Kalian sering mendengar kata Modem? Berikut Kepanjangan dari Modem

Kepanjangan dari Modem

Kepanjangan dari Modem – Dalam dunia teknologi digital seperti saat ini kebutuhan internet yang mana membutuhkan sebuah perangkat yang mampu menyediakan koneksi jaringan internet seperti modem.

Apa kepanjangan dari modem? Dan apa saja jenis dan fungsinya? Mari kita simak informasi yang dirangkum oleh netdata berikut ini:

Apa Itu Modem ?

Banyak orang yang mungkin masih bingung tentang kepanjangan dari modem yang mana modem singkatan dari modulator demodulator adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menyambungkan perangkat jaringan lainnya seperti komputer, laptop, dan smartphone ke jaringan internet.

Kepanjangan modem diatas menunjukan modulator dan demodulator yakni modem bisa bekerja 2 fungsi sekaligus yang mana sebagai pengubah sinyal digital ke analog, sekaligus mendapatkan kembali data yang telah dikirim oleh pengirimdan merubah sinyal analog diubah kembali menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh komputer.

Sejarah Modem

Perkembangan teknologi modem berkaitan erat dengan penciptaan teknologi komputer terlebih dahulu.

Modem seperti yang kita bahas di artikel tentang kepanjangan modem ini menjadi salah satu bukti alat yang mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat.

Fungsi dari modem adalah merubah transmisi digital menjadi analog begitu pula sebaliknya. Hal ii dikarenakan pada proses transmisi data antara dua lokasi baik pengirim dan penerima memerlukan sebuah alat transmiter yakni satunya adalah modem.

Kebutuhan dari perangkat pengirim yakni harus memiliki kemampuan dalam menerjemahkan informasi dari bentuk informasi baik tulisan, suara, maupun gambar menjadi bentuk sinyal yang siap untuk dikirim.

Dalam istilah komunikasi proses ini merupakan proses modulasi yang mana dikembalikan lagi dari bentuk sinyal menjadi bentuk informasi yang disebut dengan istilah demodulasi.

Perkembangan Modem

Seiring berkembangnya teknologi yang mana dibahas diartikel kepanjangan modem ini menunjukan bahwa modem mengalami perkembangan dan peningkatan dari yang menggunakan teknik modulasi paling sederhana ke teknik modulasi yang canggih.

Sejarah modem awalnya modem hanya mampu memiliki kecepatan transmisi 300 bps kemudian terus meningkat hingga 56,4 Kbps.

  1. Modem 300 bps. Protokol pertama ini dipakai dalam modem Bell 103 serta V.21 yang mengirim data hingga 300 bps dengan teknik modulasi PSK (Phase Sift Keying).
  2. Modem 2.400 bps. Modem ini memanfaatkan protokol V.26 atau V.22 bis, menggunakan teknik modulasi PSK atau QAM. Kecepatan yang dapat dicapai adalah 2.400 bps bersama fallback rate 1.200 bps. Maksudnya, seandainya kondisi saluran yang digunakan tidak mencukupi syarat untuk raih kecepatan 2.400 bps maka kecepetannya akan turun secara otomatis jadi 1.200 bps.
  3. Modem 4.800 bps. Protokol yang dipergunakannya V.27 menggunakan teknik modulasi PSK. Kecepatan yang dapat dicapai hingga 4.800 bps dan fallback rate 2.400 bps.
  4. Modem 9.600 bps. Protokol yang digunakan pada modem ini V.29 menggunakan teknik modulasi QAM. Kecepatan yang dapat dicapai 9.600 bps bersama fallback rate 7.200 atau 4.800 bps.
  5. Modem 14.400 bps. Protokol modem ini memanfaatkan V.33 menggunakan teknik modulasi TCM (Trellis Coded Modulation). Kecepatan yang dapat dicapai 14.400 bps bersama fallback rate 12.000 bps.
  6. Modem 19.200 bps. Ia memanfaatkan protokol V.34 menggunakan teknik modulasi TCM. Kecepatan yang dapat dicapai 19.200 bps bersama fallback rate 14.400 bps, 12.000 bps dan 9.600 bps.
  7. Modem 28.800 bps. Protokolnya memanfaatkan V.34 menggunakan teknik modulasi TCM. Kecepatannya raih 28.800 bps bersama fallback rate 14.400 bps.
  8. Modem 33.600 bps. Protokol yang digunakan V.34 bersama teknik modulasi TCM. Kecepatan yang dapat dicapai 33.600 bps bersama fallback rate dan 19.200 bps.
  9. Modem 56 Kbps. Teknologi modem terus berkembang dan untuk saat ini tersedia beberapa produsen modem yang sudah sukses menciptakan modem generasi paling baru yaitu modem bersama kecepatan 56 Kbps, namun layaknya yang terjadi pada generasi sebelumnya, modem ini tidak dapat raih kecepatan 56 Kbps sehabis terpasang jaringan PSTN. 

Penemu Modem

Dalam dunia permodeman orang yang pertama kali menemukan perangkat jaringan ini adalah Dennis C. Hayes (lahir pada tahun 1950) dan Dale Heatherington (lahir pada tahun 1948) pada tahun 1977.

Pada tahun 1970 Dennis meninggalkan Georgia Inistitute of Technology kemudian pindah ke perusahaan National Data Corporation di Atlanta yang mana bergerak di bidang transfer uang elektronik serta otoritas kartu kredit.

Tugasnya yakni mengatur koneksi modem untuk pelanggan NDC, mulai dari sinilah mereka mulai mengembangkan serta memasarkan produk modem pertamanya di April 1977 yakni bus s-100 PC modem.

Kemudian Hayes mendirikan perusahaan sendiri dengan nama Hayes Corp. produk mereka berlanjut ke SmartModem yang merupakan produk paling populer di masanya sehingga perusahaan mereka berkembang dengan sangat pesat.

Sementara Dale meninggalkan perusahaannya karena pensiun, Dennis Hayes menjalankan perusahaannya sendiri hingga bangkrut di tahun 1998 karena persaingan produk yang sangat ketat.

Dennis C. Hayes menjadi tokoh dunia yang pertama kali menemukan Modem PC yang hingga saat ini menjadi teknologi pengakses internet yang terus berkembang pesat.

Fungsi dari Modem

Fungsi modem adalah yakni pengubah sinyal digital dari komputer atau PC ke sinyal analog ataupun sebaliknya. Proses pengubahan ini  dinamakan modulasi dan demodulator.

Di artikel kepanjangan modem kali ini membahas juga fungsi modulator yakni modem mampu merubah sinyal digital dari komputer kemudian dijadikan sinyal analog yang terhubung keinternet.

Sedangkan untuk fungsi demodulator yakni modem bekerja bersama membuat perubahan sinyal analog menjadi sinyal digital.

Macam – Macam Modem

Di pembahasan tentang kepanjangan modem dan fungsinya diatas, belum lengkap jika kita membahas tentang macam-macam modem seperti dibawah ini:

Modem Dial-Up

Akses jaringan komputer lewat jalur telepon juga dengan menggunakan modem. Nama dari Dial-up connection ini memang berdasarkan dari cara penggunaannya yang mana menghubungkannya ke jaringan telepon.

Modem ADSL

Modem ADSL atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk memanfaatkan sarana ADSL. Untuk memecah signal line telepon jadi nada dan data.

Modem Kabel

Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC bersama dengan kelanjutan TV kabel. Jaringan TV kabel ini bisa dipakai untuk koneksi ke internet bersama dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar bisa gunakan modem kabel, computer harus dilengkapi bersama dengan kartu ethernet (ethernet card).

 

Modem CDMA

Modem CDMA adalah jenis modem dengan proses komunikasi internet lewat jalur komunikasi CDMA (Code Division Multyple Acces).pada umumnya modem cdma berbentuk usb Flashdisk yang dapat digunakan sewaktu-waktu.Kecepatan CDMA udah mencapai 3X proses koneksi dialup.

Modem GSM

Modem GSM mirip dengan modem CDMA,yaitu komunikasi internet bersama menggunakan jalan komunikasi GSM(Global Systewm for Mobile Communication), layaknya modem CDMA modem GSM juga berbentu USB, PCMCIA dan dapat menggunakan ponsel yang punya fitur sebagai modem.  

Modem Berdasarkan Pemasangan

Dibawah ini merupakan jenis  modem dengan berdasarkan pemasangannya antara lain :

Modem Internal

Modem internal adalah modem yang dipasang di dalam sebuah komputer dengan slot PCI atau juga ada yang tertanam di dalam motherboardnya di brand-brand tertentu.

Untuk modem card komputer slot PCI atau juga slot ISA yang dibutuhkan untuk menghubungkan interface motherboad yang tersedia untuk menerima modem.

Modem komputer intenal mengusung modem 56K yang berarti bahwa modem itu dapat menerima data sebesar 56 Kbits/detik ( 56 kilobits atau 56.000 bit per detik). 

Modem External

Modem external adalah modem yang dipasang di luar komputer. Biasanya dipasang pada port serial ataupun USB.

Modem ekskternal ini memiliki kegunaan yang sama dengan modem internal, namun modem eksternal merupakan kotak kecil yang menggunakan jenis antarmuka yang bervariasi untuk terhubung ke dalam komputer.

Rekomendasi Merk Modem Terbaik

Saking banyaknya pilihan modem dipasaran dengan aneka brand serta spesifikasi yang bervariasi.

Adapun berbagai modem 4G LTE yang bisa dijadikan solusi untuk banyak melakukan aktivitas kerja di rumah.

Seperti misalnya untuk berselancar di peramban, video call, mengirim email, hingga hal-hal hiburan lainnya seperti streaming film, ataupun mendengarkan lagu.

Berikut ini adalah rekomendasi modem 4G LTE yang terbaik dan tercepat.

Huawei E5673 

Modem dengan brand Huawei yang mendukung beberapa sistem operasi atau Multi OS meliputi Windows, MacOS, juga Android dan iOS. Huawei seri E5673 dengan jaringan baik 2G, 3G dan 4G.

Dengan kemampuan download dan upload 150 Mbps dan 50 Mbps dengan menggunakan modem ini Anda dapat menyambungkan hingga 16 perangkat sekaligus.

Modem ini bisa menggunakan berbagai provider seperti XL, Telkomsel, Indosat, Axis dan lain-lain.

Perangkat ini juga sudah garansi 3 tahun. Sehingga jika Anda ingin berhemat sekaligus Anda bisa memperoleh modem berkualitas tinggi maka pilih modem ini.

Huawei E5577

Modem Huawei ini cukup terkenal sebagai modem terbaik, modem ini keluar sejak tahun 2014 yang memiliki garis desain minimalis serta fitur yang cukup lengkap antara lain :

  • Menggunakan bahan yang tebal menjadi pembeda dengan perangkat sebelumnya. 
  • Sudah berjaringan 4G dengan kecepatan mencapai 150 Mbps.
  • Memiliki daya tahan 4-6 jam namun juga bisa melakukan bypass.
  • Modem ini juga digunakan oleh provider ternama seperti Telkomsel yang sudah terjamin jaringannya.

Huawei Mifi M2P 

Modem Andromax M2P ini berbasis Huawer Mifi M2 yang mendukung 4G LTE. Adapun beberapa kelebihan modem ini antara lain:

  • Baterai yang awet dengan kapsitas 1500 mAh dan mampu standby hingga 300 jam.
  • Penggunaan internet yang cukup lama yakni hingga 6 jam.
  • Mampu menghubungkan 32 perangkat sekaligus.
  • Harganya yang cukup murah. 

TP-Link M7350

Modem ini adalah modem dual band pertama di Indonesia dengan koneksi WiFi 2,4GHz dan 5GHz. 

Dengan adanya koneksi 5GHz ini merupakan perangkat yang Anda mampu mendukung kecepatan transfer data yang lebih baik. Penggunaan frekuensi 5Ghz ini bisa memberikan Anda koneksi yang sangat cepat dan stabil jika kompatibel dengan perangkatnya tentunya.

Kecepatan internet modem ini mencapai 150 Mbps. Dilengkapi dengan baterai 2550 mAh dan koneksi 4G dengan provider Indosat Ooredoo.

TP-Link M5350

Modem GSM ini menggunakan jaringan 3G tanpa kabel. Anda juga dapat langsung menggunakan kartu SIM 3G dengan berbagai fitur antara lain:

  • Memiliki kecepatan internetnya mencapai 21,6 Mbps dengan download 5,76 Mbps. 
  • Dapat menghubungkan hingga 10 perangkat sekaligus.
  • Kapasitas baterai besar yakni 200 mAh.
  • Mendukung jaringan HSPA dengan wifi kecepatan tinggi.
  • Support MicroSD Card hingga 32 GB. 
  • Tersedia layar untuk menunjukan berbagai informasi seperti kekuatan jaringan, pesan, mode auto, dan statistik trafik.

Dimana Beli Modem yang Terpercaya?

Dalam membeli perangkat modem Anda dapat memilih toko IT yang memiliki perangkat jaringan yang terlengkap di Indonesia yakni NetData.

Mengapa NetData? Dari pembahasan artikel kepanjangan modem ini Anda harus membeli di tempat yang terpercaya dan berkualitas.

Harga Modem Saat Ini

Harga modem cukup bervariasi tergantung dari merk dan teknologi dari modem itu sendiri.

Anda dapat melihat daftar harga modem di NetData atau juga menghubungi customer service untuk mendapatkan harga grosir jika Anda ingin membeli dalam partai besar.

Kesimpulan

Di bahasan kita kali ini tentang kepanjangan modem, hingga fungsi modem adalah sudah terpenuhi. Jadi bagi Anda yang ingin membeli modem terbaik Anda bisa menghubungi NetData atau memesannya secara online dengan mudah dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup