Faktor yang Menyebabkan Kenapa Jaringan Jelek

Why The Network Bad

Kecepatan internet di zaman modern saat ini memang sudah meningkat secara drastis. Dengan kecepatan akses internet yang cepat maka pengunduhan data atau pengunggahan data menjadi lebih cepat. Namun ada beberapa kasus kenapa jaringan jelek yang menjadikan kecepatan internet menjadi menurun hingga tidak stabil.

Dengan jaringan yang tidak stabil dan kecepatan yang menurun ini akan menyebabkan berbagai masalah seperti mengganggu acara bisnis seperti gangguan streaming video meeting, terlambatnya mengirim email bisnis, hingga memberikan kesan tidak profesional terhadap client.

Oleh karena itu kita akan membahas lebih dalam lagi tentang penyebab kenapa jaringan jelek hingga membahas bagaimana cara mengatasi jaringan yang benar berikut ini.

Pengertian Internet

Pengertian internet adalah merupakan sekumpulan komputer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dunia.

Internet dapat dianalogikan sebagai perpusatakan besar yang memiliki berbagai macam informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Didalam kamus KBBI internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang dapat menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia.

Jaringan ini dapat dibuat serta disusun didalam koneksi telepon ataupun satelit. Sedangkan menurut pakar dibidang teknologi informasi Onno W.Purbo internet ini adalah media yang memungkinkan proses komunikasi dapat berjalan secara efisien dengan tersambungnya perangkat ke beragam aplikasi.

Definisi sederhana bahwa internet ini merupakan jaringan yang terdiri dari jutaan komputer di seluruh dunia yang tersambung ke dalam satu jaringan melalui protokol TCP/IP.

Internet ini dapat memberikan informasi yang tersedia mulai dari bentuk tulisan, gambar, serta format multimedia.

Awal Mula Terciptanya Jaringan Internet

Dalam sejarahnya internet ini mulai diperkenalkan oleh badan riset ARPA dari Amerika Serikat sekitar tahun 1969. Yang mana bernama ARPANET.

Jaringan ARPANET dikembangkan hingga tahun 1980an, jaringan ini dapat menghubungkan Universitas ternama di Amerika Serikat dengan akses yang terbatas.

Perkembangan internet ini semakin berkembang dengan dilucnrukannya protokol TCP/IP Amerika Serikat merubah nama ARPANET menjadi National Science Foundation Network (NSFNET) di tahun 1986.

Sehingga pada tahun 1993 sebuah sistem komputer dapat terhubung secara langsung ke jaringan internet dengan alamat IP serta domain yang berupa simbol numerik sebagai identitas pengenal komputer.

Saat ini internet juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi diberbagai perangkat dengan teknologi yang canggih.

Manfaat Internet

Internet adalah jaringan elektronik komputer yang memiliki manfaat serta kegunaan untuk kehidupan manusia modern. Dibawah ini adalah beberapa manfaat internet yang dapat dipakai sebagai jaringan internet: 

Sumber Informasi

Manfaat internet pertama adalah menyediakan beragam informasi yang digunakan sebagai sumebr informasi oleh berbagai perangkat di dunia yang mendukung pertukaran data. Setiap orang yang mengakses internet maka ia perlu memasukan kata kunci di mesin pencarian untuk mendapatkan informasi yang ia cari.

Hiburan

Internet juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan. Dimana jaringan ini dapat mendukung berbagai macam bentuk data mulai dari tulisan, foto, video, serta audio yang dapat diunggah dan dibagikan.

Sarana Pendukung Kegiatan Ekonomi

Aktivitas ekonomi saat ini bisa juga dilakukan di dunia maya. Yang mana dengan kehadiran internet sudah membuka peluang yang siapa saja melakukan kegiatan ekonomi melalui e-commerce yang dapat memudahkan penggunanya untuk mencari dan membeli barang yang di inginkan. Lalu penjual dapat meraup keuntungan dari barang atau jasa yang ia jual dengan platform e-commerce atau media sosial.

Pendidikan dan Budaya

Internet mendapatkan sarana untuk memperoleh informasi dengan ilai edukasi yang cukup tinggi. Di internet Anda dapat menemukan berbagai literasi baik buku, jurnal atau hasil penelitian dalam bentuk elektronik. 

Macam Macam Perangkat Jaringan Internet

Sebelum membahas penyebab kenapa jaringan kita perlu membahas tentang apa saja perangkat jaringan komputer yang berpengaruh terhadap kelancaran sebuah jaringan berikut ini:

Modem

Modulator demodulator atau Modem adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang cukup sangat penting untuk menghubungkan perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk merubah dari sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya. Modem ini bentuknya bermacam-macam biasanya berbentuk seperti usb stick.

Router

Router adalah perangkat jaringan yang berperan sebagai penghubung antar jaringan komputer untuk berbagi jaringan internet dengan protokol TCP/IP pada komputer client. Yang mana setiap client mendapatkan dengan alamat IP yang berbeda.

Access Point

Access point adalah fungsi untuk mentransmisikan sinyal wireless yang berasal dari router atau kabel jaringan sehingga sinyal yang diterima oleh komputer client ini menjadi lebih stabil.

Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menggabungkan antar jaringan lokal kedalam jaringan lokal yang lebih besar. 

Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk membagi jaringan dari satu server ke beberapa client melalui jaringan lokal.

Switch terdapat beberapa port yang sesuai kelipatan dari 4,8,16,32 dan seterusnya. Fungsi switch membedakan dari hub adalah memiliki kecerdasan yang mampu membatasi serta mengelolae besarnya paket data yang ditransmisikan di setiap client yang terhubung.

Kecepatan Akses Internet

Beralih ke bahasan kecepatan akses internet dimana sangat penting untuk memahani kenapa jaringan jelek di perangkat smartphone atau komputer Anda.

Kecepatan akses internet ada dua yakni upstream dan downstream. Kecepatan akses Upstream merupakan kecepatan transfer dari komputer ke server. Serta kecepatan downstream merupakan kecepatan dalam mengambil data dari server ke komputer.

Disaat Anda mencari informasi di internet menggunakan mesin pencarian kegiatan ini akan masuk dalam kecepatan downstream internet. Adapun satuan kecepatan akses internet baik upstream atau downstream adalah Bit per second atau bps. 

Sehingga kecepatan internet dapat diukur dengan setiap detiknya data dapat dipindahkan dari server ke komputer ataupun sebaliknya.

Ukuran Kecepatan Internet

Berbicara tentang ukuran kecepatan internet memang berbeda sesuai dengan provider atau saluran yang Anda gunakan untuk mengakses internet. Untuk ukuran kecepatan internet adalah besarnya bandwidth atau lebar pita.

Bandwidth adalah ukuran jalur perpindahan data dari besarnya kapasitas data tersebut. Kecepatan akses akan semakin besar apabila bandwidth yang dimiliki juga besar.

Kecepatan akses internet juga sama apabila jumlah data yang melewati media dalam kurun waktu satu detik. Biasanya rata-rata kecepatan dial up di Indonesia adalah sekitar 56 kbps. Dengan kecepatan transfer dapat dilakukan pad komunikasi wireless dengan frekuensi 2.4 GHz sama dengan 2 Mbps.

Kecepatan Akses dengan Wifi

Kecepatan akses teknologi WiFi biasanya digunakan oleh perusahaan dan perkantoran untuk dapat mempermudah koneksi karyawan ke jaringan internal. Karena WiFi memiliki kemampuan akses hingga 11 Mbps dengan standart IEEE 802 11 dengan empat variasi.

Kecepatan Akses dengan Wireless Broadband

Wireless broadband memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi daripada WiFi biasa yang mana sudah menjadi standart internet dari wireless. Wireless broadband ini dapat diakses hingga jarak 1 Km dari pemancarnya.

Tidak hanya itu saja wireless broadband mampu menyambungkan perangkat di dalam kendaraan dengan kecepatan 60 km perjam. Dengan teknologi yang canggih kecepatan wireless broadband hingga bisa mengirimkan data hingga 50 Mbps. Sedangkan untuk kecepatan HSDPA hanya dapat mampu mengirimkan data dengan kecepatan 14 Mbps.

Mengukur Kecepatan Internet

Untuk mengetahui kenapa jaringan jelek biasanya kita perlu mengukur kecepatan internet di perangkat kita terlebih dahulu. Adapun cara mengukur kecepatan internet dengan menggunakan cara berikut ini:

  • Cek komputer atau laptop.

Komputer atau laptop dapat digunakan untuk mengukur kecepatan akses internet harus dalam keadaan yang bersih dari berbagai virus, malware, serta aplikasi yang berbahaya lainnya.

  • Hindari download atau upload

Apabila komputer Anda sedang terhubung ke komputer lain melalui internet, pertama Anda perlu memastikan Anda tidak dalam keadaan sedang mengunggah atau mengunduh data terlebih dahulu.

  • Koneksi internet pada server

Anda dapat menonaktifkan jaringan lokal supaya komputer lain tidak dapat terhubung ke internet. Sehingga komputer server hanya terkoneksi ke router saja hal ini juga dapat menjadi penyebab kenapa jaringan jelek di perangkat Anda.

  • Membuka web Speedtest Net

Jika komputer bersih dan siap, maka Anda dapat membuka website Speedtest.net. website ini didedikasikan untuk pengguna internet yang dapat mengukur kecepatan internet pengguna. Speedtest ini dapat diakses menggunakan modem, ADSL, astinet dan sebagainya.

  • Pengukuran dengan Speedtest Net

Pengukuran menggunakan Speedtest.net memang sangat akurat. Yang mana speedtest ini menggunakan jaringan internal sehingga mampu memberikan hasil bahwa modem yang digunakan sudah cocok dan baik digunakan atau tidak yang mungkin bisa mengetahui penyebab kenapa jaringan jelek di perangkat Anda.

Penyebab Kenapa Jaringan Jelek  ?

Dari beberapa penjelasan seputar kecepatan internet diatas, kita sekarang akan membahas faktor-faktor penyebab kenapa jaringan jelek.

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Jaringan Internet !

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan jaringan internet sehingga kenapa jaringan jelek di perangkat Anda.

  • Komputer atau Laptop

Faktor kenapa jaringan jelek yang pertama adalah komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk mengakses internet. Karena setiap komputer memiliki spesifikasi yang berbeda-beda jika memori RAM dan tempat penyimpanan data HDD Anda memiliki kecepatan yang rendah maka kecepatan akses internet Anda juga ikut rendah.

  • Modem

Modem merupakan faktor utama kenapa jaringan jelek yang dapat mempengaruhi kecepatan internet yang Anda gunakan. Kecepatan modem ini memiliki variasi yang bermacam-macam tergantung dari teknologi modem tersebut. Apabila modem yang digunakan hanya mampu menggunakan kecepatan 56 kbps saja maka sudah dipastikan kecepatan modem Anda sangat lambat

  • Bandwidth

Bandwidh merupakan luas frekuensi yang dapat digunakan oleh sinyal dalam media transmisi sehingga sangat mempengaruhi penyebab kenapa jaringan jelek.

Semakin besar bandwidth yang disediakan layanan internet Anda maka akan semakin cepat kecepatan internet Anda.

  • Jaringan Komunikasi

Adapun jaringan komunikasi dalam mengakses internet, ada beberapa layanan yang tersedia seperti satelit, GPRS, CDMA dan kabel telepon.

  • Jumlah Pengguna

Faktor lain yang dapat mempengaruhi kenapa jaringan jelek adalah banyaknya pengguna yang mengakses internet dalam waktu yang bersamaan. Biasanya pengguna jaringan seluler mendapatkan penurunan kecepatan internet di jam-jam tertentu misalnya di antara jam 8 pagi hingga 3 sore yang merupakan jam sibuk jaringan. 

Kesimpulan

Dari beberapa ulasan tentang penyebab kenapa jaringan jelek diatas dapat kita simpulkan bahwa ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kualitas jaringan internet di perangkat Anda.

Netdata menyarankan untuk menggunakan modem yang memiliki kecepatan yang tinggi serta memilih penyedia layanan internet yang terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup