Penyedia Layanan Cloud Indonesia

Layanan Cloud

Perkembangan di dunia teknologi khususnya teknologi layanan cloud Indonesia cloud computing memang memberikan banyak solusi yang baik untuk para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka. 

Tidak hanya perusahaan yang berkecimpung didunia IT saja yang memanfaatkan teknologi ini namun hampir semua lini usaha sudah menerapkan teknologi Cloud computing.

Hal ini bisa kita lihat banyaknya penyedia cloud Indonesia yang bermunculan di negara-negara asia tenggara termasuk Indonesia.

Apa itu cloud computing?, cloud computing adalah teknologi yang dapat menjadikan internet sebagai pusat server yang berfungsi untuk mengelola data dan aplikasi pengguna.

Cloud computing sudah menjadi tren di dunia bisnis yang memang terbilang masih baru. 

Namun saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat menunjang aktivitas cloud computing dengan lebih mudah dan praktis yang disediakan oleh penyedia cloud Indonesia.

Lalu bagaimana kita memilih cloud computing yang baik? Berikut tips dalam memilih cloud computing dari beberapa penyedia cloud Indonesia.

Tips Memilih Cloud Computing Yang Baik

Cloud computing sudah menjadi tren bagi pelaku bisnis untuk memajukan bisnis mereka. Namun masih banyak yang masih awam tentang cloud computing ini apalagi untuk menerapkannya di dalam sistem.

Jika Anda ingin menerapkan cloud computing alangkah baiknya mendapat beberapa referensi dari beberapa penyedia cloud Indonesia.

Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa penyedia layanan cloud Indonesia memiliki kekurangan dan juga kelebihan masing-masing, sehingga sebaiknya Anda memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin menerapkan cloud computing di bawah ini adalah beberapa tips untuk memilih penyedia layanan cloud Indonesia.

Performa Layanan

Performa layanan oleh penyedia cloud Indonesia merupakan hal pertama yang patut menjadi pertimbangan.

Namun Anda juga harus memastikan setiap layanan yang Anda miliki memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik dengan teknologi cloud computing.

Biasanya penyedia layanan cloud Indonesia memberikan sebuah trial atau percobaan kepada Anda. Sehingga Anda bisa memanfaatkan trial tersebut untuk melihat apakah cloud ini cocok untuk Anda terapkan.

Biaya

Soal biaya penyedia layanan cloud Indonesia merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan. Karena kita mengetahui sekali bahwa biaya adalah hal yang sangat krusial untuk kemajuan bisnis Anda.

Namun kita juga perlu berpikir secara rasional apabila memilih layanan dengan harga yang murah tentu tidak sebaik dengan layanan yang memiliki harga diatasnya.

Dengan kata lain Anda juga harus mempertimbangkan layanan berdasarkan tingkat kualitas dengan budget yang mampu Anda keluarkan.

Keamanan Data

Keamanan data merupakan hal yang tidak bisa diganggu gugat. Yang mana banyak sekali mekanisme hal yang harus Anda teliti lebih dulu apakah penyedia layanan cloud Indonesia ini memiliki tingkat keamanan yang baik atau tidak.

Keamanan ini harus dijamin dalam segala lapisan baik dari lapisan virtual, lapisan fisik, hingga individu yang mengelolanya.

Pilihlah penyedia layanan cloud Indonesia yang memiliki fitur keamanan lengkap seperti IPS/IDS, anti DdoS hingga staff IT profesional yang siap membantu keamanan data perusahaan Anda.

Lokasi Data

Lokasi data ini dapat Anda atur sesuai kebijakan dari perusahaan Anda. Misalnya apabila perusahaan Anda bergerak di bidang finansial maka Anda bisa memilih penyedia layanan cloud Indonesia.

Biasanya Anda akan ditawari dengan layanan yang bernama private cloud. Adapun penyedia layanan cloud Indonesia yang tepat untuk Anda adalah NetData.

Pemindahan Data

Pemindahan data merupakan suatu hal yang esensial dimana sudah pasti kita akan melakukannya. Sebaiknya Anda memilih penyedia layanan cloud Indonesia yang satu penyedia ke data center Anda sendiri.

Biasanya penyedia layanan cloud Indonesia akan memberikan format standar tersendiri untuk memindahkan data kepada platform yang berbeda seperti Open Virtualization Format atau OVF.

Backup Data

Perlu Anda ketahui bahwa setiap penyedia layanan cloud Indonesia tidak ada yang sempurna walaupun sekelas cloud global sekalipun.

Terkadang terjadi yang namanya bencana sehingga layanan terdapat gangguan yang menyebabkan kehilangan data.

Sebelum Anda memilih penyedia cloud Indonesia yang memiliki sistem backup data atau pemulihan data.

Memahami Kebutuhan Sendiri

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pemilihan cloud sebaiknya Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya saja Anda memiliki data perusahaan yang tidak terlalu banyak dan tidak ada berkas yang terlalu penting Anda bisa menggunakan public cloud yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan private cloud.

Tips Memilih Aplikasi Cloud Storage

Apabila Anda tertarik menggunakan layanan dari penyedia cloud Indonesia namun masih bingung apa saja yang perlu digunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih aplikasi cloud storage.

Cek Fitur Sinkronisasi Musik Ke Semua Perangkat Kamu

Musik adalah sebuah lantunan lagu yang dapat membuat hati pendengarnya. Musik juga ternyata dapat disinkronkan ke dalam cloud computing.

File musik ini dapat kita tambahkan dalam bentuk layanan yang dapat disinkronisasikan dengan menggunakan cloud storage SugarSync. Dengan cara yang cukup mudah yakni dengan drag and drop file musik dari mana saja menggunakan browser.

Apa Kamu Butuh Fitur Streaming File Musik Dan Video?

Apakah Anda membutuhkan sebuah fitur untuk streaming file musik dan video? Jika iya maka Anda sebaiknya memilih aplikasi penyedia layanan cloud Indonesia storage yang direkomendasikan yakni Microsoft OneDrive.

Karena Microsoft OneDrive dapat diintegrasi dengan pemutar musik online yang dapat memainkan musik yang tersimpan di Microsoft OneDrive.

Pastikan Ada Fitur Unggah File Yang Terjadwal

Anda seorang yang sering lupa? Tenang karena ada juga fitur yang dapat mengunggah file secara terjadwal. 

Pengunggahan file secara terjadwal ini dapat membantu kita apabila secara tiba-tiba komputer mengalami corrupt file atau file yang rusak maka bisa mendapatkan file kita kembali. 

Adapun aplikasi yang sangat direkomendasikan yakni Google Drive yang dapat menjadwalkan pengunggahan file secara periodik.

Untuk Keamanan, Cek Juga Apakah Fitur Enkripsi Tersedia

Fitur enkripsi sebenarnya tidak terlalu vital namun fitur ini sebaiknya Anda tambahkan ke dalam layanan cloud storage.

Enkripsi digunakan untuk menghindari praktik yang disebut dengan hotlinking atau file yang bisa diakses siapa saja melalui mesin pencarian seperti Google.

Adapun cloud storage yang memiliki fitur enkripsi adalah Mega. Mega dapat meng enkripsi secara end-to-end. Sehingga untuk mengakses file ini Anda harus memegang kunci untuk membukanya.

Mencegah Hal yang Tidak Diinginkan, Pastikan Adanya Fitur Restore Data

Restore data memang sangat penting dalam memilih penyedia layanan cloud Indonesia. Ini karena sewaktu-waktu, mungkin saja ada hal yang tidak diinginkan seperti aplikasi error yang membuat semua data di cloud hilang dan settingan yang sudah di ubah pun kembali ke default. Tentu ini sangat mengganggu. Maka dari itu, pastikan adanya backup data.

Yang sangat penting mungkin adalah ketika file dihapus, maka file tersebut masih belum terhapus permanen. Namun, masih bisa di restore.

Bagi Kamu yang Pelupa, Sangat Baik Jika Cloud Storage Bisa Mengingat Struktur Folder

Fitur drag and drop sudah jadi standar di banyak layanan cloud storage. Layanan ini dapat mengingat struktur folder bagi Anda yang pelupa. Jadi, Anda tidak harus mengingat dua struktur folder yang berlainan di PC dan cloud.

Perbandingan Harga dan Kapasitas Penyimpanan

Dalam memilih cloud storage, pastikan memilih harga yang sangat masuk akal. Contohnya saja seperti ini, ada 2 penyedia cloud yang satu dengan harga 100 ribu mendapatkan storage 50 GB, namun yang satu dengan harga 100 ribu mendapatkan storage 100 GB.

Cara Memilih Cloud Hosting

Saat ini mungkin Anda tahu kalau cloud hosting sudah semakin populer dan banyak penyedia cloud yang menyediakan fitur yang sangat membantu. Namun, bagi Anda yang masih awam tentang dunia cloud computing, berikut ini ada acara memilih penyedia layanan cloud Indonesia.

Memahami kebutuhan diri sendiri

Sebelum memilih cloud hosting, pastikan Anda sudah tahu apa yang Anda lakukan dalam menyewa penyedia layanan cloud Indonesia. Karena, tentu Anda tidak ingin membuang-buang uang untuk sesuatu yang mungkin Anda tidak mengerti apa manfaatnya. Maka dari itu, pikirkan lagi apa yang akan Anda lakukan dengan penyewa cloud hosting.

Perhatikan fitur tambahan

Ini mungkin bagi sebagian orang tidak penting, tapi dalam memilih cloud hosting pastikan Anda memilih fitur tambahan yang sangat bermanfaat. Karena dengan memilih fitur yang sangat bagus, pastinya Anda akan merasa terbantu untuk pekerjaan Anda yang berkaitan dengan cloud computing. Dengan fitur yang berlimpah, berguna, dan biaya berlangganan yang murah, kenapa tidak?

Customer Care

Memilih penyedia layanan cloud Indonesia yang baik adalah costumer care yang siap membantu jika terjadi masalah pada cloud hosting yang Anda sewa. Customer care yang baik adalah pelayanan yang full 24 jam dan fast respon. Dan juga dengan penyelesaian yang sangat membantu.

Manfaatkan periode evaluasi

Evaluasi program bermanfaat bagi pengambilan ketentuan dan kebijakan sambungan berasal dari program yang dilaksanakan. Menghentikan program, karena dipandang program berikut tidak ada manfaatnya, atau tidak sanggup terlaksana sebagaimana diharapkan.

Pelayanan yang full

Sebaiknya Anda memilih perusahaan penyedia cloud hosting yang tawarkan support penuh kepada para penggunanya. Sehingga kalau ada kasus bersama server tersebut, maka Anda sanggup langsung meminta pertolongan kepada operator. Pastikan bahwa penyedia fasilitas ini sedia kan pertolongan selama 24 jam.

Memperhatikan load balance

Perlu diketahui bahwa load balance merupakan salah satu faktor yang paling urgent dari layanan cloud hosting ini. Sehingga Anda perlu memastikan bahwa penyedia layanan cloud hosting yang Anda pilih menyediakan backup server bila server yang satu mengalami masalah. Fungsi dari load balancer adalah menunjang mengarahkan pengguna ke server yang aktif.

Mengukur skala

Penyedia layanan cloud Indonesia sangat memungkinkan pengguna untuk mengukur kapasitas server kapan saja kala diperlukan. Sehingga kalau trafik Anda makin banyak, maka Anda mampu bersama gampang dan cepat untuk melaksanakan upgrade server supaya mampu menangani trafik yang makin banyak.

Masalah keamanan yang terjamin

Keamanan data adalah prioritas. Data yang tidak aman tentunya akan sangat berbahaya jika digunakan pihak yang tidak berwenang. Maka dari itu, pastikan Anda memilih cloud provider yang menjamin keamanan data yang Anda miliki.

Melakukan periode evaluasi

Jika Anda akan memilih cloud hosting, coba Anda memilih trial terlebih dahulu. Mengapa hal ini penting? Tentu dikarenakan hal ini akan membantu Anda di dalam menegaskan apakah penyedia cloud hosting yang Anda menentukan layak untuk dipilih atau tidak.

Mencari tahu kelemahan dan kelebihan setiap penyedia

Anda sanggup mencari tahu dan menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai hal ini terlebih dahulu, baru sanggup membandingkan. Untuk mendapatkan Info berlebihan dan kekurangan dari setiap penyedia, Anda sanggup masuk ke situs penyedia fasilitas cloud hosting ini. Kemudian pahami bersama teliti apa saja fasilitas dan fitur yang mereka tawarkan, kebanyakan sekilas

Anda akan tahu apa saja berlebihan dan kekurangan yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga bisa  mencari bermacam testimoni penyedia fasilitas ini melalui beberapa situs atau forum diskusi. Silakan Anda bandingkan, sesudah itu putuskan mana yang terbaik.

Tertarik dengan layanan cloud dari NetData ? Kalian bisa hubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup