Apasih Kegunaan Kabel Fiber Optik?

Fiber Optik

Fiber optik, ya pasti Anda yang pernah ditawarkan untuk pemasangan internet broadband di rumah Anda sudah tidak asing dengan istilah teknologi internet terbaru ini.

Fiber optik ini menjadi salah satu tumpuan teknologi untuk menyedia layanan internet selain satelit. Teknlogi satelit memang berbeda menggunakan media berupa udara dan ruang hampa. 

Fiber optik ini menggunakna media penghantar cahaya dimana kabel jenis ini memiliki bandwidth yang cukup besar yang dapat mengalirkan data lebih cepat ketimbang dengan kabel konvensional.

Khusus diartikel kali ini kita akan lebih dalam membahas kabel tersebut yang menjadi teknologi jaringan internet tercanggih saat ini. 

Kabel Fiber Optik

Sebelum membahas lebih dalam mengenai manfaat serta jenis kabel fiber optik ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kabel jenis ini sendiri.

Mari kita simak beberapa penjelasan meliputi sejarah, pengertian, cara kerja, serta kelebihan dari kabel tersebut berikut ini.

Sejarah Fiber Optik

Sejarah kabel jenis ini perlu kita ulas mundur dari zaman 1930 seorang mahasiswa kedokteran bernama Heinrich Lamm menemukan serat optiok yang meneliticahaya untuk pembawa informasi.

Lamm mengawali eksperimennya untuk mentransmisikan cahaya lewat serat optik. Saat itu penelitian lamm masih belum sempurna namun sudah mentransmisi cahaya melalui bahan serta optik.

Lalu penelitian serat optik ini di teruskan oleh para ilmuwan inggris yang tahun 1958 yang diusulkan serat optik prototipe saat itu yang terbuat dari inti kaca yang dibungkus dengan kaca lainnya.

Kemudian di tahun 1973 John MacChesney dan Paul O. Connor di Bell Laboratories, New jersey, Amerika Serikat, telah ikut mengembangkan uap proses pengendapan uap kimia ke bentuk ultratransparent glass yang kemudian menghasilkan serat optik yang memiliki daya yang jauh lebih kecil dan dapat diproduksi secara masal.

Pengertian Fiber Optik

Kabel fiber optik adalah kabel yang terdiri dari serat optik dalam pelindung jaket yang terisolasi.

Fiber optik adalah untaian kaca murni yang sangat tipis yang mampu membawa informasi dalam bentuk cahaya.

Kabel ini sendiri merupakan evolusi dari media komunikasi jaringan sejak empat dekade terakhir.

Kabel ini juga hampir menghilangkan metode jaringan tradisional yang masih menggunakan kabel logam untuk menyediakan bandwidth yang lebih tinggi dan mentransmisikan data jarak yang lebih jauh.

Cara Kerja Fiber Optik

Berbicara soal cara kerja kabel jenis ini dapat digunakan sesuai kebutuhannya. Biasanya kabel ini digunakan sebagai tulang punggung pada jaringan, contohnya untuk menghubungkan jaringan antar pulau, menghubungkan antara kantor cabang, gedung dan lainnya.

Kabel jenis ini memiliki manfaat untuk mentransmisikan jutaan data dari cabang kantor ke kantor pusat hingga melintasi pulau ke pulau.

Beberapa hal yang Anda perlu ketahui adalah jaringan antar pulau dari Bali dan Papua yang terdiri dari jenis kabel tersebut.

Sehinga kabel fiber optik dari Kota Jakarta ditarik melalui jalur laut yang ditarik oleh kabal menuju fdata center yang ada di pulau Bali.

Kemudian baru sinyal satelit memberikan respon bahwa Anda sedang berkomunikasi menggunakan internet maupun telepon. Karena tanpa transmisi dari jenis kabel tingkat loss singnal akan sangat tinggi atau dapat juga mengalami delay dengan koneksi internet yang cukup lama.

Kelebihan Fiber Optik

Adapun beberapa kelebihan fiber optik meliputi:

Kemampuan jenis kabel yang sangat baik dalam mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dalam jarak transmisi yang cukup jauh.

Memiliki kecepatan transmisi yang cukup tinggi sehingga mencapai ukuran gigabits, namun rentan sekali kehilangan data yang sangat rendah.

Dapat meningkatkan keamanan kabel yang cukup tinggi, sehingga dapat mempengaruhi interferensi sinyal radio, motor, serta kabel-kabel yang ada di sekitarnya, dapat membuat kabel lebih banyak digunakan dalam infrastruktur perbankan atau perusahaan yang membutuhkan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Tahan dengan lingkungan yang panas dan mudah terbakar.

Fiber optic ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada kabel tembaga sehingga dapat menghemat tempat data center.

Jenis Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik memiliki dua jenis berbeda antara lain: 

Kabel Fiber Optik Single Mode

Sesuai dengan namanya bahwa kabel single mode ini merupakan kabel optik dengan transmisi tunggal yang memiliki satu inti untuk menyebarkan cahaya. Pada bagian inti kabel ini memang cukup kecil diametrnya, hanya 9 mikrometer saja.

Kabel Fiber Optik Multimode

 

Jenis lain berasal dari kabel Optik adalah Kabel jenis Multimode. Berbeda dengan Single Mode, kabel ini mempunyai transmisi banyak sehingga mampu menyebarkan sinar dalam satu waktu. Ukuran inti kabel optic ini lebih besar, yakni kurang lebih 625 mikrometer.

Komponen Fiber Optik

Untuk lebih tahu secara lengkap, fiber optic terhitung dibedakan menjadi lebih dari satu anggota penyusun, antara lain:

Inti

Pada bagian inti sebuah Kabel jenis ini adalah bagian terpenting yang mana serat kaca, bagian ini biasanya memiliki diameter 2-5 mikrometer.

Inti ini memiliki ukuran semakin besar menandakan semakin baik pula kualitas Kabel tersebut.

Cladding

Cladding merupakan bagian jaket atau pelindung pada sebuah jenis kabel yang berfungsi untuk melindungi inti.

Diameter Cladding ini dengan ukuran 5-250 mikrometer yang memancarkan sinar dari luar ke bagian inti tersebut.

Mantel

Mantel merupakan bagian yang sama seperti cladding yang berfungsi sebagai jaket yang mana sama-sama melindungi bagian inti. Perlindungan bagian inti perlu berlapis-lapir sehingga memberikan ketahanan terhadap kabel untuk mempertahankan kualitas pengiriman data. Bagian mantel ini biasanya disusun dengan dalam warna yang berbeda-beda.

Outer Jacket Dan Strength Member

Dua komponen terakhir ini merupakan pelindung utama dalam sebuah Kabel Fiber Optik yakni outer jaket serta strength member. Fungsinya yang mana juga sama dengan bagian mantel dan cladding yang juga dapat melindungi inti dari kerusakan.

Kegunaan Fiber Optik Dalam Berbagai Bidang

Kabel serat optik memiliki kegunaan yang tidak disadari sangat berguna di kehidupan masing-masing antara lain:

Internet

Kabel fiber optik dapat mengirimkan kecepatan sangat tinggi dengan sejumlah besar data. Maka dari itu teknologi ini biasanya digunakan untuk kabel internet. Dibandingkan dengan kabel tembaga konvensional, kabel jenis ini jauh lebih ringan, kecil, fleksibel, dan dapat membawa banyak data.

Televisi Kabel

Penggunaan kabel transmisi sinyal kabel telah tumbuh eksplosif selama bertahun-tahun.

Kabel ini ideal yang mentransmisikan sinyal untuk penggunaan tv kabel dengan bandwidth dan kecepatan yang lebih tinggi. Kabel ini lebih murah yang dibandingkan dengan jumlah yang sama dari kabel konvensional.

Telepon

Telepon merupakan salah satu alat telekomunikasi yang paling populer hingga saat ini yang sudah mengalami perkembangan yang sangat signifikan dengan menggunakan teknologi ini. Kita dapat terhubung lebih cepat dan mendapatkan suara yang jelas tanpa ada jeda di kedua sisinya.

Jaringan Komputer

Jaringan antar komputer terutama di dalam suatu wilayah yang dekat seperti satu gedung lebih mudah dan lebih cepat menggunakan kabel serat optik.

Dengan penurunan waktu yang diperlukan untuk mentransmisikan sumber daya dan informasi di seluruh jaringan.

Kedokteran

Kabel jenis ini juga banyak digunakan di bidang kedokteran serta penelitian. Komunikasi optik digunakan untuk metode bedan non intrusif atau endoskopi. Pengaplikasian ini hanya membutuhkan satu menit, cahaya terang yang digunakan untuk tubuh untuk menerangi area operasi untuk tubuh, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan. Kabel ini juga dapat digunakan untuk penelitian mikroskop dan biomedis.

Pencahayaan Dan Dekorasi

Penggunaan kabel ini di bidang iluminasi dekoratif juga sudah berkembang sepanjang bertahun-tahun. Kabel fo memberi tambahan solusi yang mudah, ekonomis dan menarik untuk proyek pencahayaan. Sebagai hasilnya, mereka banyak digunakan dalam dekorasi pencahayaan dan pohon Natal yang menyala.

Inspeksi Mekanis

Kecepatan yang dapat diandalkan ini juga sangat berguna di tempat-tempat inspeksi yang sulit dijangkau. Contohnya yakni pada tempat inspeksi para engineer dan juga inspeksi pipa dan piping engineer.

Aplikasi Militer Dan Luar Angkasa

Kabel jenis ini juga menawarkan tingkat keamanan data yang tinggi serta sangat diperlukan dalam aplikasi militer dan luar angkasa. 

Industri Otomotif

Dengan penggunaan kabel jenis ini memainkan peran penting dalam fitur keselamatan dan pencahayaan mobil modern.

Dimana pencahayaan, baik di interior maupun di eksterior mobil dengan kabel ini mampu menghemat ruang dan memberikan pencahayaan yang lebih unggul serta dapat digunakan di lebih banyak kendaraan setiap harinya.

Itulah pembahasan kita seputar ke apa itu kabel fiber optik dari Netdata, yang mana dapat memiliki kegunaan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan hampir segala bidang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup