Apa itu Monitoring Jaringan ?

monitoring jaringan

Monitor jaringan adalah sebuah kegiatan admin dalam memantau, merawat dan menjaga jaringan supaya selamanya di dalam kondisi yang maksimal. Keseluruhan kondisi dan kesibukan jaringan perlu diketahui dan terkontrol oleh seorang admin jaringan.

Monitor jaringan ini dilakukan agar admin bisa mengetahui aktivitas jaringan. Itu merupakan pandangan umum tentang monitor jaringan. Lalu? Secara spesifiknya bagaimana?

Monitoring jaringan adalah suatu sistem mengumpulkan dan menganalisa data-data yang tersedia dalam suatu lalu lintas jaringan dengan objek memaksimalkan seluruh sumber kekuatan yang tersedia terhadap Jaringan Komputer tersebut.

Masalah Yang Dapat Diatasi Monitoring Jaringan

Lalu, apa yang bisa diatasi oleh monitoring jaringan? Berikut ini adalah daftar masalah yang dapat diatasi monitor jaringan:

Performa Perangkat

Monitoring jaringan dapat mengatasi performa perangkat. Maksud dari perangkat disini misalnya adalah router. Anda bisa memprediksi performa perangkat apakah terjadi kerusakan atau berjalan dengan normal. Jadi, dengan monitor yang rutin, masalah bisa terhindar sebelum terjadi kerusakan yang merugikan.

Server

Selanjutnya, monitoring jaringan dapat mengatasi masalah yang ada pada server. Masalah pada server kerap kali sangat mengganggu karena berpengaruh terhadap performa server, baik itu waktu kirim data atau hal lain yang merugikan jaringan yang terpusat pada server.

Cek produk server dari NetData disini :

Kapasitas Disk

Monitoring jaringan juga bisa mengatasi masalah kapasitas disk. Ruang disk yang minim atau rendah pada sebuah perangkat mampu kurangi kinerja dan mampu mengakibatkan sistem operasi freeze maupun terkunci. Hal ini bisa terjadi pada PC user maupun server jaringan. Jika perihal ini terjadi, semua pengguna bakal mengalami susah didalam membuka data atau mengalami kecepatan aplikasi yang lambat.

Hard Drive

Sebuah aplikasi monitoring jaringan dapat memperingatkan admin sistem mengenai bisa saja kegagalan pada perangkat. Hal ini terkait pada alasan kegagalan, administrator sanggup menerima peringatan sebelum saat pengguna akhir mengalami kerusakan total perangkat.

Dalam perihal ini, tim IT sanggup menjadwalkan waktu yang nyaman bersama pengguna untuk membawa dampak cadangan hard drive dan menggantinya bersama sedikit atau tidak tersedia downtime pengguna akhir. Hal ini juga berlaku pada kegagalan hard drive yang sanggup merugikan IT.  

CPU

CPU yang tinggi juga merupakan masalah yang dapat diatasi monitoring jaringan. CPU adalah sebuah alat yang bertanggung jawab mengirimkan dan mengalokasi data. Jadi, jika terlalu banyak perintah, maka CPU akan mengalami usage yang tinggi. Ini berpengaruh sekali pada sebuah jaringan yang menyebabkan pengiriman data menjadi lambat bahkan server freeze.

Managed Service Solusi Monitoring Jaringan

Jika Anda memiliki sebuah server atau jaringan yang kompleks dan ingin tetap menjaga jaringan Anda berjalan dengan lancar sedangkan Anda tidak terlalu paham tentang jaringan, maka Anda bisa menyewa jasa managed service monitoring jaringan.

Jadi, dengan menggunakan jasa ini, jaringan yang Anda miliki bisa berjalan dengan lancar dari orang yang sudah berpengalaman dalam hal admin jaringan.

Service Netdata Untuk Perusahaan

Jika Anda bingung mencari managed service monitoring jaringan yang berkualitas dan sudah berpengalaman, maka Anda bisa mempercayakannya kepada Netdata. Netdata menyediakan jasa managed service monitoring jaringan yang Anda miliki dengan berbagai keunggulan yang tidak bisa Anda dapatkan di jasa managed service monitoring jaringan lainnya.

Anda bisa mendapatkan harga jasa yang terjangkau dengan kualitas pengerjaan yang sangat memuaskan. Ini terbukti karena sudah banyak mitra dari Netdata yang mempercayakan Netdata untuk berbagai urusan yang berkaitan dengan IT, termasuk managed service monitoring jaringan. 

Tertarik dengan Layanan Monitoring Jaringan dari NetData ? Kalian bisa hubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup