Mengenal Lebih Dalam Wifi 6 dari Ruijie

Mengenal Lebih Dalam Wifi 6 dari Ruijie

Ruijie Wifi 6 – Semakin kesini sudah tidak bisa diragukan lagi yang namanya kemajuan dalam bidang teknologi sudah pasti ada perkembangan. Salah satunya adalah kemajuan dalam bidang IT yang berkaitan dengan jaringan. Jaringan nirkabel atau Wifi memang sudah pasti sangat banyak yang mengerti, bahkan sudah banyak yang menggunakannya hampir setiap hari. Tahukah kamu jika Wifi sekarang sudah sampai ke Wifi 6?

Wifi 6 memang pada awalnya adalah teknologi pertama besutan salah satu vendor teknologi ternama yaitu Ruijie. Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan Wifi 6? Mari kita bahas di artikel yang satu ini.

Penjelasan Ruijie Wifi 6

Membahas tentang Wifi 6, tentunya itu adalah pembahasan yang lebih lanjut. Jadi, apakah yang dimaksud dengan Wifi 6 itu? dan apa saja manfaat dari Wifi 6 untuk berbagai kebutuhan? Dan mengapa Ruijie adalah pioneer yang sangat handal dalam menciptakan Wifi 6?

Apa Itu Wifi?

Meskipun Wi-Fi biasanya digunakan untuk mengakses internet pada perangkat portabel seperti smartphone, tablet, atau laptop, pada kenyataannya, Wifi sendiri digunakan untuk terhubung ke router atau titik akses lain, yang pada gilirannya menyediakan akses internet. Wifi adalah koneksi nirkabel ke perangkat itu, bukan internet itu sendiri. 

Ini juga menyediakan akses ke jaringan lokal perangkat yang terhubung, itulah sebabnya Anda dapat mencetak gambar secara nirkabel atau melihat umpan video dari kamera yang terhubung dengan Wifi tanpa perlu terhubung secara fisik dengannya.

Alih-alih menggunakan koneksi kabel seperti Ethernet, Wifi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan informasi pada frekuensi tertentu, biasanya pada 2,4 GHz dan 5 GHz. Namun, ada banyak lainnya yang digunakan dalam pengaturan yang lebih khusus. Setiap rentang frekuensi memiliki beberapa saluran yang dapat dioperasikan oleh perangkat nirkabel, membantu menyebarkan beban sehingga masing-masing perangkat tidak melihat sinyalnya penuh sesak atau terganggu oleh lalu lintas lain meskipun itu terjadi pada jaringan yang sibuk.

Apa Itu Ruijie Wifi 6?

Wifi akan menjadi lebih cepat. Itu berita bagus: internet yang lebih cepat selalu diminati, terutama karena kita menggunakan lebih banyak aplikasi, game, dan video yang menuntut bandwidth dengan laptop dan ponsel kita.

Tetapi generasi Wifi berikutnya, yang dikenal sebagai Wifi 6, bukan hanya peningkatan kecepatan sederhana. Dampaknya akan lebih bernuansa, dan kita cenderung melihat manfaatnya lebih dan lebih dari waktu ke waktu.

Ini kurang dari peningkatan kecepatan satu kali dan lebih banyak peningkatan yang menghadap ke masa depan yang dirancang untuk memastikan kecepatan internet dari Ruijie tidak terhenti beberapa tahun ke depan.

Wifi 6 adalah generasi berikutnya dari Wifi. Itu masih akan melakukan hal dasar yang sama menghubungkan Anda ke internet hanya dengan sekelompok teknologi tambahan untuk mewujudkannya dengan lebih efisien, mempercepat koneksi dalam prosesnya.

Manfaat Menggunakan Ruijie Wifi 6

Dengan adanya Wifi 6, tentunya ada beragam manfaat selain kecepatannya yang bertambah. Ada juga manfaat lain yang bisa didapatkan jika menggunakan koneksi Wifi 6, diantaranya adalah:

Meningkatkan Kapasitas Access Point Untuk Mendukung IoT dan Perangkat Seluler

Untuk lebih memahaminya, ada beberapa fitur yang membuat Wifi 6 lebih cocok untuk menangani IoT modern dan tuntutan akses tempat kerja.

Dengan Anda mengatur panggung dengan mempertimbangkan ruang kerja hari ini. Karyawan Anda tidak lagi hanya satu stasiun kerja dalam hal jumlah perangkat untuk AP atau akses jaringan. Mereka mungkin memiliki setidaknya stasiun kerja mereka, perangkat seluler, dan mungkin aksesori pintar. 

Jika ruang kerja itu ada di industri seperti manufaktur atau pergudangan canggih, jumlah itu meningkat. Anda harus memuat di atas itu jumlah sensor, pemindai, dan peralatan lainnya yang terus bertambah.

Lebar Saluran Lebih Besar

Salah satu konsep yang mempengaruhi kecepatan adalah pengertian lebar saluran.

Saluran 5Ghz memungkinkan Anda untuk menggabungkan saluran 20Mhz menjadi saluran 40Mhz dan 80Mhz, memberikan Anda kecepatan yang lebih tinggi. Sekarang dengan Wi-Fi 6, Anda bahkan dapat mencapai saluran 160Mhz.

Itu bisa mengejutkan tetapi perlu diingat bahwa spektrumnya masih terbatas. 160Mhz hanya dapat bekerja secara konsisten jika Anda berada di lingkungan access point tunggal seperti jaringan rumah. Jika Anda mencoba menjalankannya dengan beberapa AP pada 160Mhz, Anda pasti akan melihat gangguan, dan itu tidak akan berfungsi sebaik yang Anda inginkan di atas kertas.

Pembagian Bandwidth yang Lebih Efisien

Ada beberapa cara tambahan agar Wifi 6 memberikan efisiensi ke perangkat di jaringan, menghasilkan kecepatan yang lebih baik.

Sebagai permulaan, Wifi 6 telah membuat kemajuan dalam jumlah antena yang dapat didukungnya, menggunakan konfigurasi maksimum 8×8:8. Lebih banyak antena memungkinkan komunikasi yang lebih bersamaan, meningkatkan kecepatan, dan bahkan memungkinkan banyak pengguna untuk “berbicara” pada saat yang sama.

Wifi Sleeping

Dengan standar nirkabel sebelumnya, perangkat terhubung atau tidak. Benar-benar biner.

Sebagai perbandingan, Wi-Fi 6 memiliki protokol untuk secara efektif membuat perangkat Wifi tertentu “sleep” saat tidak digunakan. Ini membebaskan bandwidth dengan koneksi “sleep” yang tidak digunakan. Di atas kertas, itu juga akan menghasilkan masa pakai baterai yang lebih besar di perangkat yang mendukung Wifi 6.

Wifi 6 Kompatibel ke Belakang

Ya, standar 802.11ax itu sendiri dan access point yang mendukungnya kompatibel ke belakang.

802.11 ac, n, g, b, a semuanya tercakup dan perangkat yang menggunakannya harus baik-baik saja. Namun, selalu lebih baik untuk menguji perangkat Anda terlebih dahulu dengan access point pilihan Anda. Terutama perangkat yang lebih tua hanya untuk memastikan tidak ada masalah.

Siapa Saja yang Perlu Menggunakan Wifi 6?

Jika ditanya “Siapa saja yang perlu menggunakan Wifi 6?”, jawabannya mungkin adalah perusahaan atau kantor yang sangat mementungkan koneksi internet menjadi lebih cepat dan juga efisien. Dengan menggunakan teknologi Wifi 6, maka sudah pasti yang namanya pengiriman data, download, dan upload menjadi lebih cepat dan juga berbagai pekerjaan yang lainnya menjadi tidak terkendala.

Namun, tidak hanya daerah perkantoran saja yang perlu menggunakan Wifi 6. Bisa jadi untuk penggunaan secara pribadi di rumah tidak akan ada salahnya mengadaptasi dengan teknologi Wifi 6.

Kelebihan Wifi 6

Berbicara soal keunggulan Ruijie Wifi 6 ada beberapa fitur yang ditonjolkan antara lain:

Kecepatan Data Lebih Tinggi

Ruijie Wifi 6 dapat memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dengan menggunakan beberapa teknik, mulai dari enkode data yang lebih efisien serta didukung dengan spektrum nirkabel yang dimiliki prosesor yang lebih kuat.

Kapasitas Bandwidth Meningkat

Bandwidth keseluruhan dari Ruijie Wifi 6 lebih besar sehingga mampu menampilkan berbagai macam hiburan seperti streaming virtual reality dan video UHD dengan lancar.

Peningkatan Efisiensi Daya

Ruijie Wifi 6 memiliki teknologi Target Wake Time atau TWT yang membuat perangkat dan router nirkabel untuk secara aktif merencanakan waktu komunikasi. 

Sehingga dapat mengurangi pengurangan antena jaringan nirkabel sekaligus mengurangi pencariana sinyal yang berarti dapat menghemat daya hingga batas tertentu dan meningkatkan waktu masa pakai perangkat.

Namun pada perangkat wifi 6 seperti laptop, ponsel, dan tablet memerlukan akses secara terus menerus sehingga tidak dapat memanfaatkan teknologi ini.

Tetapi untuk rumah pintar yang menjadi populer terutama perangkat wireless yang menggunakan baterai lithium, sehingga teknologi ini akan sangat menghemat daya secara signifiikan dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Keamanan Wifi 6

Ruijie Wifi 6 memiliki tingkat keamanan jaringan yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dari lulusnya sertifikasi wifi Alliance yang mana harus menggunakan protokol keamanan WPA 3 untuk keamanan yang lebih besar.

Di tahun 2018 aliansi wifi merilis generasi baru dari protokol enkripsi WPA 3, yang mana merupakan versi upgrade dari protokol WPA 2 yang sudah terlebih dahulu digunakan. WPA 3 mampu meningkatkan keamanan dan dapat lebih baik sehingga mencegah serangan brute force.

Perbedaan Wifi 5 Dan Wifi 6

Ruijie Wifi 6 menghadirkan banyak peningkatan baru dari wifi 5. Tidak hanya standar akan memungkinkan koneksi yang lebih cepat, memiliki keamanan jaringana yang ditingkatkan dan dapat diandalkan. Berikut ini adalah perbedaan wifi 5 atau wifi 6:

Peningkatan Efisiensi Dan Kapasitas

Ruijie Wifi 6 memiliki fitur Orthogonal Frequency-Division Multiple Access (OFDMA). Fitur ini memungkinkan router dan perangkat Anda menggunakan bandwidth dengan efisien sehingga mengurangi waktu antar transmisi data, dengan begitu perangkat lain kebagian bandwidth.

Peningkatan Kecepatan

Ruijie Wifi 6 membawa peningkatan kecepatan yang cukup signifikan, walaupun tidak sebesar yang seperti saat wifi 4 ke wifi 5 namun tetap terlihat perbedaannya.

Dalam situasi ini konektivitas wifi yang sempurna pengguna dapat melihat peningkatan teoritis. Dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar maka Ruijie Wifi 6 dapat mengemas banyak data dengan ruang spectrum yang sama. Hal ini memungkinkan oleh chip baru yang jauh lebih kuat dan handal dibanding versi sebelumnya.

Itu berarti bahwa kecepatan hanyalah sebagai kecil dari perbaikan yang tidak terlalu penting. Namun fokus peningkatan wifi 6 adalah konektivitas yang cepat melainkan untuk membuatnya lebih efisien dan juga keamanan yang lebih baik.

Peningkatan Jangkauan

Perangkat khusus dengan frekuensi 20Mhz dan dengan fitur OFDMA dapat menggunakan subcarrier yang lebih kecil berarti perangkat Ruijie Wifi 6 mampu menjangkau jarak yang lebih jauh.

Perbaikan Di Masa Depan

Perbaikan lebih lanjut melalui uplink MU-MIMO. Uplink MU-MIMO ini berfungsi untuk dapat memperbanyak perangkat untuk mengirimkan data ke Ruijie Wifi 6 dengan efisiensi jaringan.

Dengan fitur ini memungkinkan penggunaan pada masa depan Ruijie Wifi 6 akan semakin memudahkan banyak pengguna dalam terkoneksi ke satu perangkat saja

Kesimpulan

Itulah bahasan tentang Ruijie Wifi 6 yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan wifi generasi sebelumnya.

Kesimpulannya teknologi Ruijie Wifi 6 memungkinkan pengguna dapat terkoneksi dengan kecepatan data yang terbaik sekaligus dapat menampung banyak pengguna sekaligus.

Untuk info Ruijie Wifi 6 lebih lanjut Anda dapat melihat informasi produk di website NetData yakni di nds.id.

NetData menjual Ruijie Wifi 6 dengan harga distributor yang juga disertai dengan garansi distributor original.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup