Wajib Tahu!Inilah SD WAN Advantages and Disadvantages

SD WAN Advantages and Disadvantages

SD WAN Advantages and Disadvantages – Dalam jaringan internet atau pengiriman data yang luas, tentunya harus ada cara bagaimana cara menghubungkan antara satu tempat dengan tempat yang lain. Simpelnya, jika Anda memiliki perusahaan yang besar dan Anda menjalankan juga bisnis di berbagai perusahaan cabang, tentunya harus terhubung bukan dengan perusahaan Anda yang ada di pusat? Maka dari itu, Anda memerlukan yang namanya SD WAN.

Dalam dunia SD WAN sebenarnya ada yang namanya istilah SD WAN advantages and Disadvantages. Sebenarnya apa perbedaan diantara keduanya tersebut? dan apa sebenarnya kunci dari kemampuan SD WAN? Mari kita bahas!

Apa Itu SD WAN?

Sebelum mengarah ke SD WAN advantages and Disadvantages, ada baiknya Anda mengehtahui terlebih dahulu apa yang disebut dengan SD WAN.

Software-Defined Wide-Area-Network (SD-WAN) didefinisikan sebagai arsitektur WAN virtual yang memungkinkan perusahaan untuk secara aman dan efisien menghubungkan pengguna ke aplikasi. Solusi teknologi ini menghadirkan kelincahan yang tak tertandingi dan penghematan biaya untuk jaringan. Dengan SD-WAN, organisasi dapat memberikan aplikasi yang lebih responsif dan lebih dapat diprediksi dengan biaya lebih rendah dalam waktu yang lebih singkat daripada layanan MPLS terkelola yang biasanya digunakan oleh perusahaan. 

SD-WAN melakukan ini dengan memisahkan aplikasi dari layanan jaringan yang mendasarinya dengan overlay virtual berbasis kebijakan. Overlay ini memantau karakteristik kinerja real-time dari jaringan yang mendasarinya dan memilih jaringan yang optimal untuk setiap aplikasi berdasarkan kebijakan konfigurasi.

Mengenal Elemen Dalam Solusi SD-WAN

Bagi Anda yang ingin menerapkan SD WAN pada perusahaan Anda, perlu ada pertimbangan dari ke empat elemen penting ini, diantaranya adalah:

Dukungan untuk Aplikasi Kritis Bisnis

Fungsi yang paling kritis atau yang paling utama dari SD WAN adalah dimana hardware ini sangat berguna dalam segi keluasan konektivitasnya. Hal ini juga termasuk demi memprioritaskan aplikasi berdasarkan kritikalitas bisnis, termasuk kemampuan untuk dapat menetapkan kebijakan terpisah dalam sub-aplikasi.

Kebijakan yang Dapat Diadaptasi Secara Dinamis

Maksud dari kebijakan yang dapat diadaptasi secara dinamis adalah dimana SD WAN mampu memodifikasi kebijakan WAN menurut hal-hal seperti kritikalitas aplikasi dan prasyarat kinerja, termasuk kebijakan keamanan yang secara otomatis mengikuti keadaan dikala konfigurasi jaringan dan perubahan sumber daya.

Keamanan yang Terintegrasi Sepenuhnya

Sudah pasti yang elemen dalam solusi SD WAN adalah masalah keamanan. SD WAN secara dinamis mampu melakukan penyesuaian koneksi untuk memastikan performa yang tetap, memakai perlindungan memakai alat keamanan statis tradisional, lebih-lebih dikala diterapkan sebagai solusi overlay, bermasalah.

Manajemen Terpusat

Salah satu syarat yang paling acap kali dilalaikan dari SD-WAN merupakan bahwa itu tidak dapat dipisahkan dari sisa jaringan. Untuk menjadikan potensi transformasi komputerisasi riil, tepi jaringan yang baru perlu berfungsi sebagai sistem tunggal yang terintegrasi. Dan itu termasuk membangun visibilitas terkonsentrasi dan strategi kontrol yang menjangkau jaringan terdistribusi.

SD Wan Advantages

Mungkin aspek yang paling sulit ketika memahami SD WAN advantages and disadvantages sebenarnya adalah pemasaran dari penyedia layanan. yang pertama-tama kita akan membahas advantages dari SD WAN itu dahulu.

  1. Pebisnis dapat mengelola sendiri WAN mereka menggunakan GUI yang disediakan oleh layanan yang ditentukan oleh software.
  2. Statistik mendalam yang mudah dibaca memberikan tingkat wawasan yang membantu memahami alur pengguna dan aplikasi.
  3. Ada kemungkinan penghematan biaya tetapi waspadalah terhadap vendor yang menyarankan Internet adalah pengganti total MPLS.
  4. SD WAN menawarkan konektivitas cepat/sementara dengan mengamankan konektivitas seluler 3G/4G/5G atau Broadband.
  5. Dengan alur aplikasi dan teknologi berbasis kondisi, pemulihan bencana lebih mudah dicapai, terutama di seluruh aplikasi berbasis cloud.
  6. Keamanan sering dipasarkan sebagai aspek sederhana dari penyebaran SD WAN tetapi pertimbangan yang cermat harus dibuat berdasarkan semua bidang bisnis.
  7. Ada lebih banyak keuntungan daripada kerugian yang diharapkan dengan teknologi pengganggu baru.

SD Wan Disadvantages

Jika dipertanyakan lagi, apa disadvantages dari sebuah SD WAN? Tentu saja ada, antara lain adalah:

  1. SD-WAN belum sepenuhnya secara umum digunakan. Pebisnis saat ini masih mengandalkan koneksi lama untuk menjaga operasi internal dan eksternal tetap berjalan. Ini dikompensasi dengan mengadopsi solusi hybrid.
  2. Tidak ada fungsi keamanan di tempat. Standar keamanan masih perlu diterapkan untuk memastikan bahwa jaringan Anda tetap terlindungi dan tidak terkena ancaman dari luar. Satu pelanggaran data sederhana dapat membahayakan seluruh perusahaan.
  3. Staf IT harus sangat diandalkan untuk menerapkan dan memelihara solusi teknis ini. Jika mereka tidak dapat melakukannya, memanggil bantuan dari luar akan menjadi usaha yang mahal.
  4. Jaringan SD WAN kebal terhadap kinerja yang lambat.
  5. Tidak ada end of end QoS yang sebenarnya jika hanya menggunakan ketentuan SD-WAN saja.
  6. Vendor SD WAN cenderung bervariasi dan seringkali tidak memenuhi apa yang awalnya dibayangkan untuk jaringan berbasis perangkat lunak.
  7. Peralatan penerusan SD WAN menawarkan koneksi Ethernet untuk berinteraksi dengan WAN dan LAN Anda, tetapi tidak dengan sirkuit WAN tradisional. Jika multiplexer pembagian waktu diperlukan untuk mendukung jaringan Anda, Anda harus mempertahankan router WAN yang ada untuk mendukung arsitektur SD Anda.

Dua Kunci Kemampuan SD-WAN

Sebenarnya jika kita sudah membaca bagaimana SD WAN advantages and disadvantages tentunya masih banyak perdebatan. Namun, yang perlu Anda tahu adalah ada dua kunci kemampuan dari SD WAN yang perlu diketahui sehingga ini bisa menjadi titik dimana apakah Anda bisa mengadopsi SD WAN ini untuk bisnis Anda atau tidak.

Konfigurasi Secara Terpusat

Yang paling utama dari kemampuan SD WAN adalah dimana dalam pengkonfigurasiannya dapat dilakukan secara terpusat. Ini artinya dapat memberikan dampak pada kinerja aplikasi dan juga kebijakan keamanan. Sehingga, perusahaan mampu secara signifikan memangkas biaya operasional WAN.

Zero-Touch Provisioning (ZTP)

Maksud dari ZTP adalah konfigurasi dan kebijakan yang diprogram sekali dan dipasok ke semua lokasi cabang tanpa semestinya secara manual memprogram tiap-tiap perangkat secara individual menerapkan CLI. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengirim sumber daya IT khusus ke lokasi cabang tiap-tiap kali aplikasi baru ditambahkan atau kebijakan diubah.

Hal ini meminimalisir adanya human error yang menghasilkan konsisten pekerjaan di seluruh perusahaan.

Kesimpulan

Ada lebih banyak SD WAN advantages atau disadvantages?

Ini tergantung. Dengan teknologi baru apa pun, layanan dirancang untuk mengulangi dan meningkatkan kemampuan. Dalam banyak hal, kelemahan SD-WAN berkisar pada hype. Dengan pemasaran yang menyarankan satu perangkat mampu melakukan semua yang diperlukan dengan hampir tidak ada keterlibatan penerapan, ada risiko bahwa tim TI menjadi terlena dengan keyakinan bahwa tidak perlu mengeluarkan uang untuk MPLS atau keamanan Firewall khusus.

Apakah Anda masih bingung mengenai SD WAN advantages and disadvantages? Dan Anda mungkin ada yang tertarik mengadopsi SD WAN pada bisnis Anda? NetData bisa menjadi solusi terbaik yang bisa Anda andalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup