Access Point Cisco

Access Point Cisco

Teknologi dalam dunia jaringan komputer saat ini memang sudah sangat berkembang hal ini bisa kita lihat di berbagai sisi kehidupan manusia termasuk juga dalam dunia bisnis. Ya dalam dunia bisnis tentu jaringan komputer ini sangat penting sekali untuk menunjang aktivitas bisnis tersebut. Dari sekian banyak perangkat jaringan yang ada kita mengetahui sekali ada satu perangkat yang cukup penting yakni access point. Biasanya access point ini di buat oleh perusahaan terkenal seperti Access Point Cisco.

Mengenal Terlebih Dahulu Mengenai Access Point

Mari mengenal terlebih dahulu tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan access point. Karena kita memang pastinya sudah tahu jika access point ada di mana-mana akhir-akhir ini. Di kota besar mana pun di seluruh dunia, mustahil berjalan satu blok tanpa tersandung pada setidaknya satu atau dua access point saking banyaknya Anda bisa menemukannya di berbagai tempat.

Kita tahu bahwa access point sangat memungkinkan kita untuk terhubung ke Internet, tetapi bagaimana tepatnya mereka melakukannya, apa kelebihan dan kekurangannya, dan bagaimana Anda dapat mengatur titik akses di rumah? Pertanyaan-pertanyaan ini dan lainnya adalah topik artikel ini.

Apa itu Access Point

Access point yang biasa disebut (AP), adalah perangkat jaringan yang memungkinkan akses mudah ke Internet melalui udara. Sebagian besar titik akses terlihat sangat mirip dengan router. Bahkan, router modern biasanya dapat berfungsi sebagai titik akses. Internet Service Provider atau ISP biasanya memberi pelanggan mereka router dengan fungsionalitas titik akses untuk membuat pengaturan lebih sederhana.

Jika mereka memberi mereka router tanpa fungsionalitas access point, pelanggan harus menghubungkan access point khusus ke router untuk menikmati akses internet nirkabel, yang akan sangat merepotkan dan di luar keahlian sebagian besar pengguna rumahan.

Istilah access point sering disamakan dengan istilah hotspot. Wireless access point mencakup area dengan sinyal WiFi, dan area di mana seseorang dapat terhubung ke Internet melalui udara disebut hotspot.

Cara Kerja Access Point

Apakah access point cara kerjanya susah dijelaskan? Terlepas dari betapa kuatnya mereka dalam meningkatkan sinyal Wi-Fi, Anda mungkin terkejut melihat betapa sederhananya access point dan betapa mudahnya mengaturnya.

Mereka bekerja dengan menghubungkan langsung ke router Anda, atau switch jaringan jika Anda memilikinya, melalui kabel ethernet.

Ini menyediakan wireless access point dengan koneksi ke LAN dan bandwidth yang dibutuhkan untuk bisa berfungsi.

Mode Access Point

Ketika Anda memiliki access point, Anda akan bisa menjalankannya dengan beberapa mode. Mungkin ini bisa membingungkan Anda, sebenarnya apa yang dimaksud dengan mode yang ada di access point Anda?

Berikut ini adalah beberapa mode access point yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Access Point (AP) Mode

Mode Access Point digunakan untuk terhubung ke client nirkabel (wireless adapter card) seperti laptop, desktop, dan PDA. Klien nirkabel hanya dapat berkomunikasi dengan AP dalam mode Access Point.

Repeater Mode

Sebagai mode Repeater, Access Point memperluas jangkauan jaringan nirkabel dengan mengulang sinyal nirkabel dari acces point jarak jauh. Alamat MAC Ethernet dari AP jarak jauh diperlukan agar Titik Akses berfungsi sebagai pemanjang jangkauan nirkabel.

Client Mode

Mode AP Client atau Wireless Client memungkinkan Access Point menjadi wireless client untuk AP lain. Intinya AP kini telah menjadi kartu adaptor nirkabel. Anda akan menggunakan mode ini untuk mengizinkan access point berkomunikasi dengan AP lain.

Point to Point

Mode Point-to-Point atau Wireless Bridge memungkinkan Access Point untuk berkomunikasi dengan Access Point lain yang mampu menjembatani point-to-point. Namun, ketahuilah bahwa sebagian besar produsen menggunakan pengaturan kepemilikan saat mengaktifkan mode penghubung di access point. Skenario tipikal untuk pemilihan ini adalah menghubungkan dua bangunan melalui koneksi nirkabel.

Mungkin sebagian dari Anda sudah sangat familiar dengan perangkat access point ini yang mana merupakan teknologi yang sangat dekat dengan dunia internet. Kita mengetahui sekali bahwa saat ini banyak perusahaan besar ataupun instansi baik rumah sakit, universitas, dan juga pusat perbelanjaan membutuhkan jaringan internet yang luas dan sanggup mencangkup seluruh area perusahaan. Oleh karena itu perusahaan besar akan memanfaatkan access point ini untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sebenarnya apa sih access point itu? access point merupakan perangkat keras jaringan komputer yang menghubungkan perangkat wireless (tanpa kabel) bersama dengan jaringan lokal menggunakan teknologi seperti wifi, bluetooth, wireless, dan lain sebagainya.

Access point ini juga sering di sebut LAN versi wireless atau wireless local area network (WLAN). Perangkat ini juga berguna dalam mengirim dan juga menerima informasi yang berasal dari adapter wireless lain.

Fungsi utama access point adalah mengizinkan atau menolak perangkat untuk mengakses bersama jaringan lokal yang sama.

Berikut beberapa rincian fungsi access point :

  • Access point sebagai pemancar sinyal internet kepada perangkat secara wireless atau menggunakan gelombang radio.
  • Access point adalah jembatan antar jaringan, sehingga jaringan lokal menggunakan kabel dengan tanpa kabel bisa terhubung. Jaringan nirkabel ini seperti misalnya wifi, wireless, bloetooth dan lain sebagainya.
  • Access point sebagai pengatur IP address pada setiap perangkat yang terhubung secara otomatis.
  • Access point sebagai perangkat keamanan yang dilengkapi dengan fitur keamanan WEP atau WAP yang biasa disebut shared key-autenthication.

Mengapa Access Point Lebih Baik Dalam Bisnis

Dalam urusan bisnis terutama ketika Anda memiliki perusahaan yang besar dengan beberapa ruangan, access point merupakan perangkat jaringan komputer yang sangat penting. Mengapa ini sangat penting?

Ketika Anda menggunakan access point, ketika Anda memiliki jaringan sinyal wifi dapat menjangkau semua ruangan atau area walaupun banyak tembok atau sekat yang menghalanginya. Tentu saja ini merupakan hal yang bagus daripada Anda menyediakan ISP lain untuk ruangan lain, tentu akan boros dalam biaya.

Keuntungan Menggunakan Wireless Access Point

Ketika kecepatan internet Anda cepat, bisnis Anda juga. Sebagian besar perusahaan mengandalkan solusi cloud untuk setidaknya beberapa alur kerja harian mereka dan penting untuk dapat terhubung dengan lancar ke platform tersebut sepanjang hari. Maka dari itu, penggunaan access point ini sangatlah penting.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan access point untuk bisnis Anda diantaranya adalah:

  • Memberikan sinyal kuat di seluruh properti Anda
  • Perpanjang jangkauan dengan mudah
  • Mendukung Wi-Fi dual-band
  • Gunakan Wi-Fi Anda di luar ruangan

Jenis Umum dari Konfigurasi Access Point

Dalam access point, terdapat beberapa konfigurasi umum yang bisa diterapkan. Mulai dari root access point, repeater access point, bridges, dan juga workgroup bridges. Konfigurasi ini memberikan fungsi yang berbeda.

Root Access Point

Mode pertama adalah root access point. Ini adalah access point berkemampuan mesh yang diatur dengan koneksi kabel ke jaringan Anda dan menyediakan konektivitas Internet ke access point ekstender.

Repeater Access Point

Konfigurasi ini akan membuat access point menjadi repeater yang akan mengulang sinyal dari titik akses nirkabel. Repeater dirancang untuk menggunakan sinyal nirkabel yang ada dan mengulangi sinyal tersebut di area repeater berada.

Bridges

Dalam jaringan Wi-Fi, mode Bridge memungkinkan dua atau lebih wireless access point berkomunikasi dengan masing-masing untuk tujuan menggabungkan beberapa LAN.

Workgroup Bridge

WGB atau Workgroup Bridge dapat menyediakan koneksi infrastruktur nirkabel untuk perangkat yang mendukung Ethernet. Perangkat yang tidak memiliki adaptor klien nirkabel untuk terhubung ke jaringan nirkabel dapat dihubungkan ke WGB melalui port Ethernet. WGB menghubungkan hingga delapan perangkat berkemampuan Ethernet ke WLAN.

Mengenal Perusahaan Jaringan Cisco

Sekarang kita akan membahas tentang Cisco. Tentunya Anda pasti sudah pernah atau seringkali mendengar tentang produk yang satu ini. Salah satu produsen jaringan yang terkenal karena perangkat jaringan komputer yang berkualitas ini memang menyediakan kualitas bagus dengan banyak sekali pilihannya.

Sejarah Cisco

Cisco didirikan pada tahun 1984 dan memiliki kantor pusat di San Jose, California. Pendiri Cisco Systems adalah Leonard Bosack dan Sandra Lerner, pasangan suami istri (kemudian bercerai) yang bertemu saat menjadi mahasiswa di Universitas Stanford.

Segmen “Platform Infrastruktur” sejauh ini adalah yang terbesar di Cisco, menghasilkan sekitar 27,1 miliar dolar AS pada tahun fiskal 2021 perusahaan. Segmen “Platform Infrastruktur” Cisco mencakup produk teknologi jaringannya seperti produk switching, routing, nirkabel, dan pusat data.

Sertifikasi Cisco

Mungkin Anda yang pernah melihat ada lowongan bekerja di bidang jaringan komputer seringkali ditanyakan tentang sertifikat dari Cisco. Jika Anda masih bingung, ternyata Cisco memang memiliki program sertifikasi.

Cisco mempunyai sebagian jenjang jenjang yang terbagi menjadi sebagian komponen pakar (fokus) seperti network security, Service Provider, Routing and Switching, Storage Networking, wireless dan sebagainya. Dikala ini Cisco mempunyai setidaknya 5 sertifikasi.

NE (Network Essentials)

Pada sertifikasi ini, Anda akan belajar tentang:

  • Rencanakan dan pasang jaringan rumah atau bisnis kecil menggunakan teknologi nirkabel, lalu sambungkan ke Internet.
  • Kembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah menggunakan Cisco Packet Tracer.
  • Berlatih memverifikasi dan memecahkan masalah jaringan dan konektivitas Internet.
  • Mengenali dan mengurangi ancaman keamanan ke jaringan rumah.

CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician)

Di bawah ini adalah dasar-dasar kredensial CCENT Cisco:

  • Prasyarat: Tidak ada.
  • Biaya. Ujian Cisco Networking Devices Bagian 1 (ICND1) harus lulus untuk mendapatkan sertifikat CCENT. Ujian telah dihentikan bersamaan dengan sertifikasi.
  • Keterampilan: Ujian yang disebutkan di atas mencakup dasar-dasar jaringan, peralihan LAN, teknologi perutean, keamanan port, pemeliharaan infrastruktur, dan layanan infrastruktur. Keterampilan sekarang telah dimasukkan dalam kredensial CCNA.
  • Format ujian: Ujian berlangsung selama 90 menit dan berisi 45-55 soal.
  • Pilihan pelatihan: Opsi pelatihan tersedia untuk sertifikasi CCENT untuk mensertifikasi ulang individu yang melewati tanggal kedaluwarsa tiga tahun mereka. Cisco menawarkan sesi pelatihan langsung, kursus pelatihan online, dan pelatihan yang dipimpin instruktur. Individu dapat menyelesaikan pelatihan ini, mengikuti ujian, atau melakukan kombinasi keduanya untuk disertifikasi ulang.

CCNA (Cisco Certified Network Associate)

Untuk mendapatkan sertifikasi CCNA, Anda harus mengikuti ujian 200-301 CCNA yang ditawarkan oleh Cisco. Tidak ada prasyarat untuk ujian, tetapi Cisco melaporkan bahwa kandidat CCNA umumnya memiliki pengalaman berikut sebelum mengikuti ujian: Setidaknya satu tahun menggunakan dan menerapkan produk dan solusi Cisco.

CCNP (Cisco Certified Network Professional)

Untuk mendapatkan CCNP Enterprise, Anda lulus dua ujian: ujian inti dan ujian konsentrasi perusahaan pilihan Anda. Dan setiap ujian dalam program Perusahaan CCNP mendapatkan sertifikasi Spesialis individu, sehingga Anda mendapatkan pengakuan atas pencapaian Anda di sepanjang jalan.

  • Ujian inti berfokus pada pengetahuan Anda tentang infrastruktur perusahaan termasuk arsitektur dual-stack (IPv4 dan IPv6), virtualisasi, infrastruktur, jaminan jaringan, keamanan, dan otomatisasi. Ujian inti juga merupakan ujian kualifikasi untuk sertifikasi CCIE Enterprise Infrastructure dan CCIE Enterprise Wireless. 

Lulus ujian inti akan memenuhi syarat kandidat untuk menjadwalkan dan mengambil lab CCIE dalam validitas ujian inti mereka.

  • Ujian konsentrasi fokus pada topik yang muncul dan spesifik industri seperti desain jaringan, SD-WAN, nirkabel, dan otomatisasi. Anda dapat mempersiapkan ujian konsentrasi dengan mengikuti kursus pelatihan Cisco yang sesuai.

CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

Cisco Certified Internetwork Expert (sertifikasi CCIE) adalah serangkaian sertifikasi teknis untuk profesional jaringan senior yang merancang, membangun, menerapkan, memelihara, dan memecahkan masalah infrastruktur jaringan perusahaan yang kompleks.

Program sertifikasi CCIE dibagi menjadi enam seri atau trek terpisah, dan mencakup berikut ini: kolaborasi, pusat data, routing dan switching, keamanan, penyedia layanan, dan nirkabel.

CCAR (Cisco Certified Architect)

CCAr adalah tingkat akreditasi tertinggi yang dapat dicapai dalam program sertifikasi Cisco.

Sertifikasi CCAr ditujukan untuk arsitek infrastruktur jaringan senior yang menghasilkan spesifikasi teknis jaringan untuk mendukung tujuan bisnis. Kurikulum berfokus pada pemahaman strategi bisnis dan menerjemahkannya ke dalam persyaratan infrastruktur teknis.

Beberapa Produk Yang Dikeluarkan Cisco

Seperti yang sudah Anda ketahui, Cisco memang memiliki berbagai macam produk yang sangat terkenal sehingga sangat banyak yang menggunakannya. Tak heran jika terdapat sertifikasi yang khusus untuk mereka yang ingin memahami lebih detail tentang penggunaan dari produk Cisco.

Berikut ini adalah beberapa produk dari Cisco yang perlu Anda ketahui:

Router

Cisco routing menyediakan jaringan berbasis maksud untuk WAN, LAN, dan cloud. Router jaringan Cisco mencakup analitik tingkat lanjut, pengoptimalan aplikasi, penyediaan otomatis, dan keamanan terintegrasi untuk memberikan solusi yang lengkap dan terbukti.

Switch

Ini adalah salah satu produk andalan dari Cisco. Cisco switch selalu belajar, beradaptasi, dan melindungi. Bangun fondasi untuk tuntutan pekerjaan hybrid dengan Catalyst 9000 dari Cisco dan model Catalyst 9000X baru.

Network Access Point

Nikmati teknologi Wi-Fi 6 dari access point Cisco. Rasakan semua yang ditawarkan Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E dengan Access Point Cisco Catalyst 9100 dengan fitur menarik dan pastinya kecepatan yang lebih bagus.

Wireless Router

Salah satu wireless router dari Cisco adalah Cisco CVR100W Wireless-N VPN. Cisco CVR100W memiliki fitur konektivitas nirkabel 802.11n berbasis standar dan empat interface LAN Fast Ethernet 10/100. Wizard pengaturan cepat yang intuitif, teknologi Cisco Simple Connect, dan tombol mode Wi-Fi/Jangan-Ganggu fisik (untuk menonaktifkan sementara jaringan Wi-Fi atau lampu panel depan) menyederhanakan konfigurasi router dan pemeliharaan jaringan.

Server

Modernkan infrastruktur Anda dengan solusi komputasi terbaru Cisco untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang selalu berubah. Cisco Servers – Unified Computing System (UCS) adalah server tingkat tinggi yang sangat handal.

Firewall

Mempertahankan jaringan dari ancaman yang semakin canggih membutuhkan kecerdasan yang terdepan di industri dan perlindungan yang konsisten di mana saja. Tingkatkan postur keamanan Anda hari ini dengan Cisco Secure Firewall.

IP Phone

Banyak model telepon IP lama tidak dapat mengikuti standar keamanan dan kepatuhan. Namun, telepon IP Cisco terbaru mengurangi risiko kepatuhan terhadap peraturan dan menyediakan teknologi terbaru dengan opsi untuk menjadi lokal atau cloud.

Video Conference

Tingkatkan kolaborasi, keterlibatan, berbagi, keamanan, dan lainnya dengan solusi video jaringan yang komprehensif dan arsitektur medianet dari Cisco.

Data Center

Dari core, ke edge, ke cloud: menjembatani cloud yang Anda miliki, lingkungan yang Anda inginkan, dan hasil yang Anda butuhkan dengan solusi komputasi Cisco. Data center handal yang aman.

Cloud Computing

Cisco memberikan solusi cloud yang membantu mengoptimalkan dan mengelola berbagai cloud, aplikasi, dan beban kerja yang Anda pilih.

Cisco Aironet 1852i F-K9 Access Points

Setelah mengetahui pengertian access point kita akan membahas salah satu produk dari brand terkenal seperti Cisco. Ya mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Cisco ini yang sudah banyak produknya yang beredar di Indonesia sebagai produk jaringan terbaik.

Cisco menciptakan produk access pointnya yang bernama Cisco Aironet 1852i F-K9 Access Points dengan berbagai fitur yang lengkap di dalamnya. Access Point Cisco ini juga memberkan kinerja yang terbaik untuk pasar industri dan perusahaan sehingga menyediakan pelayanan terbaik melalui kelas enterprise 4×4 MIMO, jalur akses empat ruang-arus yang mendukung spesifikasi 802.11ac Wave 2 IEEE yang baru.

Access Point Cisco ini cocok untuk penggunaan jaringan kelas kecil hingga menengah. Dengna memanfaatkan Wave 802.11ac 2 Access Point Cisco ini mampu menyediakan kecepatan rate hingga 1,7 Gbps di radio 5GHz.

Itulah pembahasan singkat seputar Access point semoga bermanfaat dan membantu kita dalam lebih memahami tentang jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup