Sangfor SD-WAN : Produk Baru dari Sangfor

Sangfor SD-WAN Produk Baru dari Sangfor

Sangfor SD-WAN – Kebutuhan akan jaringan internal dalam sebuah perusahaan besar adalah sebuah kebutuhan yang sangat vital.

Biasanya perusahaan besar akan membutuhkan jaringan internal untuk menghubungkan jaringan dari beberapa kantor cabang ke kantor pusat agar menjadi satu jaringan besar.

Maka dari itu dibutuhkanlah sebuah infrastruktur jaringan yang mampu mencakup jaringan besar ini yakni dengan memanfaatkan SD-WAN. 

Sangfor menjadi salah satu perusahaan teknologi yang menyediakan solusi SD-WAN kepada perusahaan yang ingin membangun dan meningkatkan infrastruktur jaringan internal yang lebih andal dan aman.

Nah apa itu SD-WAN, apa saja keuntungannya dalam menggunakan SD-WAN, dan bagaimana cara menerapkan SD-WAN dari Sangfor ini? Mari kita simak ulasan berikut ini :

Sejarah Sangfor

Pertama kita perlu mengetahui apa itu sangfor melalui sejarahnya agar kita mengetahui lebih detail tentangnya.

Sangfor Technologies merupakan salah satu perusahaan infrastruktur IT yang berbasis di APAC, yang mana pada pelayanannya secara global sangfor lebih berfokus dalam Network Security serta Cloud Computing.

Sangfor menghadirkan layanan cloud HCI serta SCP Sangfor yang bertujuan agar dapat memudahkan Anda dalam menerapkan teknologi hingga saat ini.

Penggunaan Sangfor untuk IT

Penggunaan Sangfor terhadap IT salah satunya adalah penerapan SD-WAN yang didasarkan dengan teknologi VPN terkemuka, keamanan terintegrasi, optimalisasi WAN, dan teknologi Virtualisasi yang terbaik.

SD-Wan sangfor dirancang untuk dapat membangun berbagai infrastruktur jaringan akses cabang perusahaan, membuat arsitektur IT menjadi lebih cepat, sederhana, aman, dan cerdas.

Serta dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan bisnis, produktivitas, mengurangi biaya, dan mempercepat transformasi digital.

Hybrid WAN

Internet dapat menggantikan MPLS, mengurangi investasi WAN dan dapat meningkatkan bandwidth.

Serta multi-WAN yang dapat mengurangi resiko kegagalan tunggal sehingga meningkatkan ketersediaan layanan.

WAN Acceleration

WAN akselerasi yang mampu memecahkan berbagai masalah terhadap aplikasi pengguna yang buruk sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Biasanya ada beberapa masalah yang berkaitan dengan kemacetan data pada jaringan, hal ini WAN akan langsung memecahkan masalah kemacetan data, meningkatkan throughput tautan, dan mengurangi biaya peningkatan bandwidth. 

Large-Scale Small-Footprint Locations

SD-WAN dapat penyebaran cepat memungkinkan ekspansi bisnis yang cepat sekaligus mengurangi biaya insinyur dan siklus memulai bisnis.

Manajemen terpusat dan operasi visualisasi menyederhanakan tugas sehari-hari dan memberikan kemampuan kontrol di seluruh jaringan.

Global Network

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan tentang global Network yang menggunakan sistem jaringan pribadi cloud global yang mampu menangani jarak jauh dan mengurangi biaya bandwidth internasional.

Manajemen terpadu yang dapat mengurangi ketergantungan pada staff IT yang ada.

Apa itu SD-WAN?

SD-WAN atau Software-defined Wide Area Network yang mana SD-WAN mendukung manajemen WAN internet untuk mendapatkan performa yang terbaik namun dengan biaya yang serendah mungkin.

SD-WAN Anda akan mendapatkan manfaat seperti WAN internet dengan aplikasi yang dipenuhi dengan 2 link internet link dan juga menggantikan private WAN atau seperti MPLS yang murah. 

Sejarah SD-WAN

WAN pada awalnya merupakan pengembangan teknologi jaringan yang mana diaplikasikan sebagai jaringan perusahaan dan militer.

WAN memiliki komunikasi data jarak jauh adalah salah satu faktor pendorong dalam perkembangan teknologi komunikasi data, sehingga dapat mengatasi keterbatasan jarak, mempersingkat waktu dalam bertukar informasi antar pengguna. 

Teknologi WAN lama menggunakan metode komunikasi melalui sirkuit yang terhubung antar dua atau lebih titik akhir.

Teknologi komunikasi point to point lewat sirkuit kecepatan lambat, biasanya antara dua lokasi yang tetap. Semakin kesini teknologi sirkuit WAN menjadi lebih cepat dan lebih fleksibel. 

Namun karena beberapa kelemahan seperti peraturan yang ketat dari peraturan nasional, keamanan dan kualitas layanan yang kurang baik membuat WAN semakin tidak tidak di lirik oleh perusahaan.

Karena sifat internet yang tidak terkendali sehingga tidak dianggap memadai atau aman untuk penggunaan perusahaan swasta. Dengan masalah keamanan ini maka WAN dapat mengakibatkan berbagai masalah kebocoran data yang fatal.

Maka dari itu diciptakanlah SD-WAN yang menggubangkan beberapa teknologi untuk membuat jaringan pribadi yang lengkap dengan kemampuan yang dinamis dalam pembagian bandwidth jaringan di seluruh titik koneksi.

SD-WAN menyempurnakan beberapa sektor penting dalam WAN seperti pengontrol pusat, zero touch, analitik yang terintegrasi dan kecerdasaan jaringan yang berbasis cloud yang memungkinkan manajemen kebijakan dan keamanan terpusat. 

Sejak tahun 2014 istilah SD-WAN menjadi tren jaringan yang baru.

Fitur dari SD-WAN

Fitur SD-WAN cukup banyak mulai dari ketahanan, keamanan, kualitas layanan, hingga pilihan penerapan yang fleksibel, administrasi dan pemecahan masalah yang disederhanakan, dan rekayasa lalu lintas online.

Ketahanan

Dalam hal keatahanan SD-WAN sangat tangguh dalam menguransi waktu henti jaringan. SD-WAN mampu menampilkan deteksi pemadaman waktu secara real time dan peralihan otomatis fail over ke tautan yang berfungsi.

Kualitas pelayanan

Teknologi SD-WAN sudah mendukung kualitas layanan dengan prioritas bandwidth untuk aplikasi yang paling kritis.

Dengan kualitas pelayanan SD-WAN Anda dapat pemilihan jalur dinamin dengan mengirim aplikasi pada tautan yang lebih cepat atau bahkan memisahkan aplikasi diantara dua jalur untuk meningkatkan kinerja dengan mengirimkan transfer menjadi lebih cepat.

Keamanan

Komunikasi SD-WAN dilengkapi dengan sistem keamanan Ipsec yang merupakan inti dari keamanan WAN.

Pengoptimalan aplikasi

SD-WAN memiliki peningkatan pengiriman aplikasi dengan memanfaatkan caching, penyimpanan informasi yang baru juga diakses ke dalam memori unutk dapat mempercepat akses di masa mendatang.

Opsi penerapan

Pada sebagian besar produk SD-WAN menyediakan perangkat yang telah di konfigurasi sebelumnya, yang dapat ditempatkan di jaringan pusat data, kantor cabang, dan lokasi lainnnya. 

Ada juga yang berupa perangkat virtual yang mampu bekerja pada perangkat jaringan yang sudah ada atau perangkat tersebut digunakan sebagai perangkat virtual di cloud di lingkungan.

Administrasi dan pemecahan masalah

Seperti peralatan jaringan lainnya GUI mungkin lebih di minati dari pada CLI yang merupakan konfigurasi dan kontrol antarmuka baris perintah.

Tersedianya fitur administratif yang bermanfaat seperti pemilihan jalur otomatis, kemampuan konfigurasi perangkat terpusat, dan pendekatan perangkat lunak yang memungkinkan semua peralatan dan peralatan virtual yang dikonfigurasi secara terpusat berdasarkan kebutuhan aplikasi daripada perangkat lunak. 

Rekayasa lalu lintas online

Dalam segi manajemen SD-WAN dapat melakukan rekayasa lalu lintas yang adaptif dan cermap yang mana menetapkan permintaan transfer data yang sesuai dengan sumber daya yang sesuai saat ini.

Contohnya perhitungan terpusat dari laju transmisi pada pengontrol dan pembatasan jalan pada pengirim titik akhir yang sesuai dengan permintaan tersebut.

Keuntungan Menggunakan SD-WAN

Kemudian apa saja keuntungan dari SD-WAN ? berikut adalah ulasannya :

  • SD-WAN dapat mampu berjalan di koneksi jaringan yang sudah ada sehingga hemat biaya.
  • SD-WAN menawarkan memberikan jaringan aplikasi dengan memilih pengiriman data yang penting secara prioritas melalui jaringan yang terbaik.
  • SD-WAN menawarkan VPN dan enkripsi untuk pengaman koneksi jaringan end to end. 

Bagaimana SD-WAN dapat membantu?

Aplikasi memang tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan saja seperti data center atau private cloud. Namun juga dibutuhkan staff oleh pengguna cabang juga yang membutuhkan aplikasi yang ada lewat internet seperti public cloud, contoh office 365, Google drive, dan dropbox untuk dapat menunjang kebutuhan bisnis.

Adapun SD-WAN yang dapat membantu kantor cabang adalah :

  • Melakukan klasifikasi traffic. SD-WAN dapat memilih lalu lintas jaringan untuk bisnis yang diprioritaskan seperti critical traffic dan non-critical traffic.
  • Mampu mencari jalur yang terbaik bagi aplikasi tertentu. SD-WAN dapat memilih link yang cocok dengan aplikasi dengan kriteria link internet memiliki delay, jitter dan loss yang terbaik. 
  • Dapat melakukan switch over ke link yang ada. Apabila link utama terjadi kegagalan (down), maka SD-WAN dapat melakukan switch-over ke link backup atau agar aplikasi bisnis perusahaan tidak terkendala.

Produk Baru dari Sangfor semuanya lengkap ada di NDS

Dari beberapa ulasan Sangfor SD-WAN kita bisa mendapatkan kesimpulan bahwa SD-WAN sangat penting bagi ekosistem jaringan perusahaan terutama bagi perusahaan yang memiliki kantor cabang untuk mempermudah komunikasi antar cabang.

Maka dari itu Sangfor memberikan solusi SD-WAN yang murah dan terbaik bagi perusahaan yang ingin membuat infrastruktur jaringan WAN baru atau meningkatkan efisiensi jaringan yang sudah ada.

Anda bisa mendapatkan layanan Sangfor SD-WAN Indonesia di NETDATA, NETDATA adalah perusahaan IT yang menyediakan berbagai solusi jaringan terbaik bagi perusahaan Anda.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menghubungi NETDATA di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup