Monitor Penggunaan Listrik Rumah Secara “Real Time”

Monitor Electricity Usage

Monitor Penggunaan Listrik – Menggunakan listrik merupakan kebutuhan sehari-hari yang ada di rumah ataupun di berbagai jenis bangunan apapun itu yang membutuhkan daya listrik. dalam bangunan yang dialiri arus listrik, terdapat meteran listrik yang menghitung konsumsi daya listrik yang digunakan pada bangunan tersebut. Namun, terkadang yang menjadi masalah adalah bagaimana cara memantau penggunaan listrik secara realtime.

Maka dari itu, memanfaatkan internet dengan Internet of Thing yang bisa memonitor penggunaan listrik sangatlah penting untuk sekarang ini. Bisa jadi, penggunaan listrik Anda pada beberapa hari sudah sangat banyak menghabiskan daya, pastinya ini perlu di kroscek dimana letak kesalahannya dan merekap penggunaan listrik pada rumah adalah hal yang penting demi menghemat listrik juga. Maka dari itu, sekarang ini monitor listrik sangatlah penting.

Monitor Listrik

Mengurangi tagihan listrik pada tiap bulannya bukan hal yang mustahil. Tetapi, Anda tidak bisa sekedar menunggu keajaiban atau berkeinginan teknologi bernilai milyaran rupiah mampu menghemat penggunaan listrik Anda secara instan. Ada usaha yang perlu Anda lakukan sendiri.

Perusahaan penyedia listrik di Indonesia sebagian besar sudah menyediakan Power and Energy Monitoring System yang bisa memonitor penggunaan daya listrik di rumah Anda dengan mudah dan juga dengan biaya yang terjangkau.

Apa yang Dimaksud Monitor Listrik?

 Apakah AC menghabiskan banyak uang? Bagaimana dengan kompor listrik atau mesin cuci atau mesin pencuci piring? Dan bagaimana Anda bisa mengetahuinya? Maju ke depan monitor listrik! Cukup letakkan di dekat kabel daya yang berasal dari alat dan Anda akan mendapatkan pengukuran instan tentang berapa banyak Anda membayar listrik per jam.

Sungguh ide yang brilian untuk menghemat kantong Anda!

Contoh Monitoring Kualitas Daya Listrik di Industri

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Electric Power Research Institute (EPRI), fasilitas industri besar di AS kehilangan lebih dari $100 juta setiap tahun karena masalah daya, termasuk variasi catu daya dan gangguan tegangan. Ketika lampu berkedip di rumah, itu menjengkelkan. Tetapi ketika listrik terganggu di sebuah pabrik, hal itu dapat menyebabkan kegagalan fungsi dan kerusakan dini pada peralatan yang mahal. 

Peristiwa kualitas daya yang halus sering kali melewati jaringan perlindungan tradisional tanpa terdeteksi dan berkontribusi pada degradasi peralatan dari waktu ke waktu.

Selain itu, sumber dari banyak gangguan kualitas daya adalah beban-beban yang terhubung ke jaringan yang sama, yang menyebabkan gangguan menyebar melalui fasilitas dan bangunan yang berdekatan. Untuk mengatasi tantangan kualitas daya, perlu dilakukan pemantauan masukan dan gangguan yang ditimbulkan oleh beban. Monitoring kualitas daya dapat memberikan perlindungan yang sesuai untuk peralatan dan dapat membantu mengidentifikasi teknik mitigasi yang sesuai untuk meningkatkan kualitas daya.

Power Quality Analizer Digunakan Untuk Monitoring Jarak Jauh Di Jalur Masuk Suplai Listrik

Power Qualitu Analyzer (PQA) dapat memberikan solusi untuk mendeteksi masalah pada kualitas daya seperti penurunan tegangan, flicker, harmonisa, dan masalah kelistrikan lainnya yang berkaitan.

Jadi, untuk sekarang ini banyak pelaku industri di kawasan Asia Tenggara mulai merangkul konsep monitoring jarak jauh sebab konsep ini mengotomatiskan dan mengontrol proses pengumpulan data dan juga meningkatkan produktivitas tanpa harus mengunjungi ruang pengalih listrik, semuanya jadi serba dimudahkan.

Manfaat Memiliki Monitor Penggunaan Listrik Di Rumah

Dengan danya monitor penggunaan listrik di rumah, pastinya ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Yang jelas, memang adalah kemudahan dalam mengatur penggunaan daya listrik yang ada di rumah Anda agar Anda bisa tahu apakah Anda boros atau tidak dalam menggunakan listrik di rumah.

Selain itu, terdapat manfaat lainnya yang termasuk dalam memiliki monitor penggunaan listrik di rumah, antara lain:

1. Kesadaran Untuk Hemat Energi

Berkat fakta bahwa monitor listrik ini menunjukkan kepada Anda (dalam kW dan waktu nyata) dengan tepat berapa banyak energi yang digunakan rumah Anda, ini membantu Anda menjadi lebih sadar akan penggunaan energi Anda. 

2. Mengetahui Penggunaan Listrik Pada Setiap Alat

Dengan meletakkan monitor penggunaan listrik Anda di tempat yang terlihat (seperti dapur, lorong, atau ruang tamu Anda), Anda tidak akan bisa berhenti memelototinya setiap kali Anda berjalan melewatinya yang dapat membantu memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang hari Anda tentang penggunaan energi saat ini.

3. Mengetahui Peralatan Yang Menyala

Fitur lain yang berguna dari monitor listrik adalah mereka dapat membantu mengingatkan Anda tentang peralatan rumah tangga yang tidak sengaja Anda biarkan menyala.

4. Membuat Anda Berpikir Dua Kali Ketika Menggunakan Alat Dengan Daya Tinggi

Sekarang, tidak ada yang mengatakan jika Anda tidak boleh menjalankan mesin pengering Anda lagi, hanya saja perlu lebih memperhatikan cara Anda menggunakannya. Jadi, alih-alih melakukan sepuluh kali pengeringan setengah penuh, cobalah melakukan lima beban lebih penuh. 

Monitor Penggunaan Listrik Rumah Secara “Real Time”

Karena monitor energi Anda membantu Anda melihat berapa banyak energi yang Anda keluarkan, ini dapat mendorong Anda untuk mengambil langkah-langkah positif tidak peduli seberapa kecil kelihatannya untuk mengurangi penggunaan energi Anda.

Memonitor listrik di rumah Anda secara real time memang sangatlah berguna. Secara real time dan dimanapun Anda berada, ini bisa Anda lakukan. Menarik sekali bukan teknologi monitor penggunaan listrik sekarang ini?

Pengaturan Fungsi Monitoring Jarak Jauh

Dengan adanya pengaturan monitoring listrik jarak jauh, terdapat beberapa benefit yang bisa Anda dapatkan, diantaranya adalah:

1. Menghindari Risiko Pencurian Listrik

Pencurian aliran listrik akan menimbulkan atau menyebabkan imbas yang merugikan bagus perorangan maupun suatu kelompok. Dengan adanya monitoring jarak jauh listrik rumah Anda, maka ketika Anda di luar rumah dan rumah sepi namun ada aktivitas daya listrik di rumah Anda, ada indikasi pencurian listrik ke rumah Anda.

2. Biaya Konsumsi Listrik Lebih Efisien

Penggunaan listrik harus lebih diperhatikan supaya tidak terjadi pembengkakan biaya listrik. Biaya konsumsi listrik menjadi lebih efisien dengan adanya monitoring jarak jauh konsumsi listrik di rumah Anda.

3. Mitigasi Saat Cadangan Daya Bermasalah Lebih Responsif

Ketika ada masalah pada cadangan daya yang ada di rumah Anda, dengan danya monitoring jarak jauh untuk listrik Anda akan menjadi lebih responsif. Jadi, secara real time akan selalu diingatkan kepada Anda.

Cara Menghemat Penggunaan Listrik

Cara terbaik untuk Anda bisa membayar listrik untuk rumah Anda dengan murah adalah dengan cara menghemat penggunaan listrik di rumah Anda.

Bagaimanakah cara untuk menghemat listrik? berikut ini adalah beberapa cara yang sangat efektif:

Ganti Lampu Biasa dengan Lampu LED

Mengapa Anda harus mengganti lampu yang Anda gunakan di rumah Anda dengan menggunakan lampu LED? LED lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu biasa karena intensitas cahayanya lebih besar per 1 watt dibandingkan lampu pada umumnya.

Atur Pemakaian Alat Elektronik yang Membutuhkan Daya Listrik Besar

Mengatur pemakaian alat elektronik dengan daya yang sangat besar sangatlah penting. Misalnya saja menggunakan komputer, gunakanlah dengan bijak agar biaya listrik rumah Anda tidak membengkak setiap bulannya.

Jangan Membiarkan Alat Elektronik Menyala Ketika Tidak Digunakan

Daya siaga dapat mencapai 10% dari penggunaan listrik tahunan rata-rata rumah tangga. Cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan dan hemat penggunaan listrik pada rumah Anda.

Atur Ventilasi Udara Agar Sirkulasi Udara Lebih Baik

Daripada Anda menggunakan AC, atur ventilasi udara Anda mejadi lebih baik. Dengan ventilasi udara yang baik, maka Anda tidak perlu menggunakan pendingin ruangan.

Mulai Kebiasaan Hemat Listrik Secara Bersama

Mulailah untuk menghemat listrik di rumah Anda secara bersama-sama. Semua anggota keluarga atau penghuni rumah harus concern terhadap menghemat listrik.

Gunakan Listrik Prabayar

Listrik prabayar menjadi lebih hemat karena terkesan Anda bisa menggunakan listrik setelah membayarnya. Ketika Anda sudah membayar listrik, tentunya Anda akan berpikiran bahwa untuk menghemat lagi.

Nyalakan Lampu Seperlunya 

Jangan terlalu menggunakan lampu. Matikan lampu pada saat siang hari dan buka jendela dan cahaya matahari akan masuk ke ruangan Anda.

Cabut Kabel dari Stop Kontak Saat Tidak Digunakan

Saat alat elektronik tidak Anda gunakan, cabutlah kabel dari stopkontaknya. Karena, itu masih ada daya yang keluar dan pastinya terhitung pada meteran listrik Anda walaupun tidak digunakan.

Solusi Monitoring Penggunaan Listrik

Monitoring penggunaan listrik di rumah Anda akan semakin lebih mudah. Sistem monitoring energi listrik diterapkan untuk mendeteksi penerapan energi listrik yang diterapkan oleh beban. Dalam cara monitoring ini dilakukan penilaian besaran arus listrik menggunakan sensor arus. Data hasil penilaian yang dilakukan oleh sensor arus akan diolah oleh mikrokontroler.

Menggunakan Smart Home Monitoring Kwh Meter

Berbagai kemudahan bisa Anda dapatkan dengan menggunakan smart home monitoring Kwh meter. Dengan adanya teknologi yang satu ini, tentunya Anda bisa lebih concern terhadap penggunaan listrik Anda.

Instalasi Smart Home Monitoring Kwh Meter

Untuk sekarang ini, memanfaatkan Internet of Thing (IoT) pada rumah Anda yaitu salah satunya adalah smart Kwh meter sangatlah menguntungkan. Anda bisa mengatur daya listrik rumah Anda dimanapun dan kapanpun.

NetData bisa membantu Anda ketika ingin instalasi smart home monitoring Kwh meter secara realtime dan juga online!

Dapatkan penawaran yang menarik dari NetData seperti biaya instalasi yang terjangkau, cepat, mudah, dan juga dengan jaminan kualitas terbaik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup