Memilih Managed Service Provider yang Tepat untuk Perusahaan

Memilih Managed Service Provider yang Tepat untuk Perusahaan

Managed Service Provider – Bagi sebuah perusahaan, jaringan dengan keamanan yang terjaga dan bisa bekerja dengan optimal adalah sebuah keharusan. Karena kedua hal ini memang sangat berpengaruh bagi kelangsungan pekerjaan yang ada pada perusahaan tersebut dan juga saling bersinergi. 

Bayangkan saja jika jaringan yang aman namun tidak disertai dengan performa yang bagus, tentunya malah yang ada menghambat kinerja dari pekerja pada perusahaan tersebut, begitu juga sebaliknya, jika performa pada jaringan tersebut bagus namun tidak dibarengi dengan keamanan yang bagus juga, maka akan percuma dikarenakan keamanan juga menjadi prioritas utama disini karena keamanan data perusahaan sangatlah penting.

Jadi, apakah Anda sering sekali mengeluhkan jaringan yang ada pada perusahaan Anda seringkali mengalami trouble sehingga pekerjaan harus terhenti sementara? Mungkin Anda bisa membenahinya sendiri. Namun jika masalah ini berkelanjutan? Tentu saja akan menghambat kinerja pada perusahaan Anda bukan?

Maka dari itu, ada sebuah layanan yang bisa mengatur hal tersebut, namanya adalah managed service provider (MSP).

Apa Itu Managed Service Provider?

Dari permasalahan yang sudah disebutkan diatas, mungkin Anda sudah tahu pengertian dari managed service provider. Managed service provider (MSP) memberikan layanan, seperti jaringan, aplikasi, infrastruktur dan keamanan, melalui dukungan berkelanjutan dan reguler dan administrasi aktif di tempat pelanggan, di pusat data (hosting) MSP mereka, atau di pusat data pihak ketiga.

Managed service provider dapat memberikan layanan asli mereka sendiri bersama dengan layanan penyedia lain (misalnya, MSP keamanan yang menyediakan admin sistem di atas IaaS cloud pihak ketiga). Managed service provider yang murni hanya fokus pada satu vendor atau teknologi, biasanya penawaran inti mereka sendiri. Banyak managed service provider yang menyertakan layanan dari penyedia jenis lain. 

Istilah MSP secara umum diterapkan pada infrastruktur atau jenis layanan yang berpusat pada perangkat tetapi telah diperluas untuk mencakup manajemen, pemeliharaan, dan dukungan yang berkelanjutan dan teratur.

Peran Managed Service bagi Perusahaan

Bagi perusahaan yang ingin kelangsungan pekerjaannya menjadi lancar, managed service memiliki peranana yang sangat penting. 

Peran managed service ini sangat penting untuk melakukan pengawasan dibidang IT, desktop management yang mengawasi seluruh karyawan agar bebas dari gangguan selama bekerja dan juga membuat aplikasi tertentu yang bisa menjadikan karyawan lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya tanpa ada halangan apapun.

Tentunya ada juga untuk masalah keamanan, managed service memiliki peran untuk melakukan pengawasan dan proteksi untuk seluruh aspek IT yang berlaku di dalamnya.

Jenis Layanan Managed Service

Untuk layanan dari managed service sendiri dibagi menjadi 3 bagian, dimana masing-masing memiliki perananan tersendiri dalam membuat infrastruktur jaringan pada perusahaan Anda menjadi lebih tertata dan bisa berjalan dengan normal tanpa adanya gangguan dari manapun.

Hardware

Jenis layanan yang satu ini adalah sebagai penunjang infrastruktur IT, mulai dari perencanaan strategis, penentuan perangkat IT apa saja yang akan di gunakan atau di upgrade dan yang mana yang di pertahankan, serta hingga pada jasa perawatan perangkat infrastruktur IT.

Hardware yang baik merupakan cikal bakal dimana jaringan pada perusahaan tersebut bisa berjalan dengan baik juga. Tentu, untuk masalah hardware sebisa mungkin akan menggunakan yang lebih baru agar update keamanan bisa tetap ada.

Software

Khususnya untuk perusahaan yang sedang menyadari bahwa aplikasi penunjang di kantornya sudah mulai kurang mendukung untuk karyawannya, maka dalam hal ini jasa managed service dapat meng-evaluasi hingga melakukan penggantian software, mengadakan aplikasi yang baru, atau meningkatkan dari yang sudah ada sepanjang aplikasi tersebut memungkinkan untuk di kembangkan (open connectivity).

Konsultasi

Jasa ini termasuk untuk memberikan laporan, anggapan, serta saran-saran yang bermanfaat untuk kelancaran operasional IT perusahaan. Keterbukaan antar penyedia layanan managed service dengan perusahaan tentang konsultasi ini adalah hal yang sangat penting. Dengan saran-saran yang bermanfaat dan juga diskusi yang menghasilkan keputusan final antara pihak perusahaan dengan pihak managed service merupakan hal yang sangat penting.

Manfaat yang Bisa Anda Nikmati Ketika Menggunakan Managed Service Provider

Sekarang kita bahas manfaat apa saja yang bisa dinimkati ketika Anda menggunakan managed service provider. Tentunya ada manfaat yang bisa Anda dapatkan demi kemajuan perusahaan yang Anda kelola bukan? Namun, apa saja manfaat tersebut?

Menurunkan Biaya Tenaga Kerja

Ini adalah manfaat yang sangat pasti, adalah adanya penurunan biaya untuk tenaga kerja. Teknologi ialah subjek yang kompleks dan memerlukan pelatihan yang ekstensif dalam praktik tertentu. Bagi perusahaan besar, tentu saja biaya untuk mempekerjakan tim dengan keahlian tersebut bukanlah permasalahan, tetapi lain halnya bagi perusahaan kecil dan menengah. 

Dengan memakai managed services, pengelolaan anggaran akan lebih efisien untuk membangun cara IT bisnis Anda. Anggaran bisa senantiasa diprediksi karena biaya dibayarkan per bulan.

Dengan memakai managed services, Anda bisa menghemat biaya perangkat keras, perangkat lunak dan infrastruktur jaringan, biaya tenaga kerja, dan biaya perawatan.

Infrastruktur TI yang Lebih Teratur

Apakah Anda seringsakali mengalami gangguan pada jaringan perusahaan Anda? entah internet yang lambat, pengiriman data antar PC ke PC lainnya yang lama? ini dikarenakan adanya infrastruktur pada TI yang ada pada perusahaan Anda mengalami masalah atau adanya ketidakefisienan yang membuat jaringan tersebut mengalami kendala.

Terkadang masalah yang satu ini bisa dianggap sepele saja oleh Anda, dan Anda mungkin berpikiran “Yang penting masih bisa berjalan”. Padahal, jika ada managed service, Anda bisa mendapatkan infrastruktur TI yang lebih bagus yang membuat pekerjaan menjadi lebih lancar dan tentunya ini akan menambah efektifitas dari karyawan yang ada pada perusahaan Anda.

Anda bisa Lebih Fokus Pada Bisnis

Alasan utama yang seringkali dipikirkan oleh banyak orang yang menyewa layanan managed service provider adalah masalah fokus pada bisnis, tanpa memikirkan hal yang seharusnya tidak terlalu penting dalam mendapatkan profit. Mengapa? Karena Anda hanya fokus saja pada pekerjaan utama, tidak perlu memikirkan infrastruktur IT, keamanannya, dan lain-lain.

Departemen IT Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk konsentrasi mengurus proyek-proyek strategis dan inovatif yang akan memajukan perusahaan.

Untuk Memilih Managed Service Provider yang Tepat untuk Perusahaan Anda Serahkan Saja pada NetData

Sudah tahu bukan betapa penting dan bermanfaatnya layanan managed service provider untuk perusahaan? Maka dari itu, sekarang juga terapkan pada perusahaan Anda agar infrastruktur IT yang Anda miliki menjadi aman, berjalan dengan lancar, serta Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan yang lebih lagi jika Anda mempercayakan masalah managed service provider kepada NETDATA.

Siapa NETDATA? NETDATA adalah pihyak yang menyediakan berbagai solusi untuk permasalahan IT yang salah satunya adalah managed service provider. NETDATA dijamin bisa memberikan yang terbaik bagi perusahaan Anda.

Keuntungan Anda mempercayakan NETDATA sebagai managed service provider untuk perusahaan Anda adalah Anda bisa mendapatkan pelayanan yang sangat bagus, ini merupakan misi dari NETDATA adalah untuk menyediakan layanan berbasis teknologi dengan mutu terbaik dan melakukannya sambil bersikap ramah, andal, dan mendetail. 

Solusi layanan TI dari NETDATA diberikan tingkat manajemen dan dukungan tertinggi menggunakan teknologi terdepan. Dengan mutu dan konsistensi terbaik, NETDATA menyediakan solusi efektif bagi klien, mewujudkan teknologi sebagai aset bagi mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup