Bagaimana Cara Membuat Chatbot Untuk Keperluan Bisnis

Chatbot

Cara Membuat Chatbot – Pernahkah Anda melakukan pembelian belanja online di e-commerce? Jika pernah pasti Anda pernah melakukan kontak ke penjual dengan cara chatting atau messages untuk menanyakan apakah stok barang masih ada.

Terkadang pada saat menanyakan lewat chat langsung dibalas secepat kilat. Jangan kaget biasanya yang balas itu bukanlah adminnya secara langsung namun dijawab oleh chatbot.

Nah apa itu chatbot? Dan apa saja kegunaannya? Mari kita simak penjelasan artikel tentang Bagaimana Cara Membuat Chatbot berikut ini :

Apa Itu Chatbot?

Chatbot atau nama lainnya chatterbot adalah sebuah robot atau kecerdasan buatan yang didesain dalam sebuah program agar dapat meniru percakapan seseorang dalam bentuk suara, obrolan teks ataupun keduanya.

Penjelasan sederhananya chatbot ini adalah merupakan percakapan secara virtual dimana satu pihak adalah sebuah robot chat yang bertujuan sebagai sarana hiburan serta untuk menyampaikan informasi dalam sisi bisnis. 

Maka dari itu artikel kali ini akan lebih berfokus dalam membahas bagaimana membuat dengan benar dan sesuai kebutuhan Anda.

Chatbot Adalah

Chatbot adalah dimana sebuuah program memiliki tugas dalam melakukan pemberitahuan secara otomatis dalam bentuk obrolan teks, suara, ataupun keduanya.

Selain melakukan tugas pemberitahuan chatbot juga dapat melakukan berbagai tugas lainnya seperti menampilkan cuaca hari ini, membantu memilih memesan makanan, membantu reservasi hotel dan penerbangan, hingga membantu dalam memberikan solusi suatu masalah dan juga ada bot untuk menemani ngobrol.

Chatbot sendiri menggunakan teknologi yang paling canggih seperti misalnya AI atau Kecerdasan Buatan, Machine Learning, Deep Learning serta Natural Lenguage Processing (NLP).

Untuk chatbot dengan machine learning dapat diaplikasn sebagai mesin yang mampu mempelajari, menganalisa, serta mengenal berbagai macam bahasa. 

Sedangkan untuk Natural Lenguage Processing (NLP) memiliki kemampuan dalam mengerti dan memahami bahasa manusia serta merespon sesuai dengan bahasa yang digunakan pengguna chatbot.

Fungsi Chatbot

Fungsi dari bagaimana secara umum adalah dapat meningkatkan kualitas layanan beragam industri beri tambahan kesempatan bagi pelaku industri untuk sanggup mempelajari peran automasi supaya sanggup meningkatkan keuntungan perusahaan dan juga beri tambahan efisiensi di banyak sektor operasional. 

Terlebih, penyesuaian di masa pandemi perlu adaptasi tinggi bagi banyak industri untuk mengembangkan teknologi yang bisa mengakomodir banyak variasi macam kepentingan konsumen.

Penggunaan Chatbot Untuk Bisnis

Adapun berbagai manfaat chatbot untuk kebutuhan bisnis dan usaha, tentunya  dengan bahasan bagaimana cara membuat chatbot akan memberikan kemudahan dan keuntungan terhadap proses berjalannya transaksi oleh perusahaan tersebut :

  • Kemudahan Dalam Operasional Usaha

Chatbot memudahan pelaku usaha dalam menjalankan otomatisasi dengan berbagai jenis keperluan operasional.

Teknologi ini tentu akan memberikan tambahan kesempatan perusahaan dalam melayani pelanggan tanpa perlu merekrut banyak staff admin hanya untuk melayani pertanyaan-pertanyaan dasar yang cukup sering ditanyakan.

  • Praktis, Cepat dan Responsif

Kelebihan chatbot adalah memiliki kemampuan AI untuk siap melayani konsumen secara praktis, mudah, dan responsif.

Dengan programming yang sudah dipersiapkan secara spesifik berdasarkan kebutuhannya sehingga konsumen akan dilayanan secara cepat menggunakan aplikasi teks seperti WhatsApp.

  • Meningkatkan Kepuasan Konsumen 

Kegunaan dari chatbot adalah meningkatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap pelayanan kita. Dengan layanan yang sigap dan positif tentu akan dirasakan secara langsung oleh konsumen. 

  • Ekonomis dan Efisien

Dengan chatbot maka akan meningkatkan efisiensi pelayanan sepanjang 24 jam sehingga diluar jam operasional pun konsumen tetap bisa ditanggapi sehingga perusahaan tidak perlu membayar karyawan lembur ataupun shift tambahan.

  • Bekerja Secara Sistematis

Dengan teknologi komunikasi maka chatbot akan mempelajari pola komunikasi yang menyerupai logika manusia. Sehingga sanggup berpikir secara akurat dan mampu menghindari kesalahan dalam respon dengan teknologi AI.

  • Membantu Pertumbuhan Bisnis

Cara yang cepat dan dinamis beri tambahan keuntungan bagi pelaku industri untuk sanggup mengembangkan usaha secara eksponensial. Teknologi AI dan chatbot tentu saja sanggup beri tambahan pengalaman pembeli yang komprehensif dan juga informasi akurat yang diperlukan konsumen.  

  • Energi Tidak Terbatas

Kemampuan manusia tentu sangat terbatas, dalam suatu kondisi terkadang manusia akan melakukan kesalahan atau human error.

Selama penggunaan kondisi ini tentu bisa diminimalisir dan lebih efisien tanpa keterbatasan waktu.

Jenis Chatbot

Untuk jenis-jenis fitur ini sendiri ada banyak, yang mana penggunannyapun berbeda-beda setiap jenisnya. Lalu apa saja jenis yang paling sering digunakan untuk urusan bisnis? Sebelum membahas Bagaimana Cara Membuat Chatbot Mari kita simak penjelasan sebagai berikut:

Chatbot WhatsApp

Chatbos WhatsApp menawarkan manfaat besar terhadap bisnis dan konsumen, untuk meningkatnkan pelayanan serta komunikasi konsumen, Anda dapat menggunakan chatbot untuk WhatsApp .

Percaya atau tidak, membuat chatbot WA cukup mudah diterapkan, biasanya chatbot WA berbentuk obrolan teks.

Chatbot Telegram

Chatbot telegram cukup populer dikalangan anak muda dan juga pelaku usaha menengah kebawah.

Ya dengan menggunakan sosial media telegram sangat mudah dioperasikan serta memiliki banyak sekali kemudahan dalam menggunakan chatbot salah satunya yakni adalah Anonymous Chat. 

Anonymous Chat adalah jenis chatbot Telegram yang dapat menghubungkan dengan seseorang di luar sana tanpa mengetahui identitas dan terintegrasi secara acak.

Berbeda dengan robot chat yang memiliki kemampuan dalam menjawab pertanyaan secara otomatis, dengan Anonymous chat bot ini secara nyata menghubungkan kita bersama dengan orang lain yang belum kita kenal.

Chatbot Website

Jenis chatbot website sendiri ada banyak programnya, salah satunya yakni ChatCompose adalah platform chatbot yang ditawarkan berbagai saluran integrasi dan persoalan penggunaan untuk website.

Memasang chatbot di website biasanya dilakukan oleh perusahaan dan pelaku bisnis untuk melakukan banyak tugas seperti pembuatan kontak, hingga reservasi online.

Semua operasi yang otomatis dan akibatnya dapat menghemat waktu, mengoptimal layanan, dan menghemat uang.

Adapun pemasangan chatbot untuk website biasanya menggunakan skrip yang sudah disiapkan baik pertanyaan dan jawabannya.

Chatbot Discord

Chatbot Discord adalah salah satu kecerdasan buatan yang mampu menjadi mitra percakapan secara otomatis antara manusia dan komputer.

Discord pada dasarnya adalah platform chat serta mampu memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara virtual dan suara. Sehingga dengan ini discord akan mampu merespon secara otomatis setiap obrolan teks yang masuk dengan menjawab dengan AI.

Bagaimana Cara Membuat Chatbot?

Tadi kita sudah membahas tentang jenis-jenis chatbot yang terdapat dibeberapa platform, berikut ini adalah bagaimana cara ini sesuai dengan platformnya:

Cara Membuat Chatbot WhatsApp

Bagaimana di aplikasi WhatsApp? Silahkan Anda mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Daftarkan Diri ke Business Solution Provider Qontak.com

Untuk mengaktifkan bot di WA bisnis Anda adalah punya WhatsApp Business API. Caranya adalah bersama bekerja sama bersama Business Solution Providers (BSP) resmi seperti misalnya Qontak.com.

2. Validasi Akun Facebook Manager Business

Di website Qontak.com akan mencoba membantu Anda dalam melakukan validasi akun Facebook Anda dan mengisi beberapa identitas perusahaan Anda seperti:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Email berdomain sama bersama website
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Setelah diverifikasi, maka Anda bisa memilih nomor WA yang digunakan untuk melengkapi  profil, usahakan mengisi profil selengkap mungkin meliputi website, jam operasional, katalog dan lainnya.

3. Rencanakan obrolan yang akan dikerjakan Chatbot

Untuk mengguankan chatbot maka Anda perlu menaruh beberapa jawaban dari berbagai pertanyaan yang sering diajukan termasuk pertanyaan yang tidak mampu dijawab. 

4. Unggah urutan obrolan ke Qontak.com

Jika sudah memiliki daftar obrolan maka dapat diunggah ke Qontak.com. untuk lebih amannya Anda bisa konsultasi ke pihak Qontak.com untuk bot dapat berjalan dengan optimal.

5. Lakukan uji coba

Agar mengetahui bahwa bot sudah berjalan at au tidak, maka Anda perlu melakukan uji coba. Caranya yakni dengan mengirim pesan dari konsumen ke nomor WA bot miliki Anda.

Cara Membuat Chatbot Telegram

Hampir sama dengan chatbot telegram, berikut adalah Bagaimana caranya untuk telegram :

  • Langsung saja Anda masuk ke aplikasi Telegram.
  • Klik pencarian dan tulis “Chatbot”.
  • Pilih menu bot paling atas.
  • Kirimkan chat bersama mengetik /start pada chat di chatbot.
  • Anda bakal mendapatkan pesan Looking for a partner bermakna Anda bakal dicarikan partner untuk chat anonymous.
  • Apabila selesai, maka bot bakal mengirim pesan”Partner found”.
  • Disini Anda sudah bisa berinteraksi.
  • Untuk mengganti partner maka Anda bisa ketikan /next, namun untuk berhenti /stop.
  • Selain itu supaya merubah pengaturan gender laki-laki atau perempuan Anda bisa mengetikan /Settings.
  • Pengaturan itu tentunya lebih memudahkan kami menemukan pasangan yang cocok bersama permohonan Anda.

Cara Membuat Chatbot Website

Membahas chatbot untuk website sendiri langkahnya cukup panjang dan rumit. Namun Anda tidak perlu khawatir berikut adalah Bagaimana Cara Membuat Chatbot untuk website menggunakan chatcompose :

Di dalam platform, di Properties, tepatnya tersedia anggota yang berjudul Konfigurasi. Dalam Pengaturan> Umum Anda bertanggung jawab untuk memberi nama bot Anda, mengakibatkan pesan awal yang dapat memberi pengguna di web web Anda dan judul pemberitahuan yang dapat keluar dalam gelembung.

Tetapi yang paling mutlak adalah Anda memilih Komponen Awal, yang dapat jadi nama skrip yang Anda bikin untuk direproduksi dalam obrolan bersama dengan pengguna. Pengaturan ini bisa kurang lebih layaknya ini.

Di sisi lain, di Pengaturan> Halaman Anda bisa mengakibatkan konfigurasi baru untuk URL tertentu, terkecuali Anda butuh bot untuk tiap tiap halaman. 

Dengan kata lain, ini sangat mungkin Anda untuk mengakibatkan pengaturan pada halaman khusus untuk menampilkan pesan dan komponen / skrip yang berbeda.

Dengan demikian, Anda bisa menampilkan skrip penjualan pada halaman produk, skrip perlindungan pada halaman kontak, atau skrip reservasi pada halaman janji temu.

Akhirnya, di Pengaturan> Personalisasi Anda bisa menemukan opsi desain bot Anda. Artinya, Anda bisa memilih warna utama, warna latar belakang, style font, dan apalagi logo perusahaan Anda terkecuali diinginkan. Semua pergantian diterapkan secara otomatis.

Setelah skrip dikonfigurasi, hal selanjutnya adalah tahu cara menginstalnya. Opsi ini cukup gampang ditemukan di platform. Di bilah sisi kiri, di Utama, Anda punyai opsi Instal dan di dalamnya Anda bisa memilih opsi Web.

Setelah Anda berada di Instalasi > Web tersedia tiga opsi di antaranya diharapkan Anda tidak salah memilih.

Opsi pertama adalah Instalasi Web. Kami memberi Anda kode yang bisa Anda terapkan bersama dengan menambahkannya ke HTML halaman Anda sebelum menutup tag Anda </head>: Anda cuma dapat menyaksikan pergantian di web Anda, sehabis Anda membersihkan cache atau saat pakai mode penyamaran.

Kemudian Anda punyai Instalasi WordPress . Yang harus Anda jalankan adalah menginstal pluguin kita di web web Anda yang dibuat bersama dengan WordPress. 

Untuk jalankan ini, kita membagikan plugin dari web kami, Anda harus mengunggahnya di anggota Plugins> Add New> Upload Plugin. Setelah plugin dipasang, Anda harus beri tambahan ID pengguna Anda, yang berarti Anda harus punyai account ChatCompose yang aktif. 

Setelah memasukkan ID Anda menyimpan pergantian dan chatbot Anda dapat keluar di web web Anda saat Anda menginstalnya.

Akhirnya tersedia opsi Instalasi Joomla melalui ekstensi . Instalasi ini termasuk difasilitasi bersama dengan sebuah plugin. Kami menyediakan file untuk Anda instal di web Joomla Anda> Extensions> Manage> Install. 

Kemudian Anda cuma harus menavigasi ke Extensions> Plugin dan kemudian Anda cari kata chatcompose, di sana Anda bisa mengaktifkan plugin atau mengeditnya. Sekali lagi, untuk mengaktifkan plugin Anda harus punyai ID untuk kemudian menyimpan perubahan.

Cara Membuat Chatbot Discord

Berikut adalah Bagaimana Cara Membuat Chatbot untuk platform Discord:

1. Buka Situs Discord

Langkah pertama buka browser Anda dan buka situs https://discordbots.org/

2. Pilih Bot Discord

Jika sudah membuka web bot discord tersebut maka Anda lakukan pemilihan bot yang Anda butuhkan. Di dalam website tersebut Anda bisa memilih bot berdasarkan kategori seperti musik, game, social, economy, dan lainnya.

Untuk yang tetap bingung termasuk ada deretan bot yang terpopuler digunakan oleh para user di Discord.

2. Klik Invite

Jika sudah menentukan pilihan bot maka Anda tekan Invite yang ada disamping tombol View.

Kemudian pilih server Discord yang diinginkan lalu klik Authorize.

Jangan lupa untuk memasukan kode Captcha yang disediakan oleh website tersebut.

4. Bot masuk ke server

Jika sudah maka bot yang Anda pilih sudah masuk ke dalam server Discord dan langsung dapat digunakan.

Mengapa Perlu Menggunakan Chatbot Untuk Bisnis?

Dalam pembahasan bagaimana cara membuat Chatbot tersebut tentu muncul pertanyaan seberapa pentingkah chat ini untuk sebuah bisnis? Nah untuk menjawab hal tersebut maka kita perlu membahasnya satu persatu sebagai berikut:

1. Perubahan Customer Behaviour

Kita mengetahui bahwa tingkat belanja secara fisik semakin menurun dampak dari pandemi Covid 19 saat ini. Sehingga konsumen akan lebih memilih pembelian secara online yang mana juga banyak sekali pilihannya.

Maka dari itulah perusahaan harus ikut beradaptasi dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen yang ingin membeli produk Anda dengan cara menggunakan chatbot sebagai bisnis.

2. Peningkatan Jumlah konsumen

Dengan meningkatnya jumlah konsumen yang harus dilayani tentu perusahaan harus meningkatkan pelayanannya.

Tidak perlu menggunakan staff manusia untuk menganggapi pesanan mereka namun cukup dengan menggunakan chatbot secara online yang mampu merespon konsumen dengan cepat dan akurat.

3. Cocok untuk Millenial

Jika konsumen Anda adalah milenial maka penggunaan fitur ini adalah hal yang sangat tepat. Dikarenakan para milenial lebih memilih melakukan pemesanan lewat chat dibandingkan dengan melakukan panggilan telepon.

Sehingga penggunaan untuk pelayanan konsumen bisa dijadikan investasi yang sangat menguntungkan untuk Anda.

4. Lebih gampang untuk pengguna baru

Tidak semua costumer Anda adalah para milenial, namun juga ada banyak orang tua yang mungkin masih bingung mengoperasikan pesanan online dengan banyaknya tombol.

Sehingga dengan menggunakan fitur ini akan mempermudah mereka untuk menentukan pilihannya dan cepat untuk beradaptasi dengan teknologi baru ini.

5. Biaya perawatan rendah

Dengan menggunakannya tentu akan menekan biaya pengeluaran karyawan. Sehingga waktu diluar operasionalnya tetap bisa melayani konsumen dengan baik dan responsif.

Kesimpulan

Itulah bahasan kita mengenai Bagaimana Cara Membuat Chatbot untuk kebutuhan Anda. Diharapkan tutorial yang diberikan dari Netdata ini dapat bermanfaat sehingga Anda dapat meningkatkan penjualan Anda dengan lebih cepat dan mutakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup