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat akan solusi it yang semakin berkembang. Hal ini berbanding lurus dalam hal teknologi digital yang juga semakin canggih yang ikut andil dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis itu sendiri.

Berbicara soal teknologi digital ada banyak orang yang mungkin tidak mengetahui apa itu solusi IT untuk bisnis.

Jika Anda mengamati bahwa bisnis digital saat ini sudah menggunakan IT software solution. Yang juga termasuk di dalamnya menggunakan IT solution.

IT solution memiliki dalam banyak bentuk dan fungsi yang berbeda-beda yang tujuannya tetap sama yakni mempermudah dan mengembangkan bisnis perusahaan.

Apa Itu IT Solution

Lalu apa sebenarnya IT Solution? adalah sebuah istilah dimana menempatkan teknologi guna membantu manusia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pengolahan data, menyebarkan informasi, komunikasi, dan lainnya dengan cepat dan tepat.

Saat ini banyak perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan untuk mengembangkan bisnis mereka. Karena dengan IT solution dianggap sebagai solusi yang tepat bagi perusahaan yang ingin maju di dalam era digital saat ini.

Pekerjaan IT Solution

Dalam bidang usahanya yang bergerak di bidang jasa atau penjualan perangkat-perangkat IT. 

Contoh usahanya yakni jasa IT service, penjualan perangkat jaringan, penyediaan server, managed service, maintenance, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak beberapa IT solution berikut ini :

Jaringan

Untuk IT solution yang pertama adalah jaringan, dimana ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membangun jaringan komputer yakni untuk apa jaringan komputer tersebut dan apa manfaatnya. 

Resource Sharing

Jaringan komputer mampu memberikan layanan berbagi resource yang bisa dilakukan dari jarak jauh.

  • Data Sharing, jaringan komputer memberikan layanan berbagi data seperti dokumen, gambar, video, dan lainnya dari jarak jauh. 
  • Hardware Sharing,  jaringan komputer memudahkan Anda dalam menggunakan perangkat komputer seperti printer dengan lebih dari satu komputer dengan mudah.
  • Internet Access Sharing, jaringan komputer kecil bisa membagi satu koneksi internet dengan komputer lebih dari satu dengan kemampuan untuk mengalokasikan bandwidth dengan mudah untuk komputer user yang membutuhkan.

Connectivity dan Communication

Jaringan komputer yang terhubung maka komunikasi antar user bisa terjadi, misalnya dengan menggunakan teknologi email, fax, Voip, dan masih banyak lagi.

Performance Enhancement dan Balancing

Jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja, misalnya dalam kondisi tertentu aplikasi yang terhubung jaringan dapat didistribusikan tugas komputasi pada beberapa komputer pada jaringan tersebut.

Entertainment

Jaringan komputer yang terhubung internet dapat digunakan untuk jenis hiburan dan permainan. Seperti game online yang dapat dimainkan banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan atau sekedar menonton film.

Cloud

Dengan adanya cloud computing dapat dimanfaatkan untuk mempermudah infrastruktur. Suatu sistem informasi dan data perusahaan membutuhkan pengaturan atau manajemen infrastruktur IT yang baik.

Manfaat kedua cloud adalah mengurangi resiko. Perusahaan memang dituntut untuk lebih selektif dalam memilih layanan cloud yang dapat dipercaya.

Karena memakai fasilitas cloud yang terpercaya akan membantu Anda dalam mengurangi resiko kehilangan data, dan resiko pemeliharaan server.

Manfaat cloud yang ketiga adalah pemangkasan biaya IT. Karena dengan cloud Anda bisa menghemat biaya penyimpanan data yang membutuhkan perangkat penyimpanan data seperti HDD yang berkapasitas besar dengan jumlah yang banyak.

Selain itu juga Anda bisa menghemat waktu dan infrastruktur perusahaan yang mungkin terbilang sangat rumit untuk dibangun.

Cabling

Dengan semakin berkembang teknologi komunikasi berbagai inovasi di bidang komunikasi semakin dibutuhkan.

Kebutuhan akan sebuah jaringan yang efisien, handal, dan mudah beradaptasi semakin meningkat pada setiap perusahaan.

Jaringan IT merupakan hal yang paling penting dalam hal komunikasi modern, baik itu pengiriman data, suara, video, maupun gambar.

Maka dari itu dibutuhkannya konektivitas antar perangkat komputer untuk saling terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan infrastruktur cabling yang optimal.

Data Center

Data center merupakan infrastruktur IT yang paling utama bagi setiap perusahaan bukan sebagai fasilitas eksternal untuk penyimpanan informasi dan model operasi bisnis.

Setiap gangguan data center dapat menurunkan bisnis tersebut jika tidak memiliki strategi cadangan yang efisien.

Seperti namanya bahwa data center ini merupakan fasilitas yang terdiri dari jaringan dan penyimpanan yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola, memproses, menyimpan, dan menyebarkan data dalam jumlah yang cukup besar.

Perusahaan biasanya tergantung pada layanan, aplikasi, dan data yang terdapat pada data center yang menjadikannya titik fokus aset yang penting dalam operasional sehari-hari.

Data center juga dapat difungsikan sebagai principal repositories untuk berbagai perangkat IT seperti server, switch, router, penyimpanan, dan Firewall. Dan juga pemasangan kabel dan rack server yang digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat IT tersebut.

Managed Service

Managed service merupakan layanan pihak ketiga dalam penyediaan layanan IT secara eksternal untuk mengelola lingkungan jaringan perusahaan berdasarkan perjanjian layanan. 

Layanan ini juga dapat mencakup manajemen jaringan perusahaan, pemantauan, pengelolaan, perencanaan kinerja, kapasitas dan dukungan teknis berkelanjutan dan lainnya. 

Jasa IT Solution

Layanan IT solution ini tidak hanya dimanfaatkan oleh para pelaku usaha besar atau perusahaan besar saja. Namun sektor UMKM juga mulai menggunakan sistem digital melalui produk IT solution.

Mungkin sebagian dari orang awam menganggap jasa IT solution ini hanya digunakan oleh perusahaan besar melainkan sektor UMKM juga.

Sebab di era digital saat ini hampir semua sektor usaha mulai beralih ke bisnis online yang dimana sangat dibutuhkan jasa IT solution. Hal ini membuktikan IT solution sangat dibutuhkan untuk berbagai sektor.

NETDATA sebagai perusahaan IT solution menyediakan jasa penyediaan solusi IT yang mencakup berbagai teknologi informasi maupun digital.

Kebutuhan perusahaan akan produk teknologi mencapai titik yang tertinggi dan terus naik seiring berkembangnya usaha dan bidang bisnis di Indonesia sudah menggunakan perangkat digital dengan menggunakan perangkat IT unggulan.

Untuk hasil yang maksimal NETDATA menawarkan jasa IT solution untuk memberikan dukungan terhadap penerapan IT di perusahaan Anda dengan bantuan staff IT profesional dari kami.

Maintenance

selain menerapkan jasa IT solution NETDATA juga memberikan jasa maintenance terhadap perangkat IT Anda meliputi:

Server

Server merupakan sebuah infrastruktur IT yang sangat penting dimana ada kendala terhadap server tersebut akan mengganggu operasional perusahaan.

Maka kami NETDATA fokus untuk memberikan jasa pemeliharaan perangkat server Anda, sekaligus memberikan optimasi terhadap server Anda seperti pemindahan server, keamanan server, desain server, dan lainnya.

Sistem Jaringan IT

Jaringan IT memerlukan pemeliharaan secara berkala, apalagi konektivitas jaringan IT dibutuhkan secara terus menerus dan stabil.

NETDATA menawarkan jasa maintenance IT solution untuk jaringan IT yang Anda miliki, serta mengatasi setiap masalah yang muncul pada sistem jaringan berkaitan dengan performa transfer data, baik data internet ataupun internet lokal.

Demikian bahasan kita terhadap IT solution yang mungkin bisa dijadikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk Anda.

Jika anda tertarik mengenai permasalahan dalam bidang IT lebih lanjut, anda bisa kontak kami untuk pertanyaan lainnya. Terimakasih semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup