Manfaat Proxy Beserta Cara Kerja

manfaat proxy

Mungkin Anda pernah mendengar istilah tentang manfaat proxy, jika Anda sudah sering menggunakan internet. Apakah Anda mengerti apa yang dimaksud dengan proxy?

Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang pengertian, manfaat, jenis, dan cara kerja proxy yang lengkap dan menyeluruh agar Anda tidak salah lagi mengartikan apa itu proxy dan bisa memanfaatkan proxy dengan sebenar-benarnya.

Pengertian IP (Internet Protocol)

Sebagai awalan dalam pemahaman proxy, akan dibahas untuk apa itu IP. Internet Protocol (IP) adalah metode atau protokol yang digunakan untuk mengirim informasi berasal dari satu komputer ke komputer lain di Internet. Setiap komputer (dikenal sebagai host) di Internet punya setidaknya satu alamat IP yang secara unik mengidentifikasinya berasal dari seluruh komputer lain di Internet.

Setiap komputer sudah pasti memiliki IP. Bukan hanya komputer, bahkan berbagai device yang digunakan untuk mengakses internet juga memiliki IP.

 Apa Itu Proxy?

Server proxy melakukan tindakan sebagai gerbang antara Anda dan internet. Ini adalah server perantara yang menengahi pengguna akhir dari web site web site yang mereka jelajahi. Server proxy sedia kan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi bergantung terhadap persoalan penggunaan, kebutuhan, atau kebijakan perusahaan Anda.

Jika Anda manfaatkan server proxy, selanjutnya lintas internet mengalir lewat server proxy di dalam perjalanannya ke alamat yang Anda minta. Permintaan kemudian kembali lewat server proxy yang serupa (ada pengecualian untuk keputusan ini), dan kemudian server proxy meneruskan knowledge yang diterima dari situs web site kepada Anda.

Bagaimana Cara Kerja Server Proxy?

Setiap komputer yang digunakan untuk mengakses internet memiliki IP address yang berbeda-beda. Bayangkan saja jika IP berbagai komputer memiliki IP address yang sama, maka pengiriman data atau penerimaan data dari komputer satu ke yang lain malah akan membingungkan. Maka dari itu, IP address sudah pasti berbeda-beda.

Server proxy pada dasarnya adalah komputer di internet dengan alamat IP-nya sendiri yang diketahui komputer Anda.

Cara kerja server proxy

Cara kerja proxy adalah sebagai berikut:

  1. Saat Anda mengirim permintaan web, permintaan Anda masuk ke server proxy terlebih dahulu.
  2. Server proxy kemudian membuat permintaan web Anda atas nama Anda, mengumpulkan respons dari server web, dan meneruskan data halaman web kepada Anda sehingga Anda dapat melihat halaman tersebut di browser Anda.
  3. Ketika server proxy meneruskan permintaan web Anda, itu dapat membuat perubahan pada data yang Anda kirim dan masih memberi Anda informasi yang Anda harapkan untuk dilihat.

Server proxy dapat mengubah alamat IP Anda, sehingga server web tidak tahu persis di mana Anda berada di dunia ini. Itu dapat mengenkripsi data Anda, sehingga data Anda tidak dapat dibaca saat transit. Dan terakhir, server proxy dapat memblokir akses ke halaman web tertentu, berdasarkan alamat IP.

Manfaat Kenapa Harus Menggunakan Proxy?

Oke, sekarang apa manfaat proxy? Dan apakah penting jika Anda menggunakan proxy pada lalu lintas internet Anda? berikut ini adalah manfaat dari menggunakan proxy:

Mengontrol Penggunaan Internet

Ini adalah salah satu pemanfaatan dalam penggunaan proxy yang sangat penting demi membatasi penggunaan internet bagi komputer di berbagai instansi seperti pada kantor, sekolah, atau juga bisa untuk di rumah demi membatasi penggunaan internet oleh anak-anak.

Organisasi atau orang tua bisa menyiapkan server proxy untuk mengontrol dan memantau cara karyawan atau anak-anak mereka menggunakan internet. Sebagian besar organisasi tidak ingin Anda melihat situs web tertentu pada waktu jam kerja, dan mereka dapat mengkonfigurasi server proxy untuk menolak akses ke situs tertentu.

Mereka juga dapat memantau dan mencatat semua permintaan web, jadi meskipun mereka mungkin tidak memblokir situs tersebut, mereka tahu berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk melakukan cyberloafing.

Menghemat Bandwidth dan Meningkatkan Kecepatan

Dalam pemanfaatan proxy, Anda bisa mendapatkan kinerja jaringan yang lebih baik secara keseluruhan dengan server proxy yang baik. Server proxy dapat meng-cache (menyimpan salinan situs web secara lokal) situs web populer.

Jadi misalnya seperti ini, ketika Anda membuka situs nds.id pada komputer Anda, dan pada jaringan komputer tersebut bisa saja ada yang membuka situs yang sama dan dengan waktu yang sama, maka server proxy akan memeriksa apakah ia memiliki salinan situs terbaru, dan kemudian mengirimkan salinan yang disimpan kepada Anda.

Jadi, nantinya server proxy hanya mengirim satu permintaan ke nds.id. Ini menghemat bandwidth untuk perusahaan dan meningkatkan kinerja jaringan.

Privasi yang Terjaga

Mungkin Anda merasa tidak nyaman jika menjelajahi internet dengan banyak orang yang mengerti apa yang Anda buka, tapi dengan pemanfaatan proxy, Anda bisa mengakses internet secara pribadi.

Beberapa server proxy akan mengubah alamat IP dan informasi pengenal lainnya yang terdapat dalam permintaan web. Artinya server tujuan tidak tahu siapa yang sebenarnya membuat permintaan asli, yang membantu menjaga informasi pribadi dan kebiasaan penjelajahan Anda lebih pribadi.

Keamanan Lebih Ketat

Server proxy memberikan manfaat keamanan selain manfaat privasi. Anda dapat mengkonfigurasi server proxy Anda untuk mengenkripsi permintaan web Anda agar mata-mata tidak membaca transaksi Anda. Anda juga dapat mencegah situs malware yang dikenal dari akses apapun melalui server proxy. Selain itu, organisasi dapat memasangkan server proxy mereka dengan Virtual Private Network (VPN), sehingga pengguna jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy perusahaan.

VPN adalah koneksi langsung ke jaringan perusahaan yang disediakan perusahaan untuk pengguna eksternal atau jarak jauh. Dengan menggunakan VPN, perusahaan dapat mengontrol dan memverifikasi bahwa penggunanya memiliki akses ke sumber daya (email, data internal) yang mereka butuhkan, sambil juga menyediakan koneksi yang aman bagi pengguna untuk melindungi data perusahaan.

Akses ke Sumber Daya yang Diblokir

Server proxy memungkinkan pengguna untuk menghindari pembatasan konten yang diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah. Apakah game tim bola olahraga lokal ditutup secara online? Masuk ke server proxy di sisi lain negara dan tonton dari sana.

Server proxy membuatnya terlihat seperti Anda berada di Kanada, tetapi sebenarnya Anda tinggal di Indonesia. Beberapa pemerintah di seluruh dunia secara ketat memantau dan membatasi akses ke internet, dan server proxy menawarkan warganya akses ke internet tanpa sensor.

Jenis Server Proxy

Untuk jenis proxy, bisa dibedakan menjadi lima yang berdasarkan karakteristiknya. Diantaranya adalah:

Transparent Proxy

Transparent Proxy type proxy yang melanjutkan permintaan pengguna ke sumber yang diinginkan tanpa memberi tambahan informasi data diri komputer si pengguna. Pada umumnya jenis proxy Transparent Proxy ini banyak dipakai terhadap komputer di perkantoran.

Anonymous Proxy

Anonymous Proxy adalah model proxy yang memberikan informasi mengenai komputer pengguna. Ketika pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website itu tidak dapat mengetahui alamat IP pribadi pengguna, namun cuma mengerti IP proxy nya saja.

Distorting Proxy

Distorting proxy yang juga dikenal sebagai proxy gateway menganggap dirinya sebagai server proxy yang mengubah user. Header HTTP (HyperText Transfer Protocol) untuk menyembunyikan atau menyamarkan alamat IP asli, dengan cara ini dapat membantu melindungi informasi data pribadi pengguna saat terhubung ke internet.

High Anonymity Proxy

Proxy jenis ini adalah jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menyediakan alamat IP original. Proxy ini memanfaatkan header REMOTE_ADDR dengan alamat IP menjadi proxy server, supaya pengguna mengerti bahwa proxy server ini berperan sebagai client.

Reverse Proxy

Yang terakhir adalah reverse proxy. Reverse Proxy adalah jenis proxy yang digunakan untuk menahan client untuk bisa terhubung dengan data yang sensitif. Sehingga waktu caching terhadap proxy style ini diaktifkan maka trafik jaringan dapat menurun.

Fungsi Proxy

Ada tiga fungsi dari penggunaan proxy, diantaranya adalah:

Filtering

Filtering ini berfungsi untuk Firewalll (dinding api) paket filtering yang digunakan untuk merawat jaringan lokal terhadap masalah atau serangan dari jaringan luar. Sehingga dapat dikonfigurasi untuk menampik berbagai website spesifik terhadap waktu-waktu tertentu.

Connection Sharing

Fungsi yang lain dari proxy adalah connection sharing. Fungsi untuk digunakan sebagai gateway yang jadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar.

Pada Gateway juga bertindak sebagai point didalam sejumlah koneksi dari pengguna lokal bakal mengakses kepadanya dan koneksi jaringan luar termasuk mengakses kepadanya. Sehingga koneksi dari jaringan lokal ke internet nantinya menggunakan koneksi yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connection sharing).

Caching

Pada Proxy Server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah diminta berasal dari server-server di internet. Untuk mekanisme caching dapat menaruh objek-objek yang merupakan permohonan berasal dari para user yang diperoleh berasal dari internet.

Cara Menggunakan Proxy di Browser

Sekarang bagaimana caranya untuk menggunakan proxy pada browser? Kali ini akan dibahas untuk dua browser yang sudah sangat umum digunakan, yaitu Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Google Chrome

Google Chrome juga bisa dimanfaatkan untuk menggunakan fitur proxy. Berikut ini adalah caranya:

  1. Klik menu Chrome Menu Chrome di bilah alat browser
  2. Pilih Pengaturan
  3. Klik Tampilkan pengaturan lanjutan
  4. Di bagian “Jaringan”, klik Ubah setelan proxy. Ini akan membuka dialog Properti Internet (Windows) di mana Anda dapat menyesuaikan pengaturan jaringan Anda
  5. Klik pada tab Connections, dan kemudian klik LAN Settings.
  6. Di bawah Server proxy, klik untuk memilih kotak centang Gunakan server proxy untuk LAN Anda.
  7. Di kotak Alamat, ketik alamat IP dari server proxy. Proxy Anda dikirimkan sebagai PROXY_IP: PORT_NUMBER seperti misalnya 1.2.3.4:0000 jadi dalam contoh ini 1.2.3.4 adalah IP dan 0000 menjadi nomor porta
  8. Di kotak Port, ketik nomor port yang digunakan oleh server proxy untuk koneksi klien (secara default, 8080).
  9. Anda dapat mengklik untuk memilih kotak centang Bypass proxy server untuk alamat lokal jika Anda tidak ingin komputer server proxy digunakan saat Anda menyambung ke komputer di jaringan lokal (ini dapat mempercepat kinerja).
  10. Klik OK untuk menutup kotak dialog Pengaturan LAN.
  11. Klik OK lagi untuk menutup kotak dialog Opsi Internet.
  12. Jelajahi www.whatismyipaddress.com atau www.iplocation.net untuk memeriksa apakah itu menunjukkan IP proxy Anda sebagai milik Anda.

Mozilla Firefox

Pengaturan koneksi untuk menggunakan proxy dapat diatur di Opsi Firefox sebagai berikut:

  1. Klik tombol menu  dan pilih Options.
  2. Di panel General, buka bagian Pengaturan Jaringan.
  3. Klik Setting dan nantinya akan ada Dialog Connection Settings terbuka.

Mozilla Firefox

  • No proxy: Pilih ini jika Anda tidak ingin menggunakan proxy.
  • Auto-detect proxy untuk jaringan ini: Pilih ini jika Anda ingin Firefox mendeteksi pengaturan proxy untuk jaringan Anda secara otomatis.
  • Gunakan system proxy settings: Pilih ini jika Anda ingin menggunakan pengaturan proxy yang dikonfigurasi untuk sistem operasi Anda.
  • Manual proxy configuration: Pilih ini jika Anda memiliki daftar satu atau beberapa server proxy. Tanyakan kepada administrator sistem Anda untuk informasi konfigurasi. Setiap proxy membutuhkan nama host dan nomor port.
    • Jika nama proxy dan nomor port yang sama digunakan untuk semua protokol, centang Gunakan server proxy ini untuk semua protokol.
    • No Proxy For: Daftar nama host atau alamat IP yang tidak akan diproksikan. Gunakan <local> untuk melewati proxy untuk semua nama host yang tidak mengandung periods.
  • Automatic proxy configuration: Pilih ini jika Anda memiliki file konfigurasi proxy (.pac). Masukkan URL dan klik ok untuk menyimpan perubahan dan memuat konfigurasi proxy. file: dan data: skema juga dapat digunakan di sini (misalnya file: /// c: /proxy.pac atau data:, function FindProxyForURL () {return “HTTPS example.com:3443”;}).
    • Tombol Reload akan memuat konfigurasi proxy yang saat ini tersedia.
  • Enable DNS over HTTPS: Pengaturan ini mengaktifkan DNS Over HTTPS (DoH) menggunakan server yang ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Firefox DNS-over-HTTPS.

Risiko Menggunakan Proxy

Walaupun terkesan menggunakan manfaat proxy sangatlah aman untuk menjelajah internet, proxy juga memiliki resiko yang juga dapat membahayakan Anda saat menjelajah internet. Diantaranya adalah:

Tidak semua layanan proxy gratis itu aman

Anda tahu pepatah lama “You get what you pay for?”. Dengan menggunakan salah satu dari banyak layanan server proxy gratis bisa sangat berisiko, bahkan layanan yang menggunakan model pendapatan berbasis iklan.

Gratis biasanya berarti mereka tidak berinvestasi besar-besaran dalam perangkat keras backend atau enkripsi. Anda mungkin akan melihat masalah kinerja dan potensi masalah keamanan data. Jika Anda pernah menemukan server proxy yang sepenuhnya “gratis”, lakukan dengan sangat hati-hati. Beberapa dari mereka hanya ingin mencuri nomor kartu kredit Anda atau biasa disebut dengan scamming.

Browsing History

Server proxy memiliki alamat IP asli Anda dan informasi permintaan web mungkin tidak dienkripsi, disimpan secara lokal. Pastikan untuk memeriksa apakah server proxy Anda mencatat dan menyimpan data itu – dan jenis kebijakan kerjasama penegakan hukum atau retensi yang mereka ikuti.

Jika Anda berharap menggunakan server proxy untuk privasi, tetapi vendor hanya mencatat dan menjual data Anda, Anda mungkin tidak menerima nilai yang diharapkan untuk layanan tersebut.

Ada Proxy yang Tidak Dienkripsi

Jika Anda menggunakan server proxy tanpa enkripsi, Anda mungkin juga tidak menggunakan server proxy. Tidak ada enkripsi berarti Anda mengirimkan permintaan Anda sebagai teks biasa. Siapa pun yang mendengarkan akan dapat menarik nama pengguna dan kata sandi serta informasi akun dengan sangat mudah. Pastikan server proxy apa pun yang Anda gunakan memberikan kemampuan enkripsi penuh.

Kesimpulan

Manfaat proxy memang sangat bisa mengamankan berbagai data diri Anda yang penting saat menjelajah internet. Proxy juga bisa membatasi penggunaan internet dan bisa juga untuk memantau apa saja situs yang telah dibuka oleh user pada komputer client demi mengawasi berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Namun dibalik semua itu, ada kekurangannya juga yaitu tentang keamanan data diri Anda, adalah dengan menggunakan layanan manfaat proxy yang gratis yang belum tentu juga terpercaya.

Maka dari itu, pastikan jika Anda ingin memanfaatkan dan menggunakan layanan proxy, pilihlah dengan seksama dan jangan sampai tergiur dengan harga murah namun dengan kualitas yang tidak bisa dipercaya dan anda bisa hubungi kami lebih lanjut jika ingin bertanya mengenai proxy maupun masalah lain yang anda hadapi, kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup