Access Point

Access point adalah perangkat yang membuat jaringan area lokal nirkabel, atau WLAN, biasanya di kantor atau gedung besar. Acces point terhubung ke router kabel, switch, atau hub melalui kabel Ethernet, dan memproyeksikan sinyal Wi-Fi ke area yang ditentukan. Misalnya, jika Anda ingin mengaktifkan akses Wi-Fi di area penerimaan perusahaan Anda tetapi tidak memiliki router dalam jangkauan, Anda dapat menginstal Acces point di dekat meja depan dan menjalankan kabel Ethernet melalui langit-langit kembali ke ruang server .

Tipe Access Point

Access Point Mode (AP Mode)

Perangkat ini berfungsi untuk menyalurkan sambungan kabel ke nirkabel. Mempunyai kinerja menyerupai switch dan letaknya ada di belakang router. Tipe ini umumnya dipakai di tempat-tempat yang hanya menyediakan jaringan kabel.

Repeater Mode

Alat ini dipakai untuk menambah jangkauan nirkabel dengan SSID (Service Set Identifier) dan keamanan yang serupa. Alat ini dipakai untuk memperkuat sinyal pada tempat-tempat yang sudah memiliki jaringan wireless tapi pemancaran sinyal kurang merata. Repeater mode ini hanya memiliki satu SSID saja yang memungkinkan anda untuk mengakses di seluruh tempat.

Bridge Mode

Cara kerja dari bridge mode ini dengan dengan membuat dua jaringan individu dalam satu internet untuk dua grup. Bridge mode ini menggunakan jaringan nirkabel dan menyebarnya dengan menggunakan SSID serta password yang sama. Bridge mode ini mendukung tempat-tempat seperti restoran,kantor bahkan rumah yang menyediakan layanan internet tanpa harus menggunakan sandi.

Client Mode

Client mode banyak digunakan pada smart TV, media player, konsol game dan perangkat lain yang hanya memiliki port ethernet.

Wireless Router Mode

Dengan mode ini anda dapat berbagi satu koneksi internet kabel ke beberapa klien. Pada mode ini hanya ada satu port WAN (Wide Area Network) yang mendukung beberapa jenis koneksi. Maka apabila anda melakukan akses internet dari DSL atau modem kabel yang disediakan untuk satu user saja, wireless router mode ini adalah pilihan yang tepat.

AP Client Router Mode

AP client ini memungkinkan anda untuk terhubung ke jaringan nirkabel dan berbagi koneksi ke yang lain. Tipe ini dipakai bagi wireless station yang membatasi jumlah klien serta mensyaratkan pengisian username dan sandi agar bisa terhubung ke jaringan.

Keuntungan Menggunakan Access Point Nirkabel

Ketika Anda memiliki karyawan dan tamu yang terhubung dengan desktop, laptop, ponsel, dan tablet, 20 perangkat pada jaringan nirkabel bertambah dengan cepat. Pada masing-masing 60 koneksi simultan, titik akses memberi Anda kebebasan untuk mengukur jumlah perangkat yang didukung pada jaringan Anda. Tapi itu hanya salah satu keuntungan menggunakan perangkat tambahan jaringan ini — pertimbangkan hal-hal berikut :

Titik akses kelas bisnis dapat diinstal di mana saja Anda dapat menjalankan kabel Ethernet. Model yang lebih baru juga kompatibel dengan Power over Ethernet Plus, atau PoE + (kombinasi Ethernet dan kabel listrik), sehingga tidak perlu lagi menjalankan saluran listrik terpisah atau memasang outlet di dekat titik akses.

Fitur standar tambahan termasuk dukungan Captive Portal dan Access Control List (ACL), sehingga Anda dapat membatasi akses tamu tanpa membahayakan keamanan jaringan, serta mengelola pengguna dengan mudah dalam jaringan Wi-Fi Anda.

Titik akses tertentu mencakup fitur Clustering – titik tunggal tempat administrator TI dapat melihat, menyebarkan, mengkonfigurasikan, dan mengamankan jaringan Wi-Fi sebagai satu kesatuan daripada serangkaian konfigurasi titik akses terpisah.