Mengenal Istilah Dalam Jaringan Internet

Jaringan Internet

Jaringan Internet- Internet merupakan sebuah kebutuuhan banyak orang sekarang ini. Bahkan, internet sekarang ini bisa dikatakan kebutuhan primer karena untuk berkomunikasi saja sekarang membutuhkan koneksi internet baik itu telepon dari aplikasi entah itu Whatsapp atau menggunakan sosial media untuk kebutuhan hiburan atau sebagai kebutuhan untuk bekerja.

Semuanya sekarang serba internet. Namun, banyak yang masih tidak paham berbagai istilah jaringan internet yang mungkin bisa saja dialami oleh semua orang yang menggunakan internet. 

Penjelasan Istilah dalam Jaringan Internet

Internet adalah jaringan global dari jaringan dan komputer yang lebih kecil. World Wide Web, atau singkatnya web, adalah ruang di mana konten digital disajikan kepada pengguna internet. Dengan kata lain, web adalah bagian dari internet. 

Jika Anda seorang pemula, berikut adalah beberapa istilah dasar internet dan web untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih jelas. 

Macam – Macam Istilah dalam Jaringan Internet

Internet adalah bagian yang semakin penting dari kehidupan sehari-hari bagi orang-orang di seluruh dunia. Tetapi jika Anda belum pernah menggunakan Internet sebelumnya, semua informasi baru ini mungkin terasa sedikit membingungkan pada awalnya.

RTO (Request Timed Out)

RTO atau Recovery Time Objective adalah jumlah waktu henti maksimum yang dapat ditoleransi bisnis Anda tanpa menimbulkan kerugian finansial yang signifikan. RTO berjalan bersama dengan Recovery Point Objective (RPO), atau interval waktu di mana bisnis Anda dapat pulih dari kehilangan data yang disebabkan oleh pemadaman. 

Target RTO dan RPO yang masuk akal membuat transisi kembali normal menjadi lebih mulus setelah bencana dan harus menjadi bagian dari perencanaan pemulihan bencana.

Apa Itu RTO?

RTO adalah waktu target yang diperlukan untuk memulihkan bisnis dan infrastruktur TI Anda setelah bencana. Misalnya, RTO dua jam berarti Anda memberikan waktu dua jam kepada personel yang bertanggung jawab untuk mengaktifkan kembali layanan Anda. Pemulihan data termasuk dalam cakupan RTO.

Saat mengatur RTO Anda, Anda harus memastikan bahwa itu mencerminkan sifat dan keadaan bisnis Anda. Misalnya, jika bisnis Anda bergantung pada transaksi online, waktu henti yang terlalu lama dapat memengaruhi kelangsungan hidup Anda secara serius. Dengan demikian, RTO Anda harus cukup pendek untuk meminimalkan dampak. RTO yang baik, dalam hal ini, adalah menjalankan operasi Anda lagi dalam satu atau dua jam (paling lama).

Penyebab RTO Pada Jaringan Internet

RTO bisa terjadi karena beberapa penyebab. Tentunya ketika Anda mengalami RTO hal yang harus Anda perhatikan adalah mengehtahui apa yang menyebabkan jaringan internet menjadi RTO. Berikut ini adalah penyebab RTO pada jaringan internet yang Anda ketahui:

Gangguan Koneksi Internet

Penyebab terbesar koneksi internet RTO yaitu ada pada jaringan provider yang sedang mengalami masalah. Tetapi tidak menutup kemungkinan masalah ada pada perangkat modem yang kita pakai. Gangguan koneksi internet ini memang terjadi karena beberapa faktor entah itu terjadi karena koneksi internet yang bermasalah atau hardwarenya.

Internet Tidak Stabil

Penyebab paling pasti mengapa terjadi RTO adalah karena internet yang tidak stabil. Internet yang tidak stabil ini karena provider mengalami gangguan dari pusat. Atau bisa saja karena sinyal internet tidak bagus.

Alamat yang Dituju Tidak Aktif

Satu web atau server yang dituju pada saat pelaksanaan ping, harus dalam keadaan aktif, agar dapat menanggapi ping yang Anda lakukan.

Untuk mengeceknya, sebetulnya ada sebagian cara yang dapat Anda lakukan.

Namun yang paling gampang, Anda dapat coba melakukan ping ke alamat lain dalam rangka mengeceknya lebih lanjut.

Hal ini malahan berlaku saat Anda membuka game online. Bila server gangguan, karenanya internet juga akan susah terhubung, sehingga terjadi disconnect.

Masalah Pada Hardware

Seperti yang sudah disinggung diatas, masalah yang bisa saja terjadi yang menyebabkan RTO adalah terdapat masalah pada hardware. Coba cek modem atau router yang Anda gunakan, jika memang diganti dengan router yang lain bisa, berarti router yang Anda gunakan sebelumnya mengalami masalah.

Cara Mengatasi Koneksi RTO

Jika Anda mengalami masalah RTO seperti diatas, tenang saja, terdapat beberapa cara yang sangat mudah untuk mengatasi koneksi yang RTO sehingga Anda bisa menggunakan internet dengan lancar kembali.

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Ping yang tinggi sangat umum dikarenakan koneksi internet tidak lancar atau tidak stabil alias lemot. Koneksi internet yang lancar adalah yang pingnya rendah.

Pastikan Ping Stabil

Mungkin Anda berpikir, koneksi internetnya sangat bagus tapi sering RTO. Ini karena ping nya tidak stabil. Solusinya adalah dengan mengecek terlebih dahulu respond ping stabil atau tidak.

Pastikan Server atau Web yang Dituju Aktif

Server yang tak aktif juga menjadi masalah munculnya notifikasi time out. Sehingga Anda juga perlu mempertimbangkan website yang dituju wajib dalam kondisi aktif untuk menanggapi ping yang dikerjakan oleh pengunjung.

Untuk mengeceknya ada sebagian sistem yang bisa dikerjakan, sistem yang paling mudah merupakan melaksanakan ping ke domisili lain untuk menguji lebih lanjut. Sistem ini berlaku bila sedang digunakan untuk membuka game online. Kalau server gangguan maka internet sulit terhubung atau menjadi disconnect.

Pastikan Konfigurasi Internet Sudah Benar

Konfigurasi internet yang salah dapat menyebabkan terjadinya RTO. Maka dari itu, cek konfigurasinya dengan masuk setting router sampai jaringan seluler.

Periksa Perangkat Internet Anda

Jika koneksinya masih saja tidak terjadi perubahan dan masih saja mengalami RTO, langkah yang harus Anda lakukan adalah memeriksa perangkat internet yang Anda gunakan.

Sebab bisa jadi perangkat internet Anda yang mengalami error atau kerusakan sehingga koneksinya mengalami gangguan. Hal hal yang demikian berimbas pada RTO atau tiba-tiba disconnect.

Host

Istilah jaringan internet selanjutnya adalah host. Host sendiri adalah komponen yang sangat penting ketika Anda ingin menggunakan koneksi internet. 

Pengertian Host

Host adalah komputer atau perangkat lain yang berkomunikasi dengan host lain di jaringan. Host di jaringan termasuk klien dan server yang mengirim atau menerima data, layanan, atau aplikasi.

Host biasanya tidak menyertakan perangkat jaringan perantara seperti sakelar dan router, yang malah sering dikategorikan sebagai node. Node juga merupakan istilah yang lebih luas yang mencakup segala sesuatu yang terhubung ke jaringan, sementara host memerlukan alamat IP. Dengan kata lain, semua host adalah node, tetapi node jaringan bukanlah host kecuali jika memerlukan alamat IP untuk berfungsi.

Bagaimana Cara Kerja Host?

Cara kerja internet tidak terlepas dari host dan ISP yang saling berprofesi sama dalam menyediakan koneksi dan akses ke situs server daerah file diletakkan

Metode kerja internet dimulai ketika Anda menghubungkan komputer Anda ke internet, Anda tersambung ke macam khusus server yang disediakan dan dioperasikan oleh Online Service Provider (ISP). Tugas ISP ini yaitu untuk menyediakan tautan antara browser dan memberikan akses ke server tujuan.

5 Fungsi Host

Host memiliki 5 fungsi utama yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah:

Melayani Permintaan Komputer Client

Host dapat melayani bermacam permintaan dari pihak client supaya bisa diproses.  Baik itu dari permintaan data ataupun software supaya bisa lantas dilaksanakan oleh pihak client.

Agar bisa menunjang fungsi ini, biasanya host akan mengaplikasikan metode operasi yang aman dan juga cepat. Jadi, client bisa berprofesi secara nyaman, aman dan juga lebih efektif.

Menyimpan Data atau Informasi

Fungsi hos setelahnya adalah bisa untuk menyimpan data ataupun informasi. Data yang tersimpan ini dapat berbentuk variasi dokumen dan juga informasi yang sifatnya rumit.

Agar dapat menampung banyak data, tentunya host harus mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar. Dengan demikian itu, maka client dapat menjalankan penyimpanan dan juga mengakses data bersamaan dengan client lainnya.

Menyediakan Database untuk Dijalankan

Biasanya, banyak sekali perusahaan besar akan menggunakan fungsi ini untuk dapat menggunakan big data.

Setelah itu, seluruh data yang tersimpan di dalam database ini mampu diolah dan juga diakses oleh para pengguna. Dengan kehadiran layanan ini, banyak perusahaan yang mampu mengoptimalkan produk atau jasa layanan bisnisnya.

Mengatur Lalu Lintas Transfer Data atau File

Komputer yang berfungsi untuk membatasi lalu lintas transfer file yang dikerjakan lewat software file transfer protocol. Perangkat lunak hal yang demikian umumnya diaplikasikan untuk mengakses file secara online.

Mengamankan dari Serangan Kejahatan

Host artinya dapat berfungsi sebagai untuk pengamanan dari serangan kejahatan seperti malware dengan menggunakan anti malware atau firewall.

Dial Up

Setelah itu, yang sangat erat kaitannya dengan istilah jaringan internet adalah dial up. Koneksi dial-up menggunakan saluran telepon standar dan modem analog untuk mengakses Internet dengan kecepatan transfer data (DTR) hingga 56 Kbps.

Koneksi dial-up adalah cara paling murah untuk mengakses Internet, tetapi juga koneksi paling lambat. Tetapi, tanpa Anda sadari inilah yang pertama kali internet masuk ke Indonesia.

Dial Up Adalah

Sambungan dial-up dibuat ketika dua atau lebih perangkat komunikasi menggunakan jaringan telepon umum untuk menyambung ke penyedia layanan Internet.

Banyak daerah terpencil yang bergantung pada koneksi dial-up Internet karena broadband dan kabel jarang ditemukan di daerah terpencil dengan jumlah penduduk yang rendah.

ISP sering menyediakan koneksi dial-up gratis, alternatif yang layak untuk pelanggan yang sadar anggaran.

Fungsi Dial Up

Dial-up mengacu pada koneksi Internet yang dibuat menggunakan modem. Modem menghubungkan komputer ke saluran telepon standar, yang berfungsi sebagai media transfer data. Ketika pengguna memulai koneksi dial-up, modem memanggil nomor telepon AInternet Service Provider (ISP) yang ditunjuk untuk menerima panggilan dial-up.

Dial up sendiri berfungsi untuk menyambungkan internet dengan menggunakan telepon rumah.

Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menggunakan Dial Up

Setelah koneksi dial-up telah dibuat, itu aktif sampai pengguna terputus dari ISP. Biasanya, ini dilakukan dengan memilih opsi “Putuskan sambungan” menggunakan perangkat lunak ISP atau program utilitas modem. Namun, jika koneksi dial-up terganggu oleh panggilan telepon masuk atau seseorang mengangkat telepon di rumah, layanan juga dapat terputus.

Memang sedikit atau banyak hal yang mungkin membuat Anda jengkel saat menggunakan koneksi internet dial up. Tapi, bagaimanapun caranya, inilah jaringan internet dengan biaya akses yang sangat murah.

Cara Menggunakan Koneksi Dial Up

Jika Anda ingin menggunakan koneksi dial up, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukannya, yaitu:

Harus Berlangganan ke Salah Satu ISP

Saat Anda sedang menyiapkan akun di telepon, petugas layanan pelanggan kemudian harus memberi Anda nama pengguna, nomor telepon, dan kata sandi. Ini agar Anda dapat masuk dengan aman.

Memasang Modem ke Komputer Kita

Sambungkan kabel telepon dari bagian belakang PC Anda ke outlet Jack telepon yang terletak di dinding ruangan tempat Anda berada. Nyalakan daya PC Anda. dan pastikan modem sudah terpasang dengan baik ke komputer Anda.

Install Software Internet yang Telah Disediakan Oleh ISP

Biasanya, setiap modem yang menggunakan koneksi dial up mendapatkan software langsung dari ISP. Biasanya ketika Anda membeli modem dial up terdapat CD yang digunakan untuk install software tersebut.

Mengkoneksikan/ Menghubungkan (dial-up) ke ISP

Jika sudah semua, Anda tinggal mengoneksikan atau menghubungkan ke ISP dan Anda sudah siap untuk menggunakan internet dengan koneksi dial up.

Kelebihan Menggunakan Dial Up

Ketika Anda menggunakan koneksi internet dial up, Anda mendapatkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan menggunakan koneksi internet jenis lain, diantaranya adalah:

Biaya Rendah

Biaya rendah. Anda bisa mendapatkan akses internet dialup dengan harga di bawah 100 ribu perbulan, tergantung ISP yang digunakan. Yang pasti memang biayanya lebih murah daripada koneksi internet yang lain.

Keamanan

Setiap orang memiliki saluran telepon, koneksi dialup tersedia untuk semua orang dengan komputer dan modem (termasuk modem built-in). Keamanan dijamin sangat terjamin.

Ketersediaan

Dial up mungkin satu-satunya pilihan yang tersedia untuk daerah pedesaan atau terpencil di mana koneksi broadband tidak tersedia. Ketersediaannya dijamin sangat banyak dan sangat mampu untuk di daerah yang terpencil.

Kekurangan Menggunakan Dial Up

Dibalik adanya kelebihan tentunya ada kekurangan. Koneksi internet dial up terdapat kekurangan, antara lain:

Kecepatan yang Lambat

Kecepatan transmisi data agak rendah. Dengan kecepatan 56 Kbps atau kurang, Anda akan kesulitan mengunduh file besar seperti klip video, perangkat lunak, berbagi foto dengan teman dan keluarga, atau bermain game komputer online.

Koneksi Dial up Tidak Stabil

Terkadang Anda mungkin mendapatkan sinyal sibuk saat memanggil nomor akses, ini jarang terjadi saat ini karena sebagian besar ISP akan membiarkan Anda memilih beberapa nomor akses dan kemudian memilih salah satu yang tersedia secara otomatis.

Membutuhkan Saluran Telepon

Beberapa ISP membebankan pengguna berdasarkan durasi koneksi, biaya tambahan di atas biaya bulanan. Saluran telepon juga dihitung sekarang ini juga jarang digunakan. Namun, mau bagaimanapun inilah koneksi internet paling murah dan juga hanya membutuhkan saluran telepon saja.

Keterlibatan Rute Telepon

Saluran telepon Anda terisi saat Anda tersambung ke internet. Beberapa ISP menyediakan layanan ID penelepon yang memungkinkan Anda melihat siapa yang menelepon saat Anda terhubung. Ini masih cukup merepotkan jika Anda mengunduh file dan harus meninggalkan unduhan Anda untuk menjawab panggilan.

Subnetting

Subnetting dalam dunia IT memang sudah tidak asing lagi bagi Anda yang menggeluti bidang jaringan.

Subnetting juga penting dalam dunia jaringan yang mana digunakan di jaringan sekolah, kantor, tempat umum, pemerintahan, dan lainnya.

Dalam membuat sebuah jaringan kita membutuhkan subnetting dan juga subnet mask, mari kita simak beberapa pengertian dan fungsi dari subnetting berikut ini:

Apa itu subnetting?

Apa itu subnetting? Pengertian subnetting adalah strategi yang digunakan untuk memisahkan satu jaringan fisik menjadi lebih satu sub-jaringan logis yang lebih kecil yakni subnet.

Subnet dirancang yang mana menerima bit dan bagian host pada IP address dan juga menggunakan bit tersebut untuk menetapkan sub-jaringan yang lebih kecil pada sebuah jaringan.

Dengan menggunakan subnetting maka pembuatan jaringan dengan batasan host akan lebih mudah serta kebutuhan subnetting akan lebih fleksibel dengan menentukan bagian mana dari sebuah 32 bit IP address yang mewakili network ID dan bagian mana yang mewakili host ID.

Dengan IP address standar hanya ada 3 network ID yang tersedia yakni 8 bit untuk kelas A, 16 bit untuk kelas B dan 24 bit untuk kelas C.

Fungsi Subnetting

Fungsi dari subnetting sendiri adalah dapat meningkatkan kinerja dan keamanan jaringan. Dengan menggunakan subnetting maka akan memungkinkan jaringan Anda lebih aman. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari subnetting yang lebih lengkap:

Mengefisienkan Alamat IP

Penghematan alamat IP bisa dengan cara mengalokasikan alamat IP yang terbatas dan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan host.

Apabila internet terbatas oleh alamat-alamat di kelas  A, B, dan C, tiap network akan memiliki 254, 65.000, atau 16 juta IP address untuk host. 

Mengurangi Traffic Jaringan

Dengan subnetting maka Anda bisa memastikan bahwa lalu lintas data dalam sebuah jaringan terutam pad perangkat dalam subnet tetap berada dalam subnet tersebut sehingga dapat mengurangi jaringan yang lambat.

Dengan menempatkan subnet yang strategis maka dapat membantu mengurangi beban jaringan dan lalu lintas rute yang lebih efisien.

Apabila jaringan yang besar tidak menggunakan subnet maka setiap komputer atau perangkat jaringan yang memenyebarkan ke semua komputer dalam jaringan akan membebani kerja switch dan server sehingga kemungkinan besar akan terjadi keterlambatan kinerja jaringan.

Meningkatkan keamanan jaringan

Dengan memisahkan jaringan menggunakan subnet maka Anda dapat mengatur aliran lalu lintas data dengan menggunakan ACL, QoS, atau peta rute yang dapat mengidentifikasi ancaman dan dapat diatasi dengan mudah dan cepat.

Mengoptimalkan kinerja dan kecepatan jaringan

Optimalisasi jaringan di dalam sebuah jaringan yang memiliki host yang banyak sangatlah diperlukan. Mengingat apabila setiap host memiliki network ID yang sama maka dapat memperlambat kerja jaringan.

Pengguanan TCP/IP memang dapat mengatur semua komputer di dalam sebuah jaringan yang sama namun hanya terbatas dalam bentuk jaringan fisik saja.

Sebab itulah subnetting mampu membagi domain broadcast jaringan Anda sehingga memungkinkan Anda untuk mengatur arus lalu lintas agar lebih baik sehingga dapat meningkatkan kinerja jaringan.

Tujuan Subnetting

Tujuan subnetting adalah tentu agar memudahkan seorang administrator jaringan untuk membuat dan mengamankan jaringan. Adapun beberapa tujuan subnetting berikut ini :

  • Efisiensi pengalamatan host misalnya Anda memiliki 10 host maka Anda bisa menggunakan subnetting kelas C dengan 254 – 10 =244 alamat yang tidak terpakai.
  • Dapat membagi satu kelas jaringan atau sejumlah subnetwork yang dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  • Menempatkan suatu host, apakah berada dalam satu jaringan atau tidak.
  • Dapat mengatasi permasalahan perbedaan perangkat keras didalam sebuah topologi jaringan fisik.
  • Dapat mengalokasikan alamat IP dalam jaringan sehingga dapat memaksimalkan penggunaan alamat IP.
  • Meningkatkan keamanan dan mengurangi terjadinya kongesti akibat terlalu banyak host dalam sebuah jaringan.

Mac Address

Mungkin bagi orang awam tentang jaringan komputer tidak mengetahui apa itu MAC address, maka dari itu Anda bisa melihat penjelasan tentang MAC address dan juga fungsinya.

Pengertian Mac Address?

MAC address adalah singkatan dari Media Access Controll Address, yang mana merupakan alamat fisik dari sebuah perangkat jaringan yang sifatnya unik dan juga dapat berperan sebagai identitas bagi perangkat tersebut.

Pengertian MAC address mungkin hampir sama dengan ethernet card atau kartu ethernet yang dipasang pada router yang mana merupakan alamat fisik atau perangkat lain yang bisa terhubung dengan jaringan komputer.

MAC address juga tertanam secara permanen di dalam ROM atau Read Only Memory pada sebuah perangkat.

Sepanjang perangkat tersebut terkoneksi kedalam jaringan internet maka dipastikan memiliki MAC address. Misalnya saja yakni Bluetooth, Ethernet, FireWire, ATM, 802.11 Wireless Network, FDDI, ZigBee Networks, atau IEEE 803.5 token ring.

Dengan sifatnya yang unik maka tidak mungkin ada perangkat yang memiliki MAC address yang sama. MAC address memiliki panjang 48 bit yang terdiri dari 12 digit bilangan desimal mulai 0 hingga F.

Enam digit pertama pada MAC address biasanya menandari pabrik pembuat kartu jaringan. Dua belas digit akan dijadikan 6 maka setiap digit memiliki 2 digit yang dipisahkan dengan tanda : atau – seperti: 01-35-86-75-8D-ab, atau 01:26:86:75:8D:ab

Fungsi Mac Address

Tadi kita sudah membahas tentang pengertian MAC adress yang diberikan kepada setiap perangkat yang terkoneksi ke jaringan internet.

MAC address ini dijadikan sebagai identitas dari perangkat dan sebagai pembeda dari perangkat jaringan yang lainnya. Berikut adalah fungsi MAC address yang lengkap:

Proses filtering di jaringan wireless

Dalam dunia IT mencegah orang asing masuk kedalam sebuah jaringan maka perangkat router lah yang bekerja sebagai penyaring pengguna dengan memeriksa MAC address.

Mungkin IP address bisa diubah namun MAC address akan tetap sama selama orang tersebut menggunakan perangkat yang sama juga.

Mengidentifikasi perangkat curian

MAC address juga bisa dijadikan sebagai identitas sebuah perangkat sehingga bisa dijadikan untuk mengidentifikasi perangkat curian yang terkoneksi ke jaringan.

Maka sebab itu banyak perusahaan atau lembaga yang mencatat MAC address setiap anggotanya.

Pemulihan data

Dengan alamat MAC perangkat maka dapat digunakan untuk pemulihan data untuk terhubung ke sebuah perangkat nirkabel atau wireless.

Contohnya pemulihan data menggunakan Disk Drill, sebuah aplikasi yang juga dikembangkan oleh Cleverflies.

Aplikasi tersebut bekerja dengan sistem deep scan yang memeriksa metadata yang masih ada di dalam sistem file.

Pencarian Lokasi Geografis

MAC address dapat digunakan untuk menemukan lokasi geografis pasti sebuah perangkat. Identitas tersebut dapat dijadikan bukti pihak berwenang untuk mencari lokasi sebuah perangkat yang terkoneksi ke jaringan.

Broadcast

Teknologi jaringan sekarang sudah cukup pesat yang mungkin sebagian dari kita masih tidak mengatahui pengertian broadcast.

Pada penjelasan berikut ini kita akan membahas lebih dalam seputar broadcast mulai dari pengertian broadcast hingga fungsi broadcast:

Pengertian Broadcast

Pengertian broadcast terbagi menjadi 3 karakteristik yang berbeda yakni secara umum, jaringan komputer, dan menurut ilmu komunikasi. Dan juga penggunaan media yang bervariasi serta proses penerapannya.

Pengertian Broadcast secara Umum

Pengertian broadcast secara umum adalah cara mengirimkan data ke tujuan tertentu secara bersamaan.

Pengiriman ini tidak melalui pemeriksaan yang pada masing-masing titik. Selain itu tidak juga memperhatikan terkirim atau tidaknya datanya.

Pengertian broadcast lainnya adalah mengirimkan sinyal ke beberapa lokasi melalui satelit atau radio secara bersamaan.

Dengan begitu broadcast adalah layanan server yang dapat menyebarkan data secara pararel kepada beberapa client sekaligus.

Pengertian Broadcast dalam Jaringan Komputer

Pada jaringan komputer kita mengetahui ada istilah IP broadcast yang merupakan IP address terakhir yang digunakan dalam sebuah jaringan sehingga IP address ini tidak dapat digunakan pada komputer lain milik client.

Kategori jaringan broadcast ada 3 jenis yakni broadcast domain, broadcast addres dan broadcast storm. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

  • Broadcast Domain, seluruh perangkat yang bisa sadar sinyal berasal dari perangkat jaringan spesifik yang tersedia pada satu segmen.
  • Broadcast Address, merupakan alamat berisikan bit 1 dan mampu mengirim alamat ke seluruh terminal yang mengakses pada jaringan tersebut.
  • Broadcast Storm/LOOP, broadcast storm adalah suasana dikala paket atau knowledge yang dikirimkan hanya berputar di didalam jaringan sebab ada kekeliruan desain pada jaringan.

Pengertian Broadcast menurut Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi, broadcast atau broadcasting merupakan pencabangan ilmu komunikasi yang menggeluti bidang penyiaran.

Pengertian broadcast menurut ilmu komunikasi dapat disimpulkan jika materi broadcasting ini menitik beratkan teori juga praktek pengiriman atau penyiaran agar dapat sampai dengan menarik serta mudah diterima.

Broadcast sendiri memiliki karakter untuk menghibur, mendidik serta memberikan informasi. Yang mana pengiriman dan penyiaran dapat dilakukan lewat jaringan dengan kabel maupun tanpa kabel.

Jaringan nirkabel mungkin lebih populer dan fleksibel ketimbang kabel, namun untuk kestabilan jaringan kabel jauh lebih stabil.

Jenis-jenis Media Broadcast

Itulah beberapa pengertian broadcast dari 3 kategori berbeda. Maka kita beralih ke beberapa jenis-jenis media broadcast yang terbagi menjadi 2 jenis yakni media cetak dan juga elektronik.

Media Cetak

Media cetak merupakan media perantara yang dapat menyampaikan informasi secara luas. Media cetak bisa berupa kertas baik itu koran, majalah, tabloid, dan lain sebagainya.

Media Elektronik

Media elektronik ini disebut karena menggunakan perangkat yang hanya bisa tersambung dengan sumber listirk.

Media elektronik ada yang menggunakan kabel serta tanpa kabel. Penyampaian broadcast menggunakan media elektronik tentu jauh lebih cepat ketimbang media cetak dan juga jangkauannya lebih luas. Tampilannya ini lebih menarik yang mana bisa dalam bentuk suara ataupun gambar bergerak.

 Media Online

Media online ini adalah gabungan karakteristik dari kedua jenis media sebelumnya yang mana mampu menyampaikan informasi melalui jaringan internet.

Untuk mempercepat penyampaian informasi maka didukung dengan sistem jaringan berskala besar seperti WAN dan juga MAN. 

Pemanfaatan media online tersebut memang terbilang praktis dan dapat diakses dalam bentuk audio, video juga teks di mana saja, kapan saja dengan sangat cepat. Namun tidak semua informasi terbilang akurat.

Selain itu media online juga sangat tergantung dengan kekuatan sinyal. Walaupun begitu media online ini terus mengalami perkembangan dalam penyampaian informasinya.

Jitter

Jika Anda pernah melakukan panggilan telepon dengan kolega kemudian tiba-tiba terputus? Tentu hal ini akan sangat membuat Anda kesal. Hal ini dinamakan dengan masalah jaringan atau koneksi yang jitter.

Maka dari itu kita perlu mengetahui beberapa informasi tentang jitter seperti berikut ini:

Definisi Jitter

Pengertian jitter dalam jaringan internet protokol atau IP adalah adalah latensi atau alisan paket antara dua sistem ketika beberapa paket membutuhkan wakut lebih lama untuk transmisi dari satu sistem ke sistem lainnya. Jitter hasil dari kemacetan jaringan, penyimpangan waktu serta perubahan rute.

Biasanya jitter terjadi pada komunikasi real-time seperti VoIP dan juga video call. Jitter ini juga merupakan masalah seritus yang serius untuk desktop yang menyebabkan artefak audio dan video, hingga penurunan kualitas komunikasi.

Penyebab Jitter tinggi

Penyebab jitter sendiri adalah sebagai berikut:

Kinerja perangkat keras yang buruk

Menggunakan jaringan jaringan usang yang merupakan peralatan lama, seperti kabel, sakelar, dan router yang sudah lama sehingga mampu menyebabkan jitter jaringan.

Bandwidth tidak cukup

Jaringan yang penuh padat dengan lalu lintas dengan kinerja yang buruk karena banyaknya perangkat yang aktif serta memadati bandwidth.

Jitter jaringan nirkabel.

Salah satu kelemahan menggunakan jaringan tanpa kabel adalah koneksi jaringan yang cukup rendah.

Penggunaan koneksi kabel tentu akan lebih stabil dan membantu sistem panggilan video dan suara memberikan pengalaman pengguna (UX) yang lebih baik.

Tidak menerapkan prioritas paket.

Pada sistem komunikasi Voice Over IP atau VoIP, jitter ini sering terjadi ketika data audio tidak diprioritaskan untuk dikirimkan selain transmisi data lainnya.

Jenis-jenis jitter

Untuk jenis-jenis jitter sendiri terbagi menjadi beberapa kategori antara lain:

Jitter konstan

Jitter konstan adalah tingkat variasi delay paket-ke-paket data yang biasanya berlangung secara terus menerus.

Jitter transien

Jitter transien sendiri ditandai dengan adanya penundaan inkremental yang cukup signifikan yang mana bisa ditimbulkan oleh satu paket.

Variasi penundaan jangka pendek

Terjadinya variasi penundaan jangka pendek, ditandai dengan peningkatan penundaan yang berlanjut untuk beberapa jumlah paketyang memungkinkan terjadinya peningkatan variasi penundaan paket to paket.

Jenis jitter ini biasanya di sertai dengan kemacetan dan perubahan rute.

Cara menghitung tinggi rendahnya jitter

Pengukuran jitter terdiri dari penghitungan rata-rata waktu tunda paket to paket yang dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung dari jenis lalu lintasnya antara lain:

Lalu lintas suara (Voice Traffic).

Dapat diukur apakah pengguna memiliki kontrol atas satu titik akhir atau kedua titik akhir.

Single endpoint.

Ini diukur bersama menghitung mean round-trip time atau RTT dan sementara round-trip minimum berasal dari serangkaian paket suara, yang disebut dengan ping jitter test. RTT adalah sementara yang dibutuhkan tanda atau paket untuk melakukan perjalanan berasal dari sumber khusus ke target.

Double endpoint

Double endpoint yang dapat diukur dengan menggunakan pengukuran jitter sesaat yang mana mengacu pada varisai antara interval yang dikirim dan diterima pada satu paket.

Pengujian bandwidth.

Melakukan tes bandwidth termasuk bisa menentukan tingkat jitter, yang mengevaluasi kecepatan unggah dan unduh koneksi internet pengguna, waktu jitter, dan kapasitas jaringan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Itulah bahasan kita tentang istilah jaringan internet yang meliputi tentang pengertian rto adalah, arti host, dialup, subbnetting, mac address, dan jitter. 

Dari artikel kali ini kita jadi mengetahui beberapa istilah-istilah jaringan internet yang paling sering umum terjadi sehingga kita bisa langsung mengetahui apa permasalah dalam jaringan internet kita.

Berbicara soal jaringan internet, jika Anda membutuhkan jaringan perusahaan yang lebih aman dan lancar maka Anda bisa menggunakan jasa pemasangan jaringan di NetData.

Selain pemasangan jaringan, NetData juga menyediakan beragam perangkat jaringan dengan brand yang terpercaya dan juga bergaransi resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup