Apa Saja Sih Fungsi Cloud Computing?

Apa Saja Sih Fungsi Cloud Computing?

Fungsi Cloud Computing – Semakin sekarang teknologi semakin maju, teknologi penyimpanan dan serba virtual sudah menjadi sebuah kebiasaan dan menjadi sebuah keharusan bagi semua orang. Terobosan terbaru inilah yang dinamakan dengan cloud computing. Dengan berbagai macam keunggulannya dan juga manfaatnya yang sangat banyak, tak heran jka teknologi ini sudah banyak yang menerapkannya dalam sehari-hari, bahkan tidak hanya perusahaan besar, Anda pun mungkin sudah menggunakannya.

Lalu, pertanyaannya sekarang adalah “apa yang dimaksud dengan cloud computing?”. Dan sebenarnya apa saja jenis dari cloud computing yang perlu Anda ketahui, apakah ada salah satu yang sudah Anda gunakan? Mari kita bahas!

Pengertian Cloud Computing

Mari kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian dari teknologi cloud yang sekarang ini sangat banyak yang menggunakannya bahkan tanpa sadar Anda pun sudah pernah atau bahkan sekarang sedang menggunakannya pada HP Anda atau komputer Anda.

Apa Itu Cloud Computing

Cloud computing adalah pengiriman berbagai layanan melalui Internet. Sumber daya ini termasuk alat dan aplikasi seperti penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak.

Daripada menyimpan file di hard drive berpemilik atau perangkat penyimpanan lokal, penyimpanan berbasis cloud memungkinkan untuk menyimpannya ke database jarak jauh. Selama perangkat elektronik memiliki akses ke web, ia memiliki akses ke data dan program perangkat lunak untuk menjalankannya.

Cloud computing adalah pilihan populer bagi orang-orang dan bisnis karena sejumlah alasan termasuk penghematan biaya, peningkatan produktivitas, kecepatan dan efisiensi, kinerja, dan keamanan.

Fungsi Cloud Computing

Dari penjelasannya saja Anda mungkin sudah tahu apa saja fungsi dari teknologi ini yang sangat utama, adalah dimana untuk menyimpan berbagai file tanpa harus menggunakan hard disk.

Ada yang lain juga yang perlu Anda ketahui untuk fungsi cloud computing, diantaranya adalah:

Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan Data

Hal utama dari fungsi teknologi cloud ini adalah dimana Anda bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan data. Ini tentunya bukan tanpa alasan karena dengna sistem penyimpanan cloud Anda dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan data. 

Bayangkan saja Anda memiliki data yang penting sebanyak 32 Gb pada handphone Anda dan masih ada data yang harus disimpan, maka jawabannya adalah dengan menggunakan cloud untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Meningkatkan Kinerja Stakeholder

Dalam sebuah perusahaan tentunya ada yang namanya skateholder. Skateholder tentunya masih perlu menggunakan teknologi cloud untuk hanya sekedar meeting dengan client atau juga dengan karyawannya. Dengan menggunakan teknologi cloud, tentunya hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan juga dengan kinerjanya yang lebih efisien tersebut, dapat meningkatkan kinerjanya.

Mendapatkan Pembaharuan Sistem Secara Berkala (Up to Date)

Pembaruan sistem secara berkala adalah hal yang sangat penting. Fungsi yang ketiga ini yakni keunggulan dan ciri khas dari cloud computing. Dimana, untuk mengatasi bermacam-macam kekurangan yang ada dan meniru perkembangan isu terhangat di era teknologi berbasis digital, karenanya cara akan terus melakukan pembaharuan basis data secara terstruktur. 

Update tersebut mempunyai tujuan untuk meningkatkan keamanan, kemudian meningkatkan fitur untuk memberikan pengalaman yang lebih bagus kepada pengguna dunia online di semua dunia. Sehingga, setiap pengerjaan penyimpanan menjadi lebih aman, tepat sasaran, dan mempunyai kredibilitas yang tinggi.  

Jenis-jenis Cloud Computing

Dalam teknologi cloud ini juga terdapat berbagai jenis yang dapat dibedakan berdasarkan cara kerjanya dan juga berdasarkan apa kegunaannya. Sejauh ini yang paling umum untuk cloud computing terdapat 4 jenis, diantaranya adalah:

Public Cloud

Public cloud adalah pendekatan pengembangan aplikasi alternatif untuk arsitektur TI lokal tradisional. Dalam model cloud computing publik dasar, penyedia pihak ketiga menghosting sumber daya TI sesuai permintaan yang dapat diskalakan dan mengirimkannya kepada pengguna melalui koneksi jaringan, baik melalui internet publik atau jaringan khusus.

Private Cloud

Private cloud adalah jenis cloud computing yang memberikan keuntungan serupa dengan cloud publik, termasuk skalabilitas dan layanan mandiri, tetapi melalui arsitektur berpemilik. Awan pribadi, juga dikenal sebagai cloud internal atau perusahaan, didedikasikan untuk kebutuhan dan tujuan satu organisasi sedangkan cloud publik memberikan layanan ke banyak organisasi.

Community Cloud

Community Cloud adalah bentuk hybrid dari private cloud. Mereka adalah platform multi-penyewa yang memungkinkan berbagai organisasi untuk bekerja pada platform bersama.

Hybrid Cloud

Hybrid cloud mengacu pada lingkungan komputasi, penyimpanan, dan layanan campuran yang terdiri dari infrastruktur lokal, layanan private cloud, dan public cloud.

Manfaat Cloud Computing

Untuk manfaat dari cloud computing sendiri ada banyak sekali, ini tergantung juga Anda memandangnya dari segi mana, baik itu dari segi biaya, keamanan, atau keefisienan pastinya ada manfaat dari cloud computing.

Untuk manfaat dari cloud computing diantaranya adalah:

Keamanan Data

Salah satu perhatian utama setiap bisnis, terlepas dari ukuran dan industrinya, adalah keamanan datanya. Pelanggaran data dan kejahatan dunia maya lainnya dapat merusak pendapatan perusahaan, loyalitas pelanggan, dan posisi merek.

Cloud menawarkan banyak fitur keamanan canggih yang menjamin bahwa data disimpan dan ditangani dengan aman. Fitur seperti izin granular dan manajemen akses melalui peran gabungan dapat membatasi akses ke data sensitif hanya untuk karyawan yang membutuhkan akses ke sana, dan dengan itu mengurangi permukaan serangan untuk pelaku jahat.

Penyedia penyimpanan cloud menerapkan perlindungan dasar untuk platform mereka dan data yang mereka proses, seperti autentikasi, kontrol akses, dan enkripsi. Dari sana, sebagian besar perusahaan melengkapi perlindungan ini dengan langkah-langkah keamanan tambahan mereka sendiri untuk meningkatkan perlindungan data cloud dan memperketat akses ke informasi sensitif di cloud.

Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Perusahaan yang berbeda memiliki kebutuhan TI yang berbeda, perusahaan besar dengan 1000+ karyawan tidak akan memiliki persyaratan TI yang sama dengan perusahaan baru. Menggunakan cloud adalah solusi hebat karena memungkinkan perusahaan untuk secara efisien dan cepat meningkatkan atau menurunkan departemen TI mereka, sesuai dengan tuntutan bisnis.

Solusi berbasis cloud sangat ideal untuk bisnis dengan permintaan bandwidth yang terus meningkat atau berfluktuasi. Jika tuntutan bisnis Anda meningkat, Anda dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas cloud Anda tanpa harus berinvestasi dalam infrastruktur fisik. Tingkat kelincahan ini dapat memberikan keuntungan nyata bagi bisnis yang menggunakan teknologi ini dibandingkan pesaing.

Skalabilitas ini meminimalkan risiko yang terkait dengan masalah operasional dan pemeliharaan internal. Anda memiliki sumber daya berkinerja tinggi yang Anda inginkan dengan solusi profesional dan nol investasi di muka. Skalabilitas mungkin merupakan keuntungan terbesar dari cloud.

Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Sederhananya, cloud computing adalah komputasi berbasis internet. Di masa lalu, orang akan menjalankan aplikasi atau program dari perangkat lunak yang diunduh di komputer fisik atau server di gedung mereka. Teknologi ini memungkinkan orang mengakses jenis aplikasi yang sama melalui internet.

Cloud computing didasarkan pada premis bahwa komputasi utama terjadi pada mesin, seringkali jarak jauh, yang bukan mesin yang sedang digunakan. Data yang dikumpulkan selama proses ini disimpan dan diproses oleh server jarak jauh (juga disebut server cloud). Ini berarti perangkat yang mengakses cloud tidak perlu bekerja terlalu keras.

Cara Kerja Cloud Computing

Untuk memahami cara kerja sistem cloud, lebih mudah untuk membaginya menjadi dua bagian: front end dan Back end. Mereka terhubung satu sama lain melalui jaringan, biasanya Internet. Front end adalah sisi pengguna komputer atau klien. Back end adalah bagian ‘cloud’ dari sistem.

Front end terdiri dari komputer klien atau jaringan komputer. Juga aplikasi penting untuk mengakses sistem cloud. Tidak semua sistem cloud computing harus memiliki interface pengguna yang sama. Di back end sistem teknologi cloud, ada berbagai komputer, server, dan sistem penyimpanan data yang membentuk cloud. Sistem cloud computing berpotensi mencakup program komputer apa pun, mulai dari pemrosesan data hingga video game. Umumnya, setiap aplikasi akan memiliki dedicated server sendiri.

Kesimpulan

Mungkin bagi sebagian besar orang menganggap bahwa cloud computing adalah hal yang masih asing, namun inilah yang pasti harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda ataupun pada perusahaan Anda. Ini akan mempermudah berbagai aspek yang terdapat pada perusahaan Anda secara pesat.

Saatnya untuk mengeksplore dunia cloud computing dengan mengandalkan NetData yang sudah pasti bisa Anda andalkan dalam berbagai masalah tentang IT termasuk untuk cloud computing dengan handal dan juga professional karena sudah berpengalaman banyak dalam dunia cloud computing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup