Mengenal Susunan Kabel LAN CAT 6 (Panduit CAT 6)

Mengenal Susunan Kabel LAN CAT 6 Panduit CAT 6

Mengenal Susunan Kabel LAN CAT 6 merupakan hal yang penting untuk dipelajari bagi Anda yang ingin belajar atau membangun infrastruktur jaringan pada rumah Anda atau perusahaan Anda.

Perangkat Jaringan Komputer

Internet tidak akan berjalan jika tidak adanya perangkat jaringan komputer. Maka dari itu, dibutuhkan berbagai perangkat jaringan komputer agar jaringan internet dan komputer pun bisa terhubung satu sama lain.

Berikut ini adalah berbagai perangkat jaringan komputer yang wajib Anda ketahui:

Router

Router adalah perangkat jaringan yang menghubungkan jaringan komputer yang berbeda dengan merutekan paket dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perangkat ini biasanya terhubung ke dua atau lebih jaringan yang berbeda. Ketika sebuah paket data datang ke port router, router membaca informasi alamat dalam paket untuk menentukan port mana paket akan dikirim.

Wireless Card

Kartu jaringan nirkabel atau wireless card adalah perangkat terminal nirkabel, yang digunakan untuk menyambung ke Internet melalui sambungan nirkabel dalam jangkauan nirkabel jaringan area lokal nirkabel.

LAN Card

Selanjutnya adalah LAN Card. Biasa disebut dengan kartu LAN ini dapat menghubungkan komputer ke jaringan. Kartu LAN biasanya terpasang di komputer Anda. Anda dapat terhubung ke jaringan melalui kabel Ethernet, usb, atau nirkabel.

Bridge

Hardware selanjutnya adalah bridge. Ini adalah perangkat jaringan komputer yang menciptakan jaringan tunggal, agregat dari beberapa jaringan komunikasi atau segmen jaringan.

Modem

Modem adalah kotak kecil yang menghubungkan perangkat Anda ke Internet menggunakan kabel. Tidak seperti router, modem tidak menyediakan konektivitas Wi-Fi di rumah Anda. Modem bertindak sebagai penerjemah digital, mengambil sinyal informasi dari kabel, serat, atau saluran telepon Anda dan membuatnya dapat diakses oleh komputer Anda.

Hub

Hub jaringan adalah simpul yang menyiarkan data ke setiap komputer atau perangkat berbasis Ethernet yang terhubung dengannya. Hub kurang canggih daripada switch, yang terakhir dapat mengisolasi transmisi data ke perangkat tertentu. Hub jaringan paling cocok untuk lingkungan local area network (LAN) kecil dan sederhana.

Switch

Switch adalah perangkat keras jaringan kabel yang melakukan semua tugas pada lapisan data link model OSI, dan juga memungkinkan menghubungkan beberapa perangkat termasuk komputer, printer, dan server, dalam jaringan bisnis kecil dengan menggunakan kabel Ethernet.

Access Point

Dalam kebanyakan kasus, access point adalah stasiun pangkalan di LAN nirkabel. Meskipun ada teknologi nirkabel lain yang menggunakan access point, istilah ini umumnya mengacu pada jaringan Wi-Fi. Access point (AP) dapat berupa perangkat yang berdiri sendiri yang dihubungkan ke router atau switch; namun, fungsionalitas titik akses juga dibangun ke dalam router nirkabel, yang banyak digunakan di sebagian besar rumah dan kantor kecil.

Repeater

Repeater adalah perangkat jaringan yang beroperasi pada lapisan fisik model OSI yang memperkuat atau meregenerasi sinyal yang masuk sebelum mentransmisikannya kembali. Mereka tergabung dalam jaringan untuk memperluas area jangkauannya. Mereka juga dikenal sebagai penguat sinyal.

Kabel

Kabel fiber optic, kabel twisted pair, dan kabel koaksial adalah tiga jenis utama kabel jaringan yang digunakan dalam sistem komunikasi. Masing-masing berbeda dan cocok untuk berbagai aplikasi.

NIC

Network Interface Card atau NIC menyediakan komputer dengan koneksi penuh waktu khusus ke jaringan. Ini mengimplementasikan sirkuit lapisan fisik yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan standar lapisan tautan data, seperti Ethernet atau Wi-Fi. Setiap kartu mewakili perangkat dan dapat menyiapkan, mengirim, dan mengontrol aliran data di jaringan.

Konektor

Konektor adalah perangkat yang mengakhiri segmen kabel atau menyediakan titik masuk untuk perangkat jaringan seperti komputer, hub, dan router.

Biasanya orang yang ingin mengenal susunan kabel LAN CAT 6 adalah orang yang ingin melakukan pemasangan suatu jaringan yang menggunakan kabel LAN. Namun bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut Anda bisa menyimak ulasan tentang kabel LAN dibawah ini :

Pengertian Kabel LAN CAT 6

Pengertian kabel LAN CAT 6 mungkin hampir sama dengan kabel LAN pada umumnya yakni kabel yang berguna untuk menghubungkan beberapa komputer atau perangkat dalam area yang terbatas baik itu seperti rumah, kantor, perkantoran hingga laboratorium.

Kabel lan CAT 6 merupakan kabel UTP yang memiliki kecepatan tinggi yakni hingga 1000 mbps, waktu jarak pengiriman mendekati angka 0 sehingga memiliki kecepatan yang sangat baik.

 Kabel lan cat 6 ini merupakan salah satu jenis kabel LAN yang paling cepat diantara kategori LAN lainnya.

Fungsi Kabel LAN CAT 6

Fungsi dari kabel LAN ada 5, apa saja?  Mari kita simak ulasan berikut ini :

Menghubungkan Komputer Dengan Router

Sinyal wifi merupakan salah satu hal wajib yang ada disetiap lingkungan perkantoran saat ini. Kita biasanya menggunakan sinyal wifi ini untuk konek ke internet. 

Namun ada hal yang perlu di pertimbangkan jika ingin melakukan koneksi ke wifi seperti jarak yang semakin jauh maka koneksinya akan semakin berkurang.

Kita bisa menggunakan LAN dengan cara menghubungkan komputer ke wifi. Dimana koneksi menggunakan LAN jauh lebih stabil dan kencang dibandingkan dengan wireless atau wifi.

Penghubung Komputer Dengan Perangkat Lain

Selain sebagai penghubung komputer ke router, kabel lan juga bisa digunakan sebagai penghubung komputer dengan perangkat lainnya seperti komputer dengan printer.

Dengan topologi yang tepat maka 1 device external dapat digunakan oleh banyak komputer atau perangkat sekaligus.

Menjadi Pengubung Komputer Satu Dengan Komputer Lainnya

Kabel LAN juga bisa menjadi penghubung dari komputer ke komputer lainnya, hal ini bisa secara langsung atau juga melalui koneksi switch atau hub dengan menggunakan kabel UTP atau wireless.

Sebagai Remote Komputer

Jika Anda memiliki akses koneksi lokal antar komputer, atau Anda tidak memiliki koneksi internet maka Anda bisa menggunakan kabel LAN untuk dapat meremote komputer dengan fitur Remote Desktop Manager atau koneksi bawaan dari OS Windows.

Susunan Kabel LAN Cat 6

Unntuk dapat menggunakan kabel lan yang baik dan benar maka Anda harus mengetahui susunan pada kabel LAN itu sendiri. Ada dua jenis susunan kabel yang bisa Anda gunakan yakni :

Susunan Kabel LAN Straight (Lurus)

Kabel LAN lurus merupakan jenis susunan yang menghubungkan dua atau lebih perangkat sehingga perangkat tersebut dapat saling berkomunikasi dan saling bertukar informasi. Penggunaan kabel lan lurus berfungsi sebagai :

  1. Penghubung perangkat komputer ke LAN ke switch.
  2. Penghubung komputer ke LAN pada model DSL atau modem kabel.
  3. Penghubung port Router WAN ke port LAN pada modem.
  4. Penghubung komputer ke port LAN pada modem kabel atau modem DSL.
  5. Penghubung Port LAN router ke port Uplink pada switch biasanya digunakan untuk perluasan jaringan.
  6. Penghubungkan 2 switch atau HUB yang mana satunya menggunakan port Uplink yang mana lainnya menggunakan port normal. 

Untuk mempermudah Anda mengenal susunan kabel LAN lurus, caranya cukup mudah yakni kabel lurus memiliki susunan kawat dengan warna yang sama pada kedua sisinya, Anda bisa melihat gambar berikut ini :

1

Susunan Kabel LAN Cross (Silang)

Untuk kabel LAN Cross atau silang Anda bisa menggunakannya sebagai penghubung langsung satu komputer ke komputer lainnya atau disebu dengan point to point.

Dibawah ini fungsi dari kabel LAN silang sendiri adalah :

  1. Penghubung 2 komputer atau lebih secara langsung atau point to point.
  2. Penghubung port LAN router ke port normal pada switch, biasanya digunakan sebagai perluasan jaringan.
  3. Sebagai penghubung 2 perangkat switch atau hub dengan port normal di kedua perangkat switch atau hub tersebut. 

Susunan kabel LAN CAT 6 bisa menggunakan salah satu kabel LAN silang. Anda dapat mengetahui apakah suatu kabel merupakan kabel LAN silang atau bukan, kamu perlu melakukan pengecekan.

Kabel LAN cross memiliki susunan kawat yang berbeda dari kedua sisinya. Anda bisa melihat gambar di bawah ini :

2

Mengenal Panduit, Perusahaan Jaringan Manajemen Kabel

Pada sebuah jaringan komputer yang kompleks, mungkin ada masalah yang sering dihadapi oleh pemiliki dari jaringan tersebut, apalagi kalau bukan masalah cabling. Ya, cabling memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah jaringan komputer. Jika salah saja, jaringan memiliki performa yang kurang atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Maka dari itu, Anda membutuhkan Panduit yang merupakan perusahaan jaringan manajemen kabel yang bisa membantu jaringan Anda tentang cabling agar berfungsi dengan normal dan juga performa yang maksimal.

Apa Itu Panduit

Infrastruktur fisik adalah fondasi strategis yang dapat membantu bisnis Anda di masa depan. Infrastruktur listrik dan jaringan industri Panduit memastikan solusi konektivitas yang cerdas, terukur, dan efisien di seluruh perusahaan untuk membantu Anda bersaing dan berhasil di pasar global yang terus berkembang.

Mengapa Memilih Panduit

Sebagai perusahaan yang berfokus pada pelanggan, Panduit dengan bangga menciptakan aliran produk, perangkat lunak, dan solusi baru yang berkelanjutan yang dirancang untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. 

Dengan bermitra dengan Panduit, Anda dapat mengembangkan strategi konektivitas di atas fondasi yang memastikan skalabilitas, akurasi, keamanan, dan keandalan, sehingga Anda dapat membangun untuk pertumbuhan jangka panjang.

Layanan Panduit

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang manajemen kabel jaringan, Panduit memiliki berbagai layanan yang berkualitas seperti:

Cable Management

Solusi Susunan kabel LAN cat 6 management dari Panduit dirancang untuk memenuhi kebutuhan Anda yang paling menuntut, bahkan dalam kondisi lingkungan yang paling keras sekalipun.

Wire Termination

Panduit akan memberikan kepada Anda solusi end-to-end yang kuat untuk aplikasi wire harness, mempercepat waktu penerapan sambil meningkatkan keamanan dan penghematan dengan tooling aplikasi, dukungan teknis, dan ketersediaan produk global.

Copper System

Panduit menawarkan sistem pemasangan kabel tembaga ujung ke ujung, termasuk kabel patch, konektivitas, dan kabel tembaga berdiameter lebih kecil dengan diameter lebih kecil, dengan kinerja ruang kepala yang dijamin terbaik di kelasnya. Sistem ini dibuat melalui penelitian dan pengembangan lanjutan, menggunakan teknologi inovatif dan pengujian kinerja yang ketat. 

Didukung oleh pengalaman bertahun-tahun, kesuksesan manufaktur di fasilitas ISO 9001 dan jaringan distributor terkemuka, Panduit menyediakan infrastruktur fisik yang Anda butuhkan untuk mendukung seluruh perusahaan Anda.

Fiber Optic Systems

Saat menilai topologi jaringan pengkabelan Anda untuk menentukan apakah Anda harus menggunakan pengkabelan terstruktur atau kabel titik ke titik, pertimbangan utama adalah spesifikasi desain Anda, umur panjang jaringan, kemampuan pemeliharaan, dan pemasangan. Pertimbangan ini akan membantu Anda memilih opsi pemasangan kabel terbaik untuk aplikasi otomasi industri Ethernet Anda.

Grounding & Bonding

Ikatan adalah koneksi elemen konduktif yang tidak membawa arus seperti selungkup dan struktur. Pembumian adalah lampiran sistem terikat ke bumi. Keduanya diperlukan untuk melindungi orang dan properti dari bahaya listrik. Panduit bisa mengatur itu demi keamanan Anda.

Power, Environmental, Security & Connectivity Hardware

Distribusi daya Panduit, lingkungan, dan produk perangkat keras konektivitas meningkatkan ketersediaan, skalabilitas, daya, efisiensi pendinginan, dan kualitas produk, yang juga meminimalkan waktu henti jaringan dan meningkatkan produktivitas pusat data.

Signs, Labels & Identification

Panduit memiliki rangkaian lengkap produk pelabelan, perangkat lunak, dan printer untuk membantu Anda dengan persyaratan pelabelan Anda. Panduit juga menawarkan tanda dan solusi identifikasi permanen untuk memberikan peningkatan produktivitas dan keselamatan tempat kerja.

Safety & Security

Karena fasilitas menjadi lebih kompleks dari sebelumnya, manajer membutuhkan solusi yang menyederhanakan operasi dan mengurangi risiko. Memanfaatkan pendekatan Pencegahan melalui Desain, Panduit memelopori cara baru untuk melindungi aset pelanggan, orang, dan tempat dengan solusi revolusioner yang membuka efisiensi dan memungkinkan organisasi untuk mencapai lebih banyak.

Wire Routing, Management & Protection

Produk Susunan kabel LAN cat 6 perlindungan dan manajemen perutean kawat Panduit menawarkan solusi premium untuk kebutuhan aplikasi unik Anda. Dengan menggunakan produk yang berkualitas, dijamin aka naman dan berjalan dengan lancar.

Audio Video Systems

Aktifkan koneksi dan kolaborasi, fasilitasi diskusi dan percakapan, dan tingkatkan interaksi dengan solusi AV (Audio Video) melalui kabel terstruktur dari Panduit dan Atlona. Baik Anda memerlukan ekstensi AV sederhana untuk ruang kelas, ruang konferensi, atau ruang berkumpul, atau solusi AV over IP untuk penerapan di seluruh perusahaan, solusi berkinerja tinggi dari Panduit mudah dipasang dan mudah dioperasikan.

Monitoring and Services

Produk seperti IntraVUE™ software dan SynapSense® monitoring system, memberikan solusi optimal untuk mendokumentasikan dan memantau lantai pabrik, pusat data, dan aplikasi Infrastruktur Jaringan lainnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas Anda sudah mengetahui apa saja pengertian dan fungsi dari LAN CAT 6 tentu Anda bisa mendapatkan kabel LAN dengan kecepatan yang sangat kencang. Namun harganya memang cukup mahal dengan kualitas yang paling tinggi.

Maka dimana untuk membeli kabel LAN CAT 6 ini? Anda bisa mendapatkannya di NETDATA yang terpercaya dan lengkap.

Mengapa beli di NETDATA? Karena NETDATA adalah perusahaan IT yang menyediakan berbagai perangkat jaringan yang lengkap termasuk dengan kabel LAN CAT 6 dengan harga yang bersaing dan juga bisa mendapatkan solusi terbaik untuk perusahaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup