Layanan Cloud Integrator NetData

Layanan Cloud Integrator NetData

Kebutuhan akan cloud komputing untuk mendukung bisnis digital saat ini. Teknologi cloud integrator adalah salah satu layanan pendukung cloud yang dapat disesuaikan dengan segala jenis bisnis dan skala usahanya.

Sebelum kita membahas cloud integrator lebih jauh alangkah tepatnya kita memahami definisinya. Cloud computing merupakan layanan sistem teknologi informasi bagi pengguna yang berfungsi dalam mempermudah organisasi dalam berbisnis.

Pengertian dan Penjelasan Cloud Integrator

Pengertian dari cloud integrator adalah perangkat lunak yang dapat dijalankan as a service di cloud. Layanan berbasis cloud ini bersifat langganan atau berdasarkan penggunaan saja.

Layanan cloud akan mendapatkan penghubung untuk aplikasi, sumberdata, atau file data. Berikut adalah cloud integrator yang terdiri dari empat pilihan.

  1. Integrasi aplikasi. Integrasi ini berorientasi pada bisnis proses berjalan, seperti misalnya mendekati seseorang memesan produk, cloud integrator untuk melakukan sesuatu, misalnya melakukan biaya kartu kredit ke sistem pembayaran.
  2. Integrasi data. Integrasi data biasanya dilakukan dalam batch, yakni memindahkan data antar sistem sesuai dengan jadwal baik beberapa menit atau sebulan sekali. Selain itu juga integrasi data memastikan data dapat diterima pada aplikasi lainnnya.
  3. Integrasi data gabungan-enterprise integration information. Enterprise integration information menarik informasi untuk dasbor pada level manajemen sehingga data itu dapat ditampilkan, namun jangan menggunakannya untuk melakukan proses history data yang besar dari berbagai database.
  4. Managed File Transfer. Managed file transfer dapat digunakan untuk mengelola, memonitor, melacak, dan mengirimkan data ke tempat lain. Juga dapat disebut dengan evolusi di luar FTP (protokol transfer file).

Apa Artinya Cloud?

Cloud memiliki singkatan dari cloud computing atau komputasi awan. Perumpamaan ini merupakan layanan yang disediakan di internet dengan cara membayar sekali pakai.

Dengan layanan ini pengguna dapat menggunakannya untuk menyimpan, mengoperasikan, dan mengelola data lewat internet, namun cloud computing merupakan layanan berbayar yang dapat dilakukan untuk skala yang lebih besar.

Dengan cloud semua yang dilakukan secara virtual, meski file tidak disimpan secara langsung di komputer Anda. Semua data yang Anda simpan ini sebenarnya tersimpan di tempat yang jauh dalam hal ini adalah server di internet.

Data yang Anda simpan menggunakan cloud seperti lewat aplikasi Dropbox file ini akan dikirim melalui internet. Penyedia cloud memiliki ratusan hingga ribuan server fisik yang sama-sama bekerja secara terintegrasi atau istilahnya server farms atau ladang server yang berlokasi di berbagai negara.

Pada intinya cloud adalah teknologi penyimpanan digital yang mampu menyimpan semua data Anda secara digital. 

Apa Fungsi Dari Cloud?

Fungsi dari cloud antara lain:

1. Media Penyimpanan Terpusat pada Server

Dengan media penyimpanan yang terpusat di satu server sesuai layanan yang sudah disediakan oleh Cloud computing. Dengan begitu pengguna tidak perlu menyiapkan data center sendiri.

2. Keamanan Data

Dalam penerapan teknologi cloud computing menyediakan jaminan data seperti data yang aman, tidak mudah rusak ataupun hilang, platform teknologi , jaminan ISO.

3. Lebih Murah dan Tahan Lama

Cloud computing menawarkan penyimpanan data terpusat yang murah dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Dan Fungsinya?

Teknologi cloud computing menggunakan internet sebagai pusat server dalam mengelola data. Sistem ini memudahkan pengguna dalam mendalam mengakses program lewat internet tanpa perlu menginstal program tersebut terlebih dahulu.

Pengguna dapat menyimpan data dan program di server cloud secara virtual sehingga dapat digunakan lewat internet selayaknya program tersebut ada di komputer pribadi Anda.

Apa Yang Disebut Komputasi Cloud

Untuk cloud computing atau komputasi Cloud adalah pengiriman sumberdata IT sesuai permintaan dan kebutuhan lewat internet dengan biaya yang sesuai dengan pemakaian.

Selain membeli, memiliki, dan mengelola pusat data fisik dan server. Sekaligus Anda dapat menggunakan layanan cloud untuk penyimpanan, dan data base, sesuai kebutuhan.

Apa Saja Jenis Layanan Cloud?

Cloud computing dibagi menjadi 4 menurut sifat jangkauan layanan:

Public Cloud

Jenis public cloud merupakan bentuk yang paling umum yakni layanan cloud yang digunakan sesuai dengan model pembayarannya. Para pelanggan, baik individu ataupun perusahaan dapat mengakses layanan yang disediakan oleh cloud integrator melalui internet.

Untuk sumberdaya, sistem penyimpanan data, dan jaringan yang diakses dengan banyak pengguna yang berbeda. Public cloud juga banyak digunakan oleh banyak perusahaan karena para vendor memiliki infrastruktur yang memiliki kapasitas penyimpanan besar seperti Google, Microsoft, dan Amazon. 

Dengan begitu pengguna dapat dengan leluasa layanan apa yang dibutuhkan saja. Dari sisi keamanan public cloud cukup baik. Sehingga walaupun layanan cloud dilingkungan yang sama pengguna satu tidak dapat menggunakan data milik pengguna lain.

Private Cloud

Private cloud merupakan layanan yang dirancang untuk organisasi atau perusahaan dengan kebutuhan yang disesuaikan dan lengkap.

Private cloud memiliki infrastruktur yang dikelola dan dioperasikan untuk kelompok yang berskala besar dan memiliki kemampuan untuk memiliki cloud secara mandiri. Private cloud memiliki posisi pada on site atau off site.

Pada dasarnya layanan private cloud tidak bisa diakses secara umum atau terbuka seperti public cloud. Atau hanya dapat diakses secara internal perusahaan saja.

Perusahaan memiliki kendali penuh atas layanan cloudnya, baik itu dalam kendali jaringan, perangkat keras, sistem operasi, perangkat lunak lain.

Community Cloud

Community cloud adalah infrastruktur cloud yang digunakan untuk secara bersama oleh beberapa organisasi yang dimiliki kepentingan yang sama, yang disertai dengan tingkat keamanan yang sama.

Cloud kemungkinan dimiliki oleh dan dikelola oleh satu atau lebih organisasi dalam komunitas tersebut, dan juga dapat dimiliki ooleh pihak ketiga atau gabungan antara organisasi dan pihak ketiga.

Hybrid Cloud

Cloud integrator selanjutnya adalah hybrid cloud yang merupakan gabungan dari jenis cloud lain. Walaupun secara entitas tetap berdiri sendiri, tapi ada juga beberapa teknologi portabilitas data dan aplikasi antar cloud tersebut dapat terhubung.

Hybrid cloud adalah komposisi dari dua atau lebih cloud baik public cloud, private cloud, ataupun community cloud.

Temukan Layanan Cloud Integrator Di Netdata

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari cloud integrator. Untuk cloud integrator yang ada di Indonesia dapat Anda konsultasikan ke NetData.

NetData sebagai perusahaan IT di Indonesia akan mendukung segala kebutuhan Anda yang berkaitan dengan cloud integrator.

NetData memiliki banyak partnet cloud integrator yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan misalnya saja untuk perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup