Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot

4G Network

Cara mengatasi jaringan 4G yang lemot merupakan kata kunci yang cukup sering di cari di internet. Internet menggunakan smartphone memang sebuah hal yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang ketimbang menggunakan komputer.

Apalagi jika biaya penggunaan internet memang sangat murah yang mana dapat memberikan kemudahan masyarakat menengah kebawah untuk membelinya.

Namun terkadang ada saja beberapa kendala yang dialami pengguna internet seluler terutama di jaringan 4G. ada beberapa orang yang ingin mengetahui cara mengubah jaringan 3G ke 4G untuk mendapatkan jaringan yang lebih kuat dan stabil.

Maka dari itu kita akan membahas lebih dalam bagaimana cara mengatasi jaringan 4G yang lemot, mulai dari memahami apa itu jaringan internet. Macam-macam frekuensi seluler hingga ke cara mengatasi jaringan cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil.

Pengertian Jaringan Internet

Jaringan internet merupakan jaringan komputer dan komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat komputer atau media elektronik dengan cepat dan tepat.

Jaringan komunikasi ini juga dapat mengirimkan informasi melalui transmisi sinyal frekuensi yang telah disesuaikan.

Untuk standar global dalam penggunaean jaringan internet saat ini adalah TCP/IP. TCP/IP adalah bentuk protokol sharing internet yang digunakan oleh berbagai pengguna jaringan di dunia.

Menurut ahli IT Onno W. Purbo 2005 memiliki pendapat sendiri tentang internet yakni merupaekan media yang digunakan untuk efisiensi proses komunikasi dalam penggunaan aplikasi seperti email, website, atau Voip.

Sejarah Jaringan Internet

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi jaringan cara mengatasi jaringan 4G yang lemot, kita juga perlu menetahui sejarah jaringan internet itu sendiri.

Pertama kali internet diperkenalkan dunia di tahun 1960 oleh Departemen pertahanan Amerika melalui ARPA atau Advanced Research Project Agency yang membuat sistem jaringan yang diberi nama ARPANET.

Teknolgi jaringan ini masih terbatas digunakan di kampus pada tahun 1980 an yang mana ARPANET merupakan cikal bakal teknologi jaringan.

Lalu protokol standar TCP/IP ini mulai di publikasi di tahun 1982. Kemudian di tahun 1986 di dibangunlah NSFNET (National Science Foundation Network) untuk menggantikan ARPANET yang mewadahi kegiatan risen serta penelitian di Amerika.

Pada tahun 1990 ARPANET mulai diturunkan serta layanan WWW atau World Wide Web mulai diperkenalkan CERN.

Kemudian di akhir tahun 1993, InterNIC mulai di kembangkan menjadi domain publik yang mana negara Indonesia sendiri mulai di perkenalkan internet pada tahun 1994 oleh para ahli di bidang IT dimasa itu.

Manfaat Jaringan Internet Bagi Kehidupan Sehari-hari

Setiap teknologi internet tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia apalagi jika berurusan dengan pendidikan, kesehatan, bisnis, komunikasi informasi, dan juga hiburan.

Bagi masyarakat Indonesia tentu menggunakan internet seluler adalah sarana yang paling bermanfaat untuk mencari informasi. Maka dari itu kita perlu mengetahui cara mengatasi jaringan 4g yang lemot.

  • Manfaat di bidang pendidikan

Internet dapat membantu para peserta didik untuk memberikan ilmunya kepada para siswanya. Hal ini berlaku dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan juga terbantu dengan adanya internet.

  • Manfaat di bidang kesehatan

Sedangkan untuk bidang kesehatan, internet ini juga banyak sekali manfaatnya misalnya dokter untuk berinteraksi kepada pasien yang ingin konsultasi secara online.

Menggunakan internet inilah Anda dapat mengakses berbagai hal untuk menjaga kesehatan mulai dari bagaimana cara hidup sehat, makanan yang baik dikonsumsi, rekomendasi rumah sakit.

  • Manfaat di bidang bisnis

Kemudian di bidang bisnis, internet akan memudahkan para pelaku bisnis untuk meraih keuntungan finansial. Tentu dengan mengenalkan website usaha, e-commerce, industri kreatif, atau bisnis startup sangat penting sekali untuk memberikan kesan profesional kepada clientnya.

Selain itu juga content creator seperti Youtuber sudah dapat menghasilkan pendapatan yang sangat besar hanya dengan bermodalkan internet dan smarphone saja.

  • Manfaat di bidang komunikasi informasi

Dulu orang jika ingin menghubungi temannya di jarak yang jauh maka mereka akan menggunakan jaringan telepon kabel untuk menghubungi mereka.

Namun dengan adanya internet Anda dapat menghubungi teman Anda dengan mudah melalui telepon internet, chatting, ataupun video call.

Dan juga media berita dapat dengan mudah kita akses melalui internet baik itu di media website, blog, ataupun siaran di channel Youtube.

  • Manfaat di bidang sosial dan hiburan

Internet juga dapat memudahkan kita untuk mengakses media hiburan. Ada banyak platform yang memberikan kesemapatan untuk bersosial media sekaligus untuk mendapatkan hiburan.

Platform media sosial menawarkan layanan untuk orang berinteraksi satu sama lain dan memberikan akses hiburan. Baik itu melihat foto-foto yang lucu serta video yang menarik. Bagi Anda yang suka nonton film juga bisa streaming film dengan platform yang berbayar.

Fungsi Dari Jaringan Internet

Fungsi internet dalam artikel cara mengatasi jaringan cara mengatasi jaringan 4G yang lemot cukup banyak antara lain: 

Sebagai Sumber Informasi

Fungsi internet untuk mencari sumber informasi memang sangat mudah dan praktis apalagi saat ini banyak sekali portal berita yang mudah di akses melalui smartphone.

Internet memudahkan kita untuk mendapatkan dan menyalurkan informasi dengan cepat. Dengan mesin pencari yang canggih seperti Google kita dapat dengan bebas mencari berbagai informasi yang Anda ketahui dari berbagai penjuru dunia.

Sebagai Alat Komunikasi

Internet juga dapat dijadikan sebagai alat komunikasi yang memudahkan kita untuk berinteraksi dengan individu atau kelompok dengan mudah dan cepat.

Contoh nyata internet berperan sebagai alat yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan media sosial atau aplikasi chatting online.

Memperluas Jaringan Pertemanan

Komunikasi dapat dijalin dengan baik dan mudah adalah salah satu dampak positif dari jaringan internet. Dengan sosial media tentu kita dapat berinteraksi dengan orang yang kita kenal dan memperluas jejarin sosial kita dengna mudah.

Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Edukasi)

Internet juga dapat berperang sebagai sarana pendidikan yang sangat penting bagi kecerdasaran umat manusia. Contohnya saja internet dapat memudahkan pengajar seperti guru kepada siswanya menggunakan platform belajar online.

Sebagai Sarana Bisnis

Internet dapat digunakan sebagai sarana peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Misalnya saja pelaku bisnis menghubungi pihak pembeli dengan platform video conference.

Atau juga internet dapat memudahkan kita untuk berjualan secara online melalui platform e-commerce.

Mengenal Jaringan Internet Selular GSM

Dalam membahas tentang cara mengatasi jaringan cara mengatasi jaringan 4G yang lemot kita juga perlu mengetahui jaringan internet seluler GSM.

Pengertian GSM

GSP (Global System for Mobiles) merupakan teknologi jaringan seluler yang diperkenalkan di tahun 1970.

Teknologi menggunakan sistem circuit-switched dan membagi untuk sinyal 200 khz yang menjadi 8 slot waktu 25 khs dan beroperasi dalam 900 mhz, 800 mhz, dan 1,8 pita ghz.

Dengan teknik transmisi pita sempit yang basis time division access multiplexing kecepatan transfer data bervariasi dari 64 kbps hiungga 120 kbps.

Macam Macam Jaringan Frekuensi GSM

GSM sendiri memiliki bermacam-macam frekuensi mulai dari 1G, 2G, 3G, 4G, dan yang paling baru adalah 5G berikut ini.

  • Generasi Jaringan Pertama: 1G – AMPS

1G merupakan generasi teknologi jaringan yang pertama kali di perkenalkan, pada tahun 1980. Jaringan 1G menggunakan gelombang analog radio sederhana, artinya jangkauan dari jaringan 1G yang sempit dan memiliki skala luas saat ini. 

  • Generasi Jaringan Kedua: 2G – GSM dan CDMA, Kemudian GPRS dan EDGE

Teknologi 2G diperkenalkan di tahun 1990 yang mulai di gunakan untuk gelombang digital. Perubahan cukup signifikan dengan jangkauan yang lebih luas yang dirubah dari generasi sebelumnya. 2G ini mampu mengirimkan pesan teks sms dan suara sekaligus.

  • Generasi Jaringan Ketiga: 3G – WCDMA dan HSDPA

Teknologi 3G pertama kali di perkenalkan di tahun 2000an yang mana memiliki peningkatan yang cukup signifikan yang mampu menghadirkan sinyal internet yang kuat dan stabil. Kecepatan 3G ini bisa mencapai 2 Mbps atau hampir 10x lebih cepat dari teknologi 2G.

3G juga menghadirkan layanan baru seperti layanan internet yang mampu menghadirkan fitur seperti live streaming, video streaming, game online, sampai teleconference.

  • Generasi Jaringan Keempat: 4G – LTE

Teknologi jaringan 4G ini merupakan loncatan teknologi seluler yang cukup jauh. Dimana Anda dapat memiliki sisi kecepatan hingga 500x lipat daripada 3G.

Sisi fungsionalitas 4G menggunakan frekuensi LTE atau VoLTE membuat telepon memiliki suara yang lebih jernih. Serta dengan kecepatan tinggi dapat memudahkan kita untuk mengakses internet lebih lancar. 

5. Generasi Jaringan Kelima: 5G

5G adalah generasi terbaru dari teknologi frekuensi seluler saat ini yang mana sudah diperkenalkan di Indonesia melalui Telkomsel dan XL Axiata. Dengan konektivitas yang sangat responsif akan sangat berguna untuk meningkatkan performas teknologi sebelumnya.

Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot

Nah sekarang kita akan langsung membahas tentang cara mengatasi jaringan 4G yang lemot. Setelah kita membahas beberapa hal pengertian jaringan internet hingga kepemahaman frekuensi 4G maka kita dapat memahami apa saja masalah cara agar jaringan 4g full, cara mengunci jaringan 4g berikut ini.

Pahami Apa Penyebab Jaringan 4g Lemot

Dalam memahami penyebab jaringan 4G lemot mungkin mirip-mirip dengan cara mengatasi jaringan 4g yang lemot indosat, cara mengatasi jaringan 4g yang lemot telkomsel, cara mengatasi jaringan 4g yang lemot xl, cara mengatasi jaringan 4g yang lemot tri, cara mengatasi jaringan 4g yang lemot axis, cara mengatasi jaringan 4g yang lemot smartfren secara umum.

Berikut adalah cara agar jaringan 4g full :

  • Sistem Smartphone Bermasalah

Penyebab pertama jaringan 4G lemot adalah sistem ponsel pintar yang memiliki masalah. Biasanya jaringan yang bagus, smartphone yang Anda miliki terjadi masalah sehingga aktifitas internet menjadi terkendala.

  • Jaringan Provider Tidak Menjangkau Wilayah

Penyedia jaringan 4G memang menjanjikan jaringan 4G yang cepat dan stabil. Namun terkadang berbeda dari fakta lapangan. Maka dari itu Anda perlu mengetahui cara mengatasi jaringan 4g yang lemot.

Beberapa penyedia layanan internet menyebarkan jaringan internetnya menggunakan menara pemancar atau BTS yang berbeda-beda di setiap wilayah. Kendalanya jika wilayah rumah Anda memiliki Medan yang terjal atau berbukit-bukit yang mana dapat memjadi kendala yang cukup membuat sinyal terhalang.

  • Terlalu Banyak Pengguna di Suatu Wilayah

Penyebab lain dari internet lemot adalah terlalu banyak pengguna di satu wilayah. Sehingga kecepatan internet yang didapat akan semakin menurun.

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot

Untuk cara mengatasi jaringan 4G yang lemot Anda dapat melihat tahapan atau langkah-langkah berikut ini yang cocok juga untuk cara kunci jaringan 4G vivo ataupun smarphone brand lain baik dengan sistem operasi Android maupun iOS.

  • Restart Handphone

Restart ponsel pintar adalah salah satu cara mengatasi jaringan 4G yang lemot. Beberapa kasus terjadi apabila ponsel pintar Anda pulih setelah di restart.

  • Periksa Kuota

cara agar jaringan 4g full adalah dengan cara periksa kuota Anda. Internet tiba-tiba mejadi lemot bisa juga dikarenakan kuota internet Anda mau habis.

Untuk beberapa provider seperti Telkomsel Anda dapat memeriksa kuota Anda melalui aplikasi yang dapat Anda unduh di Playstore ataupun App store untuk mengecek berapa sisa kuota yang Anda miliki.

  • Periksa Jaringan

Tak jarang penyebab kasus jaringan lemot dengan terjadinya sinyal jaringan yang melemah sehingga koneksi jaringan terputus.

Maka dari itu cara mengatasi jaringan 4G yang lemot adalah dengan menghubungi operator penyedia layanan internet Anda apakah terjadi masalah pada jaringan pusat atau tidak.

Selain itu Anda dapat mencoba menggunakan jaringan seluler lain apakah memang sama terjadi kendala atau malah satunya saja yang terjadi masalah.

  • Periksa APN

APN sendiri adalah kunci untuk menggunakan jaringan seluler Anda sehingga apabila APN di ponsel Anda terjadi kesalahan. APN terdiri dari username dan password untuk mengaktifkan kartu seluler yang diaktifkan.

Merubah APN biasanya bisa dijadikan cara mempercepat jaringan di beberapa kasus yang mana cukup ampuh untuk cara mengatasi jaringan 4G yang lemot.

APN setiap ponsel berbeda-beda tergantugn dari sistem operasi masing-masing. Untuk OS android ada dapat menggatur menu Mobile Network. Sementara sistem operasi iOS mengaturnya melalui Cellular Data Network.

  • Restart Pengaturan Sistem

Restart pengaturan sistem operasi adalah salah satu cara mengatasi jaringan lemot, serta dapat juga cara mengunci jaringan 4G yang ampuh. 

Jika tidak berhasil Anda dapat melakukan flashing ulang sistem firmware ponsel pintar Anda. Seharusnya sistem ponsel dapat berfungsi seperti pada awal Anda membeli ponsel pintar Anda.

  • Akses Safe Mode

Safe mode merupakan metode yang paling ampuh daam mengatasi cara mengatasi jaringan 4G yang lemot pada ponsel. 

Caranya dengan menekan tombol power off agak lama kemudian klik OK. Apabila ponsel ini berjalan dengan baik maka dilakukan hal ini. Tandanya jarigan 4G melambat karena kendala dari aplikasi pihak ketiga.

  • Periksa ke Service Center

Untuk cara mengatasi jaringan 4G yang lemot diatas tidak berhasil maka Anda dapat membawa ponsel Anda ke service center terdekat untuk memeriksa apakah ada komponen yang terjadi kerusakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa ulasan cara mengatasi jaringan 4G yang lemot dari Netdata yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah jaringan seluler 4G yang bermasalah.

Intinya adalah Anda perlu memeriksa jaringan provider di area Anda apabila terjadi masalah di sinyal yang bermasalah. Atau juga bisa adanya kendala di ponsel Anda yang rusak atau bermasalah yang perlu di bawa ke service center. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup