Inilah Kegunaan Voip Bagi yang Belum Tahu

voip

Jika Anda memiliki kualitas koneksi internet yang berkualitas, Anda bisa mendapatkan layanan telepon yang dikirimkan melalui koneksi internet Anda, bukan dari perusahaan telepon lokal Anda, inilah yang biasa disebut dengan VOIP.

VOIP Adalah

VOIP adalah singkatan dari Voice Over Internet Protocol, atau dalam istilah yang lebih umum layanan telepon melalui internet.

Beberapa orang menggunakan VOIP selain layanan telepon tradisional mereka, karena penyedia layanan VOIP biasanya menawarkan tarif yang lebih rendah daripada perusahaan telepon yang menggunakan sistem lama atau masih tradisional.

Cara Kerja Voice Over Internet Protocol

Diperlukan cara untuk mengubah sinyal telepon analog menjadi sinyal digital yang dapat dikirim melalui internet.

  1. Fungsi ini dapat dimasukkan ke dalam telepon itu sendiri atau di kotak terpisah seperti ATA. Bagini cara kerja dari VOIP yang menggunakan ATA:

Telepon Biasa — ATA — Ethernet — Router — Internet — Penyedia Layanan VOIP

Berbicara tentang ATA, apa yang dimaksud dengan ATA?

ATA = Analogue Terminal Adapter. Menghubungkan Telepon Analog ke jaringan. Biasanya memiliki soket Ethernet, dan soket telepon RJ-11.

  1. VOIP juga bisa menggunakan IP Phone. IP Phone merupakan halaman ini berisi daftar rincian singkat Telepon VOIP termasuk rincian, tempat membeli, spesifikasi, dan informasi telepon lain yang relevan.

Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

IP Phone — Ethernet — Router — Internet — VOIP Service Provider

  1. VOIP menghubungkan secara langsung

Dimungkinkan juga untuk melewati Penyedia Layanan VOIP dan langsung terhubung ke pengguna VOIP lain. Namun, jika perangkat VOIP berada di belakang router NAT, mungkin ada masalah dengan pendekatan ini.

Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

Telepon IP — Ethernet — Router — Internet — Router — Ethernet — Telepon IP

Fungsi VOIP

Melihat dari penjelasan VOIP, VOIP berguna untuk melakukan panggilan menggunakan koneksi internet broadband tanpa menggunakan saluran telepon biasa.

Beberapa fasilitas VOIP kemungkinan cuma sangat mungkin Anda untuk memanggil orang lain memakai fasilitas yang sama, namun fasilitas lain kemungkinan mengizinkan Anda untuk menghubungi siapa saja yang punyai nomor telepon – terhitung nomor lokal, jarak jauh, seluler, dan internasional.

Selain itu, sementara beberapa fasilitas VOIP cuma berfungsi lewat komputer Anda atau telepon VOIP khusus, fasilitas lain sangat mungkin Anda memakai telepon tradisional yang terhubung ke adaptor VOIP.

Fungsi Firewall Pada Jaringan VOIP

Seperti yang diketahui, semua jaringa nperlu adanya sebuah keamanan. Untuk jaringan VOIP, ada firewall yang menjaga data percakapan. Fungsi dari firewall yang ada pada jaringan VOIP memang sangat penting.

Firewall yang ada pada VOIP memonitor lalu lintas dengan memeriksanya pada lapisan tiga dan empat. Dengan kata lain, ia memeriksa paket dan segmen paket lalu lintas jaringan yang masuk. Ini memungkinkannya untuk memblokir sebagian besar ancaman, sambil tetap memiliki level yang cukup tinggi untuk menangani volume lalu lintas yang tinggi.

Keamanan data memang sangat penting, maka dari itu tak heran kalau ada penyedia layanan internet yang sediakan VOIP biayanya sedikit mahal, karena memang firewall yang ada pada layanan VOIP-nya merupakan firewall yang sangat bagus dengan berjalan baik. Tertarik dengan keamanan jaringan VOIP? Cek sekarang juga layanan kemananan dari Netdata di sini.

Kebutuhan Perangkat Voice Over Internet Protocol

Untuk dapat melakukan panggilan melalui VOIP, ada beberapa perangkat pendukung yang dibutuhkan. Beberapa komponen yang harus ada tersebut adalah:

  1. Protocol

Umumnya, terdapat 2 teknologi yanbg digunakan dalam VOIP, yaitu H.323 dan SIP.H323 yang merupakan teknologi yang dikembangkan oleh ITU (International Telecommunication Union).

  1. VOIP Server

VOIP server adalah jantung dari jaringan VOIP. Memang, untuk beberapa kondisi, perangkat ini tidak harus ada pada jaringan VOIP, akan tetapi akan sangat dibutuhkan untuk dapat menyambungkan berbagai titik komunikasi server.

  1. VOIP Switch

Konsep dasar penggunaan Circuit Switching yakni sebuah jalan komunikasi akan dibuka dan dipesan selama berlangsung komunikasi. Jalur komunikasi yang ada pada akhirnya menjadi eklusif dimiliki oleh dua titik yang menggunakannya.

Contoh, Si A tinggal di Jakarta dan hendak menelepon kerabat yang berada di Surabaya. Selama sistem komunikasi pada si A dan kerabatnya terjadi, jalan telpon dari jakarta ke surabaya adalah eklusif milik si A dan lawan bicaranya. Alhasil cost pun memebengkak karena anda harus membayar jalan telpon tadi.

  1. Codec (codec-decoder)

Agar apat melalui jalur Packet Switch bersama dengan baik, VoIP memebutuhkan proses coder dan decoder. Proses ini mengkonversi sinyal audio jadi knowledge digital yang dipadatkan (kompresi) untuk lantas dikirim melalui jalur internet. Di titik lain, knowledge dikembangkan ulang (dekompresi), dan diubah jadi sinyal analog.

  1. SoftPhone (Software)

Selain berupa telepon utuh (hardware), perangkat telepon termasuk sanggup berupa software. Di dunia VOIP, perangkat ini disebut SoftPhone. Softphone punyai jenis yang banyak variasi baik dari kekuatan dan lisensi. Saat ini banyak Softphone yang disebarkan bersama dengan lisensi gratis. Bahkan tersedia yang sediakan lisensi software gratis sekalligus layanan jaringan VOIP -nya.

  1. VOIP Gateway

Gateway digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang tidak sama yakni antara jaringan H.323 dan jaringan non H.323, sebagai umpama gateway bisa menghubungkan dan sedia kan komunikasi antara terminal H.233 dengan jaringan telpon, misalnya: PSTN.

Kelebihan dan Kekurangan Voice Over Internet Protocol

Dalam berbagaiu hal, tentunya ada yang namanya kelebihan dan juga kekurangan, terutama pada sebuah jaringan komunikasi, tak terkecuali VOIP. Walaupun memang digadang-gadang sebagai sebuah jaringan komunikasi yang lebih modern tanpa menggunakan jaringan telepon, pastinya ada keuntungan dan juga kekurangannya.

Keuntungan VOIP:

  1. Biaya lebih rendah untuk kelanjutan langsung jarak jauh.
  2. Penggunaan bandwith yang lebih kecil daripada telpon biada.
  3. Memungkinkan digabung bersama dengan jaringan telpon lokal yang sudah ada.
  4. Berbagai wujud jaringan VOIP sanggup digabungkan jadi jaringan yang besar.
  5. Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah tersedia untuk suara.

Kekurangan VoIP

  1. Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN.
  2. Ada jeda dalam berkomunikasi.
  3. Regulasi terbatas.
  4. Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat / stuck.
  5. Tidak dulu tersedia jaminan mutu jikalau VOIP lewat Internet.
  6. Peralatan relatif mahal.

Konfigurasi Voice Over Internet Protocol

VOIP mendefinisikan langkah untuk lakukan panggilan nada lewat jaringan IP termasuk digitalisasi dan paketisasi aliran suara. IP Telephony manfaatkan standar VoIP untuk menciptakan sistem teleponi dimana fitur tingkat tinggi layaknya routing panggilan lanjut, voice mail, contact center, dan lain-lain, yang dapat dimanfaatkan.

Cara Membuat Server VOIP di Windows

Pada pembelajran kali ini, akan dibahas membuat jaringan telepon gratis dengan memanfaatkan LAN yang ada. Dalam hal ini, yang dibutuhkan adalah server VOIP karena menggunakan jaringan LAN, juga software telepon untuk digunakan di client.

Kali ini akan dibahas cara yang sangat mudah dan sudah sangat umum, dengan menggunakan asterisk. Namun yang digunakan adalah versi windows, sehingga menggunakan asteriskwin32.

  1. Jika Anda belum punya aplikasi installernya silahkan download di server softswitchsoftswitch
  2. Double klick file, maka akan muncul tampilan seperti iniasterisk

Klik saja tombol Next

  1. Pilih I accept the agreement, kemudian klik tombol next
  2. Pada langkah ini, Anda diberikan pilihan untuk menentukan lokasi di folder mana server softswitch asteriskwin32 akan diinstal, kemudian klik tombol next untuk melanjutkan instalasi
  3. Jika di komputer Anda sudah pernah diinstal softswitch ini, pilih PBX Update, tetapi jika baru melakaukan instalasi maka pilih PBX New Installation, kemudian klik tombol next, dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Jika sudah selesai maka di windows desktop akan muncul icon PBX Manager
  4. Proses instalasi server Voip (Softswitch) dengan asteriskwin32 sudah selesai.

Konfigurasi Server VoIP Softswitch

  • Jalankan Server VoIP, Klik tombol start, klik AsteriskWin32 GUIServer VoIP
  • Tunggu sampai muncul tampilan di bawah ini

asterisk win32

  • Setelah Statusnya Asterisk Ready, Klik PBX Manager, akan muncul tampilan dibawah yang artinya sever VoIP asterisk sudah siap digunakan.

PBX Manager

  • Klik Admin untuk mengkonfigurasi extension.Admin
  • Akan muncul tampilan untuk msngisi password
  • Isi password dengan admin, dan klik OK, maka akan muncul tampilan berikutwillvoice
  • Klik PBX Params, akan muncul tampilan di bawah iniPBX Params
  • Klik SIP Option, disini Anda harus mengisi Host/IP dengan IP Address komputer dimana server VoiP asteriskwin32 diinstal
  • Di sini kita akan mengisi Host/IP dengan IP Address komputer dimana server VoiP asteriskwin32 diinstal, isi port dengan 5060 atau 5061, biarkan Extern IP dan Locahet dikosongkan, kemudian klik save.SIP Setting
  • Setelah di save akan kembali ke menu utama dari PBX PARAMS
  • Klik PBX Moduls, untuk menambahkan modul-modul yang diperlukan komunikasi telepon VoIP.
  • Pada gruo Modules to Load, harus ada file yang diberi tanda kuning, jika belum ada, maka cari di bagian sebelah kiri, kemudian pilih dan klik tombol load untuk menambahkannnya.
  • Klik Save, kita kembali ke menu utama

Konfigurasi Dial Plan

  1. Kembali ke Tampilan utama dari PBX Admin
  2. Kembali kita pilih menu DIAL PLAN, maka akan muncul tampilan berikut :DIAL PLAN
  3. Pilh atau klik salah satu eksension yang akan kita seting, contohnnya 3000, maka akan muncul tampilan berikut ini:willvoice pbx manager
  4. Isi passwordnya sesuai sesuai keinginan kita, kemudian klik save.
  5. Lakukan hal yang sama untuk konfigurasi ekstension yang lain.
  6. Setelah selesai meng-konfigurasi ekstension kita kembali ke menu utamakonfigurasi ekstension
  7. Sampai di sini konfigurrasi server selesai, Anda kembali ke menu utama dengan meng-klik tombol yang dilingkari merah.pbx param
  8. Klik tombol QUIT, Kemudian kita akan me-restart server.QUIT
  9. Pilih menu DIAL PLAN, lalu pilh atau klik salah satu eksension yang akan kita seting, contohnnya 3000.
  10. Isi passwordnya sesuai sesuai keinginan Anda, kemudian klik save
  11. Lakukan hal yang sama untuk konfigurasi ekstension yang lain.
  12. Setelah selesai meng-konfigurasi ekstension kita kembali ke menu utama
  13. ampai di sini konfigurrasi server selesai, kembali ke menu utama dengan meng-klik tombol yang dilingkari merah.
  14. Klik tombol QUIT, Kemudian kita akan me-restart server.
  15. Klik Menu Tools -> PBX Reload, untuk me-restart server VoIP, agar konfigurasi server yang sudah kita lakukan berjalan.

Konfigurasi VOIP di Cisco

Disini akan dipraktekkan bagaimana cara konfigurasi VOIP di Cisco dengan menggunakan Packet Tracer dengan contoh topologi seperti dibawah:

Packet Tracer dengan contoh topologi

  • Konfigurasi IP Address pada R1 :

R1>enable

R1#configure terminal

R1(config)#int fa0/0

R1(config-if)#no sh

R1(config-if)#int fa 0/0.10

R1(config-subif)#encapsulation dot1q 10

R1(config-subif)#ip address 192.168.88.1 255.255.255.0

int fa 0/0.10 : membuat sub interface dibawah fa 0/0

encapsulation dot1q 10 : menjadikan interface fa 0/0.10 menjadi interface VLAN dalam hal ini Vlan 10

  • Konfigurasi DHCP pada R1 :

R1(config-subif)#ip dhcp pool untukvoip

R1(dhcp-config)#network 192.168.88.0 255.255.255.0

R1(dhcp-config)#default-router 192.168.88.1

R1(dhcp-config)#option 150 ip 192.168.88.1

  • Konfigurasi Telphony Service pada R1 :

R1(dhcp-config)#telephony-service

R1(config-telephony)#ip source-address 192.168.88.1 port 2000

R1(config-telephony)#max-dn 3

R1(config-telephony)#max-ephone 3

R1(config-telephony)#auto assign 1 to 3

R1(config-telephony)#ephone-dn 1

R1(config-ephone-dn)#number 1001

R1(config-ephone-dn)#ephone-dn 2

R1(config-ephone-dn)#number 1002

R1(config-ephone-dn)#ephone-dn 3

R1(config-ephone-dn)#number 1003

  1. Konfigurasi pada SW1

SW1>enable

SW1#conf t

SW1(config)#vlan 10

SW1(config-vlan)#int fa 0/1

SW1(config-if)#switchport mode trunk

SW1(config-if)#int range fa 0/2-4

Sw1(config-if)#switchport voice vlan 10

  1. Pastikan semua IP_PHONE sudah mendapat no telepon masing 2, jika belum cobalah periksa ulang konfigurasi diatasIP_PHONE AIP_PHONE BIP_PHONE C
  2. Buka mode GUI dan masukan nomor telephone yang dituju dan tekan enter atau klik pada gagang telephone dan telephone bersama nomor yang dituju akan menjadi menyala dan berdering.mode GUIConnected
  3. Jika sudah ada tulisan Connected, berarti sudah berhasil terhubung dan konfigurasi selesai

Setting VOIP di Mikrotik

  1. Buka mikrotik pergi ke tab ip > adresses > add (+) tambahkan ip contohnya 10.10.10.1/24 yang nantinya dapat mengarah ke laptop dan server trixbox yg ada di virtual box.Setting VOIP di Mikrotik
  2. Pergi ke tab wireless, jikalau akses point (wifi) menggunakan password pergi ke security profile tambahkan password akses point selanjutnya, lalu klik OKwireless tables
  3. Jadi di sini Anda dapat meng Scan akses point yang ada, di sini dapat mengkoneksikan akses poin selanjutnya dengan security profile yang dibuat tadiScan akses point
  4. Klik wlan1 > wireless masukan security profile yang dibuat tadiwlan1
  5. Jika perangkat router telah terhubung ke akses point setelahnya, akan ada notifikasi R yang artinya running.akses point
  6. Selanjutnya ke IP > DNS Aktifkan Allow remote request selanjutnya OKDNS
  7. Lalu pergi ke IP > Firewall > NAT tukar chain nya menjadi srcnat dan out int menjadi wlan1 yakni si akses poin tersebut
  8. Di action, tukar menjadi masquerade sehingga ip local si client dapat di samarkan ke ip public
  9. Pergi ke tab wireless > add (+) > virtual kami buat virtual akses poin yang nantinya dapat di sebar ke si client yakni smartphone
  10. Di sini telah terbuat Virtual akses poin nyaVirtual akses poin
  11. Tambahkan ip adress yang mengarah ke wlan2 sehingga si client mendapatkan ip
  12. Buatlah DHCP Server sehingga si client mendapatkan ip address
  13. Disini telah terbuat DHCP Server nya untuk wlan2
  14. Kembali ke laptop yang dapat menyatukan antara router dan server trixbox di dalam 1 network yang mirip karena trixbox aku menggunakan virtual box yang nantinya interfacenya telah di tukar ke bridge adapter dan menfokuskan ke ethernet yang yang telah 1 network dengan mikrotik
  15. Pergi ke trixbox masukan perintah system-config-network selanjutnya memilih edit devices untuk mengatur ip address
  16. Pilih eth0 untuk mengatur ip address
  17. Atur ip masukan default gateaway cocok dengan ip router selanjutnya OK
  18. Selanjutnya restart network nya sehingga settingan ip tadi di terapkan
  19. Untuk pengujian nya ping IP Router dan IP Laptop hasilnya berhasil seperti gambar di bawahIP Router dan IP Laptop
  20. Melalui penampilan UI dengan User dan password default bawaan trixbox yakni user maint dan password password untuk membuat perubahan ke hak admin klik switch dipojok kanan atas selanjutnya masukkan user dan passwordnya
  21. Selanjutnya, tambahkan user extension user VoIP pergi ke PBX > PBX Setting > Extensions.
  22. Tambahkan user extension cocok yang berkenan dan jangan lupa mengisi secret nya untuk password disaat login di Zoiper
  23. Lalu submit, sehabis submit apply configuration Changes selanjutnya pilih saja Continue with reload
  24. Untuk VoIP Client mirip seperti sebelumnya aku menggunakan Zoiper jikalau yang belum download sanggup download di Play store, pastikan juga telah satu Jaringan AP MikroTik yang telah dibuat tadi
  25. Create Account selanjutnya untuk Hostname or Provider ialah IP Address atau Local Domain Server trixbox itu sendiri
  26. Dibagian Otentikasi dan Outbound Proxy masukkan user extensions pertama yang telah dibuat di server trixbox dan untuk outbound proxy masukkan IP Address Server Trixbox
  27. Maka otomatis dapat mendapatkan SIP UDP selanjutnya kami next saja
  28. Masuk ke smartphone ke 2 pastikan telah satu jaringan dengan AP yang telah Anda buat tadi dimikrotik Sama Seperti Sebelumnya Create Account selanjutnya untuk Hostname or Provider ialah IP Address atau Local Domain Server trixbox itu sendiri
  29. Dibagian Otentikasi dan Outbound Proxy mirip seperti sebelumnya masukkan user extensions kedua yang telah dibuat di server trixbox dan untuk outbound proxy masukkan IP Address Server Trixbox
  30. Maka otomatis dapat mendapatkan SIP UDP selanjutnya kami next saja
  31. Untuk Pengujian coba telepon nomer target kedua yakni 111 lewat smartphone pertama ke
  32. Jika panggilan sudah masuk, maka setting sudah berhasil!

Dapatkan penawaran menarik untuk produk VOIP disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup