Kendalikan Penggunaan Water Meter Jarak Jauh dengan Smart Home

Water Meter

Water Meter – Kebutuhan akan pasokan air untuk kebutuhan rumah tangga ataupun industri memang sangat vital sekali. Dimana pasokan air ini bisa didapatkan dengan cara membuat sumur air ataupun menggunakan layanan saluran air dari PAM atau perusahaan air minum. 

Bagi Anda yang rumahnya menggunakan layanan saluran air minum tentu akan menggunakan yang namanya water meter untuk menghitung penggunaan air setiap harinya yang akan diakumulasikan setiap bulan.

Dengan menggunakan alat ini akan memudahkan kita untuk memantau penggunaan air yang kita gunakan, namun alat ini ini biasanya terletak di dalam tanah yang tidak sedikit kasus kesulitan untuk mengaksesnya apalagi memantaunya setiap hari.

Nah tahukah Anda saat ini kita sudah ada teknologi yang dapat memudahkan kita dalam memantau penggunaan air secara jarah jauh loh yakni water meter yang sudah terintegrasi dengan smart home.

Apa sih keunggulan dari meteran air yang menggunakan smart home? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Mengenal Water Meter

Water meter atau meteran air adalah alat yang digunakan untuk mengetahui jumlah air yang sudah digunakan dan menghitung biaya yang harus dibayarkan. Setiap perumahan ataupun tempat usaha pasti memiliki water meter khususnya untuk yang menggunakan saluran PDAM sebagai sumber airnya. 

Pengertian Water Meter

Pengertian meteran air adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah volume air yang dialirkan melalui saluran pipa yang dilengkapi juga dengan alat penghitung. Alat penghitung ini terdiri dari unit penghitung, unit sensor, dan unit indikator pengukur untuk mendukung cara kerja dari water meter tersebut.

Fungsi Water Meter

Fungsi water meter selain untuk pemakainya, juga memiliki peran penting bagi perusahaan air minum agar dapat memantau penggunaan air pelanggannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat atau fungsi dari water meter:

Menghitung Biaya Produksi

Meteran air akan memastikan pelanggan mengenai jumlah biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan jumlah air yang digunakan.

Mengukur Cairan di Industri Makanan

Khusus dari industri makanan, flow meter digunakan untuk menambah hasil dari produksinya. Caranya yakni perusahaan yang menggunakan batching system untuk mengukur jumlah air dalam proses pembuatan makanan.

Mengolah Limbah

Meteran air juga dapat bermanfaat untuk pengolahan limbah. Meteran air dapat mengukur kimia yang digunakan, seperti flokulan dan koagulan. Yang nantinya pengolahan limbah dapat dijadikan sebagai acuan.

Mengecek Kinerja Mesin

Bagi perusahaan manufaktur penggunaan meteran air digital juga sangat bermanfaat. Alat ini mampu memantau mekanisme dan kapasitas pompa, kompresor, dan cooling system. Sehingga perusahaan dapat mengetahui kerusakan mesin dari awal. 

Mengontrol Volume Cairan

Flow meter dapat berperan penting dalam pengawasan aliran air, yang mana hasil dari pengukuran ini dapat berbentuk rekaman, penyimpanan data, dan PLC.

Jenis-jenis Meteran Air

Meteran air sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan menurut cara kerjanya, antara lain:

        1. Positive Displacement (Volume)

Meteran air jensi ini termasuk dalam golongan kelas C yang cocok digunakan untuk pelanggan industri kecil atau domestik.

Mekanik dalam meteran iar ini mampu menggerakan angka meter didasarkan dari volume ruangan yang sudah ditentukan oleh pabrik sehingga disebut dengan meter volumetric.

Adapun kelebihan dari meteran air jenis ini adalah Kesimpulan yakni:

  • Memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi.
  • Sangat mudah dipahami dan dibaca tanpa membutuhkan keahlian khusus.
  • Dapat dibaca di aliran dengan tekanan yang rendah.
  • Dapat dipasang di semua posisi.

Namun meteran air ini sangat sensifit sehingga mudah sekali rusak apabila ada kotoran atau pasir yang masuk dengan tekanan yang besar. Meteran positive displacement sendiri terdiri dari 2 jenis yakni:

  • Nutating Disc Meter

Ciri khas meteran air adalah terdapat lempengan yang terbentuk cakram dibagian dalam bodyu meter.

Cakram tersebut dihubungkan dengan register meter dan berputar seiirng dengan masuknya air ke dalam alat meteran air. Untuk ukuran cakram ini bisa dijadikan patokan kuantitas air yang masuk dan akan dicatat di meteran.

  • Oscillating Piston

Meteran air jenis piston memiliki semacam gayung akan berputar sehingga dapat berputar dan menghitung air yang lewat dalam saluran. 

Apabila pergerakan gayung semakin cepat maka volume air yang diukur akan semakin banyak. Terdapat check valve untuk mencegah air berbalik arah, namun kelemahanya ukuran dari saringan gayung ini cukup kecil sehingga dapat mengakibatkan meteran ini mudah macet terkena pasir.

      2. Non Displacement (Non Volume)

Namun begitu, meteran air non displacement adalah kebalikan dari positive displacement. Apabila beberapa jenis meteran iar yang termasuk non volume meliputi.

  • Velocity meter

Meteran tersebut memiliki mekanisme pergerakan lajur air yang terdapat didalam meteran untuk menghubungi angka register meter.

Hasil dari pengukuran volume air ini dapat dikonversikan dari menjadi kecepatan air secara akurat.

  • Meteran air turbin

Meteran air turbin ini memiliki beberapa keping kipas ataui rotor yang dipasang disumbu rotor. Cara kerjanya yakni untuk menggunakan kecepatan air untuk memutar baling-baling dan diteruskan kepada register yang nantinya akan dikonversi emnjadi volume.

Meteran yang diciptakan oleh Reinhard Woltman ini memiliki beberapa keping kipas atau rotor yang dipasangkan pada sumbu as. Cara kerjanya menggunakan kecepatan air untuk memutar baling-baling dan diteruskan pada register untuk kemudian dikonversi menjadi volume.

Mengenal Smarthome

Tadinya kita sudah membahas seputar apa itu meteran air. Saat ini kita akan membahas seputar teknologi smart home.

Pernahkah Anda melihat sebuah film yang menujukan bahwa ada rumah yang memiliki teknologi yang sangat canggih, dimana rumah tersebut serta otomatis yang mana rumah ini mengadopsi teknologi yang namanya smart home system.

Smart home system ini mengacu kepada pengaturan rumah yang nyaman dimana peralatan serta peralatan ini dapat dikontrol secara otomatis dan jarak jauh menggunakan koneksi internet. Sistem ini dapat diakses menggunakan perangkat seluler ataupun perangkat jaringan lainnya.

Maka dari itu kita akan mengkaitkan smart home system untuk mengakses monitoring alat water meter atau meteran air.

Pengertian Dari Smarthome

Sebelum terkait ke penggunaan alat water meter dengan teknologi smart home. Yang mana teknologi smart home ini mampu mengatur dan mengelola perangkat, furniture, dekorasi rumah, barang elektronik dari jarak jauh dari mana saja dan kapan saja.

Pengaturan dapat dilakukan tentunya dengan mengandalkan koneksi internet jarak jauh menggunakan smartphone.

Sistem smart home menghubungkan seluruh perangkat di rumah sehingga dapat memudahkan penghuni dalam mengontrol beragam fungsi seperti akses keamanan ke rumah, suhu ruangan, pencahayaan, mengaktifkan AC, serta mematikan TV bahkan home theater jarak jauh. Rumah dilengkapi dengan smart home hampir tidak ada bedanya dengan rumah pada umumnya.

Manfaat Smart Home

Berbicara tentang manfaat smart home tentu akan memudahkan dan meningkatkan daya tarik dari sebuah rumah. Mari kita simak beberapa manfaat smart home berikut ini.

  • Tingkat Keamanan Rumah Tinggi

Rumah dengan smart home akan meningkatkan sistem keamanan yang lebih baik untuk meminimalisir resiko terjadi kebobolan oleh pencuri hingga rampok. 

Dengan smart home akan membuat rumah menjadi lebih aman dengan kunci otomatis, kamera pengamanan, bahkan suhu rumah dapat dideteksi dengan teknologi.

  • Ramah Lingkungan dan Canggih

Smart home juga identik dengan penggunaan listrik tenaga surya yang digunakan untuk kebutuhan penerangan, air panas, sistem penampungan air hujan ataupun dengan saluran air tanah.

  • Memudahkan Aktivitas Harian

Kelebihan dari penggunaan smart home adalah merasakan kemudahan dan kepraktisan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Karena hanya dengan menggunakan smartphone Anda dapat mengendalikan semua perangkat yang terhubung ke satu jaringan rumah Anda.

Penggunaan Water Meter Jarak Jauh dengan Smart Home

Tadi kita sudah membahas tentang water meter serta smart home. Tahukah Anda bahwa perkembangan internet of things saat ini juga berpengaruh terhadap teknologi water meter yang bernama smart water meter.

Kendalikan Penggunaan Water Meter Jarak Jauh dengan Smart Home

Teknologi smart water meter ini memudahkan pembacaan penggunaan air yang dapat dilakukan dengan cara otomatis.

Smart water meter adalah alat untuk mengukur banyaknya volume air yang digunakan oleh pengguna air dengan cara otomatis yang terekam dalam sebuah server khusus sehingga dapat menyesuaikan antara jumlah penggunaan yang menentukan biaya yang digunakan.

Sehingga menghindari adanya tunggakan terhadap pembayaran pelanggan ataupun kelebihan bayar.

Smart water meter ini juga sudah terintegrasi dalam aplikasi seluler, memiliki mode pengoperasian prabayar menggunakan token generator dengan mengisi saldo dan memiliki sistem valve otomatis jika saldo telah habis.

Perbedaan Water Meter Mekanik dan Smart Water Mater

Lalu apa sih bedanya water meter mekanik dan smart water meter, mari kita simak berikut ini:

Water meter mekanik:

  • Water mekanik memiliki resiko kebocoran penggunaan yang cukup tinggi dan tidak terekamnya penggunaan dari waktu ke waktu.
  • Sering terjadinya kesalahan terhadap penghitungan akibat penghitungan manual.
  • Tunggakan pembayaran dari konsumen.

Smart Water Meter:

  • Dengan pemantauan secara otomatis maka akan meminimalisir kebocoran dalam penggunaan air, penggunaan air sehingga dapat terekam dari waktu ke waktu, valve akan tertutup secara otomatis apabila saldo habis.
  • Penghitungan dapat dilakukan secara otomatis dan akurat dengan sistem terintegrasi.
  • Tidak adanya tunggakan pembayaran, karena pembayaran sudah menggunakan sistem prabayar sehingga jauh lebih hemat.

Kesimpulan

Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa internet of things sudah merambah ke bidang air yang dapat memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam memenuhi kebutuhan air rumah tangga maupun industri.

NetData menyediakan alat water meter yang dapat diintegrasikan ke dalam satu jaringan smart home yang dinamakan dengan smart water meter yang canggih.

Dengan adanya smart water meter kita dapat dengan mudah membatasi dan memantau penggunaan air rumah tangga dengan lebih hemat. Sedangkan dari sisi penyedia saluran air akan dengan mudah memantau penggunaan air pelanggannya.

Jika Anda ingin mengganti water meter atau meteran air mekanik Anda dengan smart water meter maka Anda bisa menghubungi NetData untuk membantu Anda dalam pemasangan smart water meter yang canggih di rumah Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup