Pentingnya Network Security Untuk Perusahaan

Pentingnya Network Security Untuk Perusahaan

Network Security Perusahaan – Dari berbagai macam ancaman cyber yang terjadi saat ini juga berpengaruh terhadap kemajuan bisnis digital di Indonesia. Tak sedikit perusahaan sistem keamanan jaringan yang menciptakan solusi terbaik menurut mereka seperti Sangfor dan fortinet.

Pada artikel kali ini kita akan membahas aspek keamanan jaringan komputer dari mulai memahami apa itu keamanan jaringan secara umum hingga beberapa contoh keamanan jaringan dari perusahaan IT seperti Sangfor dan Fortinet.

Penjelasan Keamanan Jaringan

Untuk memulai memahami apa itu keamanan jaringan pertama-tama kita perlu mengetahui pengertian dari sistem keamanan jaringan itu sendiri.

Sistem keamanan jaringan memang dibuat untuk menjadi solusi untuk mengatasi dampak dari ancaman cyber crime yang terjadi dirumah, sekolah, atau tempat kerja.

Sistem keamanan jaringan harus mengamankan berbagai sumber daya di dalam jaringan tersebut terutama yang berkaitan dengan data penting yang tersimpan di sebuah komputer ataupun data center.

Dengan begitu orang yang tidak memiliki akses terhadap data tersebut tidak dapat masuk ke jaringan untuk mencuri data ataupun merusak jaringan yang ada.

Apa Itu Keamanan Jaringan?

Network security perusahaan ini merupakan sebuah jaringan yang sebenarnya adalah sebuah sistem yang memiliki tugas untuk melakukan pencegahan dan identifikasi kepada akses yang tidak sah pada sebuah jaringan komputer.

Upaya pencegahan ini berfungsi untuk menghentikan penyusup untuk mengakses sistem jaringan terutama untuk jaringan sebuah perusahaan.

Ya kita mengetahui bahwa jaringan yang dibangun oleh sebuah perusahaan tentu tidak boleh ada orang yang tidak berkepentingan untuk dapat mengakses jaringan tersebut.

Maka dari itu tujuan sistem keamanan jaringan komputer adalah untuk mengantisipasi orang yang tidak berhak mengakses jaringan hingga mengantisipasi ancamana baik fisik maupun logis secara langsung maupun tidak langsung yang dapat mengganggu sistem keamanan jaringan.

Perlu kita ketahui bahwa tidak ada jaringan komputer yang benar-benar aman dari gangguan jaringan.

Maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya gangguan jaringan maka diperlukannya sistem keamanan jaringan dari berbagai aspek keamanan jaringan.

Selain itu pengguna juga perlu di edukasi tentang keamanan jaringan sehingga jika ada celah di sistem keamanan bisa teratasi dengan efisien.

Jenis-Jenis Keamanan jaringan

Berikut adalah beberapa jenis-jenis keamanan jaringan yang dapat dijadikan referensi:

Firewall

Salah satu contoh network security perusahan pada jaringan yang paling sering digunakan adalah firewall. Firewall seperti namanya adalah sebuah sistem atau alat yang mampu membuat penghalang jaringan internal maupun eksternal.

Firewall memiliki tugas dalam memastikan koneksi yang terhubung tetap aman dari jaringan eksternal yang dituju.

Firewall ini dapat dipasang dalam bentuk aplikasi tambahan pada komputer ataupun juga dalam bentuk fisik firewall yang lebih mutakhir dalam menyaring semua akses ke dalam jaringan internal terutama pada peruashaan.

Anti-Virus & Anti-Malware

Virus dan malware layaknya sebuah penyakit pada komputer memang dapat merusak ataupun mengganggu kinerja pada sebuah komputer lewat jaringan.

Solusinya yakni menggunakan antivirus dan malware yang dipasang ke komputer sehingga dapat mendeteksi secara dini apakah ada file virus atau malware yang masuk melalui jaringan yang ada seperti lewat internet.

Email Security

Email merupakan salah satu layanan yang sangat berguna bagi perusahaan dalam mengirim surat secara elektronik.

Namun layanan email juga sering dijadikan sasaran ancaman dunia maya yang mana diselipkan virus atau program berbahaya yang bertujuan untuk mencuri informasi dan data pengguna.

Untuk itu jaringan email perlu di beri sistem keamanan jaringan tambahan yang kuat seperti software anti-spam untuk melindungi penggunanya.

Beragam Ancaman Keamanan Jaringan

Tadi kita sudah membahas macam network security perusahaan, nah kali ini adalah dibawah ini:

Interception

Intersepsi adalah sebuah ancamana keamanan jaringan yang berkaitan dengan pihak yang tidak berhak mengakses jaringan namun berhasil mendapatkan hak akses informasi dari komputer.

Interruption

Interupsi yakni merupakan ancaman dimana penyerang dapat mengakses akses ke sistem namun administrator tetap bisa login ke sistem.

Fabrication

Fabrication adalah ancaman dimana penyerang menyisipkan objek palsu yang kedalam sistem yang menjadi target sasaran. 

Modification

Ancaman keamanan modification adalah dimana penyerang sudah merusak sistem sekaligus mengubah sistem yang ada secara keseluruhan. Jenis ancaman ini adalah yang paling fatal diantara ancaman lainnya.

Beragam Cara Menjaga Keamanan Jaringan

Sebelum membahas sistem keamanan dari perusahaan seperti Sangfor dan Fortinet. Kita juga perlu mengetahui beberapa cara menjaga network security perusahaan.

Tips Keamanan Jaringan

Untuk menjaga keamanan sistem jaringan komputer, Anda juga dapat mengikuti beberapa tips seperti berikut ini:

Gunakan Enkripsi Pada Akses Nirkabel

Dari penelitian dan survey yang setengah jaringan nirkabel yang ada saat ini tanpa adanya pengamanan.

Dengan keadaan seperti ini maka ada beberapa pihak yang memanfaatkan celah yang ada pada sistem keamanan jaringan.

Salah satu solusi yang dapat mencegah hal tersebut adalah menggunakan enkripsi WPA2 yang sudah terjamin keamanannya.

Ganti alamat SSID

SSID atau nama dari sebuah jaringan menunjukan kepemilikan bisnis sekaligus lokasi jaringan itu berada.

Contohnya PT Sinar Terang, nama SSID ini memang dapat memudahkan penggunanya dalam menggunakan fasilitas wifi, namun sangat berbahaya karena dapat dilacak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Matikan fitur antarmuka router

Dengan mematikan fitur antarmuka router maka dapat mencegah akses dari luar terjadi. Karena ketika ada akses masuk ke router, penyusup akan dengan mudah memeriksa file log pada router sehingga sebaiknya dimatikan saja jika tidak terlalu dibutuhkan.

Gunakan antivirus Lakukan backup

Memastikan antivirus yang Anda pakai sudah diperbaharui selalu. Karena tidak menutup kemungkinan ada banyak virus dan malware yang dapat masuk ke jaringan melalui koneksi internet.

Lakukan backup

Perusahaan pasti memiliki data-data penting yang harus disimpan ditempat yang aman. Namun begitu perlu juga kita lakukan pencadangan data di tempat penyimpanan khusus seperti cloud supaya lebih aman.

Produk Keamanan Komputer

Dari beberapa pemahaman seputar sistem keamanan jaringan di atas, saatnya kita membahas dua perusahaan keamanan jaringan yang cukup terkenal yakni Sangfor dan Fortinet. Apa saja keunggulan dari masing-masing kedua brand ini? Berikut penjelasannya.

Sangfor

Perusahaan penyedia solusi cloud dan keamanan ini memang cukup terkenal di dunia bahkan di Indonesia.

Solusi yang ditawarkan Sangfor adalah NGAF dan WAN optimization kepada perusahaan. NGAF atau Next Gen Applications Firewall merupakan salah satu produk andalan Sangfor dalam memberikan solusi sistem keamanan jaringan kepada perusahaan Anda.

Firewall generasi selanjutnya jauh lebih menguntungkan seperti memiliki biaya yang jauh lebih sedikit dikarenakan waktu dan tenaga yang memang lebih sedikit.

Kinerja firewall juga dilengkapi dengan prosesor mutakhir yang mampu menangani banyak koneksi sekaligus tanpa menurunkan performanya.

NGAF memberikan solusi dan arah terhadap serangan-serangan pada jaringan dan mencegah  serangan ke aplikasi-aplikasi tertentu dari luar jaringan.

Fortinet

Sistem keamanan jaringan selanjutnya diciptakan oleh Fortinet yang merupakan penyedia peralatan jaringan dan pemimpin pasar manajemen ancaman terpadu atau UTM kelas dunia.

Layanan yang ditawarkan Fortinet terbialng luas dan beragam, dengan performa perangkat yang tinggi serta perlindungan jaringan yang terbaik mampu menyederhanakan aspek keamanan jaringan.

Produk keamanan jaringan Fortinet adalah Fortigate yang merupakan platform keamanan jaringan yang terpadu yang terbaik seperti perlindungan ASIC-accelerated, respon terhadap multi-ancaman terpadu, dan update yang terus menerus serta intelijen ancaman yang mendalam. 

Fortigate menggunakan teknologi inovatif untuk analisis jaringan, dan keamanan konten. Serta sistem Fortigate mengintegrasi fitur yang luas dalam teknologi keamanan, termasuk firewall, Antivirus, VPN, IPS atau intrusi, aplikasi kontrol, web filtering, antispam, pengendali nirkabel, dan WAN accelerator.

Sebagai contoh keamanan komputer Fortigate juga dilengkapi dengan FortiASIC sebagai mesin analisa konten serta jaringan yang memungkinkan sistem Fortigate untuk mampu mendeteksi berbagai ancaman serta menghilangkan ancaman secara realtime tanpa mengurangi kinerja jaringan.

Kesimpulan

Dari ulasan sistem keamanan jaringan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa setiap aspek keamanan jaringan memang sangat penting untuk di tingkatkan terutama bagi bisnis perusahaan.

Bentuk dari sistem keamanan jaringan dapat ditingkatkan dalam bentuk perangkat lunak maupun perangkat keras.

Untuk solusi sistem keamanan jaringan Anda dapat memilih antara Sangfor dan Fortinet yang sudah terbukti kemampuannya dalam mengamankan jaringan perusahaan Anda menjadi lebih baik.

Untuk lebih lanjut Anda dapat menghubungi NetData sebagai penyedia solusi network security perusahan Anda yang juga menyediakan berbagai perlengkapan jaringan seperti firewall dan data center.

NetData juga menyediakan layanan managed service keamanan jaringan pada perusahaan Anda sehingga Anda dapat tetap memiliki jaringan perusahaan yang stabil, aman, namun tanpa harus pusing mengurusi semua hal teknisnya.

Dengan begitu perusahaan dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis tanpa perlu repot lagi memikirkan masalah jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup