Apa Saja Sih yang Diperhatikan Untuk Memilih Konsultan Data Center?

Data Center Consultant

Sebagian besar orang, yang namanya data center bukanlah hal baru. Apalagi, untuk perusahaan dengan skala yang besar pastinya sudah tidak asing dengan data center. Namun, tidak semua orang memang paham tentang data center. Tapi, perusahaan berskala besar sudah pasti perlu yang namanya data center. Apakah perusahaan besar saja? Tentu saja tidak! Namun, tidak semua perusahaan paham tentang data center. Maka dari itu, ada yang namanya konsultan data center.

Konsultan data center ini sangat penting untuk perusahaan yang memang tidak terlalu paham tentang adanya data center tapi memerlukannya. 

Mengenal Data Center

Sebelum membahas apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam memilih konsultan data center, ada baiknya untuk Anda perlu tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan data center.

Sekarang ini, banyak perusahaan modern menggunakan komputer di hampir semua aspek dalam menjalankan bisnis dan komunikasi, penyimpanan informasi, akuntansi, dan fungsi bisnis sehari-hari. Pusat data adalah fasilitas fisik terpusat di mana komputer perusahaan, jaringan, penyimpanan, dan peralatan TI lainnya yang mendukung operasi bisnis hidup. Komputer di pusat data berisi atau memfasilitasi aplikasi, layanan, dan data yang sangat penting bagi bisnis.

Apa Itu Data Center?

Data center adalah fasilitas yang menyediakan akses bersama ke aplikasi dan data menggunakan infrastruktur jaringan, komputasi, dan penyimpanan yang kompleks. Standar industri ada untuk membantu dalam merancang, membangun, dan memelihara fasilitas dan infrastruktur data center untuk memastikan data aman dan tersedia dengan baik.

Perlu Anda ketahui, data center terdiri dari berbagai ukuran, dari ruang server kecil hingga kelompok bangunan yang terdistribusi secara geografis, tetapi mereka semua memiliki satu kesamaan: mereka adalah aset bisnis penting di mana perusahaan sering berinvestasi dan menerapkan kemajuan terbaru di pusat data jaringan, komputasi dan teknologi penyimpanan.

Fungsi dari Data Center

Dilihat dari namanya saja, konsultan data center ini karena ada masalah kepegawaian, tidak semua karyawan di kantor memiliki bakat yang bagus tentang mengelola data center. Mengingat masalah kepegawaian ini, apa yang dapat dilakukan manajer data center di lingkungan yang kekurangan staf dan terlalu banyak bekerja? 

Mereka dapat melengkapi dengan konsultan data center dan alat otomatisasi. Manajer data center yang baik dapat mengimbangi kekurangan personel dan melakukan lebih banyak pekerjaan dengan lebih sedikit staf dengan menggunakan beberapa perangkat lunak yang berbeda. Konsultan data center memang merupakan pihak ke-tiga yang ada di perusahaan Anda.

Berikut ini adalah fungsi dari data center yang perlu Anda ketahui:

Backup

Secara otomatis mencadangkan server dan data secara terjadwal.

Kepatuhan 

Menentukan dan menerapkan kebijakan akses berbasis peran untuk persyaratan peraturan internal dan eksternal, seperti Sarbanes-Oxley (SOX), Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran (PCI DSS), dan Undang-Undang Portabilitas dan Akuntabilitas Asuransi Kesehatan tahun 1996 (HIPAA).

Konfigurasi/Penyediaan

  • Ubah manajemen
  • Konfigurasi perangkat
  • Instalasi aplikasi
  • Pemasangan tanpa pengawasan dan penyediaan berbasis gambar, berbasis skrip, atau berbasis template
  • Pembuatan berbagi pengguna dan file
  • Manajemen pencetak
  • Kebijakan grup untuk akses dan manajemen

Discovery

Tentukan dan dokumentasikan apa yang berjalan di jaringan Anda.

Help Desk

  • Masalah pengguna
  • Manajemen insiden
  • Solusi yang telah ditentukan sebelumnya
  • Reporting

Pemantauan

  • Pantau komponen jaringan kritis misi
  • Peringatkan penanggap panggilan saat terjadi masalah
  • Pelaporan waktu aktif

Patching

Secara otomatis mengunduh dan mengirimkan pembaruan server dan perbaikan terbaru ke mesin klien.

Penyediaan

Menyediakan perangkat keras dan kapasitas tambahan, termasuk perangkat keras jaringan, penyimpanan, mesin virtual baru, dan penyediaan telekomunikasi.

Perbaikan 

Setelah mendeteksi masalah, jalankan skrip, program, layanan, atau tugas yang ditentukan untuk memperbaiki masalah.

Penjadwalan 

Memulai tugas atau proses pemeliharaan TI berulang yang dijadwalkan untuk dijalankan di server Anda atau di jaringan Anda.

Service Desk

Menawarkan katalog layanan TI yang dapat diminta dan disediakan oleh pengguna, menggunakan kerangka kerja Manajemen Layanan Teknologi Informasi (ITSM).

Manajemen Ancaman

  • Kelola penyebaran anti-virus dan anti-malware
  • Berikan pembaruan definisi harian dan pembaruan program
  • Laporkan dan selesaikan masalah yang terdeteksi
  • Mendeteksi dan menangani serangan penolakan layanan, peretasan, dan ancaman dari luar.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Sekarang Anda sudah tahu pengertian tentang data center dan fungsi data center. Jika Anda sudah berniat untuk membuat data center yang Anda gunakan untuk perusahaan Anda, apa saja yang perlu Anda perhatikan untuk membuat data center yang baik?

Terdapat beberapa point yang Anda perhatikan dalam membuat data center yang bagus, antara lain adalah:

1. Sumber Daya Listrik

Kebutuhan listrik sebuah data center bisa sangat besar. Luangkan waktu untuk merencanakan kebutuhan yang Anda miliki saat ini, dan kebutuhan potensial yang akan Anda miliki di masa depan.

2. Sistem Pemrosesan dan Penyimpanan

Semua data center memiliki batas kapasitasnya tanpa meningkatkan infrastruktur. Variabel seperti keandalan jaringan, kecepatan, dan bahkan keamanan dapat memberi Anda gambaran tentang seberapa kuat jaringan yang dibangun.

Dengan asumsi Anda memilih data center yang mendukung kabel fiber optic, Anda harus memastikan mereka memiliki ruang dan kekuatan untuk memenuhi kebutuhan masa depan Anda. Identifikasi berapa banyak yang dapat Anda butuhkan seiring pertumbuhan perusahaan sehingga Anda dapat merencanakan untuk mendapatkan lebih banyak bandwidth sejak awal.

3. Sistem Keamanan

Memiliki sistem keamanan yang tepat sangat penting untuk data center. Karena ini menampung semua data dan aplikasi perusahaan Anda, pelanggaran dapat berarti bencana bagi bisnis Anda.

Data center harus menggunakan perangkat lunak dan teknologi yang melindungi aset Anda, tetapi juga harus memiliki keamanan fisik yang kuat. Data center harus memiliki kunci yang tepat, pengawasan, dan tergantung pada ukurannya, bahkan personel keamanan.

4. Bandwidth

Persyaratan inti untuk memperkirakan kebutuhan bandwidth secara akurat adalah membangun sistem untuk memantau dan melacak metrik jaringan.

5. IP Provider

Daripada membangun dan mengoperasikan pusat data pribadi, bisnis dapat memilih colocation, memilih untuk menyewa atau menyewakan kapasitas data center yang ditawarkan oleh penyedia colocation jarak jauh dan mengakses colocation melalui WAN, seperti internet.

Colocation berfokus pada TI dan dimaksudkan untuk memberikan beberapa tingkat dukungan data center untuk bisnis client. Pada level terendah, penyedia colocation memelihara dan menawarkan akses klien ke fasilitas dasar, termasuk ruang bangunan fisik, daya, pendinginan, keamanan fisik, dan akses telekomunikasi untuk dukungan WAN.

Apa Saja Sih yang Diperhatikan Untuk Memilih Konsultan Data Center?

Ketika Anda sudah tahu betapa pentingnya data center, sekarang adalah saatnya untuk memilih konsultan data center. 

Seorang konsultan data center memang memerankan peranan sangat penting dalam memanajemen data center. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih konsultan data center terbaik.

Mengapa Tidak Boleh Sembarang Pilih Konsultan Data Center?

Anda tidak boleh dengan sembarangan memilih konsultan data center. Seorang konsultan yang baik mampu menunjang bisnis pada perusahaan Anda. Sebaliknya, konsultan data center yang tidak bagus malah akan merugikan perusahaan Anda.

Apa saja akibat ketika Anda memilih dengan sembarangan konsultan data center?

1. Produktivitas Berkurang

 Jika Anda tidak concern dengan memilih konsultan data center, yang ada bukan membuat produktivitas perusahaan Anda bertambah malah berkurang. Pilihlah konsultan data center dengan pengalaman yang lama dan professional, pasti mereka akan benar-benar mengurus data center Anda dengan baik agar Anda bisa fokus dengan aktivitas bisnis Anda.

2. Reputasi Bisnis Tercoreng

Ketika Anda memilih konsultan data center yang buruk, ini akan berujung kepada reputasi bisnis Anda yang malah tercoreng. Tentunya infrastruktur perusahaan yang bagus akan menaikkan reputasi perusahaan Anda bukan? Jika tidak? Maka reputasi perusahaan Anda akan buruk dan Anda susah mendapatkan konsumen.

3. Kehilangan Transaksi

Transaksi secara online memang sekarang ini sangat banyak digunakan. Bayangkan saja ketika data center down, betapa ruginya perusahaan Anda. Maka dari itu, pastikan konsultan data center yang Anda sewa berkompeten untuk bisa mengatasi data center down dengan cepat bahkan bisa mencegahnya adalah hal yang lebih baik.

4. Data Hilang atau Dicuri

Konsultan data center yang tidak terpercaya malah akan membuat data perusahaan Anda hilang atau dicuri. Bahaya sekali bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup